Doa Selamat Dunia Ahirat. Karena Ahirat kita tidak di Jamin oleh Allah 

Doa Selamat Dunia Ahirat. Karena Ahirat kita tidak di Jamin oleh Allah

Kita berdoa dengan doa selamat dunia ahirat karena ahirat kita tidak di jamin oleh Allah.Padahal, rejeki kita di dunia ini dijamin oleh Allah tetapi terkadang kita masih risau dan galau. Buktinya apa kita msaih  kautir dengan rejeki dunia?

Kita sekali :

Tetap menerusan pekerjaan padahal sudah datang waktu sholat. Padahal shoalt adalah panggilan Allah.

Sering menunda sholat, padahal yang manggil kita adalah Allah. Tuhan yang menjamin rejeki kita

Pelit sedekah padahal semua berasal  dari Allah

 

Maka, kita memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan kita. Semoga kita diampuni dan mendapat petunjuk dan hidayahNya.

 

Bukan hanya itu, kita juga selalu berdoa dengan doa selamat dunia ahirat.

Tahukah anda,

Doa selamat merupakan doa yang paling banyak di panjatkan oleh orang Islam. Setiap orang pasti ingin selamat. Selamat dari bahaya, selamat dari musibah, selamat dari apapun yang mengancam jiwa, harta dan diri kita. Saat kita ada masalah, trus kita meyerahkan urusan kita kepada orang lain, semisal keluarga, saudara, tetangga atau teman.

Belum tentu kita dapat solusi dan jalan keluar. Bisa bisa kita tidak dapat solusi dan jalan keluar tapi kita malah jadi beban bagi mereka. Bayangkan, sudah tidak dapat solusi tapi malah tambah jadi masalah buat orang lain.

Padahal, sebisa bisanya kita ini tidak jadi beban bagi orang lain tapi harusnya bisa jadi solusi dan jalan keluar bagi orang lain.

Selamat dunia ahirat adalah dambaan setiap muslim. Gak peduli :
Apakah dia cantik atau buruk rupa
Apakah dia ganteng atau biasa saja
Apakah dia kaya raya atau rakyat biasa
Apakah dia pejabat atau rakyat
Apakah dia pengusaha atau karyawan
Apakah dia guru atau siswa

Semua pasti ingin selamat dunia ahirat. Manusia tidak ingin selamat dunia saja. Semisal,
Punya tubuh yang sehat dan bugar
Punya harta melimpah
Punya tabungan milyaran
Punya kebun hektaran
Punya keluarga yang lengkap
Punya rumah mewah
Punya kendaaan mengkilat
Puya istri cantik
Punya pasangan serasi dan harmonis
Relasi bisnis yang solid
Semua yang penulis sebut diatas adalah wujud dari selamat dunia. Alhamulillah jika sama Allah ktia dikaruniai kecukupan dan sesempurnaan diatas. Tapi semua itu tidak cukup. Tidak cukup untuk kita sebagai orang Islam.

Bagaimana tidak, bagi kita umat Islam. Hidup itu tidak hanya di dunia ini saja. Masih ada ahirat. Bahkan hidup yang sesungguhnya adalah hidup di ahirat kelak.

doa selamat

 

Sebagai seorang muslim, kita butuh selamat dunia dan ahirat. Keselamatan ahirat jauh lebih penting dari selamat di dunia ini. Selamat di dunia ini paling lama ya seumuran manusia. Ambil contoh 63 tahun. Kenapa penulis ambil contoh umur 63 tahun? Bukankah nabi Muhammad Allah panggil mengnhadapNya pada usia 63 tahun.

Padahal, beliau adalah kekasih Allah. Orang yang paling mencinitai Allah dan paling dicintai Allah. Manusia yang oleh Allah dijanjikan masuk surga. Manusia yang semua kesalahannya telah diampuni baik yang telah lalu ataupun belum yang akan datang.

Dengan segala keistimewaan beliaua ini, Allah tetap saja memanggil beliau untuk menghadapNya. Karena Allah rindu dengan sang kekasihNya.

Walau begitu beliau banyak berdoa kepada Allah. Dimana doa yang banyak dipanjatkan oleh sang nabi adalah doa selamat dunia ahirat.
Berikut ini doa yang paling banyak dibaca oleh nabi Muhammad:

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan latinnya: Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.
Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

 

Ini sesaui dengan sebauh hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik yang telah mengatakan:

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)

Lantas, gimana dengan kita ini. Kita ini manusia yang banyak salah dan dosa. Kita banyak malas dalam beribadah. Tentu kita lebih berhak untuk memperbanyak membaca doa ini.

Tahukah anda, bahwa manusia secara umum dibagi menjadi 4:
1. Sengsara di dunia dan sengsara di ahirat
2. Selamat di dunia, sengsara di ahirat
3. Sengsara di dunia selamat di ahirat
4. Selamat di dunia selamat di ahirat

Yuk, kita bahas siapa saja mereka satu persatu. Dengan harapan semoga kita termasuk golongan manusia yang selamat di dunia dan ahirat.

1. Sengsara di dunia dan sengsara di ahirat
Ada loh orang yang sengsara di dunia dan sengsara di ahirat. Siapa mereka? Mereka adalah orang yang tidak mau beriman kepada Allah. Mereka tidak mau mengakui bahwa Allah adalah pencipta segala sesuatu.

Dia menolak Allah sebagai pemberi rejeki semua makhluknya. Walaupun setiap saat dia menikmati limpahan karunia dan nikmat Allah.

Selain tidak mau mengimani Allah sebagai tuhannya, dia juga malas dalam bekerja dan berkarya. Dia beranggapan semua akan baik baik saja. Dia yakin akan selamat dunia ahirat tapi dia tidak mau beriman kepada Allah pemilik dunia ahirat dan alam semesta.

Dia pengen kaya raya tapi tidak mau meyakini bahwa Allah adalah tuhan yang maha kaya raya. Allah tuhan yang pemurah, pengasih dan penyayang.

Mereka adalah orang yang sengsara dunia ahirat. Mereka orang celaka yang sesungguhnya. Mereka orang yang tidak mendapat anugerah Allah berupa rahmat dan iman dari Allah.

Mungkin juga mereka beriman kepada Allah tapi mereka lalai dari beribadah dan mengabdi kepada Allah.

Padahal, manusia terlahir ke muka bumi ini hanya untuk beribadah. Allah berfirman dalam Al Quran:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

Artinya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepadaKu.” (QS Adz Dzaariyaat [51]: 56)

2. Selamat di dunia, sengsara di ahirat
Golongan ke 2, mereka adalah oang yang selamat di dunia dan sengsara di ahirat. Siapa mereka? Mereka adalah orang yang jenius, cerdas, pekerja keras. Orang yang punya banyak harta. Mereka punya banyak deposito dan tabungan di bank.

Mereka orang yang punya kreatifitas dan karya tinggi. Mereka sangat di hormati oleh orang banyak. Mereka merasa bahagia di dunia ini. Dunia serasa milik mereka. Mau apa saja, pasti mereka bisa memilikinya. Pengen beli apa saja, mereka bisa membelinya.

Bagi mereka hidup ya di dunia ini saja. Mereka mengaggap surga yang sesungguhnya ya di dunia ini. Mereka menikmati dunia dengan suka cita. Disisi yang lain, mereka lupa dan lalai dari ahirat.

Mereka terlalu mementingkan urusan dunia dibanding urusan ahirat. Mereka menganggap dunia jauh lebih penting dari ahirat. Meeka adalah orang yagn tertipu. Mereka orang yang sesungguhnya tertipu. Tertipu oleh keyakinanya.

3. Sengsara dan menderita di dunia selamat dan bahagia di ahirat
Golognan ke 3, mereka adalah orang yang sengsara dan menderita di dunia, selamat dan bahagia di ahirat. Siapa mereka? Mereka adalah orang yang dalam urusan dunia mereka biasa biasa saja.

Mereka merasa cukup dengan apa yang mereka miliki. Mereka tidak ambisi memiliki segalanya di dunia ini karena mereka yakin dunia hanya sementara ahirat selamanya.

Sebaliknya, dalam urusan ibadah dan ahirat mereka sangat semangat dan giat tanpa lelah. Mereka beribadah siang malam dalam rangka meraih impian berupa surganya Allah.

Mereka rela tidak kebagian bahagia dan bersenang senang di dunia ini karena mereka yakin dunia adalah ujian bagi orang beriman. Dunia adalah ladang tempat menanam buat ahirat.

BACA JUGA :   Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Mereka memandang hidup di dunia ini hanya sementara, bahkan dunia layaknya bangkai yang tidak layak untuk diperjuangkan. Mereka adalah pemburu ahirat.

4. Selamat di dunia selamat di ahirat
Mereka adalah orang yang memandang kehidupan dunia hanya sementara ahirat selamanya. Dunia penting banget karena memang kita hidup di dunia. Dunia adalah layaknya sawah ladang tempat kita bercocok tanam untuk meraih bahagia ahirat.

Mereka giat bekerja dan berkarya tapi semua diniatkan hanya untuk beribadah. Mereka sadar, hidup di dunia hanya sementara sedangkan ahirat selamanya. Mereka paham, mereka lahir ke muka bumi ini hanya untuk beribadah dan mengabdi kepadanya.

Maka dalam setiap aktifitas mereka niatkan untuk ibadah. Karena memang tidak ada sesuatu yang lepas dari ibadah jika kita paham dan mengerti arti ibadah yang sesungguhnya.

Jadi, mereka adalah pekerja keras, orang orang hebat yang menggunakan semua fasilitas yang Allah berikan untuk bekerja dan berkarya. Semua hasil kerja dan karyanya di persembahkan hanya untuk Allah semata.

Mereka menikmati hasil kerja keras dan kerja cerdasnya hanya secukupnya saja. Selebihnya mereka sedekahkan dan mereka berikan kepada mereka yang membutuhkan, untuk amal dan lembaga lembaga sosial.
Bukan hanya itu, urusan ibadah wajib dan sunnah tetap mereka prioritaskan. Mereka adalah orang orang yang menang di dunia dan bahagia di ahirat. Mereka dicintai dan dihormati oleh manusia juga di kenal dan di segani di langit.

Mereka beroleh rIdho Allah dan doa semua orang. Mereka adalah orang yang selamat dunia ahirat, bahagia dunia ahirat. Semoga kita memperoleh hidayah dari Allah hingga kita bisa masuk dalam golongan mereka.

 

Doa selamat dunia ahirat

Doa selamat dunia ahirat merupakan doa yang palingf banyak di baca oleh orang Islam. Biasanya mereka membaca doa ini pada setiap selesai sholat fardhu 5 waktu. Doa ini mempunyai banyhak keutamaan. Karenanya dia ini banyak dibaca oleh semua orang islam. Hingga nabi Muhammad selalu memberikan teladan tentang pentingnya membaca doa selamat dunia ahirat ini.

Doa selamat dunia ahirat
Doa selamat dunia ahirat

 

Yuk kita kaji kandungan makna doa selamat dunia ahirat ini.

 

Doa selamat dunia

doa selamat

Doa ini kita baca agar kita selalu mendapat perlindungan dari Allah atas segala bahaya dan masalah dalam kehidupan kita. Kita minta sama Allah karena memang hanya Allah yang bisa memberi perlindungan dan memberi keamanan.
Doa minta selamat di dunia juga dikandung maksud kita minta kebaikan di dunia. Kita minta di karunia keluarga yang harmonis, serasi dan bahagia. Dikaruniai kecukupan rejeki dan kelapangan rejeki. Kesehatan dan keselamatan.

Walau keselamatan dunia sangat penting. Kita tidak boleh hanya membaca doa selamat dunia saja tanpa membaca doa selamat dunia ahirat.

Doa selamat dunia ahirat panjang
Doa selamat panjang ini bisa kita baca setelah sholat 5 waktu. Inilah bacaan doa selamat dunia ahirat yang panjang.

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allohumma inna nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya :
“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”

Doa selamat latinnya bisa kita baca apabila kita masih dalam tahap belajar membaca tulisan arab. Jadi walau kita belum bisa membaca doa dalam bahasa arab secara sempurna kita bisa membaca doa dengan tulisan latinnya.

 

Doa selamat bahasa indonesia

Doa selamat bahasa indonesia ini biasanya di sebut dengan artinya atau terjemahnya. Dengan membaca dan memahami arti dan terjemah doa ini kita akan lebih memahami dan mengerti dengan apa yang kita minta sama Allah.

Dengan membaca doa ini kita berharap kepada Allah berupa harapan panjang umur, murah rejeki dan sehat lahir batin. Apakah ada karunia Allah yang melebihi ksehatan lahir batin, umur yang panjang ? tidak ada, tidak harta benda, rumah mewah, mobil mengkilat, dll. Harta benda, kendaaraan mengkilat, rumah mewah hanya fatamorgana apabila kita tidak diberi karunia kesehatan. Jadi kesehatan adalah nikmat utama setelah iman dan islam dalam dada.

 

Doa selamat pendek

Doa selamat dunia ahirat panjang

Bacaan doa selamat pendek

Doa selamat dunia ahirat pendek ini biasa disebut juga dengan doa sapu jagat. Mengapa disebut dengan doa sapu jagat? Karena dengan membaca doa ini kita sudah minta segalanya kepada Allah .

Doa ini mencakup hajat dunia hingga ahirat. Bahkan seandainya seseorang tidak memohon dan meminta apapun kepada Allah selain doa ini maka itu sudah cukup baginya.
Bacaan doa selamat pendek
Berikut bacaan doa selamat dunia ahirat yang pendek. Kita berharap semoga dengan membaca doa ini Allah meberi kita anugerah dan kebahagiaan dunia hingga ahirat.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.
Artinya :
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Kita juga bisa berdoa dengan menggunakan doa ini untuk memohon keselamatan di dunia hingga ahirat:

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Alloohumma Innaa nas-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fiddiini wad dun-ya wal aakhiroti

Artinya:
“Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat”

 

Lantas, apa pentingnya mengerti dan memahami suatu doa dan artinya?

Iya, membaca Doa selamat dan artinya kita baca supaya kita bisa memahami dan menghayati arti dan makna yang terkandung di dalam doa selamat dunia ahirat ini.

Dengan memahami dan menghayati makna doa ini, insyaallah kita lebih yakin atas terkabulnya doa yang sedang kita baca ini. Insyaallah, Allah akan mengabulkan doa dari hati yang khusu’ dan tidak lalai.

Bukankah Allah tidak akan mengabulkan doa dari hambaNya yang lalai. Sebaliknya Allah akan mengabulkan doa dari hati hambanya yang khusu’, penuh harap akan terkabulnya doa.

 

Doa selamat setelah sholat

Doa selamat bahasa indonesia
Doa selamat setelah sholat 

Sholat 5 waktu adalah sholat yang sangat utama. Dimana setelah sholat 5 waktu ada waktu mustajab untuk berdoa dan memohon kepada Allah. Sangat dianjurkan untuk berdoa dengan doa selamat ini setelah sholat 5 waktu.

Adapun doa yang paling pas dan cocok dibaca setelah sholat 5 waktu adalah doa minta selamat dunia ahirat.

 

Berikut penulis lampirkan doa selamat dunia ahirat:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Doa selamat latin:

Allaahumma innaa nas aluka salaamatangfiddiini wa afiatan filjasadi waziaadatangfil ilmi wabarokatangfirizki wataubatangQoblalmaut warahmatan ingdalmaut wamaghfiratan ba’dal mauut,
Allaahumma hawin alaina fi sakarootil mauti wanajata minannaar wal afwa ingdal hisaab.
Robbana laatuzigh Qulubana ba’da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladungka rohmatan innaka antal wahhaab.

Doa selamat artinya:

“Ya Tuhanku, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada jasad hamba dan bertambahnya ilmu, dan keberkahan di dalam rizki hamba, dan terimalah taubat hamba sebelum mati, dan rahmatilah hamba dalam kematian dan berikan pengampunan sesudah mati.

Ya Tuhanku, mudahkanlah hamba dalam menghadapi kematian, dan selamatkan hamba dari siksa api neraka, dan ampunilah hamba di hari perhitungan.”

 

Demikian pembahasan dan ulasan tentang doa selamat dunia ahirat yang bisa penulis suguhkan ke hadapan pembaca setia fataya. Semoga kita termasuk golongan orang yang Allah beri petunjuk dan hidayah sehingga kita bisa selamat dunia hingga ahirat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance