Rahasia dan Keutamaan Membaca Al Quran Sebagai Kunci Sukses dan Bahagia

Contents

Rahasia dan Keutamaan Membaca Al Quran Sebagai Kunci Sukses dan Bahagia

keutamaan membaca quran

 

Membaca Alquran merupakan ibadah yang mulia disisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Al Quran adalah kalam Allah yang qodim (terdahulu). Di mana berpahala bagi pembacanya. Bahkan ibadah yang paling mulia bagi umat Islam adalah membaca Al Qur’an. Hal ini sebagaimana sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Artinya “Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. Al Baihaqi)

Aktivitas membaca Al Qur’an adalah langkah yang paling mudah untuk memperoleh pahala yang besar di sisi allah subhanahu wa ta’ala.

Orang yang gemar membaca Al Qur’an digambarkan dalam sebuah hadist sebagai orang yang wangi dan manis harum.

Sebaliknya, orang yang tidak suka membaca Al Qur’an dia di gambarkan seperti buah yang rasanya manis namun dia tidak wangi.

Orang yang suka membaca Al Qur’an bagaikan buah yang aromanya wangi tetapi rasanya pahit. Orang yang tidak suka membaca Al-Quran bagaikan buah yang tidak baik aromanya. Sedangkan rasanya pahit.

Dalil Kemuliaan membaca Al Qur’an

kemuliaan membaca al quran

 

Terdapat banyak hadist yang menjelaskan tentang kemuliaan membaca Al Quran. Diantaranya sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu Anha yang disebutkan dalam Shahih Muslim. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

Orang yang mahir membaca al Qur’an bersama malaikat yang mulia lagi taat. Adapun orang yang membaca al Qur’an dengan terbata-bata dan berat atasnya maka baginya dua pahala

Penjelasan para ulama’ tentang “Orang yang mahir dengan Al Quran” yaitu orang yang menguasai berbagai macam ilmu Al Qur’an. Sempurna hafalannya. Mereka tidak merasa berat dalam membacanya. Mereka memiliki hafalan dan ketelitian yang sangat baik.

Adapun arti kata “As Syafarah” adalah para Utusan. Maksudnya, mereka adalah para malaikat utusan Allah. karena para malaikat oleh Allah diutus kepada manusia untuk membawa risalah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sedangkan kata “Al-Bararah” artinya baik. Mereka adalah  orang-orang yang patuh dan selalu melaksanakan kebaikan serta ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kedudukan dan derajat mulia yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’Ala kepada hamba-hambanya yang beriman yang mau membaca Al Qur’an, mempelajari dan memahami maknanya.

Maka kita sebagai seorang muslim perlu untuk selalu berusaha dan berupaya menyiapkan waktu terbaik untuk membaca Al Qur’an setiap hari.

Mengapa kita perlu membaca Al Qur’an setiap hari dengan Istiqomah? Agar kita mendapatkan Syafaat Al Qur’an. Al Qur’an akan memberi syafaat kelak pada hari kiamat bagi mereka yang mencintainya. Bukti cinta Al Quran dengan membaca, berusaha memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Di riwayatkan dari Abu Umamah radhiallahu Anhu bahwa ia berkata  bahwa Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اقْرَءُوا الْقُرْآنَ؛ فَإِنَّهُ يَأْتِي شَفِيعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ لِصَاحِبِهِ

Artinya, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Bacalah Al-Qur’an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya,” (HR. Muslim dan Thabarani).

Ada sebuah hadist yang sangat populer yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas’ud yang menyatakan bahwa setiap huruf dari Al Qur’an yang kita baca akan dibalas satu kebaikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Bahkan setiap kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi 10 dan seterusnya sesuai kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rasulullah Shalallahu Wassalam bersabda:

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Dari ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi)

Sahabat Ali Bin Abi Thalib karamallahu wajhah memberi keterangan bahwa keutamaan yang ada dalam hadits ini adalah bagi orang yang membaca Al Qur’an di luar salat dalam keadaan tidak suci.

Sedangkan keutamaan orang yang membaca Al Quran dalam salat maka ia Allah akan diberi balasan 100 kebaikan. Ketika Al Quran dibaca pada saat duduk di luar shalat dia akan memperoleh 50 kebaikan.

 

Apabila Al Quran dibaca diluar salat dalam keadaan suci maka dia akan memperoleh pahala kebaikan. Sungguh, ini adalah karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala yang Maha Agung yang melipat gandakan balasan atas bacaan Al Qur’an hamba-hambaNya

(Keterangan: As-Sayyid ‘Abdullah ibn ‘Alawi, ibn Muhammad al-Haddad, Risalatul Mu‘awanah, hal. 9).

 

Ada sebuah Hadis Qudsi yang sangat menarik. Di mana hadist Qudsi ini menjelaskan tentang keutamaan membaca Al Quran. Di mana orang yang membaca Al Qur’an dan tidak sempat lagi untuk membaca dzikir-dzikir yang lain. Maka Allah akan memberi balasan terbaik. Balasan bagi mereka melebihi bagi yang berdoa dan meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hal ini sebagaimana sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al khudri dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى مَنْ شَغَلَهُ قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ عَنْ ذِكْرِي وَمَسْأَلَتِي أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ ثَوَابِ السَّائِلِينَ وَفَضَلُ الْقُرْآنِ عَلَى سَائِرِ الْكَلَامِ كَفَضْلِ اللَّهِ عَلَى خَلْقِهِ

Artinya: “Allah berfirman, “Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya,” (HR. Al-Baihaqi)

Berdasarkan keterangan di atas, maka para ulama mengambil kesimpulan bahwa membaca Al Qur’an lebih utama daripada membaca dzikir dengan kalimat-kalimat yang umum yang ditetapkan waktu dan tempatnya.

 

Keutamaan surah dalam Al Quran

Keutamaan surah dalam Al Quran

 

Al Quran merupakan wahyu Allah yang agung untuk Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Al-Qur’an memiliki begitu banyak mukjizat dan  keajaiban.

Bahkan Al Qur’an adalah mukjizat terbesar Allah untuk Nabi Muhammad SAW. Di mana Allah jadikan Al Quran, berlaku sepanjang masa.

Berbeda dengan mukjizat nabi-nabi selain Nabi Muhammad. Mukjizat mereka hanya berlaku pada masa itu saja. Bahkan, berlaku hanya sekali saja. Tetapi mukjizat Al Quran berlaku hingga sekarang dan hingga hari kiamat nanti.

 

Ada beberapa syarat khusus yang memang memiliki beberapa keistimewaan bagi mereka yang istiqomah rutin membacanya.

Seorang ulama besar yang hidup pada abad pertengahan Hijriah. Imam Zakaria Yahya Ibnu Syarifudin yang lebih dikenal dengan julukan Imam nawawi dalam kitab yang fenomenal Al Tibyan fi Adabi hamalatil Qur’an.

Dalam kitab ini, beliau menjelaskan dalam satu bab yang berjudul “Al-ayat wa al-suwar al-mustahabbah fi auqatin makhsushatin”. Sebuah kitab yang membahas tentang keutamaan surat-surat, ayat-ayat yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada waktu tertentu.

Al Imam An Nawawi memulai penjelasan beliau dengan mengatakan bahwa sebenarnya pembahasan tentang fadhoil al-suwar dalam pembahasan yang cukup luas. Semua guru menjelaskan sebagian besar saja dengan ungkapan-ungkapan yang ringkas, jelas agar keutamaan dan keistimewaan ini mudah dipahami oleh orang awam dan mudah diamalkan dalam aktivitas sehari-hari.

Sangat dianjurkan untuk membaca al Qur’an pada bulan suci Ramadan. Terutama pada 10 hari terakhir  Ramadhan. Terutama lagi pada malam malam ganjil bulan Ramadhan. Dianjurkan juga membaca Al Quran pada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

 

Diantara keutamaan membaca surat-surat Al Quran. Misalnya saja:

Imam Nawasi juga menjelaskan tentang keutamaan membaca surat-surat pilihan. Mulai dari surat Yasin, Surat Al-Mulk, surat Al-Waqiah, surat Al Kahfi. Juga menjelaskan tentang surat-surat yang dianjurkan untuk dibaca setiap shalat.

Misalnya saja, ketika melaksanakan salat subuh di hari Jumat. Sunnah membaca surat Alif Lam Mim Tanzil, surat As-Sajadah pada rakaat pertama. Pada rakaat kedua sunnah membaca surat Al-Insan.

Dimana kedua surat ini dibaca secara keseluruhan, mulai awal hingga akhir. Tidak dianjurkan membaca sebagian ayat.Misalnya saja mengambil bagian awal, tengah dan akhir saja. Tetapi sebenarnya yang sunnah adalah membaca semua ayat dari surat tersebut.

Pada saat melaksanakan salat Jumat, Imam disunahkan membaca surat Al-Jumu’ah pada rakaat pertama dan surat Al-Munafiqun pada rakaat kedua. Atau disunahkan membaca surat Al-A’la pada rakaat pertama, membaca surat Al Ghasiyah pada rakaat kedua.

Bacaan surat pada salat jum’at ini memiliki riwayat yang shahih dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Ketika menjalankan salat Idul Fitri, sunnah membaca surat Qaf pada rakaat pertama, membaca surat-surat Al Qomar pada rakaat kedua. Juga dianjurkan membaca surat Al A’la dan Al Ghasiyah.

Saat melakukan salat sunnah fajar subuh, dianjurkan membaca surat Al Kafirun pada rokaat pertama dan membaca surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua. Atau dianjurkan juga membaca surat Al-Baqarah ayat 136 pada rakaat pertama, sedangkan rakaat kedua baca surat Ali Imran ayat 64.

 

Keutamaan surat Al-Kahfi

Keutamaan surat al-kahfi

Surat Al Kahfi adalah surat yang istimewa dalam Al Quran. Di mana surat Al-Kahfi posisinya adalah di tengah-tengah Al Quran.

 

Surat Al-Kahfi sunnah untuk dibaca pada hari-hari tertentu. Diantaranya surat Al-Kahfi sunnah dibaca pada hari Jumat.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al khudri dan sahabat yang lain. Imam Syafi’i menjelaskan dalam kitab Al Umm, disunahkan membacanya pada malam Jumat. Dalam Sunan Ad-Darimi, Abi Muhammad meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Sa’id Al khudri. Rosulullah berkata “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat akan diterangi oleh cahaya antara rumahnya dan di Ka’bah”.

Imam Ad Darimi juga menyebut satu Hadist yang menganjurkan membaca surat Huud pada malam Jumat. juga diriwayatkan dari Makhul, seorang tabiin yang sangat mulia  bahwa sunnah membaca surat Ali-Imran pada malam Jumat.

 

Inilah beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi

Dihindarkan dari fitnah Dajjal

Seorang muslim yang rajin dan Istiqomah membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat atau malam Jumat Insya Allah Allah akan dihindarkan dari fitnah Dajjal.

Hal ini sebagaimana sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan dari Ibnu Umar radhiallahu anhuma. Dia berkata, telah bersabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Dajjal adalah fenomena akhir zaman. Di mana Dajjal adalah makhluk yang sangat mengerikan.  Dia memiliki satu mata di dahinya. Dajjal memiliki kulit berwarna merah, memiliki badan yang besar. Dikabarkan Dajjal akan muncul dari daerah Segitiga Bermuda. Merupakan salah satu tanda-tanda dekatnya hari kiamat diriwayatkan dalam sebuah hadist:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami)

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.” (HR Muslim)

Al Imam An Nawawi menjelaskan bahwa pada awal-awal surat Al-Kahfi ada keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah

. Di mana pada awal surat Al Kahfi disebutkan ayat:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?…” Qs. Al-Kahfi: 102.

Diampuni dosa dosa dan kesalahannya

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Tidak ada manusia yang bersih dari dosa. Sehingga manusia tetap harus berusaha untuk diampuni oleh Allah dari segala salah dan dosa yang dilakukan. Baik dosa yang disengaja atau tidak disengaja.

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Sebaik baik orang yang melakukan kesalahan adalah orang yang mau bertobat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Salah satu usaha dan upaya agar dosa dan kesalahan kita diampuni Allah adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat. Dijelaskan dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.”

 

Memperoleh Ridha dari Allah subhanahu wa ta’ala

Orang yang rajin membaca surat Al Kahfi, dia akan mendapatkan rezeki dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hati dan jiwanya akan menjadi tentram, damai dan bahagia. Hatinya akan penuh dengan cahaya. Bahkan, dia kan jauh dari rasa resah dan gelisah.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

 

Memperoleh cahaya kebaikan

Orang yang rajin membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat atau pada hari yang lain juga akan memperoleh pahala dan derajat yang tinggi di sisi allah subhanahu wa ta’ala. Dia akan di sinari oleh cahaya kebenaran Allah. Dia akan memperoleh berkah dan syafaat Di hari pembalasan.

Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala di dalam Al Quran:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12)

Juga sabda dari Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam :

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan An-Nasai dan Al-Hakim )

 

Keutamaan surat Al Mulk

Keutamaan surat Al Mulk

 

Surat Al-Mulk termasuk salah satu surat yang istimewa di dalam Al Quran. Di mana surat Al Mulk termasuk surat Makkiyah. Salah  satu surat dalam Al Quran yang turun di Mekah.

Surat Al-Mulk terdiri dari 30 ayat. Surat Al-Mulk memiliki kandungan makna tentang Kemahakuasaan Allah dalam Proses penciptaan alam semesta.

Kita umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Al Mulk setiap hari khususnya sebelum tidur. Hal ini sebagaimana sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa, “Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur hingga beliau membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) ( HR At Tirmidzi)

 

Inilah beberapa keutamaan bagi Anda yang membaca surat Al Mulk:

Anda akan dijaga dari siksa Kubur dan Azab neraka

Orang yang suka membaca surat al-mulk dengan Istiqomah, penuh keikhlasan karena Allah semata Allah akan menjaga dan memeliharanya dari siksa kubur serta azab api neraka yang pedih dan menyala-nyala.  Diriwayatkan dari Abdullah Bin Mas’ud ia mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan”(HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih)

Maka sebisa mungkin, mari kita upayakan dan kita usahakan untuk membaca surat Al Mulk Setiap kali kita akan beranjak tidur.

 

Diampuni salah, khilaf dan dosa-dosanya

Orang yang istiqomah membaca surat Al Mulk, dia oleh Allah akan diampuni kesalahan, kekhilafan dan dosa-dosanya. Hal ini berdasarkan beberapa keterangan hadits dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai berikut:

Dari sahabat Anas bin Malik ra Rasulullah SAW Alaihi Wasallam telah bersabda:

عن أنس بن مالك قال، قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: سورة من القرآن، ما هي إلا ثلاثون آية، خاصمت عن صاحبها حتى أدخلته الجنة، و هي تبارك. (رواه الطبراني في المعجم الأوسط وحسنه الألباني في صحيح الجامع)ـ

“Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thobaroni dalam Mu’jamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shohihul Jami’)

Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu Anhu Nabi Muhammad Shalallahu Wassalam bersabda:

سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك. (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)ـ

“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud dg redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya. Hadits tersebut shohih dan telah di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)

 

Dijauhkan oleh Allah dari maksiat

Orang yang istiqomah dan rajin membaca surat Al Mulk akan dipelihara dan dijaga oleh Allah dari melakukan maksiat. Terutama dosa-dosa besar. Sebagaimana apa yang terdapat di dalam surat Al-Mulk bahwa orang yang taat kepada Allah adalah orang yang tetap taat Meskipun tidak ada yang melihat Apa yang dia lakukan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Mulk:

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah”( QS Al Mulk : 12 )

 

Orang yang beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, melaksanakan ibadah ketaatan kepada Allah setiap hari mereka akan selalu melakukan ibadah kepada Allah walau di tempat yang sepi dan dia akan takut untuk berbuat maksiat kepada Allah Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh as Sa’di:

“Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

 

Keutamaan Surat Waqi’ah

Keutamaan dan keistimewaan Surat Al Waqiah
Sumber gambar: https://bacafornearme.com

 

Surat al-waqiah termasuk salah satu surat Al Quran yang mempunyai beberapa keistimewaan dan keajaiban. Surat Al Qaqiah ini mempunyai keistimewaan yang berguna bagi mereka yang meyakini, membacanya secara tekun Istiqomah penuh keikhlasan karena Allah Semata.

BACA JUGA :   Manfaat Puasa Ramadhan Yang Jarang Di Ketahui Orang. Jangan Sampai Kita Menyesal Karena Tidak Mengetahuinya 

 

Hal ini sebagaimana sabda Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dalam sebuah hadist “Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam ia tidak akan mengalami kefakiran”

Kyai Haji Ahmad Mustofa Bisri mengomentari hadits ini bahwa Apabila seseorang membaca surat Al Waqiah Seraya memikirkan arti dan maknanya Insya Allah surat Al Waqiah ini akan benar-benar bermanfaat menolak kemiskinan baginya.

 

Ada begitu banyak orang yang sudah merasakan manfaat dan keajaiban dari membaca surat Al Waqiah ini. Terutama ketika mereka mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Di antara keajaiban dari surat Al Waqiah ini datang dari seorang pengusaha keramik. DIa mengatakan bahwa setiap selesai salat subuh dia membaca surat Al Waqiah. Dengan cepat hasilnya segala usaha keramik saya selama 3 tahun ini mengalami kemajuan yang sangat pesat.

 

Tahukah anda bahwa surat Al-Waqiah termasuk surat Al Makkiyah. Terdiri dari 96 ayat. Surat Al-Waqiah turun setelah surat Thaha. Surat ini dinamakan dengan Al-Waqiah (hari kiamat). Di ambil dari kata Al Waqiah yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

 

Surat Al-Waqiah banyak membahas tentang hari kiamat. Sebagaimana nama dari surat ini yaitu Al Waqiah. Artinya hari kiamat.

 

Dalam surat ini juga membahas tentang proses penciptaan manusia dan segala macam tumbuhan. Menjelaskan tentang betapa besar kekuasaan Allah. Menjelaskan tentang hari kebangkitan yang pasti terjadi.

Suatu ketika Khalifah Usman bin Affan bermaksud memberi sejumlah uang kepada untuk putra-putranya. Namun Abdullah Bin Masud menolak pemberian itu seraya mengatakan bahwa dia tidak khawatir putra-putrinya menderita kemiskinan.

 

Abdullah Bin Masud,  seorang ahli tafsir itu kemudian membuka Sebuah Rahasia bahwa ia telah mengajarkan satu amalan yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu salam kepadanya.

Ketika Rasulullah menjelang wafat Beliau mengatakan Apakah khalifah Amirul Mukminin takut akan kemiskinan menimpa orang yang membaca surat Al Waqiah setiap malam?

Kemudian dia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya” (HR. Abu Daud dan Ibnu Asakir)

 

Keutamaan dan keistimewaan Surat Al Waqiah

Inilah beberapa keutamaan dan keistimewaan serta rahasia bagi mereka yang rutin membaca surat Al Waqiah secara Istiqomah:

Memperoleh kekayaan berupa harta benda

Membaca surat Al Waqiah setiap hari dengan sungguh-sungguh ikhlas karena Allah semata  akan diberi harta yang luas, melimpah dan berkah. Hendaknya surat AL Waqiah ini  dibaca 12 kali setiap selesai menjalankan salat ashar. Barang siapa dengan tekun melakukan amalan ini Insya Allah akan memperoleh kekayaan yang berlimpah ruah penuh berkah.

 

Dihindarkan dari sifat kemiskinan

Barang siapa yang merasa hidupnya susah, sedih maka hendaknya dia membaca surat Al Waqiah sekali saja setiap malam. Fadilah dari maembaca Al Waqiah sekali ini secara kontinyu setiap hari akan memperoleh pahala yang sangat besar.  Dibebaskan dari kemiskinan, kesedihan kesulitan dalam hidup.

 

Di karuniai kedermawanan harta benda

Jika anda ingin menjadi orang yang Hartawan, dermawan penuh syukur atas karunia Allah. Maka hendaklah Anda membaca surat Al Waqiah ini 3 kali setiap selesai salat subuh. Tiga kali setelah salat Isya.

JIka anda istiqomah menjalankan amalan ini, anda akan diberi Anugerah Fadilah berupa kekayaan dan kedermawanan yang tak terhingga.

 

Di tunaikan hajat rezekinya

Ketika anda punya hajat yang besar; mulai dari rumah, mobil, kendaraan, jodoh dan sebagainya. Anda dapat membaca surat Al Waqiah secara Istiqomah, kontinyu penuh keikhlasan sebanyak 40 kali dalam satu tempat, sekali duduk.

Insya Allah, Allah akan segera mengabulkan hajat dan keinginan anda.

Inilah beberapa keutamaan dan rahasia membaca surat Al Waqiah. Maka sempatkan setiap hari membaca surat Al Waqiah walau hanya sekali. Insyallah dengan ijin Allah, hidup anda akan bahagia, damai, sentosa. Tercukupi segala kebutuhan hidupnya. Di tata ekonominya oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

 

Keutamaan surat Yasin

Keutamaan surat Yasin

 

Surat Yasin memiliki begitu banyak rahasia, keutamaan dan keistimewaan. Di mana Surat Yasin ini berisi tentang akidah dan keimanan. Keistimewaan surat Yasin merupana balasan bagi orang yang membacanya dengan Istiqomah, ikhlas karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di antara keistimewaan membaca surat Yasin adalah akan memperoleh ampunan dan maghfiroh dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Wassalam:

“Barangsiapa membaca surat Yasin setiap malam karena Allah semata maka Allah akan mengampuni dosa-dosa” (HR. Ahmad)

Syekh Ahmad menjelaskan bahwa surat Yasin termasuk surat Makkiyah. Sebab turunnya surat Yasin ini adalah orang-orang kafir berkata “Sungguh Muhammad Bukan nabi dan rasul. Namun dia hanyalah anak yatim dari Abu Thalib. Tidak pernah pergi ke suatu tempat belajar dan tidak perlu mempelajari ilmu pengetahuan dari seorang guru Bagaimana mungkin dia bisa menjadi nabi Allah Subhanahu Wa Ta’ala”. Ini menurut perkataan orang-orang kafir ini.

Kemudian Allah menurunkan surat Yasin dan Allah bersaksi dengan dzat-nya Yang Maha Agung terhadap kerasulan dan kenabian Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

 

Kemudian Allah berfirman bahwa Wahai Muhammad jika orang-orang kafir meragukan terhadap kerasulanmu maka kamu jangan sedih. Karena Aku (Allah) akan bersaksi engkau sungguh-sungguh termasuk golongan para rasul.

Nabi Muhammad Shalallahu Wassalam bersabda“Hendaklah memperbanyak membaca surat Yasin karena di dalamnya ada banyak keistimewaan”.

 

Surat Yasin turun setelah surat Al Jin. Surat Yasin turun di kota Mekkah. Surat Yasin merupakan jantung dari Al Quran. Hal ini sebagaimana sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

“Jantung Al Quran itu adalah surah Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan dosanya” (HR Abu Daud).

Surat Yasin memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Sebagaimana sabda dari Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam:

“Segala sesuatu mempunyai hati. Sedangkan hati dari Al Quran adalah Surat Yasin. bacalah Surat Yasin maka Allah akan memberi baginya pahala membaca Alquran 10 kali selain waktu sholat” (HR Tirmidzi)

Amirulloh Syarbini menjelaskan dalam bukunya “Kedahsyatan Membaca Al  Quran” Ketika seseorang membaca surat Yasin dalam rangka untuk menjadi wasilah agar diberi kemudahan dari kesulitan. Maka Allah akan segera memberinya kelancaran urusan yang sedang dihadapinya.

Ketika ada seseorang yang sedang menghadapi naza’ (akan meninggal dunia) maka segera bacakan Surat Yasin. Manfaat surat Yasin yaitu mempermudah keluarnya ruh saat mengalami sakaratul maut.

 

Inilah beberapa keutamaan surat Yasin:

Membaca surat Yasin di pagi hari akan memperoleh kegembiraan

Orang yang rajin membaca surat Yasin dia oleh ALlah alan di beri kebahagiaan dan kegembiraan. Kemgembiraan ini akan dia peroleh mulai dari pagi hingga sore hari. Jika dibaca sore hari maka akan mendapatkan kegembiraan dan kebahagiaan hingga pagi hari.

Selamat dari pemimpin dholim

Jika anda hendak menemui seorang pemimpin yang zalim maka hendaklah membaca surat Yasin sebanyak 25 kali dari rumah Anda. Maka Allah akan mengabulkan permohonan anda dan akan menolong Anda lepas dari pemimpin dalam itu

Khusnul khotimah  di ahir hayat

Jika surat Yasin dibacakan kepada orang yang akan meninggal dunia maka Allah akan mencabut nyawanya dengan tenang. ALlah tidak akan mencabut nyawanya sebelum didatangi oleh malaikat malaikat Tuhan dalam rangka untuk memberikan kabar gembira kepadanya.

Meringankan siksa kubur

Jika surat Yasin dibacakan di atas kubur seorang muslim maka Allah akan meringankan siksa kuburnya

Wafat sebagai syahid

Apabila seseorang membaca surat Yasin di malam hari kemudian dia meninggal dunia malam itu juga. Maka dia mati dalam keadaan syahid

Inilah beberapa khasiat, manfaat dan keutamaan membaca surat Yasin. Maka jika anda punya waktu yang longgar sempatkan baca surat Yasin ini setiap hari terutama malam hari di malam Jumat.

 

Keutamaan surat Ar Rahman

Keutamaan surat Ar Rahman

Sumber gambar: menatahidup.com

Surat ar-rahman diturunkan di kota suci Mekah. Surat Ar Rohman termasuk surat Makkiyah. Terdiri dari 78 ayat. Surat Ar-Rahman ada pada urutan ke 55 dari surat Al Quran yang jumlahnya 144 surat.

Secara umum surat ar-rahman ini menjelaskan tentang berbagai macam aspek kehidupan. Jumlah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. Allah menciptakan manusia. Menciptakan makhluk yang nampak. Allah juga menciptakan makhluk yang tidak nampak. Allah juga menciptakan langit dan bumi.

Allah menciptakan kebahagiaan dan kesengsaraan. Allah menciptakan lautan serta daratan. Semua Allah ciptakan berpasang-pasangan.

Semuanya terjadi hanya dengan izin dan kuasa Allah yang maha kuasa dan maha perkasa. Surat Ar Rahman termasuk salah satu surat yang dimulai dengan nama-nama Allah yaitu Ar Rahman.

 

Surat Ar-Rahman juga memiliki beberapa keutamaan, khasiat bagi siapa saja yang membacanya dengan benar semata-mata ikhlas karena Allah Ta’ala.

Inilah beberapa keutamaan dan keajaiban surat Ar-Rahman:

Mengingatkan manusia betapa besar nikmat Allah

Allah subhanahu wa ta’ala sebagai Pencipta langit dan bumi telah memberikan nikmat pada semua ciptaanNya. Allah telah memberi anugerah nikmat kepada semua makhlukNya. Terutama manusia.

Semua yang ada di langit dan di bumi, di daratan di gunung-gunung, di sungai, di lautan. Semua adalah ciptaan Allah Subhanahu wa taalaa. Allah menciptakan semua ini hanya untuk manusia saja.

Sungguh, semua di ciptakan dalam keadaan sempurna, indah mempesona. Surat Ar-Rahman penting untuk kita agar selalu ingat kepada nikmat dan karunia Allah yang telah diberikan kepada kita.

Allah subhanahu wa taala sudah memberikan nikmat dan karunianya kepada seluruh makhlukNya termasuk manusia Maka manusia wajib bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita.

Bukti bahwa seorang hamba bersyukur kepada Allah adalah dengan bersungguh-sungguh dan menyembah kepadaNya. Melaksanakan segala perintahNya serta menjauhi semua laranganNya.

Semua dilakukan demi mnggapai ridha dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Mengingatkan manusia bahwa makhluk Allah yang lain ya juga beribadah kepadanya

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak makhluk Allah yang lain. Mereka semuanya beribadah kpeada Allah dengan sungguh-sungguh tanpa ragu sedikitpun.

Salah satu makhluk Allah yang beribadah dan menyembah Allah adalah jin. Di mana Jin diciptakan manusia untuk beribadah dan menyembah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surat yang menjelaskan tentang adanya alam lain, kerajaan yang kasat mata bagi manusia. Di mana di antara mereka ada yang beriman dan mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Juga ada yang ingkar atas kekuasaaNnya.

Mengingatkan manusia bahwa Allah adalah Tuhan pencipta alam yang penuh kasih sayang

Surat Ar-Rahman ini memberi peringatan kepada seluruh makhluk termasuk manusia bahwa Allah adalah Tuhan yang maha pengasih dan penyayang. Allah selalu memenuhi kebutuhan semua makhlukNya walau mereka ingkar atas nikmat dan kekuasaan Allah itu. Allah selalu mengampuni mereka. Allah akan memberi rezeki dan kecukupan kepada mereka.

Allah  memberi rezeki kepada semua makhlukNya tanpa pandang bulu. Tanpa pilih kasih. Semua diberi tanpa terkecuali.

Semua rezeki makhluk manusia hewan tumbuhan dan semua makhluk yang ada di bumi telah dijamin rezekinya oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Manusia agar tidak kufur nikmat

Surat Ar-Rahman ini mengingatkan kepada manusia agar selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia Allah. Di mana nikmat merupakan salah satu wujud cinta kasih yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Manusia harus mensyukuri nikmat dan karunia Allah. Baik karunia yang kecil ataupun yang besar. Tidak mensyukuri nikmat yang besar kecuali siapapun yang bisa mensyukuri nikmat yang kecil.

Inilah beberapa keutamaan keistimewaan surat Ar-Rahman yang perlu kita ketahui. Agar kita semangat dan antusias untuk membaca, mempelajari dan menghayati isi dan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Dengan memahami keutamaan keistimewaan dan kandungan yang terdapat di dalamnya maka kita akan lebih menghayati apa yang kita baca.

 

Keutamaan menghafal Al Quran

 

Keutamaan menghafal Al Quran

 

Mungkin anda bertanya-tanya, Apa manfaat menghafal Al Quran?

Inilah manfaat dari aktivitas menghafal Al Quran; Mulia dan memperoleh derajat dari Allah. Mempreroleh pahala di sisi Allah. Menjadi ahli Al Quran. Menjadi keluarga Allah.

AlQuran merupakan kitab yang sangat mulia. Di mana membacanya berpahala. Walaupun kita tidak mengetahui dan memahami arti dan maknanya. Apa manfaat dari membaca dan menghafal Al Quran? Nanti akan kita bahas beberapa keutamaan menghafal Al Quran.

Banyak orang yang takut ketika ingin menghafalkan Al Quran. Ketika melihat Al Quran yang tebalnya 600 halaman lebih, mereka merasa takut.  Melihat Al Quran yang terdiri dari 30 juz, 114 surat mereka merasa takut dan khawatir. Jangan-jangan tidak bisa menghafal Al Quran dengan sempurna.

Orang yang sedang menghafal Al Quran, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan manula.  orang di seluruh dunia membaca Alquran setiap hari jutaan orang di seluruh dunia menghafalkan Alquran maka kita menjadi bagian dari Alquran dengan menghafalkannya.

Jangan pernah merasa takut khawatir dan Bimbang Jika Anda memang benar-benar karena Allah Ta’ala.

Anda akan diberikan oleh Allah dalam menghafal akan anda akan diberi petunjuk dan sejauh sehingga Anda akan mudah menghafal Alquran hal ini sebagaimana firman Allah dalam Alquran surat Al Hijr ayat 9 Allah berfirman:

إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُ ۥ لَحَـٰفِظُونَ

Artinya : “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Q.S. Al-Hijr [15] : 9).

Alquran adalah Firman Allah yang sangat mulia Alquran akan berlaku sepanjang masa karena Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad untuk umat Islam maka Allah akan selalu menjaga dan memelihara isi kandungan pakan bacaan Alquran hal ini sebagaimana Apa yang dinyatakan oleh Syekh nashir BIN Sulaiman Al Umar bahwa banyak sekali lapisan masyarakat baik laki-laki perempuan, anak-anak orang tua yang membaca Alquran bahkan menghafalkannya.

Makanya muncul lembaga yayasan pondok pesantren lembaga Tahfidz Alquran yang banyak mengkaji Alquran membuka program menghafal Alquran.

Ini merupakan karunia yang sangat besar dari Allah untuk kita yang hidup di abad ini

Inilah beberapa keutamaan menghafal Al Quran

Menjadi keluarga Allah

Orang yang menghafal Al Quran adalah orang yang setiap hari berinteraksi dengan Al Quran. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, pikiran dan hati mereka terpaut langsung dengan Al Quran. Mereka tidak pernah terlena dan lalai dari Al Quran.

 

maka pantas sekali jika mereka mendapatkan anugerah dari Allah menjadi keluarga Allah. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam sebuah hadist:

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ , قَالُوا : يَا رَسُولَ اللهِ ، مَنْ هُمْ ؟ قَالَ : هُمْ أَهْلُ الْقُرْآنِ، أَهْلُ اللهِ وَخَاصَّتُهُ

Artinya: “Allah memiliki keluarga dari kalangan manusia.” Sahabat bertanya, “Siapakah mereka wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ahlul Quran, mereka adalah keluarga Allah, dan orang yang memiliki keistimewaan di sisi-Nya.” (H.R. Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

 

Memeroleh derajat yang sangat mulia disisi Allah

Orang yang menghafal Al Quran atau masih dalam proses menghafal akan memperoleh kedudukan yang sangat tinggi dan mulia di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam:

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Artinya : “Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti : ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (H.R. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

 

Allah membebaskan hatinya dari siksa

Orang yang menghafal Al Quran, hatinya oleh Allah dijauhkan dari siksa kubur, siksa dunia hingga siksa akhirat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

”Dari Abdullah Bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu Dari Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam Baginda bersabda: ” bacalah Al Qur’an kerana Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Al Qur’an. Sesungguhanya Al Qur’an ini adalah hidangan Allah, siapa yang memasukkunya ia akan aman. Dan barangsiapa yang mencintai Al Qur’an maka hendaklah ia bergembira.”

 

Mereka bisa memberi syafaat kepada keluarga

Orang yang menghafalkan Al Quran oleh Allah diberi keistimewaan khusus. Apa keistimewan khusus ini?

Mereka bisa memberikan syafaat kepada keluarga mereka sendiri. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam:

“Dari Ali Bin Abi Thalib Karramallahu Wajhahu: “Barangsiapamembaca Al Qur’an dan menghafalnya, maka Allah akan memasukkannya kedalam surga dan memberikannya hak syafaat untuk sepuluh anggota keluarganya di mana mereka semuanya telah di tetapkan untuk masuk neraka.”

 

Memiliki Bekal terbaik

Bahwa Alquran adalah anugerah terbesar dari Allah untuk hati seseorang yang menghafalkannya. Ketika anda oleh Allah dianugerahi Al  Quran. Al Quran Anda baca, Anda hafalkan tiap hari.

Namun anda selalu merasa sulit urusan dunia. Maka jangan bersedih. Anda sedang diuji oleh Allah dengan sesuatu yang sangat kecil yaitu dunia.

Maka bersabarlah. Kelak di akhirat Anda akan memperoleh anugerah yang sangat besar dari Allah karena telah memelihara ayat Allah yaitu Al Quran. Hal ini sebagaimana sabda rasulullah Shallallahu Alaihi Waassalam:

“Dari Jabir bin Nufair, katanya Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda; “Sesungguhnya kamu tidak akan kembali menghadap Allah dengan membawa sesuatu yang paling baik daripada sesuatu yang berasal dari-Nya yaitu Al Qur’an.”

 

 

Adab membaca Al QuranKeutamaan menghafal Al Quran

 

Memahami adab membaca al Quran penting adanya. Mengapa adab membaca Al Quran penting? karena Al Quran merupakan firman Allah (kalamullah) yang sangat mulia. Al  Quran bukanlah ciptaan manusia. Al Quran bukan koran. Al Quran bukan buku. Al Quran adalah Firman Allah yang mengandung kebenaran mutlak dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bagi umat Islam, perlu memahami dan mengerti adab dan tata cara membaca Al Quran yang baik dan benar. Terutama ketika kita berada di rumah.

Banyak orang membaca Al Quran. Mereka berusaha dan berdoa seraya untuk memperbanyak bacaan Quran. Mereka ingin khatam Al-Qur’an sekian kali dalam sebulan.

Ini adalah aktivitas yang bagus dan perlu diteladani. Jangan sampai kita fokus pada banyaknya bacaan tetapi kita lupa dengan adab dan tata cara membaca Al Quran yang baik dan benar.

 

Adab dan tata cara membaca Al Quran

Inilah beberapa adab dan tata cara membaca Al Quran:

Membaca Al-Quran dengan niat ikhlas semata-mata mengharap ridho Allah

Jadi intinya tidak membaca Al Quran untuk kekayaan atau mencari dunia dengan Al Quran.

Sangat disunahkan untuk membaca Alquran dalam keadaan bersih dan suci

Boleh membaca Al Quran dalam keadaan hadast tanpa memegang mushaf Al Quran

Membaca Al Quran di tempat yang suci dan bersih.

Ulama sangat menganjurkan untuk membaca Al Quran baik di masjid ataupun di mushola. Yang mana tempatnya suci, terpelihara dari kotoran dan najis. Bukan hanya itu, masjid juga tempat yang cocok untuk iktikaf.

Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh al-imam an-nawawi Semoga Allah merahmatinya. Bahwa setiap orang yang masuk masjid sunnah niat melakukan itikaf. Baik dalam waktu yang lama atau hanya sebentar saja.

Bahkan sangat dianjurkan untuk niat itikaf ketika masuk ke dalam masjid. Adapun niat iktikaf ini perlu diperhatikan dan disebarluaskan. Terutama pada anak-anak dan orang awam. Orang-orang yang beruntung karena mengamalkan seperti ini adalah sesuatu yang sangat langka (At Tibyan halaman 83)

Membaca Al  Quran dalam keadaan menghadap arah kiblat

Sunnah membaca Al Quran dalam keadaan bersih

Sunnah membaca Al Quran dalam keadaan bersih, jauh dari bau mulut. Di mana bau ini bisa dihilangkan dan dikurangi dengan siwak.

6# Mengawali membaca Al Quran dengan bacaan taawud dan Basmalah. Hal ini sebagaimana firman Allah di dalam Al Quran:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

Membaca Al Quran dengan di awali bacaan taawudz  hukumnya sunnah bukan wajib

Membaca basmalah yaitu lafadz “bismillahir rahmanir rahim” ketika memasuki surat selain memasuki surat Taubah (Surat Baroah)

8# Merenungi, mengamati dan memahami setiap ayat dan lafadz yang dibaca. Perintah untuk merenungkan mendapat dan memahami isi al Quran sebagaimana firman Allah dalam Al Quran:

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآَنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad: 24)

Penjelasan ringkas tentang tata cara dan adab membaca Al-Quran ini disarikan dari kitab “At-Tibyan fii Adabi Hamalatil Qur’an”. Cetakan pertama, tahun 1426 H. Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*