Kisah nabi Nuh yang penuh ujian keimanan

kapal nabi nuh
kapal nabi nuh

Kisah Nabi Nuh yang penuh ujian

kapal nabi nuh
Gambar: Tabirdakwah

Nabi Nuh adalah nabi ke empat setelah nabi Adam. Beliau adalah keturuna ke 9 dari  nabi Adam. Dia adalah putra dari Lamik bin Matu shaleh (Nabi Idris). Nabi Nuh di angkat menjadi nabi dan rasul pada usia 450 tahun dan wafat pada usia 950 tahun.

Sehingga nabi Nuh berdakwah kepada kaumnya selama 500 tahun, waktu yang cukup lama.

Walau hidup dalam waktu yang lama dan berwakwah dalam waktu yang lama pula, namun pengikut nabi Nuh yang mau beriman kepada Allah kurang dari 100 orang.

Bayangkan, betapa dahsyatnya dakwah nabi Muhammad. Di mana beliau Allah beri karunia umur 63 tahun. Dalam 63 tahun ini, 23 tahun di gunakan untuk berdakwah dan mengajak umat mengenal Allah dan rasulNya. Inilah kisah hidup Nabi Muhammad yang penuh cinta kasih.

Nabi Nuh dan kaumnya

Nabi Nuh menerima wahyu kenabian pada masa kekosongan antara 2 rasul. Dalam masa kekosongan ini,  biasanya manusia mulai lupa dan meningggalkan ajaran agama Allah.

Di antara mereka banyak yang kembali musrik dan mensekutukan Allah. Mereka mulai meninggalkan amal soleh, perbuatan baik dan tolong menolong sesama manusia.

Mereka mulai terpedaya dengan tipu daya setan. Mereka banyak yang tenggelam dalam maksiat dan perbuatan dosa yang di  bikin Allah murka.

Nabi Nuh di  utus di tengah masyarakat yang sedang menyembah berhala. Sebenarnya,  berhala adalah patung patung yang di buat oleh mereka sendiri. Dalam pandangan mereka,  berhala memiliki kekuatan gaib jauh di atas kemampuan manusia.

Terkadang mereka menamakan berhala mereka dengan nama Wadd, Suwa, Yaguts, Yauq dan Nash.

 

Setiap nabi  dan rasul, daang membawa risalah kenabian dari Allah swt. para nabi dan rasul juga hadir dengan berbagai macam mukjizat dan ujian.

Nabi Yusuf adalah salah satu nabi utusan Allah yang di uji dengan wanita cantik. Inilah Kisah nabi Yusuf yang tampan dan rupawan.

Nabi Nuh adalah seoarang nabi yang cerdas dan sabar. Sehingga beliau selalu mengajak kaumnya untuk berfikir. Nabi Nuh tidak pernah merasa bosan dan jenuh melakukan dakwah tauhid.  Mengajak kaumnya menyembah Allah tanpa mensekutukanNya dengan apapun.

Nabi Nuh sering sekali mengajak kaumnya untuk memikirkan alam semesta raya ciptaan Allah. Langit yang tinggi dengan semua bintang dan rembulan yang menghiasainya.

Bumi dengan segala hewan dan tumbuhan yang unik dan menarik. Terjadinya pergantian siang dan malam setiap hari. Semua yang ada di alam semesta yang begitu cantik dan indah ini adalah bukti adanya Allah, tuhan semesta  alam.

 

Nabi Nuh juga memberi kabar gembira bagi kaumnya yang mau beriman kepada Allah. Sebuah kabar gembira berupa surga dan segala kenikmatannya.

Semua adalah karunia Allah yang hanya akan di berikan kepada manusia  yang mau beriman kepada Allah. mau beramal soleh dan berbuat baik kepada sesama manusia.

Sebaliknya, nabi Nuh membawa kabar buruk bagi siapa saja, termasuk kaumnya yang nggak mau beriman kepada Allah.

Mereka yang kafir dan kufur akan menerima siksa dan hukuman Allah di ahirat. Sebuah hukuman yang sangat pedih.

Hukuman ini Allah berikan bagi  mereka yang bergelimang dalam maksiat dan dosa tanpa mau taubat.

 

Nabi Nuh terus berdakwah penuh semangat siang dan malam kepada kaumnya. Dakwah ini beliau lakukan baik diam diam   atau terang terangan.

Nabi  Nuh adalah seorang nabi yang oleh Allah di karunia kecerdasan , kefasihan bicara, tajam pikirannya, suka diskusi, sabar dan tenang.

Namun, sayang sekali. Banyak sekali umat beliau yang ingkar.

 

Kisah Nabi Nuh dan istrinya

kisah nabi nuh dan istrinya

Gambar: dunia nabi

Salah satu perintah Allah kepada Nabi Nuh adalah membangun sebuah bahtera yang sangat besar. Bahtera ini dibangun di daratan pada musim kemarau. Jauh dari laut dan sungai.

Banyak orang yang menganggap bahwa Nabi Nuh sudah gila. Banyak yang meragukan kenabian Nabi Nuh. Mereka menganggap bahwa Nabi Nuh sudah tidak waras lagi. Banyak orang yang beriman kembali ingkar. Bahkan, banjir ini adalah ujian besar bagi mereka.

Bahtera yang dibuat oleh Nabi Nuh telah selesai pembuatanya. Bahtera raksasa ini untuk memasukkan kaumnya beserta hewan peliharaan beserta pasangannya.

 

Dengan seizin, Allah tiba-tiba datanglah mendung menyelimuti langit. Nyaris tidak ada cahaya sama sekali. Siang itu sangat gelap gulita bagaikan malam karena tertutup mendung yang sangat cepat tebal.

Hujan turun dengan begitu derasnya. Dalam waktu singkat, terjadi banjir bandang. Sebelum hujan turun Nabi Nuh, menyuruh semua umatnya masuk kedalam bahtera. Tak terkecuali, hewan peliharaan berpasang-pasangan.

Di tengah hiruk-pikuk memasukan umatnya di dalam kapal. Nabi Nuh belum melihat istri dan anaknya sebagai seorang suami dan ayah itu lagi sangat mengkhawatirkan keluarganya.

Nabi Nuh terus mencari keluarganya. Saat bertemu dengan sang istri, istrinya malah menolak ajakannya mentah-mentah.

Bahkan, istrinya ragu dengan risalah kenabian yang dibawa suaminya. Istri Nuh, jauh lebih percaya kepada pembesar agamanya. Dia menolak dakwah suami. Sang istri tetap dalam pendirian.

Nabi Nuh bertambah sedih. Dia tidak mampu menyelamatkan istri dan anaknya untuk beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Nabi Nuh berharap istrinya mendapat Hidayah Allah dan bersama sama mengarungi bahtera tetapi sayang sekali harapan tinggal harapan. Istrinya durhaka kepada Allah.

BACA JUGA :   Mengelola Uang Jajan Anak Agar Anak Tidak Boros

Dia pun membulatkan tekad untuk tetap mengikuti perintah Allah. Ahirnya, istri nabi Nuh dan putranya tenggelam terseret arus Bah yang sangat dahsyat. Mereka tidak bisa selamat semata mata karena mereka tidak mendapat Hidayah Allah. Walaupun mereka keluarga Nabi Nuh.

 

Mukjizat Nabi Nuh

mukjizat nabi nuh

Gambar: me-top

Setiap nabi dan rasul yang Allah utus untuk menyampaikan risalah kepada umat manusia, selalu Allah karunia mukjizat.

Di mana mujizat ini sebagai bukti nyata, bahwa nabi dan rasul benar-benar utusan Allah. Tujuan daripada mukjizat adalah melemahkan argumen orang kafir.

 

Nabi Nuh Alaihissalam oleh Allah diberi petunjuk agar membersihkan iman kaumnya dan hanya menyembah Allah Semata.

Saat itu banyak manusia yang berusia panjang termasuk nabi Nuh. Di mana Nabi Nuh diangkat menjadi nabi dan rasul ketika usianya 480 tahun.

Di dalam Al Quran Allah menyebutkan usia Nabi Nuh yaitu 950 tahun. Dalam usia yang panjang itu, Nabi Nuh selalu berdakwah dan menyeru umatnya kepada Allah tanpa Kenal lelah.

Nabi Nuh mengajak orang-orang dekatnya terutama keluarganya sendiri tetapi sayang seribu sayang, dakwah yang berlangsung kurang lebih selama 500 tahun hanya membawa umat 70-80 orang saja.

 

Allah adalah Tuhan mengaruniakan kepada Nabi Nuh kekuatan dan pertolongan untuk membuat perahu bahtera dengan ukuran yang sangat besar yaitu 300 hasta dan 50 Hasta.

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Quran:

“Dan buatlah bahtera dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami. Dan janganlah kamu bicarakan dengan aku  tentang orang orang yang dzalim itu. Sesungguhnya mereka akan di tenggelamkan” (QS. Hud: 37)

Mukjizat Nabi Musa adalah Allah menyelamatkannya dan kaumnya dari terjangan badai banjir yang sangat dahsyat. Di mana menurut akal logika, tidak mungkin seseorang bisa selamat dari banjir bandang yang begitu besar.

Maka hanya karena Pertolongan Allah Semata, Nuh dan umatnya bisa selamat. Mereka bisa beribadah dengan tenang hidup dengan tenang tanpa ada yang mengganggu.

 

Kisah Nabi Nuh di abadikan di dalam Al Quran

Sesungguhnya Allah utus Nuh kepada umatnya untuk mengingatkan umatnya agar kembali kepada Allah dan tidak durkaha pada Tuhannya.

Nabi Nuh mengajak mereka untuk menyembah Allah Semata dan tidak berbuat durhaka kepada Allah.

Walaupun nabi Nuh sudah kerja maksimal siang malam tetapi umatnya masih dan mengembangkan mereka tetap saja menyekutukan Allah dakwah Nabi Nuh digambarkan di dalam Alquran sebagai berikut:

nuh menyeru tauhid

 

“Sesungguhnya, kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya. Lalu dia berkata “Wahai kaumku, sembahlah Allah oleh kalian karena tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Sesungguhnya (kalau kamu tidak menyembah Allah),  Aku takut kamu akan di timpa adzab hari uang sangat besar (kiamat) (QS Al Al A’raf: 59)

 

Mendengar dakwah dan ajakan Nabi Nuh. Para pembesar dan tokoh di antara mereka menjawab “Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kita. Dia bermaksud menjadi seseorang yang lebih tinggi dari kita. Jika Allah menghendaki, tentu dia mengutus beberapa orang malaikat yang belum pernah kita mendengar seruan seperti ini di masa nenek moyang kita dahulu kala”

Nabi Nuh berdakwah ikhlas tanpa pamrih

Nabi Nuh sebagai salah satu dari nabi dan rosul Allah, beliau berdakwah mengajak manusia untuk beribadah dan menyembah Allah.

Nabi Nuh melakukan semua karena Allah semata, bukan yang lain. Nabi Nuh melakukan dakwah tidak minta upah dan bayaran. Nabi Nuh hanya meminta balasan  kapada Allah semata.

“Dan (dia berkata) “Hai kaumku, Aku itdak meminta harta benda kepadamu (sebagai upah) bagi seruan wakwahku. Upahku hanyalah dari Allah” (QS. Hud: 29)

 

Hikmah kisah nabi Nuh

Setiap Allah mengutus seorang nabi dan rosul. Pasti ada hikmah dan pelajaran penting yang bisa di ambil.

Sebagai seorang muslim kita perlu mempelajari kisah kehidupan para nabi dan rosul, dalam rangka agar kita bisa mengambil hikmah dan manfaat dari kehidupan mereka.

Termasuk dalam kisah hidup nabi Nuh ini, ada banyak manfaat dan hikmah yang bisa kita petik. Inilah beberapa hikmah dan manfaat dari kisah kehudupan nabi Nuh Alaihissalam:

Seorang yang sederhana

Nabi Nuh adalah seorang  nabi dan rasul yang hidupnya sederhana. Hampir semua masa hdiupnya habis untuk ibadah dan dakwah. Beliau bukanlah manusia yang suka mengumpulkan  dunia dan menumpuk harta benda.

Tekun ibadah

Nabi Nuh adalah sosok nabi dan rasul yang ahli ibadah. Nabi Nuh tidak pernah menyia nyaikan waktu kecuali bernilai ibadah disisi Allah.

Di kisahkan, dari Abu Abdillah Jakfar Alaihissalam. Dia berkata “Sesunguhnya nabi Nuh adalah saat ada di waktu pagi atau petang berkata:

“Ya Allah, Sesunggunya aku bersaksi kepadamu bahwa tiada aku berada di pagi atau petang hari.

Melainkan mendapat kenikmatan dalam agama atau dunia. Kecuali bersumber dari Mu, ya Allah. Tuhan yang maha Esa, tanpa ada yang mensekutunya.

Ahli syukur

Nabi Nuh adalah sosok nabi dan rosul yang ahli bersyukur kepada Allah atas segala nikmat dan karunia yang Allah karuniakan kepada kita.

Di kisahkan, apabila Nuh telah memakai pakaian, menangkap makanan, atau minum air. Dia akan bersyuykur kepada Allah sambil berucap “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah)

Ada yang mengtakana bahwa di permulaan makan dan minumnya, beliau akan mengucap Bismillah (dengan nama Allah). Dan diahir  setelah makan dan minum biasanya mengucapkan Alhamdulillah (segala ouji bagi Allah)

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*