Rahasia Doa Masuk Masjid yang Jarang di Ketahui Orang

doa masuk masjid yang panjang

Rahasia Doa Masuk Masjid Yang Perlu Kita Ketahui

Doa adalah salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah. Bahkan doa adalah inti dari semua jenis ibadah. Nabi Muhammad bersabda:

الدُّعَاءٌ مُخُّ الْعِبَادَةِ

“Doa adalah inti dari ibadah.”

Iya, doa adalah inti dari segala inti ibadah yang dikerjakan oleh orang Islam.

Lantas, kenapa doa adalah inti dari ibadah?

doa masuk masjid

Tahukah anda, saat seoang hamba berdoa kepada Allah, dia merasa hina dan merasa rendah dihadapan Allah. Walaupun dihadapan manusia dia adalah seorang alim yang banyak ilmunya. Walaupun dia seorang yang kaya raya yang banyak harta. Walaupun dia seorang yang punya kedudukan terhormat di hadapan manusia.

Tapi saat berdoa dan bermunajat di hadapan Allah, dia merasa hina dan tidak mempunyai apa apa. Dia Pasrah dan tunduk di hadapan Allah. Dia bersimpuh dan bersujud dihadapan Allah saat orang lain terlelap dalam tidurnya.

Dia menghambakan dirinya hanya kepada Allah. Dia memohon semua kebutuhan dan hajatnya hanya kepada Allah. Dia sama sekali tidak menggantungkan hidupnya dari gaji dan jabatan tinggi. Dia tidak menggantungkan diri dari kekayaan yang dia miliki. Dialah orang yang sedang menyelami indahnya penghambaan dihadapan Allah.

 

Masjid tempat yang mulia di sisi Allah

Mengapa kita perlu berdoa sebelum masuk masjib? Iya, perlu kita ketahui bahwa masjid adalah rumah Allah. Biasanya disebut baitullah. Tempat seorang hamba beribadah dan menyerahkan segala urusannya kepada Allah. Masjid adalah tempat yang sangat mulia di muka bumi ini.
Sungguh, masjid dibangun bukan untuk bermegahan dan banggaan saja tapi masjid dibangun untuk membina masyarakat dan generasi islam agar lebih mengenal islam, memahami dan menghayati islam yang sesungguhnya.
Masjid dibangun untuk menjadi jalan dan jembatan seorang hamba menuju taqwa kepada Allah tuhannya. Allah berfirman dalam Al Quran:

لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

Artinya “Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih” (QS At taubat ayat 108)

 

Masjid adalah tempat bermunajat, memohon bagi setiap hamba yang membutuhkan rahmat dan pertolonganNya. Masjid tempat untuk membersihkan jiwa dari dosa dosa dan kotoran hati.

Sehingga masjid merupakan tempat yang didimuliakan oleh Allah. Tidak boleh ada kata kata kotor di dalam masjid. Diskusi dan pembicaraan tentang urusan dunia lebih lebih membahas tentang bisnis dan perdagangan.

 

Manfaat masjid bagi umat Islam

Masjib mempunyai begitu banyak manfaat. Terutama bagi seseorang yang menyadari begitu besar peran dan manfaat masjid dalam rangka membina jiwa jiwa untuk meraih khusu’ dan jiwa yang tenang. Dimana jiwa yang tenang merupakan modal utama meraih sukses dunia ahirat penuh ridho Allah.
Berikut beberapa manfaat masjid:

1. Tempat ibadah
Kita semua sudah maklum bahwa masjid adalah tempat yang paling utama untuk beribadah. Baik ibadah pribadi atau berjamaah. Ibadah pribadi seperti sholat sunnah, iktikaf, membaca al Quran, berdzikir, dll

Ibadah jamaah seperti sholat jamaah, sholat jumat, pengajian, sholawatan, dll.

2. Tempat mengkaji ilmu agama islam
Fungsi utama masjid selain sebagai tempat ibadah adalah sebagai tempat menimba ilmu bagi masyarakat. Masjid harus di upayakan untuk bisa menjadi mercusuar dan pusat kajian keislaman dan kajian sosial masyarakat terutama oleh masyarakat sekitar

3. Tempat memangun ekonomi umat
Masjid juga bisa berfungsi sebabgai tempat kajian ekonomi keumatan. Dalam arti tempat mengkoordinasi jalannnya ekonomi sosial. Semisal zakat, infaq dan sedekah.

manfaat masjid

Doa masuk masjid sesuai sunnah

Dalam berdoa tentu kia harus mengikuti teladan kita dalam beragama. Dimana teladan kita adalah nabi Muhammad. Nabi Muhammad sudah memberikan contoh teladan nyata kepada para sahabat tentang tata cara dan doa ketika akan memasuki masjid.

doa masuk masjid sesuai sunnah

Berikut doa akan masuk masjid:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHMATIKA
Artinya:
“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.

 

Etika dan adab dalam masjid

Sebagaimana yang sudah penulis singgung diatas, masjib adalah rumah Allah. Tempat yang sangat mulia dan harus dijaga kebersihannya. Saat memasuki masjid tentu kita harus menggunakan adab dan etika yang baik.

Bayangkan saja, saat kita akan menghadap seorang calon mertua, kita pasti memakai pakaian yang bagus dan rapi. Memakai minyak wangi. Bersiap dengan semangat dan antusias. Bagaiaman saat kita akan menghadap Allah di dalam masjid? Tentu kita harus lebih semangat dan antusias dibanding seorang pemuda yang akan ketemu calon mertuanya.

Padalah, saat ketemu calon mertua tidak ada jaminan apakah kita pasti di terima sebagai manantunya atau tidak, tidak ada yang bisa menjamin. Sedangkan saat kita menghadap Allah penuh harap, dan rasa takut Allah akan memberi kita anugerah yang sangat besar mulai dari derajat yang tinggi disisi Allah, pahala yang besar, ampunan dari dosa dosa kita.

BACA JUGA :   INILAH LAFAD NIAT SHOLAT JUMAT LENGKAP, BAHASA INDONESIA, LATIN SERTA TERJEMAHNYA

 

Berikut beberapa adab dan etika saat akan masuk ke dalam masjid:
1. Mengenakan pakaian yang rapi dan bersih. Diutamakan pakaian warna putih
2. Berjalan dengan tenang tanpa tergesa gesa
3. Masuk dengan mendahulukan kaki kanan
4. Sholat sunnah tahiyat masjid
5. Tidak bercakap dalam masjid dalam urusan dunia
6. Niat iktikaf
7. Mengisi waktu dengan berzdkir
8. Memperbanyak membaca al Quran
9. Memperbanyak membaca sholawat
10. Memperbanyak sholat sunah

Doa masuk masjid yang panjang

Doa masuk masjid adakalanya yang panjang dan adakalanya yang pendek. Pada dasarnya islam mengajarkan sesuatu yang mudah untuk umatnya.

Jadi kita bisa mengambil dan mengamalkan mana saja doa yang sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa membaca doa masuk masjid yang panjang atau doa masuk masjid yang pendek. Semua kembali kepada kita masing masing.

doa masuk masjid yang panjang

 

Berikut doa masuk masjid yang panjang:

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Doa masuk masjid latinnya:

“A‘udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil qadim minas syaithanir rajim. Bismillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik”.

Bacaan doa masuk masjid Artinya :

“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu”.

 

Doa masuk masjid sedang

Berikut doa masuk masjid dengan bacaan yang sedang saja, tidak terlalu panjang.

بِسْمِ اللهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bacaan doa masuk masjid latin:

“Bismillah wassalaamu ‘ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwaaba rohmatik”.
Artinya : “Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. zYa Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu”.

 

Bacaan doa masuk masjid pendek

اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu”.
Doa masuk masjid anak tk sebenarnya sama saja dengan bacaan untuk orang dewasa. Biasanya kalau anak tk diajarkan dengan bacaan yang pendek saja agar mereka cepat hafal dan mudah mengerti menghafalkan.

 

Doa masuk masjid nabawi di madinah

doa masuk masjid nabawi

بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِ اللهِ. رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِِنَا مُحَمَّدٍ وَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا يَا أَرْحَمَ الرَاحِمِيْنَ

Terjemahnya:
“Dengan nama Allah dan atas agama Rasullulah. Ya Allah masukkanlah aku dengan cara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku dengan cara keluar yang benar; dan berikanlah padaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong.

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya. Ampunilah dosaku, bukanlah pintu rahmat-Mu bagiku dan masukkanlah aku ke dalamnya, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.”

Rahasia doa masuk masjid

Setelah penulis kupas tentang doa masuk masjid, lantas mungkina anda bertanya tanya, apa rahasia kita berdoa saat akan masuk ke dalam masjid?

rahasia doa masuk masjid
sholat terkabulnya hajat dunia ahirat

Iya, seperti yang sudah kita maklumi bersama, masjid adalah tempat yang sangat mulia. Tempat mensucikan diri dari dosa dan tempat meraih ampunan dari Allah.
Sebelum kita masuk ke dalam masjid seyogyanya kita berdoa sama Allah. Agar kita sama Allah di bukakan rahmat. Dimana rahmat Allah tidak diberikan kepada setiap orang. Hanya orang tertentu saja yang Allah beri rahmat.

Dan tahukah anda, orang yang di beri rahmat oleh Allah adalah orang yang sangat beruntung. Dia akan mendapatkan kebahagiaan dan pahala tak terhingga dari Allah di dunia dan ahirat.

Kita memohon kepada Allah agar kita di bukakan pintu rahmat di dalam masjid oleh Allah. Orang yang mendapat rahmat dari Allah, dia tidak akan pernah merasa malas dan lelah dari beribadah, bermunajat.

Sebaliknya, dia bisa menikmati setiap detik ibadah dan amaliah yang dia kerjakan.
Semua ibadah dan amal soleh dikerjakan bukan semata agar memperoleh pahala saja tapi dia hanya ingin Allah ridho padanya.

Inilah rahasia doa masuk masjid yang bisa penulis suguhkan kehadapan pembaca sekalian. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika artikel yang anda baca ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke social media anda. Jangan sampai hanya anda yang memeroleh manfaat dari artikel singkat ini. Siapa tahu ada sahabat, saudara dan teman yang bisa mendapat sedikit mandapat dari artikel saya ini.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance