Pengertian indikator, fungsi dan jenisnya

Fungsi indikator

Indikator adalah sebuah istilah yang sangat penting kita ketahui dan kita fahami untuk eksis dan sukses dalam suatu bidang tertentu. Bukan hanya itu, istilah indikator sering kita gunakan dalam evaluasi penelitian ilmiah.

Mau tau lebih dalam tentang indikator, pengertian indikator, fungsi dan jenis jenisnya?

Yuk, simak artikel ini sampai tuntas ya.

 

pengertian indikator

Ketika kita fokus pada kajian akademik baik sebagai seorang pengajar, siswa atau pelajar. Kita perlu familiar dengan istilah indikator ini. Istilah indikator sering sekali kita gunakan pada sektor swasta. Semisal, ketika Anda terjun dalam dunia bisnis dan manajemen.

Dalam bisnis yang sedang anda tekuni, anda pasti ingin bisnis anda berkembang dan bertumbuh. Nah, untuk mengetahui pertumbuhan sebuah bisnis kita bisa melihat dari beberapa sisi.

Salah satunya adalah laporan keuangan. Laporan keuangan berupa Neraca( balance sheet), laporan laba rugi (income statement), laporan arus kas (cashflow). Kita bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan bisnis kita hanya dari laporan keuangan ini. Asyik, kan?

Bukan hanya itu..

Untuk mengevaluasi dan menilai kinerja orang lain, Anda perlu Memahami sebuah indikator. Sehingga mengetahui dan memahami indikator ini sangat penting bagi Anda untuk meraih sukses pada bidang yang sedang Anda tekuni.

 

Pengertian indikator

pengertian Indikator

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang indikator ini. Kita perlu memahami apa pengertian indikator. Ada beberapa pengertian indikator yang akan penulis jelaskan pada artikel ini.

Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian indikator secara umum

Pengertian indikator secara umum adalah sebuah nilai dari suatu variabel yang ingin kita teliti dan kita pahami. Dari pemahaman ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa indikator adalah sebuah karakteristik, ciri, ukuran yang menunjukkan perubahan pada fenomena tertentu. Nilai ini sangat berguna bagi kita untuk melihat serta mengukur perubahan yang terjadi pada sebuah objek yang sedang kita teliti.

 

Manfaat dari indikator ini adalah untuk mengevaluasi serta mengukur suatu keadaan dan menilai perubahan-perubahan yang terjadi pada objek yang kita teliti dari waktu ke waktu.

 

Sehingga indikator adalah sebuah aspek penting yang kita pahami dalam rangka melakukan penelitian untuk memperoleh nilai dan evaluasi secara objektif.

 

Pengertian indikator menurut KBBI

Indikator menurut KBBI adalah sesuatu yang mampu memberikan petunjuk dan keterangan secara jelas. Sehingga dari definisi ini kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa nilai yang ada dalam bidang yang sedang kita teliti bisa kita manfaatkan sesuai dengan petunjuk yang muncul dalam sebuah indikator.

 

Pengertian indikator menurut beberapa ahli

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas pengertian indikator secara umum. Berikut penulis akan menjelaskan pengertian indikator menurut para ahli.

 

Yuk, simak penjelasan berukut ya.

 

Pengertian indikator menurut WHO (World health organization)

Pengertian indikator menurut WHO adalah sebuah variabel yang mampu membantu kita dalam menjalankan sebuah aktivitas dalam rangka untuk melakukan pengukuran dan evaluasi terhadap suatu objek.

 

Indikator ini kita pelajari dalam rangka untuk membantu seorang peneliti menilai hasil perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu terhadap suatu objek yang sedang diteliti.

 

Pengertian indikator menurut Green

Indikator menurut Green adalah kumpulan dari variabel yang menunjukkan dan mengidentifikasikan kondisi tertentu para peneliti. Sehingga sekumpulan variabel ini bisa kita gunakan untuk melakukan pengukuran pada objek yang sedang kita teliti.

 

Pengertian indikator menurut US Department of Health and Social Service

Menurut departemen Amerika ini, indikator adalah sebuah statistik normatif yang fokus pada perhatian. Tujuan utama adalah penilaian yang ringkas, berimbang dan komprehensif terhadap kondisi sesuatu yang ada di masyarakat.

Pengertian Platform dan contohnya yang perlu kamu tau

Fungsi indikator

Fungsi indikator

Fungsi utama indikator adalah sebagai penanda (variabel) yang bisa diukur dan dihitung serta dinilai secara objektif sesuai dengan objek yang sedang kita teliti.

 

Berikut penulis akan menjelaskan beberapa fungsi indikator dalam rangka melakukan aktivitas evaluasi:

  • Pedoman bagi seorang peneliti untuk melakukan ukuran terhadap suatu fenomena
  • Alat yang mampu menunjukkan perubahan nilai terhadap objek yang sedang kita teliti
  • Pedoman dalam rangka melakukan perencanaan dan pelaksanaan suatu kegiatan
  • Pedoman dalam rangka melakukan upaya dan pengembangan kegiatan sesuai dengan potensi kebutuhan dan karakteristik lingkungan tertentu

 

Secara ringkas, dari keterangan ini kita bisa mengambil suatu kesimpulan bahwa indikator perlu adanya sebuah kerangka yang memberikan penilaian yang objektif dan sangat jelas.

 

Kerangka penilaian ini bisa saja indikasi yang menjadi poin paling penting terhadap suatu evaluasi dan penilaian program yang sedang kita jalankan.

 

Jenis indikator

Jenis indikator

Ternyata ada beberapa jenis indikator yang bisa kita gunakan dalam aktivitas kegiatan sehari-hari.

Berikut jenis indikator yang bisa penulis sajikan ke hadapan Pembaca sekalian:

 

Indikator untuk pendidikan

Dalam rangka untuk menjalankan pendidikan yang sukses, kita butuh sebuah indikator untuk menilai dan mengukur sejauh mana keberhasilan pendidikan yang kita laksanakan.

 

Indikator ini dalam dunia pendidikan biasa dikenal dengan istilah standar kompetensi ( kompetensi dasar).

 

Tahukah kamu bahwa kekuatan kompetensi Dasar adalah kemampuan minimal yang dimiliki oleh seorang individu dalam rangka menjalankan proses pendidikan. Ketika seseorang telah menjalankan proses pendidikan sesuai dengan standar .

Tetapi dia tetap tidak memiliki kompetensi dasar, maka proses pendidikan yang telah dilaksanakan telah gagal untuk membuat individu yang berkembang dan berkualitas.

 

Standar kompetensi ditunjukkan oleh indikasi sesuai dengan karakteristik para peserta didik serta kebutuhan untuk menjadi seorang profesional.

 

Indikator perekonomian

Dalam suatu wilayah ketika mereka punya rencana dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas domestik bruto dan untuk mendorong ekonomi agar bertumbuh sering sekali mengalami kegagalan.

 

Dalam rangka untuk mencegah terjadinya kegagalan ini, maka dibutuhkan sebuah alat untuk menilai sejauh mana target pertumbuhan ekonomi bisa tercapai sesuai dengan yang direncanakan dalam sebuah skema final. Hal ini biasanya berupa indikator umum. Seperti Produk Domestik Bruto (PDB), investasi, pengembangan kawasan strategis serta tenaga kerja yang efektif dan efisien.

Contoh teks Eksposisi lengkap, ciri ciri dan strukturnya

Indikator kinerja

Indikator kinerja merupakan salah satu bentuk yang sering kita gunakan dalam proses kerja. Semua ini dalam rangka untuk menilai sejauh mana kemampuan dan hasil kerja dari seorang karyawan dalam perusahaan kita.

 

Penemuan yang dihasilkan bisa berupa perubahan nilai kualitatif atau kuantitatif. Secara umum penilaian kinerja ini menunjukkan indikasi kuantitatif yang  didorong oleh penilaian yang jauh lebih panjang berupa kualitatif serta komprehensif.

 

Tujuan kita melakukan uji indikator kinerja adalah dalam rangka untuk mengukur sejauh mana keberhasilan yang kita laksanakan. Ukuran standar keberhasilan ini sudah kita tetapkan di awal dengan menunjuk pada indikasi dan strategi yang telah kita tetapkan.

 

Salah satu indikator utama yang digunakan dalam adalah KPI biasa dikenal dengan (Key Performance Indicator). Sebuah matrik yang menunjukkan hasil evaluasi serta keberhasilan suatu kegiatan pada waktu tertentu.

 

Indikator penelitian

Indikator juga sering kita gunakan dalam dunia penelitian. Jenis indikator ini biasanya digunakan untuk memperoleh nilai serta hasil dari suatu objek penelitian. Dalam sebuah penelitian yang kita lakukan, sering sekali terdapat variabel bebas serta Variabel terikat yang mengalami beberapa perubahan. Dan perubahan ini selalu kita catat dan kita evaluasi.

 

Penelitian penelitian mayoritas punya nilai dan indikasi yang menjadi tolak ukur dalam sebuah penelitian, baik penelitian kualitatif atau kuantitatif.

 

Jadi biasanya penelitian ini mempunyai beberapa variabel dan nilai ukur yang berbeda-beda satu sama lain. Variabel dan nilai ukur ini tentu harus sesuai dengan hasil dan tujuan yang diharapkan setelah melaksanakan penelitian tersebut.

 

Demikian pembahasan tentang Pengertian indikator, fungsi dan jenisnya yang bisa penulis sajikan ke hadapan pembaca sekalian. Semoga bermanfaat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*