Daftar Kampas Rem Motor: Hemat Biaya, Tingkatkan Keselamatan Berkendara

Daftar kampas rem motor

Daftar kampas rem motor – Kampas rem adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Kampas rem merupakan elemen yang berfungsi untuk menghasilkan gesekan terhadap cakram atau drum rem saat melakukan pengereman. Gesekan ini memperlambat putaran roda kendaraan, sehingga kendaraan dapat berhenti atau melambat dengan aman.

Kegunaan kampas rem adalah untuk mengubah energi kinetik (gerakan) kendaraan menjadi energi panas melalui gesekan. Ini terjadi saat rem dan kampas rem menekan atau bersentuhan dengan cakram atau drum rem.

Energi panas ini akan menahan putaran roda kendaraan, sehingga kendaraan dapat berhenti atau melambat sesuai dengan pemberian tekanan pada pedal rem. Kegunaan utama kampas rem adalah untuk meningkatkan keselamatan berkendara, mengendalikan kecepatan, dan mengurangi jarak pengereman.

Table of Contents

Manfaat Kampas Rem

  1. Keselamatan: Kampas rem yang berfungsi dengan baik adalah kunci keselamatan berkendara. Mereka membantu kendaraan berhenti tepat waktu dan mengurangi risiko kecelakaan.
  2. Pengendalian Kecepatan: Kampas rem memungkinkan pengendara untuk mengontrol kecepatan kendaraan dengan aman, terutama saat berkendara dalam lalu lintas padat atau pada jalan menurun.
  3. Pemeliharaan Kendaraan: Dengan kampas rem yang berfungsi dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur komponen lain dalam sistem pengereman, seperti cakram atau drum rem. Ini mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang.

Peletakan Kampas Rem

Peletakan kampas rem tergantung pada jenis sistem pengereman yang digunakan oleh kendaraan. Ada dua tipe utama, yaitu:

  1. Sistem Pengereman Cakram: Kampas rem pada sistem pengereman cakram ditempatkan di antara cakram rem dan kaliper rem. Ketika Anda menginjak pedal rem, kaliper rem akan mendorong kampas rem untuk menekan cakram rem, menciptakan gesekan yang memperlambat putaran roda.
  2. Sistem Pengereman Drum: Pada sistem pengereman drum, kampas rem terletak di dalam drum rem. Saat Anda menginjak pedal rem, kampas rem akan ditekan ke dalam drum, menciptakan gesekan dengan dinding drum untuk mengurangi kecepatan putaran roda.

Peletakan kampas rem ini melibatkan perangkat khusus dan harus dilakukan oleh teknisi yang terampil jika perlu diganti atau diperbaiki. Memastikan kampas rem berfungsi dengan baik adalah kunci utama untuk menjaga keselamatan dan kinerja pengereman kendaraan Anda.

Daftar Kampas Rem Motor Honda

Pada artikel kali ini kami akan membahas berbagai daftar kampas rem motor, terutama untuk berbagai jenis motor honda.

Penting bagi para pemilik sepeda motor, terutama yang memiliki motor matic merek Honda, untuk memperhatikan kondisi kampas rem. Sebagian besar pemilik sepeda motor akan mengganti part atau komponen motornya dengan produk original sesuai dengan model motor yang mereka miliki. Namun, kita semua tahu bahwa membeli part original bisa membuat kantong kita jebol.

Untuk pemilik motor matic Honda, terdapat alternatif yang lebih terjangkau, yaitu produk aftermarket. Di pasaran, banyak merek seperti Aspira, Wilwood, Taka, hingga merek-merek racing seperti TDR dan Daytona menyediakan kampas rem untuk motor matic Honda dengan berbagai model.

Bagaimana Cara Memastikan Produk Kampas Rem Aftermarket Kompatibel dengan Motor Kita?

  • Kenali Kode Partnya¬†

    Solusi yang baik adalah mengetahui kode part kampas rem motor matic Honda Anda. Dengan mengetahui kode part ini, Anda bisa membeli kampas rem produk aftermarket yang sesuai dengan motor Anda, dan pada saat yang sama, menghemat isi dompet. Harga kampas rem aftermarket biasanya jauh lebih terjangkau daripada yang original.

  • Kode Part yang Sama, Motor yang Berbeda

    Hal yang menarik adalah bahwa beberapa kode part pada kampas rem motor matic Honda memiliki kesamaan. Ini artinya, satu kode part bisa digunakan untuk beberapa model motor yang berbeda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika kampas rem yang Anda cari tiba-tiba kosong di pasaran. Anda bisa mencari alternatif dengan kode part yang sama untuk motor matic Honda model lainnya.

Daftar Kampas Rem Motor Bagian Depan Honda

Untuk membantu Anda lebih jelas, berikut adalah daftar kode part untuk kampas rem depan motor matic Honda:

  1. Kampas rem depan cakram motor matic Honda dengan kode Part: 06455KVBT01 bisa digunakan untuk motor matic Honda seperti BeAT, BeAT Street, BeAT FI, BeAT POP eSP, BeAT Sporty eSP, Scoopy eSP, Vario 110 eSP, Vario 125 eSP, Vario 150 eSP, Vario 160, Vario Techno 125 FI CBS ISS, Vario Techno 125 FI STD, Vario Techno 125 Helm-In FI, dan Vario Techno 125 Helm-In FI CBS.
  2. Kampas rem depan cakram motor matic Honda dengan kode Part: 06455KREK02 kode ini untuk motor matic Honda.

Dengan informasi ini, Anda dapat merasa lebih percaya diri saat mencari kampas rem yang sesuai untuk motor matic Honda Anda, tanpa harus menguras dompet. Jadi, saat Anda merasa perlunya penggantian kampas rem, pertimbangkan untuk mencari alternatif aftermarket yang sesuai dengan kode part yang tepat.

Kode Part untuk Kampas Rem Belakang Honda

Untuk kampas rem belakang motor matic Honda, berikut daftar kode partnya:

  1. Kampas rem belakang tromol motor matic Honda dengan kode Part: 43130KZL930 kode ini untuk motor matic Honda seperti BeAT FI CBS (2012 – 2014), BeAT FI (2012 – 2014), dan sejumlah model lainnya.
  2. Kampas rem belakang tromol motor matic Honda dengan kode Part: 06430KZL930 juga cocok untuk motor matic Honda seperti BeAT dan BeAT Street (2020 – Sekarang), serta sejumlah model lainnya.
  3. Jika Anda mencari kampas rem belakang cakram, kode Part: 06435K97N01 cocok untuk motor matic Honda seperti ADV 150 (2019 – 2022), ADV 160 (2022 – Sekarang), PCX 150 (2017 – 2021), dan model-model lainnya.

Dengan informasi kode part ini, Anda dapat lebih mudah menemukan alternatif kampas rem yang cocok untuk motor matic Honda Anda, tanpa harus merogoh kocek dalam. Keselamatan berkendara tetap terjaga, dan dompet pun tetap tebal.

Daftar Kampas Rem Motor Yamaha

Kode kampas rem untuk motor merek Yamaha biasanya terdiri dari beberapa angka dan huruf yang mengidentifikasi partikular kampas rem tersebut. Setiap kode ini memiliki arti, untuk mengidentifikasi tipe atau model kampas rem yang sesuai dengan jenis motor Yamaha tertentu. Berikut adalah beberapa contoh kode kampas rem untuk motor Yamaha:

  1. Kampas Rem Depan Yamaha (Contoh Kode): 5VN-W0045-00-00, 1UY-W0045-50-00, 3D7-W0046-10-00
  2. Kampas Rem Belakang Yamaha (Contoh Kode): 3D3-W0046-00-00, 1RC-W0046-50-00, 2GH-W0046-50-00

Penutup

Cara membaca atau menginterpretasikan kode kampas rem ini tergantung pada produsen atau pabrikan. Biasanya, mereka akan menyediakan daftar yang merinci makna kode tertentu di dalam buku manual pemilik kendaraan atau di situs web resmi mereka. Oleh karena itu, jika Anda ingin tahu kampas rem mana yang sesuai dengan motor anda, kami menyarankan untuk merujuk pada buku manual kendaraan atau menghubungi bengkel resmi motor anda.

Selain itu, mengingat pentingnya pemilihan kampas rem yang tepat sangat penting untuk keselamatan berkendara. Pastikan Anda selalu menggunakan kampas rem yang merupakan rekomendasi dari pabrikan atau yang sesuai dengan model dan jenis motor anda untuk memastikan kinerja pengereman yang optimal dan keselamatan yang terjaga. daftar kampas rem motor

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*