Inilah Doa Sebelum Belajar Agar di Beri Kecerdasan Dalam Berfikir

Doa kecerdasan untuk anak

Doa sebelum belajar. Sebuah doa mohon diberi kecerdasan dalam berfikir

doa cerdas berfikir

 

Doa sebelum belajar penting sekali kita baca tiap kali kita membaca buku dan menghadiri majelis ilmu.

Manusia merupakan salah satu makhluk Allah yang paling istimewa. Bahkan, keistimewaan manusia melebihi malaikat sekalipun.

Mungkin Anda bertanya tanya, mengapa manusia bisa demikian mulia? Karena manusia oleh Allah dikaruniai akal, hati dan pikiran. Dengan akal, hati dan pikiran ini manusia akan menjadi manusia yang luar biasa.

Dengan bekal kecerdasan ini, manusia dipercaya oleh Allah untuk menjadi khalifah di muka bumi ini.

Selaon dikarunia akal pikiran dan hati manusia Allah juga dikaruniai dengan nafsu.

Otak merupakan salah satu Anugerah Terbesar yang diberikan oleh Allah kepada manusia . Dengan otaknya manusia mampu berpikir, menganalisa dan menyelesaikan begitu banyak masalah. Dengan kecerdasannya manusia bisa berperan sebagai khalifah Allah di muka bumi ini.

Sebaliknya dengan nafsu manusia bisa lebih hina dari hewan sekali pun.

 

Maka, idealnya seorang manusia harus lebih unggul akal, pikiran dan hatinya dari pada nafsunya. Agar akal manusia unggul melebihi nafsu, maka akal harus diberi asupan gizi dan nutrisi berupa ilmu pengetahuan, akhlak dan hikmah.

Inilah pentingnya belajar bagi seorang manusia.Tahukah Anda ada 1 hal yang diwajibkan oleh Allah kepada manusia adalah belajar.

Tahukah Anda bahwa:

  • Manusia tidak diwajibkan untuk menjadi orang yang kaya raya
  • Manusia oleh Allah tidak diwajibkan untuk menjadi orang yang sukses
  • Manusia oleh Allah tidak diwajibkan untuk menjadi raja

Tetapi manusia oleh Allah diwajibkan untuk mencari ilmu. Bahkan wajibnya mencari ilmu ini dimulai dari kandungan sampai liang lahat.  ini adalah bukti nyata wabhwa ilmu adalah bekal yang sangat penting bagi manusia terutama ilmu agama.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sebagai berikut:

اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ

“Carilah ilmu mulai dari kandungan sampai liang lahat”

Dengan cahaya ilmu, maka akal,  pikiran dan hati manusia akan menjadi bercahaya. Dengan pancaran ilmu, maka otak manusia akan bersinar. Maka benar sekali sabda nabi kepada para sahabat “Sebaik-baik manusia adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya adalah orang terbaik disisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala?

Karena orang yang mau belajar Al Qur’an dan mengajarkannya adalah orang yang berada di jalan Allah. Mereka orang yang mau mempelajari kitab Allah yang mulia yaitu Al Qur’an. Mereka adalah orang  pilihan Allah.

Sedangkan Al Quran adalah sebaik-baik buku petunjuk, pedoman yang telah diturunkan Allah untuk seluruh manusia.

Maka ketika ada orang yang serius dan sungguh-sungguh mempelajari Al Qur’an Allah akan Ridha kepadanya. Allah akan menolongnya. Allah akan memberi jalan keluar bagi Nya dari masalah dan kesulitan.

Begitu juga orang yang mau mengajar dan mendidik ilmu tentang Al Qur’an. Allah bersamanya. Allah meridhainya.

Begitu Mulianya ilmu, ilmu pengetahuan, maka ilmu segalanya bagi kita. Ketika kita akan belajar mencari ilmu, pergi ke sekolah, berangkat ke kampus, berangkat ke pondok pesantren sebaiknya kita membaca doa. Dan memperbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Mengapa perlu berdoa sebelum belajar

doa sebelum belajar

 

Mungkin anda bertanya-tanya dalam hati, Mengapa kita perlu Berdoa sebelum kita belajar?

Sebelum kita belajar sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena Allah adalah sumber dari segala ilmu dan pengetahuan. Baik ilmu agama, ilmu umum, sains, teknologi.

Sebelum belajar, kita memohon kepada Allah agar kita dibuka hati dan pikiran kita. Agar Allah memberi kemudahan kepada kita memahami ilmu yang diajarkan oleh guru dan dosen kita.

Kita berdoa kepada Allah agar ilmu yang kita peroleh adalah ilmu yang bermanfaat. ilmu yang menjadi solusi dan jalan keluar dari segala macam masalah. Menjadi ilmu yang bermanfaat untuk orang lain. Ilmu yang akan menyelamatkan kita dunia hingga akhirat.

Doa adalah senjata bagi seorang muslim sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai berikut:

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم الدعاء سلاح المؤمن وعماد الدين ونور السموات والأرض رواه الحاكم وقال صحيح الإسناد ورواه أبو يعلى من حديث علي

Diriwiayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu Anhu ia berkata telah bersabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam “Doa adalah senjata orang mukmin. Tiang agama. Cahaya langit dan bumi (HR Al Hakim)

Begitu pentingnya membaca doa bagi setiap muslim, sehingga sangat banyak doa doa yang diajarkan oleh baginda nabi Muhammad kepada kita umatnya.

Di antara doa yang sanat pentign untuk di baca adalah Doa Mohon Ketenangan Hati.   Dengan hati yang tenang, kita bisa menyelesaikan banyak masalah tanpa tepat dan cepat. Dengan bekal hati tenang,  kita bisa mengambil keputusan yang  tepat di saat yang tepat.

 

Beberapa doa mohon kecerdasan

Berikut beberapa doa memohon tambahan ilmu, ilmu pengetahuan yang bisa kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Doa mohon di beri kecerdasan dan kekuatan ingatan

Doa mohon di beri kecerdasan dan kekuatan ingatan

 

Sebagai seorang muslim yang beriman kepada Allah dan rasulNya, kita perlu selalu berdoa kepada Allah. Memohon kepadaNya agar selalu diberi kecerdasan otak, kekuatan Ingatan, daya pikir yang dahsyat.

Karena kecerdasan otak, daya fikir yang luar biasa dan daya ingat yang kokoh adalah modal dasar bagi seorang pelajar dan penuntut ilmu.

Orang yang sedang mempelajari ilmu pengetahuan sangat perlu untuk memperbanyak doa kepada Allah, bukan sekedar usaha dan belajar.

Walaupun pada dasarnya apapun yang kita pelajari, ilmu apa yang kita dalami, buku apa yang kita baca kita tetap memperoleh pahala yang sangat besar disisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Walaupun setelah membaca, kita lupa dengan apa yang kita baca. Kita kurang memahami apa konteks yang kita baca. Tetap saja Allah memberikan kita pahala yang besar di sisi-Nya.

Doa mohon diberi kecerdasan dan kekuatan Ingatan:

اَللهُمَّ اَلْهِمْنِىْ رُشْدِيْ وَقِنِىْ شَرِّ نَفْسِىْ

BACA JUGA :   Inilah Bacaan Sujud dan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Lengkap Arab, Latin dan Terjemahnya

ALLAAHUMMA ALHIMNII RUSYDII WAQINII SYARRI NAFSII

Artinya : Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah aku dari kejahatan nafsuku.

Dengan doa ini kita memohon kepada Allah agar kita diberi pemahaman, dibuka tabir dari kecerdasan otak kita.

Kita memohon kepada Allah agar kita selalu diberi perlindungan dan penjagaan terutama dari gangguan setan dan kejahatan nafsu yang ada dalam diri kita.

Kita berdoa agar kita oleh Allah diberi karunia sehingga bisa mengendalikan nafsu.

 

Doa agar diberi kecerdasan oleh Allah

Doa agar diberi kecerdasan oleh Allah

 

Kita perlu berdoa dan memohon kepada Allah agar kita diberi kecerdasan diatas rata-rata melebihi orang lain.

Mengapa kita perlu memohon dan berdoa agar diberi kecerdasan diatas rata-rata? Karena di luar sana, ada begitu banyak orang yang cerdas dan jenius.

Maka setiap orang pada dasarnya Allah diberi anugerah dan kelebihan berupa kecerdasan otak dan pikiran cemerlang. Akhirnya mereka menjadi cerdik pandai.

Agar kita memiliki kecerdasan yang di atas rata-rata bahkan melebihi orang lain. Maka kita tidak cukup hanya mengandalkan usaha kita saja, menyiapkan waktu untuk belajar setiap hari secara kontinyu dan istiqomah.

Tetapi kita perlu berdoa dan memohon kepada Allah agar kita dikaruniai kecerdasan diatas rata-rata.

 

Berikut adalah sebuah doa untuk menambah kecerdasan. Doa ini adalah amalan dari Al Arif Billah Al Faqih Al Habib Zein bin Ibrahim bin Smith:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي (25) وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي (26) وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي (27) يَفْقَهُوا قَوْلِي (28

ROBBISY ROHLY SHODRY WA YASSIRLY AMRY WAHLUL ‘UQDATAN MIN LISAANY YAFQOHUU QOULY (3x)
(QS. Thaahaa [20]: 25-28)

 

Doa mohon diberi kecerdasan diatas rata-rata yang kedua adalah sebagai berikut:

فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ (79

FA FAHHAMNAAHAA SULAIMAANA WA KULLAN ATAYNAA HUKMAN WA ‘ILMAN WA SAKHKHORNAA MA’A DAAWUUDAL JIBAALA YUSABBIHNA WAT THOIIR (1x)

(QS. al-Anbiyaa [21]: 79).
Sebaiknya, doa ini dibaca setiap kali akan belajar dan akan melaksanakan ujian di sekolah, kampus atau pesantren.
Doa memperoleh kecerdasan rata-rata yang ketiga adalah sebagai berikut:
Baiknya doa ini dibaca setiap malam Jumat. Setiap kali selesai dari membaca surat al-kahfi ketika sampai pada ayat:

فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا (65

FAWAJADAA ‘ABDAN MIN ‘IBAADINAA AATAINAAHU ROHMATAN MIN ‘INDINAA WA ‘ALLAMNAAHU MIN LADUNNAA ‘ILMAN
(QS. al-Kahfi [18]: 65).

“Hendaklah diam sejenak Pejamkan mata saya mohon kepada Allah Ya Allah berikan aku ilmu Laduni sebagaimana yang telah engkau berikan kepada hambamu Nabi Khidir Alaihissalam dan hamba-hamba Allah yang Shalih”

Istilah ini pernah disampaikan oleh al-habib Alwi Bin Ali Al-Habsyi.

Doa kecerdasan untuk anak

Doa kecerdasan untuk anak

 

Setiap orangtua pasti mengharapkan punya anak yang cerdas otaknya, encer pikirannya, bagus dan mulia akhlak dan budi kepertinya.

Maka agar kita oleh Allah dikaruniai anak yang cerdas, pandai, tangkas dan baik akhlaknya kita perlu memanjatkan doa dan banyak memohon kepada Allah. Di mana doa orangtua adalah doa yang mustajab bagi seorang anak.

Berikut doa mohon kecerdasan untuk anak yang bisa dipanjatkan oleh orang tua:

“Alloohummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.”
Artinya “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Jangan lupa membaca doa ini setiap hari. Insya Allah kita akan diberi karunia anak yang cerdas, pandai, Soleh Solehah.

Doa sebelum belajar dan artinya

doa belajar

 

Penting sekali membaca doa sebelum belajar dan artinya. Belajar adalah aktivitas mempelajari dan memahami konteks, baik dari buku atau dari guru. Belajar merupakan aktivitas berpikir menggunakan otak dan akal pikiran.

Agar belajar kita dikaruniai kemudahan dan keberkahan oleh Allah maka kita perlu membaca doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebelum melangsungkan belajar.

Doa adalah wujud tawakal dan pasrah kita kepada Allah, agar kita diberi kemudahan dijauhkan dari kesulitan.

Berikut doa mau belajar:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Dengan memanjatkan doa ini setiap hari kita berikrar bahwa Allah adalah Tuhan kita, Islam adalah agama yang kita.

Nabi Muhammad adalah nabi dan utusan Allah yang kita percaya. Kita memohon kepada Allah meminta tambahan ilmu dan pengetahuan agar kita dikaruniai kefahaman.

 

Doa kecerdasan anak

Doa kecerdasan anak

 

Anak merupakan anugerah terbesar dari Allah bagi keluarga kita. Tugas dan kewajiban orang tua adalah mendidik anak dengan ilmu pengetahuan. Terutama ilmu agama untuk mendorong agar anak lebih mudah cerdas pandai pin,tar dan percaya diri.

Maka orangtua perlu berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar Allah mengaruniakan anak yang cerdas, pandai dan tangkas.

Amalan doa agar dikaruniai anak yang cerdas otaknya

رَبِّي َهَبْ ِلَي غُلامًا زَكِيًّا، وَاجْعَلْهُ اللَّهُمَّ مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كَانَ، وَأَعِنْهُ عَلَى الصَّلاَةِ وَالزَّكَاةِ

مَا دَامَ حَيًّا، وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَا تَجْعَلْهُ جَبَّارًاشَقِيًّا

RABBII HABLII GHULAAMAN ZAKIYYAN, WAJALHU ALLAHUMMA MUBAARAKAN AINA MAA KAANA, WA A’INHU ‘ALASH-SHALAH WAZ-ZAKAAH MAA DAA MA HAYYA, WA BARRAN BIWALIDAIHI WA LAA TAJ’ALHU JABBAARAN SYAQIYYA.

Artinya:

“Ya Allah, karuniakanlah kepadaku anak yang suci, dan berikanlah keberkahan kepadanya di mana pun ia berada. Dan tegakkanlah dirinya untuk selalu menunaikan shalat, dan zakat sepanjang hidupnya. Jadikanlah pula ia sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Jangan jadikan ia sebagai anak yang sombong lagi durhaka.”

 

Sebagai orang tua, Anda bisa mendoakan putra-putri anda dengan membaca bacaan doa ini. Anda bisa membaca doa ini selepas menjalankan shalat 5 waktu.

Anda memohon kepada Allah dengan hati yang tulus penuh keyakinan bahwa anda oleh Allah akan dikaruniai anak yang sholeh sholehah, cerdas, tangkas, berguna dan manfaat untuk agama, bangsa dan negara.

Demikian pembahasan yang bisa penulis sajikan kepada Pembaca sekalian.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini di sosial media Anda. Semoga manfaatnya bisa menyebar dan bermanfaat untuk banyak orang. Terima kasih.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*