Perbedaan CEO dan Direktur. Di Mana Bedanya. Simak Ya

cara menjadi ceo
cara menjadi ceo

Perbedaan CEO dan Direktur  menjadi tema yang hangat. Apa pasal? Banyak orang ingin menjadi direktur perusahaan, lebih-lebih bisa jadi CEOnya. Lantas, apa pengertian CEO, tugas dan job desk CEO. Dengan memahami istilah ini kamu akan tahu bagaimana cara mudah menjadi CEO sebuah perusahaan yang bonafit.

Yuk, kita kupas semuanya dengan santai dan hati tenang ya. Semoga kamu mendapat pencerahan.

perbedaan CEO dan direktur
Penting sekali memahami apa perbedaan CEO dan direktur

Pengertian CEO

CEO adalah singkatan dari Chief Executive officer. Yaitu sebuah jabatan eksekutif tertinggi sebuah perusahaan. Secara umum CEO adalah seseorang yang bertugas untuk memajukan perusahaan.

Ada perbedaan secara signifikan antara CEO dengan jabatan yang lain. Jabatan lain dalam sebuah perusahaan adalah direktur, komisaris dan jajaran direksi. Inilah jabatan-jabatan penting dalam sebuah perusahaan yang perlu kamu ketahui.

Dari pemaparan di atas kita tahu bahwa CEO atau Chief Executive officer merupakan sebuah jabatan penting di perusahaan. Seorang SEO atau Chief Executive officer memegang jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan.

Dia adalah seorang yang punya tanggung jawab  bagaimana memajukan sebuah perusahaan dengan baik dan benar. Sehingga setiap keputusan yang CEO ambil harus mampu dipertanggungjawabkan kepada dewan direksi. Kata CEO dalam bahasa Indonesia punya arti Direktur Utama.

Tugas dan Tanggung Jawab CEO

Ada banyak tugas dan tanggung jawab yang ada di pundak seorang CEO. Tugas dan tanggung jawab ini tentu sesuai dengan salary atau gaji dan  bonus-bonus yang CEO terima setiap bulannya. Jika kamu ingin menjadi CEO perusahaan, kamu perlu mempelajari apa tugas CEO. Secara umum tugas CEO adalah memimpin dan mengendalikan perusahaan.

Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab CEO yang perlu kamu tahu:

Pertama, Memimpin Perusahaan

Apa tugas dan tanggung jawab CEO? Seorang CEO bertugas memimpin jalannya perusahaan.

Seorang CEO punya tugas utama bagaimana memimpin, memajukan dan mengembangkan perusahaan sesuai dengan visi misi perusahaan.

Karena tugas utama CEO memimpin perusahaan, maka dia bertanggung jawab penuh atas segala keputusan yang diambilnya dalam rangka untuk memajukan perusahaan yang dia pimpin. Sehingga seorang CEO haruslah seorang yang visioner, berpikiran luas, berfikir out of the box dan lain sebagainya.

Seorang CEO haruslah orang yang punya pikiran dan wawasan luas. Punya jiwa entrepreneurship yang tinggi. Sehingga dia mampu menjadi nahkoda bagi perusahaan yang dia pimpin.

Wujud nyata dari inovasi seorang CEO adalah produk,  riset dan penelitian yang berkembang di perusahaan.

Kedua, Seorang Komunikator Ulung

CEO termasuk salah satu jabatan tertinggi sebuah perusahaan. Maka mereka haruslah orang yang punya jiwa komunikasi yang tinggi. Mereka harus mampu berkomunikasi dengan baik para karyawan, stakeholder, dewan direksi dan dengan orang-orang yang terkait dengan perusahaannya.

Seorang CEO (Chief Executive officer) bukan saja hanya memerintah karyawan tetapi harus mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepada karyawan agar perusahaan berjalan dengan baik sesuai dengan visi misi perusahaan.

Ketiga, Seorang Eksekutor

Seorang CEO yang baik adalah eksekutor yang brilian. Dia mempunyai pikiran yang cerdas, inovatif. CEOsuatu strategi. Mereka juga biasanya adalah orang yang mempunyai keahlian untuk mengeksekusi.

Semua ini dalam rangka untuk mengambil keputusan dan langkah-langkah strategis dengan cepat dan singkat. Sehingga seorang CEO (Chief Executive Officer) haruslah mempunyai perhitungan yang matang tentang untung rugi ketika dia mengambil sebuah keputusan penting.

Keempat, Pengelola Perusahaan

Seorang CEO haruslah orang yang punya jiwa mengelola, mengayomi dan memimpin. Ini dalam rangka untuk memastikan perusahaan berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan stakeholder dan visi misi perusahaan .

Apa arti pengelolaan di sini? Artinya seorang CEO haruslah seorang pemimpin yang mempunyai skill manajemen, keuangan (finansial), mampu memikirkan pendanaan (funding), pemasaran (marketing) dan produksi (production).

Bukan berarti CEO terjun langsung pada bidang pemasaran dan produksi, bukan. Tetapi CEO harus mampu memberi pengarahan pada para karyawan untuk bekerja sesuai dengan job deskripsi mereka masing-masing. 

Baca juga Contoh Proposal Usaha Lengkap Supaya Dilirik Investor

Cara Menjadi CEO yang Produktif

cara menjadi ceo
Kamu perlu tau bagaimana cara menjadi ceo profesional

Bagi kamu yang ingin menjadi pemimpin sebuah perusahaan, maka kamu perlu mempelajari bagaimana cara menjadi CEO yang baik dan Profesional.

Bagaimanakah seorang CEO yang profesional itu? Yuk, simak ulasannya di sini:

Punya Skill Memimpin

CEO adalah seorang pemimpin bagi sebuah perusahaan. Maka dia perlu memiliki sebuah skill Bagaimana cara memimpin yang baik.  Pemimpin bukanlah orang yang bisa memerintah apa pun kepada bawahannya.

Tetapi seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menunjukkan, memotivasi, menginspirasi dan mengajak bawahannya menuju cita-cita, impian dan visi misi perusahaan di masa yang akan datang.

Bangun Pengalaman Segera

Tugas utama seorang CEO adalah memimpin. Maka untuk bisa memimpin secara maksimal, perlu pengalaman dan jam terbang yang cukup. Pengalaman ini bisa kamu bangun mulai dari sekarang.

Kamu perlu memulai dari disiplin waktu, mengelola manajemen waktu kamu, bagaimana kamu mengerjakan tugas harian kamu dengan baik. Ini adalah langkah awal bagaimana menjadi seorang CEO yang baik.

Berpikiran Luas dan Memandang Jauh Kedepan

Untuk menjadi seorang CEO kamu tidak harus bisa mengerjakan semua secara teknis. Mengapa? Karena produk utama seorang CEO adalah keputusan. Yaitu keputusan-keputusan strategis yang akan membawa perusahaan lebih maju dan berkembang.

Berani dan Tidak Takut Gagal

Seorang CEO adalah seseorang yang punya jiwa dan mental baja. Maka berani adalah karakter seorang pemimpin. Tentu keberanian yang terukur dan punya landasan ilmu. Bukan berani asal berani. Apalagi berani yang hanya karena nekat. Bukan!

Baca juga: Pengertian Teks Negosiasi, Tujuan, Struktur dan Contohnya

Karakter Seseorang CEO

karakter ceo
Kamu perlu tau dan paham seperti apa karakter ceo

Ada beberapa karakter seorang SEO yang menonjol. Perhatikan, siapa tahu kamu salah satunya.

Yuk, kita bahas satu satu:

Punya Respect Yang Tinggi

Karakter SEO yang utama dan pertama adalah mempunyai respect yang tinggi terhadap orang lain. SEO bukanlah seseorang yang ingin dihormati. Tetapi dia adalah orang yang mampu menghormati orang lain termasuk karyawan dan bawahannya.

Kemampuan sangf CEO untuk respek terhadap orang lain terutama bawahannya akan membuat mereka solid terhadap keputusan dan kebijakan perusahaan. Sehingga perusahaan akan bertumbuh dan berkembang lebih baik sesuai dengan cita cita dan visi misi perusahaan jangka panjang.

Mempunyai Sudut Pandang yang Berbeda

Sebagai seorang pemimpin perusahaan, maka CEO perlu mempunyai sudut pandang yang berbeda terhadap suatu masalah.

Masalah bagi sebagian orang adalah masalah dan kesulitan. Tapi bagi seorang CEO yang profesional. Masalah adalah peluang dan momentum. Mereka mampu melihat sesuatu yang tak terlihat oleh mata.

Bisa Melihat Peluang

Seorang pemimpin harus mampu melihat sesuatu yang tak terlihat jauh di masa yang akan datang. Inilah CEO yang visioner. Artinya mereka mampu melihat peluang-peluang dibalik masalah yang perusahaan  hadapi.

Sering sekali perusahaan mengalami peristiwa yang kalau dilihat secara dohir ini adalah sebuah masalah. Tetapi seorang pemimpin yang baik, sang CEO mampu melihat peluang di balik masalah yang terjadi pada perusahaannya.

Apa Perbedaan CEO dan Direktur?

Apa Perbedaan CEO dan Direktur
Yuk, pahami Apa Perbedaan CEO dan Direktur

Mungkin kamu bertanya-tanya dalam hati, apa perbedaan CEO dan direktur?

CEO dan direktur merupakan jabatan tinggi dalam sebuah perusahaan. Tetapi ada sedikit  perbedaan antara seorang CEO dan direktur.

CEO adalah jabatan tertinggi dalam perusahaan. Dia bertangung jawab penuh terhadap keputusan-keputusan penting perusahaan. Seorang CEO bertindak sebagai mediator antara tim manajemen dan tim direksi. Boleh dibilang CEO adalah pilot bagi sebuah perusahaan. Di tangan CEO-lah nasib perusahaan jangka panjang.

Sedangkan direktur adalah orang yang mempunyai tanggung jawab terhadap operasional perusahaan. Misalnya saja, mulai dari membuat rencana, prosedur harian, implementasi kerja, dll.

Seorang direktur wajib memastikan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan baik. Sang direktur bertanggung jawab kepada CEO.

Di Mana Letak Perbedaan CEO dan Direktur?

Seorang CEO punya tanggung jawab besar melebihi direktur. Sedangkan direktur bertanggung jawab kepada CEO. Pendek kata, direktur melaksanakan semua tugas dan instruksi dari CEO.

Seorang CEO memiliki visi besar ke mana perusahaan akan dibawa di masa depan. Sedangkan sang direktur, melaksanakan semua strategi yang CEO tetapkan.

Kesimpulan

Ketika kamu memahami perbedaan CEO dan direktur, maka akan mengantarkan kamu pada level berfikir yang lebih tinggi. Perusahaan bisa besar dan profit tinggi bila dipegang oleh seorang yang punya kapasitas dan kapabilitas tinggi.

Dia mampu membawa perusahaan menuju korporasi. Sang CEO tidak hanya berputar-putar  pada penjualan dan omset saja. Tetapi dia sudah berpikir jauh ke depan. Bagaimana memajukan perusahaan 1 abad ke depan.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*