Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah Nabi Agar Selamat Sampai Tujuan

Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah Nabi Agar Selamat Sampai Tujuan

Doa naik kendaraan, baik doa naik kendaran darat, doa naik kendaraan laut atau doa naik kendaraan udara sangat penting untuk kita baca saat kita bepergian.

Betapa tidak, kita dalam aktifitas sehari hari pasti tidak bisa lepas dari yang namanya kendaraan. Baik kendaraan darat, laut ataupun udara. Di zaman modern ini, mobilitas orang dalam aktivitas sehari-hari sangat tinggi.

doa naik kendaraan mobil

 

Mulai dari pergi ke toko, berangkat ke pasar, pergi ke sekolah, berangkat ke kantor. Semuanya membutuhkan yang namanya kendaraan. Maka berdoa dalam perjalanan itu sangat penting agar kita oleh Allah selalu diberi keselamatan, diberi rahmat dan bisa sampai tujuan dengan selamat.

 

Allah yang memberi kemudahan

Tahukah anda, bahwa orang zaman dahulu, kalau mau pergi kemana-mana mereka hanya mengandalkan jalan kaki. Walaupun itu perjalanan puluhan kilo meter, ya jalan kaki karena belum ada alat transportasi yang memadai.

Kemudian dengan tambah majunya pikiran manusia,  dibantu oleh hewan semacam kuda, keledai dan unta. Dengan cepat dan pesatnya perkembangan zaman, mulai ada penemuan sepeda pancal. Manusia mulai merasa mudah untuk pergi ke mana-mana.

Allah berfirman dalam Al Quran:

وَتَحْمِلُ أَثْقَالَكُمْ إِلَى بَلَدٍ لَمْ تَكُونُوا بَالِغِيهِ إِلا بِشِقِّ الأنْفُسِ إِنَّ رَبَّكُمْ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ (٧)وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً وَيَخْلُقُ مَا لا تَعْلَمُونَ

“Dan ia (hewan ternak) mengangkut beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Sungguh, Rabbmu Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai untuk kamu tunggangi dan (menjadi) perhiasan. Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. An-Nahl: 7-8)

 

Sahabat Fataya,

Jaman sekarang, dengan semakin berkembangnya teknologi, telah ditemukan kendaraan bermesin. Maka muncullah banyak perusahaan dan produsen mesin, motor, mobil baik yang menggunakan bensin ataupun menggunakan solar.

Bahkan di abad modern ini, telah ditemukan kendaraan yang bisa berjalan di atas angin. Tahukah anda, apakah kendaraan itu? Ia adalah pesawat terbang. Pesawat terbang yang tercanggih mempunyai kecepatan melebihi kecepatan suara dan kecepatan cahaya. Pesawat itu bernama pesawat supersonik.

Walaupun teknologi berkembang begitu cepat, pergi kemana-mana terasa mudah, ringkas dan singkat. Kita tetap tidak boleh melupakan doa dalam perjalanan. Dengan niat yang baik dan doa inilah, perjalanan kita akan bernilai ibadah disisi Allah.

doa naik kendaraan motor
Doa naik kendaraan motor

 

Bahkan, kita harusnya lebih bersyukur daripada orang-orang zaman dahulu. Mengapa? Karena kita sekarang ini pergi kemana-mana bisa sangat mudah dan biaya murah. Kita bisa berangkat dengan kendaraan motor, mobil, bahkan pesawat.

Kita harus bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena kita oleh Allah diberi kesempatan untuk hidup di zaman yang modern ini. Kita bisa merasakan kemudahan berkendara dan pergi ke mana-mana dengan begitu mudahnya baik dengan motor, mobil ataupun pesawat.

 

Wujud kasih sayang Allah

Kendaraan yang memudahkan dan melancarkan perjalanan manusia dari masa ke masa adalah bentuk dari nikmat dan karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala. Semua adalah bentuk wujud cinta dan kasih sayang Allah kepada manusia.

Kendaraan yang ada sejak zaman dahulu, mulai dari keledai, kuda, unta, sepeda pancal, sepeda motor hingga sekarang ada mobil dengan berbagai merek dan brand. Ada kendaraan laut berupa Perahu Layar, hingga kapal pesiar. Ada kapal terbang, mulai dari kapal kargo, kapal komersial hingga kapal pribadi.

 

Semua adalah wujud cinta dan kasih sayang Allah atas hamba-hambanNya. Maka sudah selayaknya bagi kita sebagai hamba yang beriman kepada Allah untuk selalu mensyukuri segala nikmat dan anugerah yang Allah berikan kepada kita berupa kemudahan ini.

Di dalam Al Quran Allah berfirman:

وَآيَةٌ لَهُمْ أَنَّا حَمَلْنَا ذُرِّيَّتَهُمْ فِي الْفُلْكِ الْمَشْحُونِ (٤١)وَخَلَقْنَا لَهُمْ مِنْ مِثْلِهِ مَا يَرْكَبُونَ (٤٢

“Dan suatu tanda (kebesaran Allah) bagi mereka adalah Kami angkut keturunan mereka dalam perahu yang penuh muatan, dan Kami ciptakan bagi mereka (angkutan lain) seperti apa yang mereka kendarai.” (QS. Yasin: 41-42)

 

Mensyukuri nikmat Allah berupa kemudahan dalam perjalanan ini sangat penting bagi kita.

Nah, sekarang bagaimana cara kita mensyukuri nikmat Allah berupa kemudahan dalam perjalanan? Salah satu cara terbaik untuk mensyukuri nikmat Allah berupa kemudahan dalam perjalanan, Mensyukuri nikmat Allah berupa karunia memiliki kendaraan motor, mobil adalah dengan selalu berdoa ketika akan mengendarai mobil itu. Itulah wujud syukur kita sebagai hambaNya.

 

Doa yang bisa kita panjatkan adalah doa naik kendaraan.

Adakalanya kita berdoa dengan doa naik kendaraan darat, karena kita naik motor, mobil,  bus  atau kereta api.

Atau kita berdoa dengan doa naik pesawat saat kita pergi ke suatu tempat dengan menggunakan pesawat. Saat kita berkendara ke seberang pulau menggunakan perahu layar atau perahu mesin kita bisa berdoa dengan doa doa naik kendaraan laut.

 

Intinya saat berkendara kita berdoa kepada Allah, agar Allah memberikan kepada kita kemudahan, kelancaran dan keselamatan sampai di tempat tujuan yang kita inginkan.

Ketika dalam perjalanan itu kita tidak tahu apa yang akan terjadi.

Kita tidak tahu Apa yang akan kita hadapi

Sehingga sebelum kita melakukan perjalanan, kita selalu meminta kepada Allah agar diberi perlindungan dan keselamatan di jalan.

 

Coba bayangkan saja, di jalan raya ada ratusan kendaraan yang berjalan bahkan ada ribuan kendaraan yang lalu lalang setiap jamnya. Jarak antara kendaraan satu dengan kendaraan yang lain, jaraknya sangat dekat 1 sampai 2 meter.

 

Bahkan ketika arusnya sangat padat,kendaraan yang satu dengan kendaraan yang lain itu jaraknya bisa kurang dari 1 meter.  Ini jarak yang sangat dekat sekali. Tanpa perlindungan dan pertolongan Allah, kita bisa bisa tersentuh dan tersenggol oleh kendaraan lain, ini sangat berbahaya.

Maka berdoa dalam perjalanan adalah sesuatu yang sangat penting sekali bagi kita umat Islam.

 

Keutamaan berdoa ketika naik kendaraan

Berdoa dalam perjalanan itu mempunyai begitu banyak keutamaan dan manfaat.

Berikut beberapa keutamaan berdoa ketika akan naik kendaraan:

  • Menyerahkan segala urusan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala
  • Mensyukuri nikmat Allah yang telah memberikan karunia kita sehingga kita bisa berkendara
  • Memohon perlindungan dan keselamatan hanya kepadaNya
  • Wujud pasrah seorang hamba hanya kepadaNya

doa naik sepeda

 

 

Dalil doa naik kendaraan

Tahukah anda, bahwa agama Islam adalah agama yang sangat sempurna. Sehingga begitu sempurnanya agama Islam, segala sesuatu itu ada aturan dan tuntunannya.

Mulai dari kita bangun tidur, ada tuntunan dan doanya. Kita pergi ke kamar kecil, ada doanya. Ketika di dalam kamar kecil, ada tuntunanya. Ketika kita akan makan, kita menghadapi hidangan ada tuntunan dan contoh nyata dari baginda nabi bagaimana kita menghadapi hidangan.

Bahkan saat kita akan berangkat ke peraduan untuk istirahat dan tidur di malam hari, juga ada tuntunan dan tata cara yang diajarkan oleh Islam.

Termasuk ketika kita akan bepergian baik dekat ataupun jauh. Pergi ke suatu tempat yang pernah kita singgahi ataupun tempat yang belum pernah kita singgahi sama sekali.

Dalam agama Islam tetap ada tuntunan dan doa-doa yang perlu dibaca dalam rangka memohon kepada Allah supaya Allah memberi perlindungan kepada kita. Agar lancar mencapai tujuan yang kita inginkan dengan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

 

Berikut dalil doa naik kendaraan:

(سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَـهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَلْحَمْدُ لِله اَلْحَمْدُ لِلََّهِ اَلْحَمْدُ لِله ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ ، سُبْحَانَكَ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (pada hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

BACA JUGA :   Bacaan Adzan dan Doa setelah Adzan serta Iqomat Beserta Terjemahnya

 

Doa mustajab di sisi Allah

Berdoa ketika dalam perjalanan sangat penting bagi kita. Ini bukan hanya supaya kita diberi kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan menuju tujuan.

 

Tetapi ada satu rahasia penting yang jarang diketahui orang.

Apa rahasia itu?

Ketika kita dalam perjalanan, kita oleh Allah diberi kesempatan untuk berdoa.

Di mana doa dalam perjalanan ini merupakan doa yang sangat mustajab. Artinya, doa dalam perjalanan adalah doa yang dekat dengan terkabulnya doa itu.

Saat seseorang dalam perjalanan, dia mau berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dia akan lebih mudah untuk dikabulkan segala doa dan hajat yang diinginkan. kamu udah dibilang kan lagiaik urusan dunia atau ataupun urusan akhirat.

Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beliau bersabda:

عَنْ أبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه و سلم (( ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ : دَعْوَةُ المَظْلُوْمِ دَعْوَةُ المُسَافِرِ وَ دَ عْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ ))

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,”Tiga jenis do’a yang akan dikabulkan dan tidak diragukan lagi; do’a orang yang dizhalimi, do’a orang yang bepergian dan doa orang tua yang mendo’akan anaknya.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Saat kita dalam perjalanan, jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk berdoa kepada Allah. Dimana doa dalam perjalanan  adalah salah satu doa yang mudah dikabulkan oleh Allah.

Dengan wasilah perjalanan ke tempat yang baik ini, semoga doa-doa yang kita panjatkan segera dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’alala

 

Doa naik kendaraan darat

doa naik kendaraan sepur

 

Doa naik kendaraan darat ini bisa kita baca saat kita mengendarai sepeda, motor, mobil, keteta api, bus, truk dll. Intinya, segala jenis kendaraan yang berjalan di atas tanah.

Kita membaca doa naik kendaraan darat ini ketika kita akan memasuki pintu kendaraan. Kita berdoa dengan doa-doa ini. Kita harus Mengawali dengan bismillah terlebih dahulu. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengajarkan kepada kita doa ini ketika akan naik kendaraan.

Berikut doa naik kendaraan darat arab dan latin

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.” 

 

Doa naik kedaraan laut

doa naik kendaraan laut

Dijaman yang serba modern ini, moda transportasi sangatlah luas bukan hanya kendaraan darat yang beraneka ragam, mulai dari mobil, sepeda motor, bus, minibus, taxi dan lain-lain.

Tetapi ada juga mode transportasi laut yaitu kendaraan laut yang yang bisa membantu kita untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lain. Terutama di negara kita Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau. Maka moda transportasi laut ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh masyarakat secara luas.

Moda transportasi laut terdiri dari perahu, spedboard, kapal, kapal layar , kapal pesiar dan lain-lain. Ketika akan naik ke kapal dan perahu ini, kita sangat dianjurkan untuk berdoa dengan doa akan naik kendaraan laut.

Dimana doa ini terdapat di dalam Al Quran Surat Al huud ayat 41:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :
“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Tahukah anda bahwa doa ini merupakan doa yang dibaca oleh Nabi Nuh saat mengendarai kapal yang sangat besar. Dimana kapal ini muat dengan ribuan orang kaumnya. Ayat ini diabadikan di dalam Alquran Surat Al huud ayat 41.

 

Jika seorang Nabi Nuh saja yang punya kedudukan dekat dengan Allah berdoa  saat akan naik ke kapal. Apalagi kita orang biasa. Tetapi kita lebih perlu untuk berdoa ketika akan naik kendaraan laut. Terutama kapal perahu ataupun kapal pesiar.

 

Doa naik kendaraan udara

doa naik kendaraan udara

Saat kita naik kendaraan, baik kendaraan darat, laut ataupun udara kita sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kita berdoa dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah. Agar kita tidak lalai dan lupa bahwa Allah yang telah memberi nikmat kepada kita untuk bisa memiliki kendaraan atau kita bisa mengendarai kendaraan.

Sama saja kendaraan darat, laut ataupun udara kita berdoa hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Lantas, doa yang yang pas dibaca pada saat naik kendaraan udara? hakekatnya sama dengan doa yang kita baca saat naik kendaraan darat dan kendaraan laut.

Jadi bacaan doa ketika naik kendaraan laut, udara dan darat itu sama saja.

Berikut doa naik kendaraan udara yang bisa kita gunakan saat kita akan mengendarai kendaraan udara semisal pesawat, helikopter, kapal, jet, dll.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :
“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

 

Mengapa kita perlu Berdoa sebelum kita naik kendaraan?

Mungkin anda bertanya-tanya dalam hati, apa perlunya kita berdoa saat akan naik kendaraan, naik kendaraan darat laut ataupun udara?

Tahukah anda, bahwa setiap saat kita selalu membutuhkan pertolongan Allah. Apalagi apabila kita berpergian. Kita akan menuju satu tempat yang belum kita kenal. Kita akan melakukan perjalanan jauh untuk silaturahim, untuk mencari ilmu, untuk berdagang,  pergi dalam rangka untuk mencari rezeki dan nafkah buat keluarga.

doa naik kereta api

 

Saat kita akan melakukan perjalanan ini, kita sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Mengapa?

Supaya kita harus selalu dijaga dan dipelihara oleh Allah dari mara bahaya yang mengintai kita saat dalam perjalanan.

Tahukah anda, bahwa pada saat di dalam perjalanan, kita sangat membutuhkan pertolongan dan penjagaan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Saat kita ada dalam perjalanan, kita tidak tahu apa yang akan terjadi.

Ada ribuan kendaraan yang berjalan di sekitar kita bersamaan, setiap saat setiap waktu.

Kita saling mendahului Antara kendaraan. Semua ingin mencapai tujuan yang berbeda dalam waktu yang cepat. Maka antara kendaraan satu dengan kendaraan yang lain biasanya sering saling mendahului.

Maka saat dalam perjalanan, kita sangat dianjurkan untuk berdoa agar ridho dan anugerah Allah selalu dilimpahkan kepada kita.

Dengan ridho dan pertolongan Allah, insyaallah perjalanan kita akan lancar dan mudah tanpa halangan yang berati. Sehingga kita bisa mencapai tujuan dengan cepat dan selamat.

Demikian pembahasan dan ulasan yang bisa penulis sajikan ke hadapan pembaca Fataya sekalian. Semoga bermanfaat.

Jika dalam artikel ini ada manfaat yang bisa dipetik, silahkan share artikel ini di sosial media sosial Anda. Bisa share di Facebook, Instagram atau Twitter.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance