Pengertian platform dan contohnya

Apakah pengertian platform ? Mungkin kamu bertanya begitu pada salah satu dosen komputermu di kampus. Platform adalah sebuah kata yang sangat identik dengan dunia digital. Pada dasarnya kata platfrom sering digunakn untuk merujuk pada dunia bisnis, perdagangan hingga dunia politik.

Arti platform

Arti platform berbeda beda pada tiap bidang. Walaupun pada dasarnya arti dan maknanya ya nggak jauh beda. Yuk, kita simak Bersama pembahasan penulis tentang platform.

 

Pengertian platform

Mungkin kamu pernah bertanya pada seseorang apa itu platform? Pengertian platform secara umum adalah rencana kerja atau sebuah program. Program atau rencana kerja ini akan jadi pedoman bagi perjalanan sebuah system. Pada umumnya makna platform beda beda sesuai dengan bidang yang dibahas.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa platform adalah sebuah program, rencana kerja, pernyataan kelompok partai tentang program, kebijakan hingga mimbar, pentas serta panggung.

 

Wikipedia mendefinsikan platform sebagai sebuah media atau wadah yang berfungsi menjalankan soft ware.

 

Dalam dunia komputer, arti platform adalah kombinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak dalam rangka untuk menjalankan sistem. Tahukan kamu, ada beberapa kombinasi pembentuk platform. Mulai dari Bahasa yang digunakan, arsitektur, sistem operasi serta user interface yang terkait dengan perjalanan sebuha program.

 

Umumnya orang memahami platform sebagai sebuah penemuan di bidang teknologi dan aplikasi yang selalu berhubungan dengan komputer.

Ringkasnya, platfom adalah sebuah tempat yang dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah perangkat lunak. Ternyata, ada beberapa platform yang ada dalam perangkat lunak. Semua dalam rangka  menirukan desain arsistektur platform sebuah perangkat keras (hardware).

 

Fungsi platform

manfaat platform

Fungsi platform yang paling utama adalah memberi perintah antara sebuah software serta hardware dalam rangka untuk melaksanakan proses operasi sebuah data dalam komputer. Taukah kamu, banyak orang yang belum tau apa definisi dari platform. Mereka beralasan bahwa arti dan makna latform serta system operasi itu sama saja. Sesungguhnya, sebuah system operasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya platform.

 

Jenis platform

pembagian platform

Jenis platform secara umum terbagi menjadi 2. Pertama, mampu mendukung 1 manufaktur dan mampu mendukung banyak manufaktur. Masing masing hanya bisa bekerja pada bagiannya saja. Semisal Iphone dan Blacberry. Keduanya mempunyai sistem sendiri. Masing masing memiliki pemrogaman yang hanya bisa berfungsi pada sistem mereka saja.

 

 

Jenis ke 2, yuitu platform yang bisa digunakan untuk manufaktur lainnya. Model platform ini dengan mudah bisa kita temukan di sekitar kita. Semisal, Bahasa pemograman Java. Pemograman Java ini hanya bisa kita pakai pada perangkat PC maupun smartphonme, android. Platform ini banyak digunakan oleh para vendor smartphone di dunia.

 

Contoh platform

Contoh platform

Untuk memudahkan kamu  memahami berbagai macam jenis platform, penulis akan membahas beberapa contoh platform sesuai dengan jenisnya. Berikut contoh platform yang ada:

 

Platform perangkat

Platform perangkat adalah platform yang banyak digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat. Melalui perangkat ini kita bisa menjalankan sebuah system aplikasi yang bsia kita gunakan untuk berbagai macam kebutuhan dalam sebuah Sistem. Misalnya dalam sebuah browser atau office.

Platform android

Taukah kamu bahwa android adalah sebuah sistem operasi yang  ada dalam sebuah platform. Platform apa yang ada dalam system andriod? Fondasi dasar dalam platform android adalah Kernel Linux. Kita bisa melihatnya dengan jelas dalam ART (Android Runtime). Fungsi utamanya sangat bergantung pada Kernel Linux.

Dengan memakai sistem Kernel Linux ini, para pengembang bisa menggunakan security inti . Sehingga para pengembang bisa melakukan pengembangan lebih lanjut pada system driver perangkat keras.

 

Contoh platform digital

Contoh jelas dalam platform digital  adalah youtube. Youtube adalah platform berbagi =video . Sehingga para konten creator bisa menggunakan berbagai macam kreatifitas mereka untuk menghasilkan video yang berkualitas. Baik video yang berfungsi sebagai marketing, social atau hiburan saja.

 

Demikian pembahasan tentang platform, definisi platform, jenis platform. Semoga artikel ringan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*