Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi yang Harus Kamu Tahu

doa masuk kamar mandi

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi yang Harus Kamu Tahu

Doa masuk kamar mandi dan keluar dari kamar mandi sangat penting bagi kita umat Islam.

Untuk apa kita perlu berdoa sebelum masuk dan keluar kamar mandi? Iya, kita perlu berdoa agar kita selalu dalam lindungan dan pertolongan Allah Subhanahu Wata’alaa.

Seperti yang kita tahu bersama, setan tidak pernah sedetikpun diam dan santai santai membiarkan kita jadi orang baik. Sebaliknya syetan selalu berusaha menjerumuskan kita ke jalan yang salah dan jalan sesat. Jalan yang dimurkai oleh Allah Subhanahu Wata’alaa.

Kali ini, admin akan berbagi ulasan tentang doa mau masuk kamar mandi dan doa keluar dari kamar mandi. Atau biasanya juga disebut doa mau masuk WC dan doa keluar dari WC.

Pada dasarnya WC adalah tempat yang sangat kotor. Bagaiman tidak, WC adalah tempat kita membuang air kencing dan berak.

WC merupakan salah satu sarana yang penting dalam kehidupan kita sehari hari. Dimana WC adalah tempat kita membuang hajat. Hajat berupa BAB dan air seni, pipis.

doa masuk kamar mandi

Gambar: islami.co

 

Rahasia doa masuk kamar mandi

Di beberapa daerah ada yang memisahkan antara WC dan kamar mandi. Dengan alasan kebersihan dan kenyamanan WC dan kamar mandi dipisahkan. Tetapi di beberapa daerah lain ada yang antara WC dan kamar mandi di jadikan satu. Mungkin dengan alasan efesiensi dan keterbatasan tempat dan lahan.

Ini bukan hal yang prinsip, ini hanya soal kebiasaan dan kesepakatan keluarga saja. Memang sih, idealnya antara WC dan kamar mandi dipisah.

Alasanya? ya supaya saat ada anggota keluarga yang mandi, di saat yang sama ada anggota keluarga yang mau buang hajat atau buang air kecil bisa melaksanakan hajatnya di tempat WC.

Maka keberadaan kamar mandi dan WC ini sangat vital adanya. Bisa di bayangan kalau ada rumah yang tidak di lengkapi dengan WC dan kamar mandi, tentu rumah itu jadi tidak ideal untuk di tempati anggota keluarga.

Walau begitu pentingnya posisi WC ini dalam rumah kita tapi tetap saja WC adalah tempat yang kotor. Di mana disana tempat kita membuang kotoran. tugas kita adalah menjaga dan merawat WC dan kamar mandi sebaik baiknya.

Nah, salah satu upaya dan usaha kita agar kita bisa nyaman dan terpelihara dari keburuan syetan yang biasanya banyhak sembunyi di WC, ada baiknya kita mempelajari tentang doa mau masuk WC dan doa keluar dari WC atau doa mau masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi.

 

Jadi perlu diingat, terkadang di masyarakat ada pemahaman yang salah kaprah. Di mana doa masuk WC biasa di sebut doa buang hajat.

Karena mereka memahami doa masuk kamar mandi ini sebagai doa buang hajat, ahirnya mereka membacanya saat buang hajat. Jadi ini pemahaman yang perlu di luruskan dan dibenarkan.

Pemahaman yang benar adalah doa sebelum masuk kamar mandi, bukan doa buang hajat. Kenapa emang? Karena saat kita duduk jongkok untuk buang hajat kita dilarang bahkan makruh membaca dan melafadkan doa yang ada lafad Allah.

Karena kita sedang buang hajat. kita tidak boleh menyebut nama Allah secara langsung dengan lisan. Beda halnya jika kita mengingat Allah dalam hati, tentu tetap boleh walau dimanapun saja kita berada.

Jadi kita membaca doa ini saat akan masuk ke dalam WC atau kita membacanya saat di depan pintu kamar mandi. Membacanya boleh dengan bersuara nyaring atau di baca dalam hati saja.

Baca juga Doa masuk masjid yang jarang orang tau

Bacaan doa masuk kamar mandi

Berikut ini lafadz bacaan doa masuk WC atau masuk masuk kamar mandi:

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

ALLOOHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan
Ketika kita hendak masuk ke WC atau masuk kamar mandi sangat di anjurkan membaca doa masuk kamar mandi ini.
Harapan kita semoga selalu dalam lindungan dan pertolongan Allah Subhanahu Wata’alaa dari godaan syetan yang terkutuk.
Nah, setelah membaca doa masuk WC ini kita bisa langsung buang hajat dan air seni dengan tenang dan nyaman tanpa kuatir gangguan setan. Setelah selesai dari hajat kita, kita bisa berdoa juga dengan doa keluar dari WC atau doa keluar dari kamar mandi.
Doa ini kita baca saat sudah berada di luar WC atau berada di luar kamar mandi. Jadi bukan membaca doa setelah buang hajat ini setelah selesai buang hajat atau buang air kecil.
lantas, gimana ya bacaan doa keluar dari WC atau doa keluar dari kamar mandi ini?
berikut ini admin tuliskan doa setelah keluar dari kamar mandi.

غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

GHUFROONAKA ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII

Artinya: Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.

lantas, apakah ada dalil atau dasar dan  tuntunan dari rosulullah sallahu alaihi wasalam tentang doa buang hajat ini?
Tentu saja ada dalil dan tuntunan dari nabi Muhammad Sallallahu ALaihi Wasallam.
Ada Sebuah hadist yang di riwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik bahwa rosulullah sallahu Alaihi wasalam bersabda:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:
“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau selalu berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan”.(HR. Bukhari)
Begitu juga tentang doa keluar dari WC ini. Ada anjuran dan dalil dari rosulullah sallahu Alaihi wasalam:

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ  قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya:

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

 

Adab Buang Hajat

Saat buang hajat di kamar mandi juga ada  adab dan tata krama yang perlu kita pelajari dengan seksama dan sungguh sungguh.

Mengapa?

Karena pada dasarnya tidak ada sesuatupun yang terlepas dari urusan agama dalam kehidupan sehari hari kecuali semua ada adab dan akhlak yang perlu kita jaga dan kita pelihara.

 

Berikut ini penulis sampaiakan beberapa adab dan akhlak tentang buang air besar, hajat dan buang air kecil.

  1. Menjauh dari menghindar dari manusia banyak atau di tempat yang sepi dan tertutup. Hal ini sesuai dengan sabda nabi Muhammad yang di riwayatkan Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:
    خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَأْتِى الْبَرَازَ حَتَّى يَتَغَيَّبَ فَلاَ يُرَى.“Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika safar, beliau tidak menunaikan hajatnya di daerah terbuka, namun beliau pergi ke tempat yang jauh sampai tidak nampak dan tidak terlihat.”
  2. Tidak membawa sesuatu yang bertuliskan lafadz Allah. Dimana lafadz Allah adalah lafad yang sangat diagungkan oleh umat Islam seluruh dunia. Sudah selayaknya saat masuk ke kamar mandi atau masuk WC, kita tidak membawa sesuatu yang bertuliskan lafadz Allah karena kita mengagungkannya. Bukankah kamar mandi adalah tempat yhang kotor. Bukan tempat yang mulia. Tidak layak kita membawa asma’ Allah ke dalam kamar mandi. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran:

ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj: 32)

3. Membaca basmalah dan Ta’awudz, mohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan dan berdoa dengan doa mau masuk kamar mandi yang sudah penulis bahas diatas. rosulullah sallahu alaihi wasalam bersabda:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِى آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

“Penghalang antara pandangan jin dan aurat manusia adalah jika salah seorang di antara mereka memasuki tempat buang hajat, lalu ia ucapkan “Bismillah”.

Di riwayatkan dari sahabat Anas bin Malik, beliau mengatakan,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ »

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memasuki jamban, beliau ucapkan: Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan”

4. Masuk menggunakan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. Ini kebalikan dari saat kita melakukan kebaikan atau masuk ke tempat yang baik dan mulia, kita masuk menggunakan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri. Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci dan dalam setiap perkara (yang baik-baik).” HR. Bukhari

 

Demikian sedikit ulasan penulis tentang Doa masuk kamar mandi dan doa keluar dari kamar mandi.

Semoga dengan memahami doa ini kita bisa mengamalkan dan menjalankannya dalam kehidupan kita sehari hari.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance