10 Ras Kucing Besar yang ada di Alam Liar

jaguar

Kucing termasuk jenis hewan yang paling banyak orang pelihara. Ras Kucing besar banyak hidup di alam liar.Mereka hidup bebas tanpa kekangan. Ada banyak jenis kucing besar ini. Kali ini penulis akan menyajikan tentang kucing besar yang hidup di alam liar.

kucing besar
Ras kucing besar yang hidup di alam liar | Via pixabay.com

Di alam liar sendiri kita dapat menemukan berbagai macam kucing. Mulai dari yang kecil hingga kucing liar yang berbadan besar.

Bahkan harimau predator yang ganas pun dia termasuk dalam keluarga kucing besar atau big cat.

Big Cat atau Kucing besar tidak menunjuk pada spesies kucing tertentu. Mereka hanya dibedakan oleh ukuran badan yang lebih besar dari kucing yang biasa kita temui.

Bahkan mungkin kamu punya peliharaan kucing sendiri?

Di sini penulis akan memberikan penjelasan kepada kamu tentang beberapa jenis ras kucing besar yang hidup di alam liar.

Jika kamu masih belum mengetahuinya. Maka kamu wajib membaca ulasan ini hingga selesai. Simak ya.

Baca juga: Bakteri Bulu Kucing. Apa bahaya dan Resikonya?

10 Ras Kucing Besar yang ada di Alam Liar

Berikut penulis sajiakn ke hadapan kalian tentang 10 ras kucing besar yang hidup di alam liar.

1. COUGAR

cougar

Cougar atau sering di sebut sebagai singa gunung. Termasuk dalam keluarga kucing. Hewan satu ini memiliki identitas yang hampir mirip dengan kucing dibandingkan dengan singa.

Biasanya ougar menyerang mangsanya dengan mengendap-endap atau langsung menyerang. Mereka memiliki jiwa pemburu yang sangat handal.

Namun hewan satu ini sangat sering menyerang atau bahkan memangsa manusia. Ngeri yah?

Saat mereka kelaparan dan kehilangan habitat, maka mereka akan menyerang manusia yang mereka jumpai. Biasanya anak kecil lah yang menjadi sasaran utama.

Baca juga: RESIKO KUCING RUMAHAN YANG TIDAK KAWIN

2. LYNX

lynx

Hewan ini juga termasuk dalam keluarga kucing. Lynx biasanya tinggal di hutan-hutan. Mereka suka hidup pada tempat yang tinggi. Sebuah tempat yang tertutup rapat oleh semak-semak dan rerumputan.

Meskipun kucing ini hanya berburu di permukaan tanah, mereka dapat memanjat pohon dan berenang juga loh.

Dia juga memiliki bulu yang panjang dan leher yang pendek. Lynx biasanya hidup sendirian, meskipun sekelompok kecil lynx adakalanya melakukan perjalanan dan berburu bersama-sama. Jadi tahu, kan?

3. MACAN DAHAN

 

Macan Dahan memiliki ukuran badan yang sedang bila dibandingkan dengan jenis yang lainya. Saat ini populasi macan dahan terus menurun karena hilangnya habitat serta banyaknya pemburuan liar yang terus terjadi.

Biasanya hewan ini memangsa satwa liar seperti kera, ular, rusa atau pun hewan lainya. Macan Dahan tergolong hewan nocturnal yang aktif pada malam hari.

Mereka akan melakukan pemburuan ketika malam tiba. Hewan ini suka menghabiskan waktunya hanya di atas pohon.

Baca juga: KUCING SERING TIDUR DITUBUH TUANNYA INILAH ALASANNYA

4. CHEETAH

Hewan Cheetah adalah keluarga kucing yang suka berburu. Mereka biasanya mengandalkan kecepatan berlarinya yang luarbiasa.

Hewan satu ini dapat berlari hingga kecepatan 80-130 km/jam. Hebat, bukan?

Cheetah juga memiliki ukuran badan yang cukup besar meskipun tidak sebesar harimau dan singa.

Selain itu Cheetah juga termasuk hewan yang sangat pintar dalam mencari mangsanya. Hewan ini tergolong hewan yang efisien dalam berburu.

Mereka hanya akan mengejar atau memburu mangsanya saat berada dalam jangkauan saja. Meskipun terkenal sebagai pemburu yang menakutkan tetapi hanya 40-50% aktivitasnya berhasil.

BACA JUGA :   LIDAH KUCING KASAR NAMUN TIDAK BISA MEMBEDAKAN RASA.

5. LEOPARD

leopard

Leopard sering juga di sebut sebagai macan tutul. Dia hampir mirip dengan Cheetah. Mereka juga memiliki kemampuan yang mahir dalam berburu.

Saat mengintai mangsanya, macan tutul biasanya suka mengendap-endap. Kemampuan memanjat macan tutul sudah tidak diragukan lagi.

Sebagian orang menganggap jika macam tutul mirip dengan harimau karena pandai memanjat.

Kecepatan berlari macan tutul sekitar 58 km/jam. Macan Tutul merupakan pemburu oportunitis, yang menggunakan segala kesempatan untuk mendapatkan mangsanya. Mereka suka memakan hampir segala mangsa dari berbagai ukuran.

Baca juga: KUCING MEMIJAT TUANNYA DAN BERTINGKAH MENGGEMASKAN

6. MACAN TUTUL SALJU

macan tutul

Macan tutul salju memiliki ukuran tubuh hingga 130 cm dengan panjang ekor sekitar 100 cm. Hewan ini banyak ditemui di pegunungan salju Asia Tengah.

Mereka sering memangsa hewan yang berada di depannya seperti kambing atau hewan lainya. Macan tutul salju memiliki mantel bulu tebal berwarna abu-abu untuk melindunginya dari cuaca dingin.

7. JAGUAR

jaguar

Sebagian dari kalian mugkin pernah melihat hewan ini. Jaguar merupakan keluarga kucing yang memiliki badan cukup besar.

Habitatnya banyak ditemui di benua Amerika. Jaguar sendiri memiliki berat hingga 50-100 kg dan memiliki kebiasaan hidup sendiri dan tidak berkelompok.

Hewan ini juga di sebut sebagai kucing terbesar ketiga setelah harimau dan singa. Mereka memiliki kemampuan yang mahir dalam berburu di alam bebas karena memiliki kemampuan berlari yang cepat.

Baca juga: 3 ARTI KUCING MELAHIRKAN DIRUMAH

8. SINGA

singa

Hampir sama dengan harimau, singa juga memiliki ukuran badan yang besar. Jauh lebih besar dibandingkan dengan kucing biasa.

Singa juga termasuk binatang karnivora yang dapat bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Biasanya singa hidup secara berkelompok dalam suatu wilayah yang telah mereka tandai.

Dia tidak akan meninggalkan daerah tersebut hingga merasa ada ancaman yang datang. Singa juga memiliki kelemahan dibandingkan kucing biasa lainya. Dia tidak bisa memanjat pohon . Sedangkan  singa jantan tidak pernah aktif dalam hal apa pun.

9. HARIMAU

Mungkin sebagian dari kamu masih belum menyadari jika harimau temasuk dalam keluarga kucing. Harimau memiliki badan yang besar dan kaki yang tinggi.

Habitat harimau sendiri sangat beragam. Hewan ini memiliki kemampuan lari tercepat dibandingkan dengan hewan lainya.

Selain itu harimau adalah keluarga kucing terbesar. Bobotnya bisa mencapai 320 kg. besar sekali.

Harimau sendiri termasuk karnivora. Biasanya dia akan memangsa rusa, kijang atau pun hewan lainnya.

Baca juga: MISTIS KUCING YANG BUAT BULU KUDUK BERDIRI!!

10. KUCING LIAR SERVAL

Ukuran kucing ini sedang saja. Dengan panjang kaki sekitar 59-92 cm dan berat 7-12 kg untuk betina serta 9-18 kg untuk jantan.

Serval memiliki ukuran kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan kucing lainya. Bulu serval biasanya berwarna mengkilap kuning emas. Selain itu serval memiliki keahlian dalam melihat, mencium atau mendengar.

Kucing ini biasanya akan aktif pada malam hari saat mencari mangsanya. Dia biasanya suka memangsa tikus, burung bahkan kelinci.

Namun saat ada predator, kucing serval akan memilih untuk bersembunyi dan mengurungkan niatnya untuk berburu.

Kesimpulan

Ternyata, banyak banget ya jenis kucing besar atau big cat di dunia ini. Kira kira masih ada lagi nggak ya jenis lainya? Inilah penjelasan mengenai 10 ras kucing besar di alam liar. Jangan lupa ikuti terus ya blog ini. Di sini masih banyak lagi cerita dan fakta menarik seputar dunia hewan. Semgoa bermanfaat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*