Doa Penenang Hati, Keutamaan Doa Dalam Bahasa Arab, Latin Beserta Terjemahnya Lengkap

niat sholat lima waktu

doa penenang hati Doa Penenang Hati, Keutamaan Bahasa Arab Latin Beserta Terjemahnya Lengkap

Setiap manusia, tiap hari selalu merasakan senang, sedih di dalam hatinya. Ini selalu bergilir saling silih berganti satu sama lain. Tidak ada orang yang selalu merasa senang dan bahagia selama-lamanya tanpa putus-putus. Sebaliknya juga tidak ada orang yang selalu merasa sedih selama-
lamanya tanpa terputus putus ketika hidup di dunia ini.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat kita merasakan sedih, kita akan diuji oleh rasa stres, gelisah serta putus asa. Sebagai manusia yang punya agama, dimana agama adalah sebagai pedoman hidup.  Tentu kita akan berserah diri kepada Allah subhanahu wata’ala.

Ini sesuatu yang kadang sering lupa dan Alpa oleh manusia. Kesedihan yang terlalu berlarut-larut akan mempengaruhi pikiran kita. Pikiran yang terpengaruh oleh hal-hal yang negatif akan membuat hati tidak tenang dan tidak nyaman.  Dengan membaca doa penenang hati ini, insya Allah akan membantu mengatasi hati kita yang tidak tenang, gundah dan kalut.

Selain itu kita juga perlu memikirkan bagaimana kita bisa beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala dengan damai dan tenang. Bagaimana kita bisa memenuhi segala kebutuhan rohani dan spiritual kita selain kebutuhan jasmani. Jangan sampai hidup kita hanya diisi oleh sesuatu yang
bersifat duniawi, mengejar harta dan kesenangan dunia semata. Padahal, hidup di dunia hanya semenara, sedangkan ahirat selamanya.

Sebagai seorang muslim, mungkin kita sering lupa. Kita telah diajarkan untuk pasrah, tawakal berserah diri kepada Allah subhanahu wata’ala. Salah satu cara kita berserah diri adalah dengan berdoa kepada Allah. Tujuannya tidak lain tidak bukan supaya kita dikaruniai hati yang tenteram dan tenang.

Bacaan doa penenang hati dengan bahasa Arab latin serta terjemahnya

Doa penenang hati yang pertama adalah sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dalam kitab shahih Bukhari:

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil A’da’

yang artinya “Ya Allah aku berlindung kepada engkau dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk serta dari keberhasilan musuh”.

Tahukah kamu doa penenang hati yang pertama ini merupakan doa yang berasal dari sebuah hadits shahih Bukhari. Dalam doa ini dijelaskan dengan rinci bahwa meminta perlindungan kepada Allah subhanahu wa ta’ala supaya jauh dari penderitaan, untuk menghindari takdir yang buruk serta jauh dari keberhasilan musuh yang membuat rugi kita serta hamba-hamba Allah yang lain.

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Tirmizi. Telah bersabda Nabi Muhammada SAW:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths

artinya “Wahai rabb yang Maha Hidup, wahai rabb yang maha berdiri sendiri serta memerlukan segala serta tidak merupakan segala sesuatu dengan rahmat engkau aku minta pertolonganMu”

doa hati tenang

 

Sobat fataya, doa penenang hati yang kedua ini berasal dari sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Turmudzi. Doa yang satu ini kita meminta dan yakin kepada Allah subhanahu wa taa’ala. Dimana Allah adalah dzat yang maha hidup yang maha berdiri sendiri tanpa perlu bantuan siapapun dan apapun serta kita benar-benar memohon kepada Allah diberi supaya diberi
pertolongan.

Doa menghadirkan ketenangan yang ketiga adalah sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Ibnu hibban. Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla

Dari Hadist Sahih Ibnu Hibban yang artinya di sini adalah : “Wahai Tuhanku, tidak ada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah dapat Engkau jadikan mudah, jika Engkau mengkehendakinya.”

Dalam doa yang ketiga ini, kita memohon kepada Allah supaya apa yang terlihat mudah semoga menjadi lebih mudah. Kita juga meyakini sesuatu yang susah akan bisa menjadi mudah dengan izin dan karunia Allah subhanahu wataa’alaa.

Doa penenang hati dan pikiran

Berikut penulis kupas beberapa doa penenang hati yang lain. Doa ini adalah doa yang termaktub dalam Al Qur’an surat Al Anbiya ayat 87

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin

artinya “Tiada Tuhan melainkan engkau ya Allah. Maha suci engkau sesungguhnya aku adalah dari orang-orang yang mengenai
menganiaya diri sendiri”

doa penenang hati dan pikiran

 

Doa yang lain yaitu doa yang terdapat dalam surat Thaha ayat 25-28

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli

Doa yang ada di sini merupakan Surah Taha Ayat 25-28 maksudnya adalah : Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

Usaha kita menyingkirkan keresahan selain doa penenang hati

Tahukah anda, bahwa salah satu hal yang paling utama yang dilakukan saat hati kita sedang tidak tenang dan resah adalah menemukan kedamaian di dalam diri kita.  Tidak perlu membawa beban
hati di dalam pikiran kita.

Sebenarnya sering dikelilingi oleh orang yang tidak memberikan energi positif pada diri kita sendiri namun kita malah mengambil hati atas hal itu Dan kita pikirkan. Ini merupakan salah satu sebab hati kita tidak tenang.

Maka hal ini harus kita jauhkan dari pikiran kita. Maka kita bisa memilih apa saja yang bermanfaat yang tepat untuk diri kita sendiri dan
mana yang tidak perlu kita ambil dan kita fikirkan dalam hati kita.

Perlu memahami bahwa terkadang ada hal-hal yang lebih sedikit yang bisa menghasilkan sesuatu yang lebih banyak dan bermanfaat.

Berhenti berpikir buruk, tarik nafas dalam-dalam dan berdiam diri semedi. Kita menghadapi masa
lalu yang sulit maka kita bisa membiarkannya terlewati begitu saja. Masa lalu tidak bisa kita
rubah begitu saja.

Kita tidak bisa menghilangkan masa lalu begitu saja. Namun kita perlu
menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. Dimana masa depan adalah sesuatu
yang belum terjadi dan harus kita perjuangkan.

Jangan pernah kita menjadikan masa lalu sebagai penghalang pikiran kita untuk meraih masa depan yang gemilang dan cerah.
Bukan hanya memikirkan masa lalu. Kita bisa berdiam diri, menarik nafas dalam-dalam, menarik
nafas dengan sederhana tarik nafas dalam-dalam seraya menahan nafas hingga kurang lebih 5 detik.

BACA JUGA :   Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Lengkap Arab, Latin dan Terjemah

Kemudian kita hembuskan nafas itu dengan keras agar terasa lega. Tahukah anda, latihan
pernafasan sederhana seperti ini akan mudah  membebaskan pikiran kita dari hal-hal
yang mengganggu mental dan psikologi.

Kita bisa menghilangkan resah dan gelisah dengan mudah. Akan mampu membawa oksigen ke otak yang akan membantu kita menjadi lebih tenang dan lebih rileks. Kita juga perlu mengiringinya dengan membaca doa penenang hati yang telah penulis jelaskan panjang lebar diatas.

Membangun dinding hati

Tahukah kamu bahwa pikiran kita yang menyebabkan rasa resah, gelisah, tidak tenang ini bisa datang disebabkan oleh lingkungan yang ada di sekitar kita. Oleh sebab itu kita perlu membangun dinding pelindung bagi diri kita sendiri.

Mka kita bisa memilih lingkungan yang baik, lingkungan yang kondusif, teman yang memiliki pikiran positif serta ide ide yang cemerlang. Bukan teman yang suka marah kita bisa membangun dinding terhadap orang yang tidak menghargai dan menghormati kita dan kita biarkan dinding itu tetap kokoh berdiri disamping kita.

Menenangkan diri

Dalam keheningan, kita juga bisa menenangkan diri dengan mengambil keheningan dalam sehari semalam. Kita bisa mengambil waktu kurang lebih 1 hingga 2 jam untuk menenangkan diri misalnya dengan mandi, dengan merenung dan dzikir.

Perasaan resah, gelisah dan tidak tenang biasanya muncul karena kita lupa akan jati diri kita
yang sebenarnya. Kita lupa siapa diri kita yang sebenarnya. Kita lupa bahwa Allah adalah Tuhan
yang telah menciptakan kita, yang telah mengasihi dan menyayangi kita dengan memberi kita
fisik yang sempurna, kesehatan, akal pikiran yang sempurna.

Manusia yang hidupnya merasa tidak tenang, mereka biasanya luput dari rasa cinta yang telah Allah berikan. Hal ini juga mampu memicu kita lupa dari bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita. Dimana nikmat hidup merupakan salah satu nikmat Allah yang terbesar setelah  nikmat iman, islam dan kesehatan.

Kita bisa bersantai dalam keheningan, kita bisa mematikan rasa takut dan suara-suara negatif
yang ada dalam diri kita sendiri dan kita mencoba untuk selalu ingat kepada Allah subhanahu
wata’ala yang telah memberikan kepada kita segala nikmat dan karunianya kepada kita.

Kita bisa membiarkan tubuh kita dikelilingi oleh perasaan puas, damai, penuh syukur dan
keseimbangan antara hati dan pikiran dengan diiringi doa penenang hati.

Menanamkan perasaan syukur kepada Allah subhanahu wata’ala. Kita bisa menanamkan rasa
syukur kepada Allah subhanahu wata’ala dengan ucapan terimakasih kepada hal-hal kecil
yang telah kita terima.

Seseorang tidak akan bisa mensyukuri sesuatu yang besar kecuali dia mampu mensyukuri sesuatu yang kecil. Kita bisa bersyukur karena kita hidup di lingkungan yang baik yang membawa kita kepada peningkatan nilai iman, taqwa serta kedewasaan kita.

Kita dikelilingi oleh orang-orang yang taat kepada Allah subhanahu wata’ala. Kita dikelilingi oleh orang-orang yang bisa saling mengingatkan satu sama lain, bukan orang-orang yang saling menggunjing
diantara teman-teman sendiri.

Dari sini kita sangat patut untuk bersyukur kepada Allah subhanahu wata’ala yang telah memberi kita peluang untuk mencapai tujuan yang kita impikan.

Memaknai doa penenang hati

Perlu kita ketahui bahwa doa penenang hati yang kita baca ini memiliki tujuan untuk mengatasi rasa sedih, marah, stres dan gelisah. Supaya perasaan-perasaan itu lenyap dan hengkang dari pikiran kita. Dengan usaha dan doa di atas kita berharap supaya kita selalu dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’alaa Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Tahukah kamu bahwa berdoa kepada Allah subhanahu wata’alaa itu lebih baik diucapkan dengan perasaan khusuk, penuh harap dan hanya meminta kepada Allah subhanahu
wata’alaa. Doa penenang hati ini merupakan salah satu amal ibadah yang menunjukkan bahwa
kita hanya memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wata’alaa.

 

Sangat wajar apabila manusia merasakan sedih, kecewa, gelisah dan stress terhadap apa yang menimpanya dalam kehidupan sehari-hari tapi kita juga harus bisa menguasai diri. Kita tidak boleh tenggelam dan larut dalam kesedihan dan kekecewaan.

Kita harus menyadari bahwa semua itu merupakan ujian yang datang dari Allah subhanahu wata’alaa agar kita selalu mengingatnya dan mengadu, mengembalikan segala urusan kepada Nya.

Tahukah kamu bahwa doa penenang hati ini menunjukkan bahwa apabila seorang hamba meminta dan memohon kepada Allah dengan penuh harap maka Allah akan mengabulkannya. Tentu kita harus sabar dalam proses terkabulnya doa kita ini.

Keutamaan membaca doa penenang hati

 

keutamaan membaca doa penenang hati

Menghapus dosa-dosa kita

Salah satu keutamaan membaca doa penenang hati dan dzikir adalah terhapusnya dosa-dosa kita karena dalam doa ini kita juga memohon ampunan kepada Allah subhanahu wata’alaa bahkan jika dosa-dosa yang dimiliki oleh seorang hamba itu sebanyak buih yang ada di lautan kemudian kita berdoa dengan sungguh-sungguh penuh tawakal kepada Allah wata’alaa dengan hati yang ikhlas maka insya Allah, Allah akan mengabulkan doa-doa kita dan menghapuskan semua dosa-dosa kita.

Dicintai dan disukai oleh Allah subhanahu wata’alaa

Perlu kita ketahui bahwa salah satu keutamaan membaca doa penenang hati ini adalah dicintai dan disukai oleh Allah subhanahu wata’alaa. Dengan berdoa kepada Allah subhanahu wata’alaa maka kita telah mengingat kepada pencipta langit dan bumi, yang memberi rizki kepada seluruh makhluk yang ada di alam semesta ini.

Dengan membaca doa penenang hati ini berarti kita berusaha untuk menambah berat amalan kebaikan kita. Maka sesungguhnya doa penenang hati ini selain bermanfaat menenangkan hati dari rasa resah dan gelisah juga akan mampu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’alaa,
harta simpanan kita di surga nanti.

Tahukah kamu bahwa dengan adanya kejadian yang membuat kita kecewa, resah dan gelisah tentu kita akan selalu mengingat Allah subhanahu wata’alaa kita akan selalu meminta dengan hati yang ikhlas kepada Allah agar kita diberi ketenangan dan kesabaran. Dimana Dengan doa ini kita akan menerima begitu banyak pahala dari Allah subhanahu wata’alaa. Pahala-pahala ini akan kita simpan dan nanti akan kita terima kelak di akhirat

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance