Doa Untuk Orangtua. Ini Rahasia Suksesmu

doa untuk orang tua yang sudah meninggal
magarsari.blogspot.com

Doa Orangtua kunci Sukses Seorang Anak

Doa untuk orangtua merupakan salah satu doa yang wajib kita amalkan tiap hari. Kwajiban  anak adalah mendoakan orangtuanya. Doa ini sangat baik kita baca ketika mereka masih hidup lebih lebih mereka yang  sudah wafat.

Jadi tidak ada batas waktu doa seorang anak kepada orangtua. Selama seseorang masih hidup dia masih punya kewajiban untuk mendoakan kedua orangtua.

Tentu kita berdoa untuk orangtua dengan doa-doa yang terbaik. Terutama permohonan ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala apabila  mereka telah tiada.

Pada dasarnya setiap kita adalah anak. Setiap kita yang lahir ke muka bumi ini pasti punya  orangtua. Kita bukan nabi Isa yang lahir tanpa seorang ayah, tapi karena keajaiban dari Allah.

Jadi anak dalam ulasan artikel penulis berikut ini bukan  berarti anak kecil saja tapi setiap manusia yang merasa pernah dilahirkan  oleh seorang ibu yang mulia.

Lantas muncul sebuah pertanyaan “Mengapa mendoakan orangtua begitu penting bagi seorang anak?”

Mendoakan orangtua adalah sebuah kewajiban. Kewajiban yang tidak bisa kita tinggalkan sama sekali. Tau mengapa? Karena begitu besar jasa orangtua terhadap seorang anak.

orangtua yang sudah meninggal
magarsari.blogspot.com

 

Tahukah Anda, jasa orangtua terhadap kita begitu besar. Sampai-sampai kita tidak akan mampu membalas apa yang pernah mereka berikan kepada kita. Baik dengan harta, bakti atau apapun.

Bayangkan saja, sejak kita ada dalam kandungan ibu, orangtua sudah sangat mengharapkan kehadiran kita lahir ke muka bumi ini.

Saat kita dalam kandungan, ibu sudah berdoa berharap lancar saat persalinan. Ibu berharap akan lahir seorang anak yang sehat, sempurna fisiknya, menjadi anak yang sholeh atau sholehah.

Saat kita lahir, Ibu mengalami kesulitan dan kesusahan. Saat proses persalinan kita, ibu berjuang menghadapi sakitnya persalinan. Ibu berjuang antara hidup dan mati untuk memperjuangkan kelahiran kita, lahir ke muka bumi ini.

Saat itu, Ibu terjaga malam hanya untuk menjaga kita agar tidak terganggu oleh seekor nyamuk. Ibu selalu siap siaga saat kita saat kita menangis pada malam hari. Pagi-pagi sekali, ibu memasak air untuk memandikan kita karena cuaca dingin.

Ibu menyusui kita setiap hari hingga beberapa kali sampai usia kita 2 tahun.

 

Inilah sedikit bentuk wujud kasih sayang seorang ibu kepada anak:

Setiap pagi Ibu bangun pagi-pagi sekali untuk membangunkan kita salat subuh

Setiap pagi Ibu memasak nasi Membuat sarapan untuk kita

Setiap pagi ibu membersihkan rumah dan menyapu halaman rumah

Setiap pagi ibu mencuci pakaian kita

Sering sekali kita mengobrol di pangkuan itu tetapi itu tidak pernah marah

Waktu kecil kita sering sekali merengek meminta mainan, meminta jajan Padahal ibu tidak punya uang sepeserpun

sering sekali ibumu ngutang ke tangga.  untuk siapa? Demi Kita.

doa orangtua
informasiana.com

Ibu adalah seorang pahlawan yang Allah percaya untuk merawat kita dengan kasih sayang. Ibu Allah bekali kelembutan yang tiada duanya di muka bumi ini.

Allah membekali ibu kesabaran untuk mengalah atas segala ego dan kenakalan kita. Ibu mampu tersenyum saat kita meminta uang walaupun ibu tidak punya uang sepeserpun. Ibu selalu mendoakan kita agar kita menjadi anak yang sholeh sholehah, pintar dan menjadi kebanggaan keluarga.

Mendoakan orangtua termasuk salah satu ikhtiar penting untuk selamat. Baik selamat di dunia, terlebih selamat di ahirat kelak.

Untuk selamat kita juga perlu belajar dan memahami doa selamat. Mau tau, doa selamat dunia ahirat? Yuk, klik artikel berikut ini Keajaiban Doa Selamat Dunia Ahirat

 

Doa untuk orangtua wujud bakti seorang anak

Tahukah anda bahwa setiap kali kita membaca doa untuk orangtua, Saat itu kita berusaha  untuk berbakti kepada orang tua kita.

Orang tua kita tidak pernah berharap dibalas segala apa yang telah mereka keluarkan untuk kita. Orang tua tidak pernah ingin diberi sesuatu oleh anaknya.

Orang tua tidak pernah berharap anaknya akan sukses dan pulang membawa oleh-oleh untuk orangtua. tetapi orang tua selalu berdoa supaya anaknya menjadi anak yang sholeh sholehah, berbakti kepada orang tua, menjadi kebanggaan keluarga dan bermanfaat untuk sesama.

Seorang anak yang tidak mau mendoakan orang tua adalah anak yang tidak tahu rasa terima kasih. Dia tidak tahu bagaimana susahnya menjadi orangtua. Bagaimana sulitnya mencari rezeki untuk menghidupi keluarga.

doa untuk orang tua yang sdh meninggal
satujam.com

 

Maka mendoakan orang tua merupakan hidayah dari Allah yang sangat besar kepada kita. Mendoakan orang tua adalah nikmat yang sangat Agung yang diberikan oleh Allah kepada kita. Sehingga kita oleh Allah dimampukan untuk meluangkan waktu mengangkat tangan  seraya mendoakan orang tua kita. Ini adalah  nikmat yang harus kita syukuri.

 

Dalil perintah membaca doa untuk orangtua

Bakti kepada orangtua adalah wasiat Allah

Begitu Agung berbakti kepada orangtua sehingga Allah berwasiat kepada manusia untuk berbakti kepada kedua orangtuanya. Allah berfirman di dalam Al Quran:

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Bacaan Latin: Wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan ‘alā wahniw wa fiṣāluhụ fī ‘āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

 

“Kami wasiatkan kepada manusia berbuat baik kepada kedua orang tua. Ibunya mengandung berat diatas berat. Menyusui selama 2 tahun. Bersyukurlah kepadaku. Berterimakasihlah kepada kedua orang tuamu” (QS Luqman 14)

 

Begitu besar kedudukan orangtua dalam pandangan Allah, sampai-sampai Allah berwasiat kepada manusia untuk berbakti kepada kedua orangtuanya. Wasiat bakti pada orangtua adalah sesuatu yang sangat penting yang harus segera kita tunaikan.

Dalil perintah berbakti kepada orang tua
hijrahonteenager.blogspot.com

Berbakti kepada orangtua adalah wujud syukur kita kepada Allah yang selama ini telah memberi kita nikmat dan karunia berupa hadirnya orangtua. Orangtua telah merawat kita sejak kecil penuh kasih sayang dan cinta kasih.

Allah telah mencukupi segala kebutuhan kita lewat orangtua. Maka Sudah selayaknya kita berbakti kepada kedua orang tua kita dengan ikhlas.

 

Berbakti kepada orangtua perintah dari Allah

Tahukah anda, bahwa berbakti kepada orangtua merupakan perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta’ala kepada kita sebagai manusia yang beriman.

Sampai sampai Allah menyandingkan perintah berbakti kepada orangtua bersamaan dengan perintah untuk menyembah Allah dan tidak mensekutukanNya dengan apapun.

Allah telah berfirman di dalam Al Quran:

وَقَضَىَ رَبُّكَ اِلاَ تَعْبُدُوا اِلاَّ اِيَّاهُ وَبِالْو الِدَيْنَ اِحْسَانًا . اِمَّا يَبْلُعُنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَا اَوْ كِلاَ هُمَا فَلاَ تَقُلْ لَهُمَا اُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْ هُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِ يْمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadanya dan hendaklah ia berbuat baik kepada kedua orang tuanya dengan sebaik-baik dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu Maka jangan berkata kepada keduanya ah dan janganlah kamu membentak keduanya dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang” (QS al-isra 23)

 

Keutamaan doa untuk orangtua

Tahukah anda, besar sekali keutamaan berbakti kepada orangtua dengan cara membaca doa untuk orangtua.

Begitu besar keutamaan mendoakan kedua orangtua, sehingga manfaatnya akan kembali kepada kita sebagai anak yang mendoakan orangtua juga sangat besar.

Keutamaan mendoakan orangtua

Kompasiana.com

 

Berikut beberapa keutamaan mendoakan orang tua:

  1. Amalan yang utama Di sisi Allah

Mendoakan orang tua merupakan salah satu amalan yang sangat utama dari seorang anak kepada orang tua. Dimana Allah akan memberi pahala yang sangat besar kepada seorang anak yang mau dan rela mendoakan kedua orang tuanya denganiIstiqomah setiap hari.

Sahabat Abdullah Bin Masud radhiyallahu Anhu berkata:

سَاَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ اَيُّ الْعَمَلِ اِفْضَلُ ؟ قَالَ : الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا , قَالَ قُلْتُ ثُمَّ اَيًّ ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَ الِدَ يْنِ , قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ اَيُّ ؟ قَالَ الْجِهَادُ فِى سَبِيْلِ اللهِ

 

“Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam amalan apakah yang paling utama disisi Allah? Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam menjawab shalat pada waktunya (Dalam riwayat yang lain disebutkan sholat di awal waktu) Aku bertanya lagi Kemudian apa ya rasul? Nabi menjawab berbakti kepada orang tua aku bertanya lagi Kemudian apa ya rasul nabi menjawab jihad dijalan

  1. Ridho Allah tergantung Ridho orang tua

Dalam hidup ini kita pasti ingin mendapatkan ridho Allah dengan cara beribadah dan menyembah kepadanya. Kita beriman kepada Allah dengan sebenar-benarnya.

Tetapi ada cara yang lebih mudah, gimana caranya kita juga bisa mendapatkan ridho Allah.

Apa itu?

Yaitu dengan cara berbakti kepada kedua orangtua kita.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dari sahabat Abdullah bin Amru bin As Radhiallahu Anhu. Dia menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ العَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَاَيْهِ وَسَلَّمَ , قَالَ : رِضَا الرَّ بِّ فِى رِضَا الْوَ الِدِ , وَسُخْطُ الرَّبِّ فِى سُخْطِ الْوَ الِدِ

 

“Ridha Allah tergantung kepada ridha orangtua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orangtua”.

 

  1. Allah akan menghilangkan kesulitan hidup kita

Salah satu keajaiban berbakti kepada orangtua adalah Allah akan memberikan kepada kita kemudahan dalam segala hal yang kita hadapi.

Salah satu cara agar Allah menghilangkan kesulitan kita adalah dengan cara bertawasul dengan amal shaleh. Amal shaleh tersebut yaitu amal sholeh berbakti kepada kedua orangtua.

  1. karunia rezeki lapang dan panjang umur

Salah satu manfaat berbakti kepada orang tua adalah Allah memberi karuniai kelapangan rezeki. Mendoakan orangtua merupakan salah satu kunci agar  Allah membukakan pintu rezeki dan umur panjang.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu AlaihiWassalam:

مَنْ اَحَبَّ اَنْ يُبْسَطَ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَاَ لَهُ فِى اَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

BACA JUGA :   Inilah Doa Sebelum Bekerja. Doa pekerjaan lancar berkah

 “Barangsiapa yang ingin diluaskan Rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung Silaturahim”

 

Salah satu bentuk silaturrahmi yang paling  baik adalah menyambung tali silaturrahmi dengan orangtua apabila kita sudah berkeluarga dan memiliki rumah sendiri.

 

Bentuk doa untuk kedua orangtua

Doa untuk orangtua yang masih hidup

Saat kita masih bersama dengan orangtua kita sering ketemu dengan mereka.  Sering bercengkerama dengan mereka. Walau begitu, kita tetap wajib mendoakan mereka setiap saat, setiap waktu. Terutama setelah sholat lima waktu.

 

Doa untuk orang tua

Berikut ini doa untuk kedua orang tua yang masih hidup :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shoghiroon

 

“Ya Allah ampunilah aku dan kedua orang tuaku.  Bapak ibuku. Kasihanilah mereka seperti mereka menyayangi aku diwaktu aku masih kecil”

 

Doa untuk orangtua yang sudah meninggal

Mendoakan orangtua adalah kewajiban kita selama-lamanya. Selama kita masih hidup walaupun orangtua telah tiada.

Mereka telah meninggalkan kita di dunia ini untuk selama-lamanya. Kita tetap harus mendoakan mereka di alam kuburnya. Kita menganggap mereka masih hidup.

Kita mengenang jasa besar mereka terhadap hidup kita sehingga kita bisa seperti sekarang ini. Saat mereka telah meninggal dunia kita bisa mendoakan mereka dengan doa terbaik.

Doa orangtua meninggal

Kewajiban berbakti dan mendoakan orangtua juga berdasarkan dari sebuah hadist. Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu Anhu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda:

اِذَا مَاتَ الْاِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلاَ ثَةٍ مِنْ صَدَقَتٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يٌتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Apabila seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah ilmu yang bermanfaat dan doa seorang anak yang sholeh”.

 

Saat orangtua telah meninggal dunia kita berdoa kepada Allah agar Allah mengampuni dosa-dosa mereka memaafkan segala kesalahan dan kekhilafan orang tua mendoakan agar Allah menetapkan menempatkan mereka di tempat yang mulia di surga

 

Berikut merupakan doa yang bisa kita baca ketika orang tua kita telah meninggal dunia:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Bacaan latin: Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Doa orangtua  Artinya : Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

 

Doa untuk orangtua dan saudara kita sesama muslim yang telah meninggal dunia

Kita tidak hanya wajib mendoakan orang tua kita yang telah meninggal dunia. Kita juga bisa menambahkan doa untuk orang-orang Muslim terdahulu yang telah meninggal dunia mendahului kita.

Mengapa kita perlu mendoakan mereka? Karena suatu saat kita juga pasti akan mati sehingga ketika kita rajin mendoakan orang tua kita, mendoakan saudara-saudara kita muslim yang telah meninggal terlebih dahulu.

Insya Allah nanti saat kita meninggal dunia, anak-anak kita dan saudara-saudara kita muslim yang lain juga akan mendoakan kita yang telah meninggal dunia.

 

Berikut doa untuk orang tua dan saudara muslim kita yang telah meninggal dunia terlebih dahulu :

 

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya : Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Mu.

 

Doa untuk orangtua yang sedang sakit

Dulu saat kita masih kecil, ketika kita sakit orang tua susah, sedih melihat kita sakit. Mereka segera mencarikan kita obat dan merawat kita hingga kita  sehat kembali. Mereka senang dan bahagia saat melihat kita tersenyum riang gembira karena sembuh dari sakit.

Doa untuk orang tua
nu.or.id

 

Saat kita melihat orang tua sakit, tentu kita juga harus ikut merasa sedih, susah dan kuatir. Kewajiban kita berusaha merawat dan melayani mereka saat mereka sakit.

Kita mencarikan obat dan mengantarkan mereka ke rumah sakit dan periksa ke dokter.  Tidak lupa, kita juga mendoakan mereka agar segera diberi kesembuhan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Berikut doa yang bisa kita panjatkan saat orang tua sakit:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya : Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Lebih tepatnya doa ini bukan untuk mendoakan orang yang  sedang sakit tapi doa yang dibaca oleh orang yang  sedang sakit. Jadi alangkah baiknya jika dengan doa ini kita bimbing orangtua membaca doa sembuh  dari sakit ini.

 

Doa untuk orangtua yang sedang sakit parah

Saat orang tua kita sudah tua renta, secara umur sudah uzur, lemah fisik, lemah daya ingat, sudah sakit-sakitan secara fisik. Beliau tidak menikmati kehidupan ini. Mereka diberi sakit selama bertahun-tahun dan tidak kunjung sembuh.

Padahal sudah diusahakan dengan pengobatan disana-sini tetapi oleh Allah tidak ditakdirkan sembuh juga. Maka kita bisa mendoakan orang tua dengan doa berikut ini

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya : Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

 

Sebagai seorang anak kita harus  memberikan contoh doa untuk orang tua kepada anak-anak kita agar anak kita tahu beginilah cara mendoakan orang tua yang baik dan benar.

Agar anak-anak kita tahu, ternyata mendoakan orang tua itu adalah sesuatu yang baik dan sangat dianjurkan oleh agama dan orang tuanya telah memberikan teladan nyata bagaimana mendoakan orang tua.

 

Doa untuk kedua orangtua yang sudah meninggal agar masuk surga

Doa kita kepada orang tua harus doa yang terbaik. Di mana orang tua telah merawat dan mendidik kita selama kita hidup di dunia ini sejak kita masih kecil hingga kita dewasa. Sudah sepantasnya kita mendoakan orang tua dengan doa yang terbaik.

Salah satu doa yang terbaik adalah mendoakan agar Allah mengampuni dosa-dosa dan kesalahan mereka. Agar Allah memasukkan mereka ke dalam surgaNya.

 

Adab dan tata cara berbakti kepada orang

bakti anak
asmaulhusna.id

Dalam agama Islam, adab, akhlak  dan tata krama adalah sesuatu yang sangat penting. Bukan hanya ilmu, ibadah dan amalan sehari hari yang harus kita perhatikan tapi juga adab dan akhlak kita terutama kepada kedua otangtua.

Berikut beberapa adab dan akhlak yang bisa kita praktekkan saat bersama orangtua:

  1. Taat pada perintah kedua orangtua selama perintahnya tidak untuk maksiat kepada Allah
  2. sopan santun kepada kedua orangtua
  3. Selalu berusaha menghormati orangtua
  4. Berusaha berkata dengan kata-kata yang mulia
  5. Selalu mendengar nasehat mereka
  6. Menjaga nama baik mereka
  7. Berbuat baik kepada mereka sebaik-baiknya
  8. Berusaha membantu meringankan pekerjaan mereka
  9. Menjaga mereka saat mereka usia lanjut
  10. Menyenangkan dan menggembirakan hati mereka

 

Rahasia dan keajaiban doa untuk orangtua dan berbakti kepada orangtua

Setelah penulis menjelaskan keutamaan berbakti kepada orangtua, dalil-dalil mendoakan orangtua, macam-macam doa untuk orangtua dan tata cara serta adab kepada orangtua. Mungkin anda bertanya-tanya apa rahasia dan keajaiban yang akan Allah berikan kepada kita ?

Tahukah Anda, bahwa bakti kepada orangtua sama dengan bakti kepada Allah. Syukur kepada orangtua sama dengan syukur kepada Allah.

Jika seseorang berbakti kepada orangtua, sama artinya dengan berbakti kepada Allah. Apabila seseorang telah bersyukur kepada orangtua, sama halnya dia telah bersyukur kepada Allah.

Apabila seseorang berbakti dan bersyukur kepada orang tua dengan sebaik-baiknya, berarti dia telah berbakti dan bersyukur kepada Allah dengan sebaik-baik juga.

Maka kita hanya tinggal menunggu waktu, bagaimana Allah akan memberikan kepada kita keajaiban-keajaiban yang tidak akan pernah kita bayangkan sebelumnya.

Allah akan memberikan kepada kita rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka. Allah akan memberikan kepada kita rezeki yang lancar tanpa hitungan.

Allah akan berikan kepada kita keluarga yang sehat, harmonis. Allah akan memberikan kepada kita anak yang soleh solehah, pandai dan menyenangkan hati.

 

Inilah ulasan yang bisa penulis suguhkan kepada pembaca sekalian terkait Keajaiban Doa Untuk Orangtua sebagai wujud dari rasa bakti kita kepada orangtua.

Kita berharap semoga Allah memberi kita anugerah dan hidayah sehingga kita bisa berbakti kepada orangtua. Kita bisa selalu mendoakan mereka ketika mereka masih hidup atau ketika mereka sudah meninggal dunia.

Jika artikel yang saya tulis ini bermanfaat silakan dishare ke sosial media anda sehingga manfaatnya bisa menyebar dan banyak membawa manfaat untuk orang. Sekian terima kasih.

 

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance