Contoh Teks Eksposisi Lengkap, Ciri Ciri dan Strukturnya

 Contoh teks eksposisi perbandingan

Contoh teks eksposisi

 

Sahabat sekalian, ketika kita belajar bahasa Indonesia. Di sana ada banyak sekali pelajaran yang kita pelajari dan semuanya berbeda-beda. Salah satu pelajaran penting dalam bahasa Indonesia adalah teks eksposisi. Dalam artikel ini kita akan memberikan contoh teks eksposisi.

Teks eksposisi biasanya dibuat dalam rangka untuk memberikan informasi kepada para pendengar atau pembaca.

Sedangkan informasi yang ada dalam teks eksposisi ini biasanya tertulis. Informasi yang ada dalam teks eksposisi adalah informasi bersifat nyata dan benar sesuai kenyataan. Dalam teks eksposisi biasanya disajikan informasi berupa fakta. Biasanya teks eksposisi bisa kita temukan di dalam berita, majalah, koran harian, koran nasional.

Baca juga Inilah contoh teks pidato beserta strukturnya lengkap. Bisa langsung kamu tiru, Plek!

Pengertian teks eksposisi

Pengertian teks eksposisi

 

Sebelum kita belajar lebih dalam lagi teks eksposisi serta membuat contoh-contoh nyata tentang teks eksposisi, kita akan belajar lebih lanjut tentang definisi dan pengertian teks eksposisi, definisi teks eksposisi, struktur teks eksposisi, kaidah bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi.

 

Teks eksposisi merupakan jenis teks yang biasanya berisi tentang informasi berupa fakta dan kenyataan di lapangan.  Teks eksposisi menjelaskan sebuah informasi, wawasan  yang dibuat dan diciptakan dalam rangka untuk menambah pengetahuan dan wawasan pembaca.

Sehingga boleh dibilang, teks eksposisi merupakan informasi berupa fakta dan nyata yang tersaji sesuai dengan data yang sebenarnya.

Dimana teks ini bersifat non fiksi, ilmiah yang disampaikan dengan cara yang mudah, jelas, padat, singkat dan akurat.

Dalam rangka untuk mendukung data fakta yang disajikan, seringkali teks eksposisi didukung dengan grafik, statistik dan gambar-gambar pendukung. 

 

Biasanya teks eksposisi berupa informasi dan sifatnya non fiksi. Teks eksposisi juga berupa informasi mengenai Kapan, Dimana, Bagaimana, Siapa, Tentang apa, Membahas apa. Biasanya disebut dengan rumus 5W+1H.

Tujuan utama pembuatan teks eksposisi adalah dalam rangka untuk berbagi informasi kepada pembaca agar informasi ini bisa diterima dengan jelas, rinci dan gamblang tentang suatu kejadian di tempat tertentu oleh orang tertentu.

Sebelum kita belajar tentang teks eksposisi secara rinci, kita perlu memahami dulu apa saja struktur dan ciri-ciri teks eksposisi.

 

Ciri ciri  teks eksposisi

Ciri ciri  teks eksposisi

 

Dalam bahasa Indonesia ada banyak jenis teks. Sebagaimana pembahasan teks lainnya, teks eksposisi memiliki beberapa ciri yang mudah dikenali. Ciri ini berbeda dengan ciri-ciri teks yang lain. Untuk membedakan antara sebuah teks eksposisi dengan Jenis teks yang lainnya, kita perlu mengetahui ciri-ciri teks eksposisi terlebih dahulu.

Sebelum kita bahas ciri ciri teks eksposisi sekarang mari kita bahas definisi dari ciri teks eksposisi.

Ciri ciri teks eksposisi adalah tanda, karakter,  model yang yang ada dalam teks eksposisi.

Baca juga Pengertian iman dalam Islam lengkap beserta penjelasannya

 

Berikut ciri-ciri teks eksposisi:

 Teks bersifat informatif

Seperti yang penulis Jelaskan sebelumnya, teks eksposisi  dibuat dalam rangka untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada pembaca. Teks eksposisi menyajikan informasi, pengetahuan yang bersifat informatif yang berisi berbagai macam data dan informasi yang cepat, akurat.

Pada point ciri pertama ini, kamu bisa menemukan banyak sekali contoh teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya teks eksposisi ini banyak disajikan dalam surat kabar, koran harian dan mingguan.

 

 Teks eksposisi bersifat objektif

Salah satu ciri utama dari teks eksposisi adalah bersifat objektif. Teks eksposisi bersifat objektif bermakna bahwa teks eksposisi ini tidak berpihak kepada salah satu diantara objek yang disampaikan dalam tulisan.

Ciri ciri ini biasanya ditandai dengan penggunaan frasa, kalimat, kata yang emosional. Sehingga membuat pembaca merasa tersentuh hatinya. Mreka para pembaca memihak ke salah satu pihak yang ada dalam berita tersebut.

Diksi atau pemilihan kata dalam teks eksposisi ini tidak memaksakan kehendak. Opini penulis terhadap tulisan contoh teks eksposisi tidak menggunakan sudut pandang penulis dalam proses penulisannya.

 

 Informasi diberikan sesuai dengan data yang akurat

 Teks eksposisi biasanya dibuat dalam rangka untuk menambah pengetahuan dan wawasan pembaca. Biasanya, ini disertai dengan informasi yang akurat, data yang informatif. Data dan fakta yang di sampaikan biasanya berupa informasi, angka-angka yang bisa di pertanggungjawabkan kebenarannya.

Data yang disajikan dalam teks eksposisi ini adalah sebuah kontribusi dari informasi yang diberikan dan disajikan kepada pembaca. Biasanya teks eksposisi ini disertai dengan grafik, tabel dan gambar-gambar pendukung.

 

 Tulisannya padat jelas dan lugas

 Teks eksposisi biasanya berupa tulisan yang padat, jelas dan lugas. Ini merupakan tanda-tanda utama yang ada dalam teks eksposisi.

Bagaimana teks eksposisi ini harus disajikan dan dipaparkan berupa data, informasi yang padat jelas, lugas dan akurat.

Biasanya teks eksposisi ditulis dengan tulisan yang tidak begitu panjang, tidak bertele-tele. Sehingga membuat pembaca mudah menangkap ide, informasi yang disampaikan dalam tulisan itu.

 

Dari penjelasan tentang ciri-ciri teks eksposisi di atas, contoh nyata yang sering kita temui tentang teks eksposisi adalah koran.

Tulisan koran biasanya berupa informasi yang diberikan tidak terlalu banyak, isinya bisa dipertanggungjawabkan di depan hukum, mampu menjawab tentang siapa, apa, dimana, kapan peristiwa itu terjadi. Bahasa yang digunakanpun, biasanya menggunakan bahasa baku.

Baca juga Tata cara sholat jamak bagi musafir yang jarang diketahui orang

 

Struktur teks eksposisi

 Struktur teks eksposisi

 

Ketika kamu belajar tentang teks eksposisi, kamu perlu tahu bagaimana cara membuat teks eksposisi.

Perhatikan dengan seksama, ada banyak sekali contoh teks eksposisi yang ada. kita bisa melihat struktur yang berbeda dalam satu teks ini. struktur ini merupakan sebuah struktur informasi yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa membuat sebuah teks eksposisi yang baik dan benar.

 

 Berikut beberapa struktur teks eksposisi yang sering digunakan:

Tesis

 pernyataan pendapat atau biasa disebut tesis. Teks eksposisi biasanya diawali dengan sebuah pernyataan pendapat. Biasanya berisi tentang sebuah isu atau topik yang akan dibahas oleh penulis.

Bagian ini biasanya berupa opini atau pendapat penulis yang akan menempatkan pembaca dalam posisi tertentu.

Dalam posisi ini penulis akan mengarahkan pembaca untuk ada dalam posisi pro terhadap tulisan yang disajikan oleh penulis atau kontra atas tulisan yang disajikan oleh penulis.

 

 Argumentatif menjelaskan fakta

 struktur selanjutnya dari sebuah teks eksposisi adalah argumentative. Argumentatif atau arguemntasi ini menjelaskan sebuah pernyataan.

Pada bagian ini kamu akan belajar tentang bagaimana sebuah teks eksposisi mendukung opini yang diurai dan dirangkai pada bagian sebelumnya. Argumentasi ini perlu ditulis dengan sistematis sesuai dengan data dan fakta yang ada di lapangan.

 Pada bagian ini sering sekali argumentasi ditulis dalam beberapa paragraf. Sehingga teks eksposisi yang baik dan benar adalah sebuah teks eksposisi yang runtut, banyak memberikan fakta dan data pendukung.

Sering sekali dalam teks eksposisi dijumpai sebuah  pernyataan yang disertai dengan alasan yang jelas dan logis.

 

 Mengulang penegasan

 Pada bagian ahir sebuah  teks eksposisi, biasanya ada penegasan ulang yang disempurnakan dengan kesimpulan. Pada bagian akhir ini, penulis menyebutkan ulang tesis atau pernyataan pendapat dari penulis. Namun terkadang tidak disebut secara langsung.

 

 Jenis jenis teks eksposisi

 Jenis jenis teks eksposisi

 

Agar kamu bisa membuat sebuah contoh teks eksposisi yang baik dan benar, kamu perlu tahu ada berapa jenis teks eksposisi ini.

Mengapa?

Agar kamu tahu bahwa teks eksposisi 1 dengan teks eksposisi yang lain berbeda-beda. Ini disesuaikan dengan pola pengembangan paragraf.

 

Inilah beberapa jenis teks eksposisi yang sering digunakan:

 Teks eksposisi definisi

 teks eksposisi definisi merupakan sebuah jenis teks eksposisi yang ciptakan, diproses dan dibuat dalam rangka untuk menjelaskan sebuah pengertian, definisi suatu topik tertentu.

Teks eksposisi ini fokus pada sebuah karakter, topik yang sedang dijelaskan. Contoh teks eksposisi model ini banyak di jumpai pada buku-buku pelajaran yang ada di sekolah terutama kelas kelas bawah yang lebih mudah dan sederhana.

 

 Teks eksposisi proses

Teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi proses. Jenis teks eksposisi ini biasanya berisi cara, langkah untuk melakukan sesuatu.

Pada langkah ini biasanya proses dijelaskan dengan sangat rinci. Mulai dari awal proses hingga akhir proses.

Jenis teks eksposisi ini sering sekali ditemukan pada buku panduan, buku petunjuk penggunaan produk, artikel yang membahas dan menjelaskan tentang resep masakan, artikel tentang cara membuat sesuatu dan lain sebagainya.

 

 Teks eksposisi ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi ini biasanya dibuat dalam rangka untuk memberi gambaran yang spesifik dan rinci terhadap topik tertentu.

Dengan demikian, kamu diajak untuk mengetahui, memahami 2 topik itu yang disajikan itu Teks eksposisi ini menggambarkan, melihat kesamaan sebuah sifat dengan topik yang dibahas dan topik lain yang mirip-mirip.

 

Teks eksposisi laporan

Teks eksposisi laporan merupakan sebuah jenis teks eksposisi yang isinya tentang laporan peristiwa tertentu, penelitian tertentu.

Teks jenis ini biasanya juga disebut dengan teks eksposisi berita. Informasi ganti sampaikan, dipaparkan dalam teks eksposisi jenis ini adalah sebuah peristiwa tertentu yang nyata dan aktual.

Teks eksposisi jenis ini biasanya mudah sekali ditemukan pada koran, majalah, dan informasi yang lain di sekitar kita.

Teks eksposisi pertentangan

Teks eksposisi ini biasanya diuraikan dan disajikan dari sudut pandang yang berbeda beda. Teks eksposisi pertentangan biasa disebut teks eksposisi kontradiksi.

Teks eksposisi ini biasanya memiliki ciri khusus dan spesial, menggunakan konjungsi intrakalimat berupa kata “tetapi” dan “sedangkan”. Biasanya juga  menggunakan konjungsi antarkalimat berupa kata “meskipun demikian” akan tetapi, “akan sekali”, “sebaliknya dan “namun”.

 

 Teks eksposisi perbandingan 

Dalam teks eksposisi perbandingan ini, biasanya membandingkan sebuah gagasan utama yang diuraikan dan disajikan dengan cara membandingkan sebuah gagasan dengan gagasan lain.

Jenis teks eksposisi ini biasanya pembahasannya lebih jelas, lebih luas. Ada dua gagasan yang berbeda sehingga lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Dibandingkan dengan sebuah pembahasan yang fokus pada satu gagasan utama saja.

Dalam membuat sebuah contoh teks eksposisi perbandingan, ada dua hal yang biasanya dibandingkan adalah 2 topik yang setara atau sebanding.

 

 Teks eksposisi klasifikasi

Dalam rangka untuk membuat sebuah contoh teks eksposisi klasifikasi ini, seorang penulis perlu membagi topik, gagasan yang biasanya dibahas dalam kategori tertentu.

Dalam sebuah teks eksposisi klarifikasi, penulis bisa melakukan dengan dua pola; memisahkan gagasan, topik  utama atau dengan membuat topik yang seragam menjadi satu kelompok klasifikasi yang sama.

 

 Teks eksposisi analisis

Jika kamu hendak membuat contoh teks eksposisi analisis ini, kamu perlu memisah suatu gagasan, ide atau masalah dari gagasan utama menjadi beberapa sub bagian tertentu.

Jika kamu sudah melakukan hal ini, tiap-tiap subbab bisa kamu kembangkan lagi menjadi pembahasan yang jelas dan berurutan.

Ini yang nanti akan diletakkan pada bagian argumen, ide pokok dalam rangka untuk menyusun sebuah argumen pada jenis teks eksposisi analisisa ini.

 

 Contoh teks eksposisi berdasarkan jenisnya

 Contoh teks eksposisi berdasarkan jenisnya

 Setelah kita mempelajari tentang definisi teks eksposisi, struktur teks eksposisi serta ciri-ciri teks eksposisi dan jenis-jenis teks eksposisi. Sekarang kita akan belajar membuat contoh teks eksposisi, contoh jenis teks eksposisi itu sendiri.

 

 Contoh teks eksposisi definisi

 Pohon kelapa

 Contoh teks eksposisi definisi

Pohon kelapa merupakan jenis tumbuhan atau tanaman yang tumbuh subur di nusantara, terutama pulau Jawa. Pohon kelapa banyak dijumpai terutama di desa-desa.

Pohon kelapa memiliki umur yang panjang hingga puluhan tahun. Apalagi jika pohon kelapa tidak ditebang.

Menanam pohon kelapa relatif mudah tanpa perawatan yang berarti. Pohon kelapa termasuk jenis pohon yang tidak membutuhkan banyak air.

Yang bisa dimanfaatkan dari pohon kelapa adalah kelapa muda, biasa dikenal dengan istilah degan, kelapa tua, batok kelapa, kulit kelapa dan pohonnya.

Bukan hanya itu, daun pohon kelapa juga bisa dimanfaatkan. Biasanya digunakan untuk penutup atap rumah, membungkus jenang. Pohon kelapa biasanya digunakan untuk bangunan rumah, atap dan lain sebagainya.

 

 Contoh teks eksposisi proses

 Proses terjadinya banjir

 Contoh teks eksposisi proses

Banjir merupakan sebuah musibah dan bencana yang tidak pernah diharapkan kedatangannya.

Tetapi sering sekali banyak orang yang melalaikan proses terjadinya banjir. Sehingga banjir itu benar-benar datang dan terjadi.

Agar bisa menghindari banjir, maka kita perlu tahu proses terjadinya sebuah banjir. Ternyata banjir bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja.

Banjir adalah sebuah kejadian yang terjadi karena kelalaian, keteledoran yang dilakukan oleh manusia. Banjar biasanya diawali dari sebuah sungai. Di mana sungai ini biasanya mengalir air yang bersih, jernih.

Tetapi kenyataannya, banyak masyarakat yang membuang sampah, kotoran ke dalam Sungai. Sungai mulai tercemari oleh sampah dan kotoran.

Jika hanya satu dua orang yang membuang sampah ke sungai, mungkin tidak begitu masalah tetapi bayangkan ada puluhan, ratusan bahkan ribuan orang yang setiap hari membuang sampah rumah tangganya ke sungai.

Sehingga sampah ini bertemu dengan sampah yang lain dan mengakibatkan tersumbatnya saluran air sungai yang sebelumnya airnya lancar menjadi keruh.

Dengan banyaknya sampah yang mengendap, datanglah musim hujan. Ketika musim hujan datang, air hujan yang turun ke sekitar rumah penduduk ini muaranya masuk ke sungai.

Dari sekian ribu debit air yang masuk ke sungai ini mengakibatkan sungai kelebihan kapasitas. Air meluber. Akhirnya terjadilah yang namanya banjir.

 

 Contoh teks eksposisi laporan

 Hutan di Indonesia terancam punah

 Contoh teks eksposisi laporan

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang banyak hutan di dalamnya. Kawasan Indonesia yang banyak hutan adalah Kalimantan, Sumatera.

Tetapi kenyataannya, hutan di Kalimantan dan Sumatera mulai terkikis dan kritik. Jika pemerintah melalui dinas kehutanan tidak bertindak tegas, kemungkinan hutan yang mulai terkikis ini akan hilang dalam masa 10 tahun mendatang.

Pantauan penulis hingga saat ini belum ada kondisi hutan di negara kita Indonesia yang terpelihara sempurna.

Bahkan semakin memburuk dari tahun ke tahun.

Hutan Indonesia betul betul kritis. Hal ini terbukti dalam waktu 10 tahun, luas hutan Indonesia mengalami penurunan drastis hingga 64 juta hektar. Misalnya saja di daerah Sumatera. Ada titik kebakaran yang sangat tinggi, perkebunan 10%, hujan dataran rendah 13%, alang-alang  49%, hutan gambut yang terbakar habis.

 

Masalah yang timbul bukan hanya luas wilayah hutan saja. Tetapi berdampak pada musnah dan matinya berbagai macam spesies flora dan fauna yang menjadi kekayaan Indonesia yang ada di dalamnya.

Pembukaan lahan baru yang liar serta penebangan pohon-pohon hutan, terjadinya alih fungsi hutan lindung adalah masalah dasar yang menjadi penyebab utama terjadinya kondisi krisis hutan Indonesia ini.

Apabila pemerintah membiarkan hal ini terjadi, tidak menutup kemungkinan dalam masa mendatang Indonesia akan benar-benar tidak punya hutang sama sekali. Maka dibutuhkan sebuah komitmen tegas dari pemerintah melalui Aparatur Negara kehutanan untuk mengatasi masalah serius ini.

 

 Contoh teks eksposisi ilustrasi

 Demam panggung sebuah ilustrasi kecil jadi penyebab gugup Saat tampil di panggung

 Contoh teks eksposisi ilustrasi

Merasakan kulit berkeringat dingin saat tampil di hadapan banyak orang terutama di panggung adalah sebuah pengalaman buruk yang sering dihadapi banyak orang.

Banyak orang yang mengkritik dan menyalahkan orang yang berkeringat dingin saat tampil di hadapan banyak orang.

Padahal mereka sendiri belum pernah berdiri di atas panggung untuk berbicara walaupun sepatah dua patah kata.

Tetapi memang begitu, biasanya orang lebih banyak mencibir, mengkritik orang lain.

Padahal mereka sendiri belum pernah melakukan. Orang yang pernah berdiri di hadapan banyak orang, punya pengalaman lidah kelu, berkeringat dingin, di kaki gemetaran adalah sebuah pengalaman yang tak pernah terlupakan dalam hidup ini.

Perasaan gugup ini terkadang terjadi bukan karena kita kurang persiapan. Biasanya,  sehari sebelum kita tampil, kita sudah membuat sebuah teks, naskah dan belajar di hadapan kaca atau cermin.Kita semangat bermain kata-kata, membuat ilustrasi, berekspresi di depan keluarga.

Tetapi kenyataannya, ketika kita tampil di depan panggung dan berbicara dihadapan banyak orang semua yang kita siapkan bubar, hilang seketika. Bagian teks yang kita hafal, saat kita baca terasa hilang baris-barisnya. Pernah mengalami kan?

 

 Demam panggung sebenarnya bukan karena kurang persiapan. Tetapi karena kurangnya rasa percaya diri.

Jika seseorang tidak menguasai panggung, maka biasanya ditandai dengan bentuk tubuh yang kacau, wajah yang pucat pasi, tubuh terasa lemas, jantung berdebar-debar, kaki gemetaran.

Secara sederhana, orang yang mengalami demam panggung, kata-kata yang muncul tak beraturan, dada mulai bergetar, kaki terasa kesemutan.

bagi kamu yang belum pernah mengalami fase ini, berarti kamu belum pernah berdiri di panggung. Untuk berbicara di hadapan banyak orang, maka kamu perlu mempersiapkan diri.

Kamu perlu banyak belajar relaksasi, nafas panjang,tarik nafas, keluarkan, lagi tarik nafas lagi,  lagi dan lagi. Kerjakan semua ini berkali-kali, kamu akan tenang.

Tenangkan diri kamu. Tanamkan dalam diri, rasa percaya diri yang tinggi bahwa kamu adalah orang yang luar biasa.

Buktikan dihadapan banyak orang bahwa kamu bisa bermanfaat dengan kata kata dan kaliamtmu yang meluncur lancar tanpa kendala.

 

 Contoh teks eksposisi perbandingan

 Menulis di kertas atau di Android. Mana yang lebih baik?

 Contoh teks eksposisi perbandingan

 menulis adalah sebuah aktivitas menuangkan ide, gagasan yang ada dalam pikiran. Kalau zaman dulu orang menuangkan gagasan dalam sebuah kertas.

Tetapi seiring dengan penggunaan teknologi, aplikasi yang ada di Android. Kita bisa menuangkan gagasan, ide dalam bentuk tulisan di aplikasi android.

Lantas diantara 2 media ini, menulis diatas kertas atau menulis di aplikasi Android?

Media mana yang paling cocok untuk digunakan?

 

BACA JUGA :   Kisah Nabi Muhammad teladan nyata bagi milenial

Jika pertanyaannya adalah mana yang paling baik antara media kertas atau aplikasi Android? Maka jawabannya relatif sekali. Tergantung bagi pengguna masing-masing.

Seseorang yang tidak terbiasa dengan Android, dengan teknologi. Maka menulis diatas kertas adalah media yang paling efektif dan efisien.

Media yang paling mudah dilakukan untuk menyampaikan ide dan gagasan ke dalam tulisan.

Metode menulis diatas kertas ini adalah sebuah metode yang sudah dipakai oleh orang sejak zaman dahulu kala.

Sebuah metode menulis yang paling banyak digunakan hingga saat ini.

 

 Sedangkan menulis di aplikasi Android adalah sebuah metode baru yang baru ditemukan beberapa tahun belakangan ini.

Bagaimana dengan aplikasi Android seseorang bisa menulis dimanapun, kapanpun dia punya waktu senggang dan punya waktu luang.

Dengan aplikasi menulis Android, kita tidak dibatasi oleh tempat dan waktu dimanapun, kapanpun sesuai dengan mood dan pikiran kita.

 

Sedangkan menulis diatas kertas,  dibatasi oleh waktu dan tempat. Kurang fleksibel,  bila kita membawa kertas kemanapun kita pergi. 

 

 Menulis di aplikasi Android juga punya beberapa kelebihan. Diantaranya, tulisan yang kita buat bisa di-save, disimpan otomatis di dalam cloud di Google Drive.Semua tulisan ini bisa diakses dan dibuka dimanapun, kapanpun kita berada.

Kita bisa menggunakan media menulis berupa Android. Dimana kita bisa menulis dan membukanya di mana saja kita berada. Kita kuga bisa membukanya di laptop, di PC, di android, di Ipad dan di berbagai macam device canggil asal ada jaringan internet.

 

 Perbedaan antara menulis di atas kertas dengan menulis di aplikasi Android bukan dalam rangka untuk menjelekkan satu metode dan menganggap baik metode yang lain.

Tetapi masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. Sesuatu yang paling penting adalah bagaimana caranya kita menemukan metode menulis yang paling efektif dan efisien di era digital ini.

Dimana di era digital ini adalah bagaimana kita bisa menghasilkan sebuah konten yang berkualitas.

Bila kita terbiasa dengan menulis diatas kertas, maka silakan Anda menulis Diatas kertas. Tetapi jika anda ingin menulis yang efektif dan efisien bisa diakses dimanapun, kapanpun, maka anda perlu memilih menulis di aplikasi Android yang banyak beredar di era digital ini.

 

 Contoh teks eksposisi pertentangan

Teknologi internet, sebuah tren baik atau tren buruk

 Contoh teks eksposisi pertentangan

 

 teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari, terutama teknologi internet.

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, satu laptop dengan laptop lain, sebuah Android dengan Android yang lain.

Di mana seluruh manusia yang ada di muka bumi ini bisa saling terhubung, berkomunikasi satu sama lain lewat sosial media semacam facebook, twitter, instagram, youtube di internet.

 

 Banyak orang, tokoh dan pakar yang mengkritik adanya internet. Mereka menganggap bahwa internet merupakan biang keladi dari kerusakan moralitas, akhlak generasi muda saat ini.

Memang lewat media internet, seseorang bisa mengakses apapun, kapanpun dan dimanapun mereka mau.

Jangan orang yang sadar dan waspada dengan menu yang ada di internet. Di internet tidak semuanya baik. Di internet banyak beredar berita, informasi, gambar, video yang dalam tanda kutip kuraqng baik bahkan tidak baik.

 

Dilihat dari satu sisi, internet memang membawa dampak, manfaat yang positif. Misalnya:

1. Internet memudahkan komunikasi seseorang dengan orang lainnya

2. Internet memudahkan pekerjaan, melahirkan  jutaan pekerjaan baru, mengurangi pengangguran

3. Internet mempermudah alur informasi  dan lain sebagainya. 

 

 Tetapi tidak jarang, di internet banyak orang yang mengupload tulisan, artikel yang isinya negatif. Banyak orang yang mengupload gambar yang seronok,  semi  dan porno. 

 

Sehingga menghadapi era digital, munculnya internet perlu kebijaksanaan, wawasan dan kedewasaan. Kita perlu mengidentifikasi dan menilai peluang usaha.

Kita harus mengedukasi, bagaimana mereka bisa memahami bahwa internet adalah sebuah media yang harus digunakan.

Bagaimana kita bisa menggunakan internet untuk menambah wawasan, pengetahuan dan memudahkan komunikasi. Memudahkan pekerjaan. Dan ini harus tertanam dalam pikiran kita yang Terdalam.

 

 Contoh teks eksposisi analisa

Sampah elektronik

 

 Contoh teks eksposisi analisa

 

Sampah elektronik merupakan jenis sampah yang jauh lebih kompleks dibanding dengan Jenis sampah lainnya.

Mengapa?

Karena sampah elektronik yang banyak mengandung komponen didalamnya. Mulai dari tembaga, besi serta elemen elemen dan unsur lain.

Unsur-unsur ini mampu membuat dekomposisi alami dari berbagai jenis sampah yang sulit mengolahnya.  Salah satunya adalah jenis sampah plastik.

Karena Jenis sampah ini tidak dapat diurai secara alami. Limbah elektronik ini menjadi sebuah limbah yang akan menciptakan masalah di lingkungan masyarakat.

Bagaimana cara atau langkah membuat limbah ini tidak mencemari lingkungan?

Jawabnya adalah dengan mendaur ulang menjadi produk yang bermanfaat dan berguna.

Komponen-komponen yang ada di dalam limbah elektronik dapat didaur ulang menjadi produk yang berkualitas tinggi.

Apalagi jika itu sampah elektronik dari produk bernilai tinggi seperti pesawat terbang, kapal.

Oleh karenanya, sebuah program daur ulang bagi sampah sampah elektronik perlu digalakkan dan dipromosikan sedemikian rupa, sehingga mampu mengurangi jumlah sampah elektronik.

Hal ini akan mengurangi pencemaran lingkungan dan membuat masyarakat bertambah sehat.

 

Contoh teks eksposisi klasifikasi 

Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanan

Contoh teks eksposisi klasifikasi 

 

Ada jutaan makhluk ciptaan Allah yang ada di muka bumi. Mereka terdiri dari berbagai jenis hewan-hewan.

Ini adalah sebuah keajaiban ciptaan Tuhan yang sangat mengagumkan. Dari begitu banyak hewan itu, ada beberapa tipe jenis makanan yang mereka konsumsi.

Secara umum, ada 3 kategori makanan hewan; omnivora, herbivora serta karnivora.

Pertama, jenis hewan omnivora. Biasanya mereka adalah jenis hewan yang memakan makanan lainnya.

Mereka mau memakan tumbuh-tumbuhan. Mereka juga disebut sebagai hewan pemakan segalanya. Contoh dari hewan jenis ini adalah bebek, beruang, ayam dan lain-lain,

 

 Kedua, kelompok herbivora. Hewan herbivora adalah jenis hewan yang hanya memakan makanan dari tumbuh-tumbuhan.

Makanan kelompok herbivora ini biasanya ada pada tingkat konsumen pertama. Dan mereka sering sekali menjadi makanan bagi kelompok hewan karnivora.

Hewan jenis herbivora ini, Misalnya saja adalah kerbau, sapi, belalang, kuda, kambing dan lain sebagainya.

Ketiga, jenis hewan karnivora. Hewan karnivora ini adalah jenis hewan yang memakan daging atau memakan jenis hewan lainnya.

Kelompok ini biasa disebut sebagai predator. Hewan yang masuk dalam kategori predator ini misalnya saja, harimau, buaya, singa dan contoh yang lainnya.

 

 Demikianlah pembahasan kita tentang pembagian jenis hewan sesuai dengan jenis makanan yang mereka konsumsi.

Berbagai macam hewan yang jenis makanan berbeda-beda, menjadi hukum penyeimbang yang ada di muka bumi ini.

Sehingga akan selalu terjadi keseimbangan di muka bumi ini.  Karena terjadi ekosistem alam terkait satu sama yang lainnya. Keseimbagnan ini memajga bumi dari terjadinya kepunahan sebuah spesies ketika spesies yang lain ada.

 

 Contoh teks eksposisi berdasarkan tema

 Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas panjang lebar tentang contoh teks eksposisi sesuai dengan jenisnya.

Berikut kita akan membahas teks eksposisi berdasarkan tema. Pembahasan ini dalam rangka untuk membantu kita mempermudah memahami teks eksposisi dan bisa membuat jenis teks eksposisi berdasarkan tema.

 

 Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

 Contoh teks eksposisi berdasarkan tema

 Pendidikan merupakan salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia.

Mengapa pendidikan penting?

Karena hanya manusia satu-satunya makhluk yang oleh Allah dianugerahi akal, pikiran yang sempurna, hati serta nurani.

Dengan ilmu dan pendidikan, manusia akan menemukan jati dirinya sebagai manusia.

Manusia akan tau untuk apa dia diciptakan.

Dan satu jawaban utama mengapa manusia diciptakan adalah dalam rangka untuk beribadah kepadaNya, untuk mengabdi kepadaNya dan untuk memakmurkan bumiNya.

 

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang paling penting bagi manusia.

Dalam pendidikan karakter, diutamakan kemampuan siswa secara personal. Terutama terkait dengan potensi diri, moralitas, spiritualitas, akhlak.

Pendidikan karakter tidak hanya mengedepankan nilai di atas kertas.

Tetapi lebih kepada karakter, kemampuan siswa.

Para siswa digali bakat, minat dan hobinya secara personal. Sehingga setiap siswa diharapkan akan mampu memunculkan bakat bakat, potensi serta kecerdasannya yang paling dalam.

 

Mereka akan menjadi siswa yang berprestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Seorang siswa yang tidak pandai dalam pelajaran tertentu, bukan berarti dia adalah siswa yang bodoh.

Boleh jadi dia punya kemampuan yang luar biasa di bidang tertentu di luar bidang akademik.

Dalam pendidikan karakter, seseorang cerdas atau tidak, tidak ditentukan dari seberapa besar kemampuan akademiknya. Bukan dinilai dari suatu pelajaran yang dia kuasai di dalam kelas.

 

 Pemerintah juga melalui Dinas Pendidikan sudah berusaha untuk membuat dan menciptakan pendidikan karakter melalui berbagai macam regulasi dan kurikulum pendidikan terbaru.

Sebagai contoh, dinas pendidikan telah membuat kurikulum 2013 atau biasa dikenal K13.

Dalam kurikulum ini, pemerintah berusaha bagaimana menggali potensi siswa serta menanamkan karakter positif kepada siswa.

Sebuah karakter yang toleran antar agama, suku, kebudayaan, adat istiadat.

Indonesia adalah negara yang majemuk. Indonesia terdiri dari berbagai macam agama, suku, bahasa, kepercayaan serta adat istiadat yang berbeda-beda. Maka penanaman sikap toleran sejak dini perlu diberikan terutama di bangku sekolah.

 

 Contoh teks eksposisi tentang kesehatan

Obat sederhana, sirih merah obat tradisional

 Contoh teks eksposisi tentang kesehatan

 

Banyak orang yang tidak tahu bahwa sirih merah merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Salahs satu manfaat sirih merah ini sering dijadikan sebagai obat tradisional oleh orang tua zaman dahulu.

Sirih merah ini dapat dikembangkan dan dibudidayakan di sekitar rumah kita sebagai bahan untuk membuat ramuan tradisional (tesis).

 

Ada beberapa penelitian yang pernah dilakukan oleh para pakar. Penelitian ini mengungkap bahwa jenis tumbuhan sirih merah bisa dijadikan obat tradisional. Mulai dari penyakit maag, kanker, diabetes dan membantu mengatasi ketombe rambut.

Bukan hanya itu, sirih merah juga sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan wanita yang mengalami keputihan.

 

 Umumnya masyarakat pemakai dan memanfaatkan sirih merah dengan cara mengambil daunnya. Daun tersebut kemudian diperas. Sebelumnya, sirih merah dicuci bersih, direbus selama beberapa waktu.

Sirih merah ini mempunyai kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dimana dalam sirih merah ini ada senyawa aktif yang sangat dibutuhkan dalam proses penyembuhan berbagai macam penyakit.

Senyawa aktif yang terkandung didalam sirih merah meliputi; minyak atsiri, eugenol, dan zat lain-lainnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sirih merah dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit secara tradisional.

 

 Contoh teks eksposisi tentang ekonomi

 Ekonomi Indonesia

 Contoh teks eksposisi tentang ekonomi

 Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki kekayaan alam melimpah. Secara geografis Indonesia memiliki letak strategis. Terletak diantara dua benua.

Indonesia juga secara penduduk menempati negara terbesar keempat di dunia.

Ini merupakan modal dasar untuk menjadi negara yang makmur, adil, sejahtera. Salah satu perekonomian Indonesia biasa disebut sebagai ekonomi kerakyatan.

Dimana ekonomi kerakyatan itu terkait dengan ekonomi yang ditopang dan dihasilkan oleh rakyat. Mulai dari produk pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan industri kreatif lainnya.

Dalam ekonomi rakyat biasa dikenal istilah “Ekonomi dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat”.

 

 Pemahaman dari jargon di atas adalah bahwa:

Dari rakyat artinya semua kegiatan ekonomi diakses, dikerjakan oleh rakyat. Dimana rakyat menguasai dan punya akses terhadap sumber daya, sumber pendukung. Dalam kegiatan ekonomi produktif dan konsumtif rakyat dilibatkan dalam aktivitas ekonomi.

 

Oleh rakyat mempunyai pengertian bahwa semua proses produksi, konsumsi, gerakan yang dilakukan oleh rakyat. Rakyat punya hak dalam rangka untuk mengelola, memproses produk, jasa serta melakukan konsumsi.

Rakyatlah yang menentukan seberapa besar barang yang mau dibeli. Seberapa banyak orang yang mau dimanfaatkan. Siapa saja yang memanfaatkan. Bagaimana proses memanfaatkannya. Bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan dalam rangka menghasilkan  produk berkualitas. 

 

Untuk rakyat berarti bahwa rakyat adalah bagian terpenting dari sistem ekonomi. Dalam setiap kegiatan produksi dan konsumsi, rakyat adalah unsur pertama yang menerima manfaat. Sehingga indikator utama dari ekonomi kerakyatan adalah kepentingan rakyat yang terpenuhi. 

 

 Contoh teks eksposisi tentang budaya

 Memelihara budaya lama, walau datang budaya baru

 Contoh teks eksposisi tentang budaya

 Bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang lama memiliki karakter, budaya luhur. Indonesia memiliki tradisi, kebiasaan yang mulia sejak dulu kala.

Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, bermacam suku, bahasa, adat istiadat. Indonesia dengan budaya yang berbeda-beda merupakan khazanah kekayaan nusantara yang perlu dijaga, dipelihara oleh generasi muda.

 

 Ditengah gencarnya arus informasi yang masuk melalui media televisi, majalah, koran dan yang terbaru informasi masuk lewat dunia digital semacam website, blog, Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Mau tidak mau, informasi, budaya, karakter kebiasaan orang asing juga masuk ke negeri kita. Sebagai sebuah bangsa yang mandiri, majemuk, berkarakter. Kita tidak boleh alergi dengan etika dan budaya itu.

Selama budaya itu adalah budaya yang luhur, positif dan bermanfaat, maka kita bisa menghadapinya dengan sikap toleran.

Sedangkan budaya, kebiasaan yang bertentangan dengan budaya, adat istiadat bangsa Indonesia kita sebagai generasi muda perlu memiliki filter. Kita perlu melakukan filterisasi terhadap budaya-budaya itu. Jangan sampai masuk ke daerah  kita. 

 

Mengapa?

Karena lambat laun jika kita membiarkan budaya ini masuk, secara berangsur-angsur, terus menerus budaya asing ini akan menggerus dan menghilangkan budaya bangsa kita yang luhur yang terpelihara secara turun-temurun puluhan tahun.

 

Langkah-langkah utama yang perlu kita lakukan adalah membekali generasi muda tentang pentingnya menjaga dan memelihara budaya bangsa. Kita perlu melestarikan kebiasaan leluhur yang positif dan bermanfaat.

 

Generasi muda harus diajarkan dan dikenalkan dengan karakter positif bangsa. Indonesia adalah bangsa pemenang. Hal ini pernah dicontohkan oleh Gajah Mada dalam Sumpah Palapa.

Pemerintah juga perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia adalah bangsa yang memiliki budaya, karakter, kebiasaan yang luhur berabad-abad lamanya.

Maka kita perlu memelihara dan menjaga kebiasaan, tradisi budaya positif ini ke generasi berikutnya.

 

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan

 Menjaga kebersihan lingkungan sekolah

eksposisi tentang lingkungan

 

Sekolah merupakan suatu tempat bertemunya murid-murid, guru dalam rangka untuk belajar dan menimba ilmu serta menghilangkan kebodohan.

Sekolah adalah tempat yang paling nyaman, tentram bagi anggota sekolah itu. Setiap sekolah harus mengenalkan, mengajarkan kepada warga sekolah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

 

Dalam rangka untuk memelihara kebersihan sekolah, maka setiap kelas biasanya punya jadwal piket. Hal ini ditunjukkan dengan kelas punya peralatan kebersihan.

Peralatan ini bisa digunakan oleh siswa yang sedang melakukan piket, menjaga kebersihan setiap kelas.

Setiap siswa juga sangat dianjurkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Siswa juga dilarang untuk merokok di sekolah.

Bukan hanya siswa, para guru juga perlu memberikan contoh teladan nyata bagaimana guru juga tidak merokok di sekolah.

 

Ketika lingkungan sekolah sudah bersih, asri, nyaman maka kegiatan belajar mengajar akan terjadi dengan sempurna.

Guru akan mengajar dengan tenang dan bahagia. Sedangkan siswa akan menerima pelajaran dengan hati gembira dan pikiran tenang.

 

Maka tujuan dari pada pembelajaran di sekolah akan tercapai. Salah satunya disebabkan oleh kebersihan lingkungan sekolah yang selalu terjaga setiap hari.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah, harusnya menjadi karakter, biasaan dan budaya setiap warga sekolah itu sendiri.

 

  Contoh eksposisi hukum

Perempuan lebih mudah jadi objek kejahatan

eksposisi hukum

 

Dalam kehidupan sehari-hari, sosial masyarakat kita sering sekali para wanita menjadi objek dan sasaran kejahatan.

Data yang pernah dirilis oleh Kepolisian Republik Indonesia, kejahatan yang melibatkan wanita menjadi objek jauh lebih banyak dibanding laki-laki.

Hampir setiap hari ada aktivitas kejahatan yang menjadikan wanita sebagai korban atau objek.

 

 Ada beberapa kasus penting yang jarang di sorot oleh media yaitu kekerasan rumah tangga. Padahal Ada undang-undang khusus yang membahas tentang masalah KDRT ini.

 

 Hukum di negara Indonesia secara tegas telah mempraktekkan undang-undang yang mampu menjerat pelaku tindakan kriminal kejahatan.

Namun sedikit sekali tindakan ini yang membuat efek Jera bagi pelaku tindakan kejahatan kriminal. Lebih-lebih yang melibatkan para perempuan sebagai korban.

Banyak ahli ilmu sosiologi yang berargumen bahwa adanya stereotip yang terjadi di masyarakat mampu menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

 

 Contoh teks eksposisi tentang hewan

 

Lebah penghasil madu

tentang hewan

Lebah merupakan hewan yang termasuk dalam golongan familia api Day dan keluarga kerang. Tetapi kita tidak bisa menganggap enteng lebah.

Mengapa?

Sebab walaupun lebah punya badan yang kecil, lebah punya banyak khasiat dan manfaat atas apa yang ada dalam dirinya.

Mulai dari sarang hingga cairan yang mereka hasilkan berupa madu. Seluruh bagian yang dihasilkan oleh lebah berhasiat dan bermanfaat untuk manusia serta mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

 

Lebah punya beberapa khasiat dan manfaat untuk kepentingan manusia. Memiliki harga yang ekonomis dan menguntungkan.

Salah satu yang dihasilkan dari lebah adalah cairan madu. Lebah menghasilkan madu yang punya manfaat untuk menyegarkan tubuh, menambah sistem imun, memiliki kandungan vitamin, mineral, gizi dan berbagai macam kandungan yang lain.

Bukan hanya itu, di dalam lebah madu ada enzim yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 Lebah bukan hanya menghasilkan madu tetapi lebah juga menghasilkan zat yang bernama bee pollen. Zat ini punya khasiat dan manfaat untuk menguatkan badan. Bee pollen ini mampu membantu penyembuhan radang sendi serta varises dan permasalahan kesehatan yang lain.

Karena madu dihasilkan oleh lebah dan lebah mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk memperoleh madu walaupun dengan harga yang mahal.

Bukan hanya itu, lebah juga mempunyai kandungan berupa royal jelly. Royal jelly adalah santapan ratu lebah. Royal Jelly punya khasiat dan manfaat melindungi energi dan mampu membantu mensuplai  kebutuhan vitamin serta mineral tubuh manusia.

 

 Maka bagi anda pekerja keras yang punya aktivitas padat setiap harinya, anda perlu mengkonsumsi madu. Madu punya banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Anda juga perlu mengetahui cara bagaimana memilah dan memilih madu yang benar untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh kita.

 

 Madu punya banyak khasiat, manfaat berupa vitamin, enzim, mineral. Maka madu cocok sekali untuk menjadi produk yang kita siapkan di rumah kita.

Ada beberapa zat yang terkandung di dalam madu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Misalnya saja royal jelly, bee pollen dan lain sebagainya.

Inilah pembahasn yang bisa penulis sajikan kehadapan pembaca sekalian. Semoga sajian ini bermanfaat.

Bila ada manfaat dari artikel ini, silahkan share ya ke sosial media anda semua.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*