Doa Agar Terhindar dari Wabah dan Penyakit Menular yang Mematikan

Gejala timbulnya virus Corona

Fenomena munculnnya wabah penyakit menular

wabah penyakit menular

 

Akhir-akhir ini banyak muncul wabah penyakit menular. Mulai dari ebola, Anthrax, flu burung, TBC, AIDS. Dan yang terbaru muncul penyakit Corona virus atau biasa di sebut penyakit Covid 19. Sebuah virus yang muncul pertama kali di kota Wuhan, sebuah kota di China.

Sejatinya semakin banyak orang pintar, semakin banyak dokter, semakin banyak ahli kesehatan tetapi nyatanya makin bermunculan pula berbagai macam penyakit.

Kalau zaman dulu, penyakitnya paling-paling tipes, pusing, sakit kepala, demam, flu, pilek. Tetapi sekarang Muncul begitu banyak penyakit baru yang mana belum ada obatnya. Penyakit Korona ini muncul di akhir tahun 2019. Nama asli dari korona adalah Corona viruses Deseaes . Disingkat dengan Covid 19.

Definisi wabah penyakit menular

definisi penyakit menular

 

Para ahli menyebutkan definisi penyakit menular, “Penyakit yang dapat berpindah dari satu orang ke orang lain”.

Ini biasa disebut dengan proses penularan yang terjadi langsung atau tidak langsung. Penularan penularan bisa melalui perantara atau penghubung.

Penyakit menular biasanya ditandai adanya gejala-gejala penyebab penyakit yang hidup dan bisa menyerang orang lain hingga menderita.

Dalam dunia medis, pengertian penyakit menular biasa disebut infeksi. Yaitu penyakit yang disebabkan oleh agen biologi seperti virus, parasit, bakteri dan bukan disebabkan oleh faktor fisik seperti halnya luka bakar, Kerajinan atau zat kimia.

Sehingga penyakit menular bisa berpindah-pindah dari satu orang ke orang yang lain dengan begitu cepatnya. Proses menular inilah yang perlu dicegah dengan cepat. Kita perlu paham dan mengerti, media apa saja yang bisa menjadi perantara cara penularan penyakit itu.

 

Penyebaran penyakit menular

Penyebaran penyakit menular

 

Penyakit menular bisa menular dari satu orang ke orang yang lain dengan cepat melalui beberapa cara dan media. Berikut penularan penyakit covid 19:

  1. Secara langsung dari orang yang sakit kepada orang yang lain biasanya melalui permukaan kulit.
  2. Menular melalui media udara di mana penurunan ini bisa langsung atau tidak langsung udara merupakan sisa pernafasan dari orang lain yang mengandung bakteri atau virus yang terkandung di dalam air yang biasa disebut dengan borne disease.
  3. Media air air ternyata bisa menjadi media penularan berbagai macam penyakit langsung atau tidak langsung

 

Jenis penyakit menular

Jenis penyakit menular

 

Ada beberapa jenis penyakit menular yang perlu kita ketahui dan kita pahami. Mengapa kita perlu mengetahui dan memahami berbagai macam jenis penyakit menular? Agar kita bisa terhindar dan menghindari terjangkit dari penyakit menular ini.

Berikut beberapa jenis penyakit menular yang perlu Anda ketahui:

Penyakit malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit menular yang biasanya disalurkan melalui perantara nyamuk. Namanya bukan nyamuk biasa tetapi nyamuk khusus yang yang menyebabkan penularan sakit malaria. Nyamuk ini biasa disebut dengan nyamuk aedes aegypti.

Untuk menghindari penularan penyakit malaria melalui nyamuk ini, anda bisa menggunakan lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Tahukah anda bahwa tempat kesukaan nyamuk Malaria ini adalah genangan air. Maka anda perlu menjaga lingkungan rumah Anda agar tidak ada genangan air yang diam dalam waktu yang cukup lama.

Penyakit diare

Penyakit diare ini sering sekali menjangkiti banyak orang. Penyakit diare bisa disebabkan oleh salah makan, salah konsumsi makanan.

Penyakit diare bisa menular dari satu orang kepada orang lain melalui virus. Di mana virus ini bisa menular melalui berbagai macam media yang sudah penulis sebutkan di atas.

Orang juga bisa terkena diare karena memakan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Di mana bakteri ini dibawa oleh lalat atau sejenisnya.

 

Penyakit tifus

Penyakit usus besar disebut dengan penyakit tipes oleh orang Jawa.

Orang yang memiliki gejala tifus biasanya mengalami rasa lemas, panas, tidak bergairah, hilang nafsu makan.

Penyebab utama sakit tipes adalah bakteri salmonella typhi. Bakteri ini merupakan penyebab menularnya penyakit tifus.

Untuk menjaga agar Anda jauh dari penyakit tifus maka anda perlu menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, menjaga makanan sehat, higienis, banyak mengkonsumsi serat dan makanan yang bergizi, sehat dan seimbang.

TBC (Tuberkolosis)

TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak memakan korban setiap tahunnya. Angka kematian yang disebabkan oleh TBC besar sekali.

Sehingga penyakit TBC ini adalah penyakit yang menjadi momok banyak masyarakat Indonesia. Bahkan penyebaran TBC cepat sekali.

Sehingga orang mudah untuk terjangkiti penyakit menular melalui bakteri. Untuk mencegah Anda agar tidak tertular dari bakteri TBC ini, anda perlu menjaga imunitas tubuh anda.

Sakit flu burung

Tahukah anda bahwa flu burung merupakan jenis penyakit influenza. Di mana Penyakit ini ditularkan oleh jenis burung kepada manusia. Ada dua jenis sakit flu burung yaitu; H5N1 dan H7N9.

Sakit flu burung ini merupakan salah satu wabah yang menyebar tercepat di Timur Tengah, Afrika dan beberapa daerah di Eropa. Flu burung ini awal mulanya berasal dari negara China. Lagi lagi China jadi sumber berbagai macam jenis penyakit baru. Ada apa ya dengan China? Hmm, bikin penasaran.

Virus flu burung awalnya merupakan virus influenza yang menyerang unggas, baik unggas liar atau unggas peternakan. Mulai dari ayam, bebek, burung dan angsa. Penyakit flu burung menular dari unggas terhadap manusia awal mula muncul tahun 1997 dengan kode virus H5N1.

 

Penyakit Chovid 19

Penyakit Chovid 19

Penyakit Chovid 19 ini merupakan penyakit yang lagi ramai di perbincangkan. Betapa tidak, penyakit ini adalah penyakit yang penyebarannya sangat masif tapi belum ada obatnya. penyakit Chovid 19 ini muncul pertama  kali di Wuhan, China.

Virus Corona ini bisa di masukan sebagai  wabah penyakit menular. Virus korona ini biasa disebut sebagai severe acute respiratory syndromecoronavirus 2 (SARS-CoV-2). Yaitu sebuah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia.

Mengapa penyakit ini disebut dengan Chovid 19? Karena virus Corona ini mengganggu sistem pernafasan, pneumonia akut sehingga menyebabkan kematian.

severe acute respiratory syndromecoronavirus 2 (SARS-CoV-2) ini lebih di kenal sebagai virus corona. Virus ini menyebar dengan begitu cepatnya ke seluruh dunia.

Penyebaran Penyakit ini dari orang ke orang (human to Human). Virus ini menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan lain sebagainya. Orang yang paling rentan dengan serangan virus ini adalah bayi dan lansia.

Virus ini merupakan kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan pada manusia dalam beberapa kasus. Virus ini menjadi sebab terjadinya infeksi pernapasan ringan seperti flu tetapi virus ini juga bisa menjadi sebab infeksi pernafasan berat seperti infeksi paru-paru dan akhirnya menyebabkan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala timbulnya virus Corona

Gejala timbulnya virus Corona

Orang yang terserang virus Corona ini biasanya merasa memiliki gejala flu. Mulai dari demam, sakit tenggorokan, batuk kering, sakit kepala. Gejala ini terus terasa dan memberat. Mengalami demam yang sangat tinggi batuk berdahak hingga berdarah dari dada sesak nafas. Gejala-gejala ini muncul saat tubuh manusia melakukan reaksi melawan virus Corona.

Umumnya ada tiga gejala yang menjadi tanda seseorang terinfeksi Virus Corona:

  • Suhu tubuh tinggi (mengalami demam diatas 38 derajat Celcius)
  • Sesak nafas
  • Batuk tanpa dahak
BACA JUGA :   Doa menjenguk orang sakit yang jarang di ketahui orang

Menurut beberapa penelitian dokter, gejala-gejala Covid 19 mulai muncul dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah seseorang terpapar virus Corona.

Mencegah menularnya virus Corona

Mencegah menularnya virus Corona

Para pakar dan ahli kesehatan terus berfikir, gimana cara mengatasi wabah korona ini. Hingga saat ini vaksin atau obat untuk virus Corona belum ditemukan.

Beberapa negara masih mencari dan merumuskan resep mengatasi virus Corona. Di lain pihak, virus Corona terus menyebar dari satu orang ke orang lain.

Maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah menyebarnya virus Corona. Mencegah diri Anda tertular virus korona juga mencegah Anda menularkan virus korona. Karena virus Corona ini ukurannya yang amat kecil, yang tidak nampak oleh mata.

Sehingga kita tidak tahu apakah kita terinfeksi atau tidak. Apakah orang yang ada di hadapan kita terinfeksi atau tidak. Maka tindakan pencegahan ini adalah tindakan yang paling bijak.

Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Corona secara masif:

  • Hindari pergi ke tempat umum yang ramai orang. Lakukan sosial distancing
  • Cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol hingga 60% Setelah anda melakukan aktivitas di luar rumah bahkan di tempat umum
  • Gunakan masker saat Anda beraktifitas di luar rumah, keramaian dan tempat-tempat umum
  • Usahakan jangan menyentuh mulut, hidung, mata sebelum anda mencuci tangan
  • Masaklah daging hingga benar-benar matang dan boleh dikonsumsi
  • Hindari terjadinya kontak dengan hewan terutama hewan liar
  • Hindari berdekatan dengan orang yang demam, batuk dan pilek
  • Saat Anda mengalami batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung anda dengan tisu. Buang ke tempat sampah

 

Hikmah menghadapi wabah

Hikmah menghadapi wabah

Sebagai seorang muslim,Kita percaya bahwa turunnya wabah pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa di ambil. Ada hikmah yang perlu Kita Renungkan dibalik turunnya sebuah wabah.

Bukankah tidak ada sesuatu yang bisa terjadi tanpa seizin dari Allah?

Bukankah tidak ada sesuatu yang terjadi kecuali Allah mengetahuinya. Allah mengetahuinya sejak sebelum Allah menciptakan bumi dan seluruh isinya. Maka bagi seorang muslim di balik munculnya wabah ada hikmah yang harus bisa diambil dan di petik.

Inilah beberapa Hikmah di balik munculnya wabah dan berbagai macam penyakit:

  • Jadikan wabah dan penyakit sebagai momentum untuk kembali kepada Allah
  • Dan segala macam penyakit hanya bisa terjadi dengan sisi Allah maka pasrahkan semua kepada Allah
  • Kewajiban kita hanya berusaha sebatas kemampuan kita untuk melakukan pencegahan munculnya wabah dan penyakit
  • Ajang interopeksi diri bagi manusia bahwa manusia itu lemah. Hanya Allah yang perkasa dan digdaya
  • Ketika terjadi penyakit menular dan wabah saatnya mengembalikan urusan kepada Allah sang pencipta segala sesuatu.

 

Doa agar terhindar dari wabah

 

Sebagai seorang muslim yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah, kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini hanya terjadi dengan izin Allah. Baik sesuatu itu sesuatu yang baik ataupun yang buruk.

Sesuatu yang baik itu kita nisbatkan kepada Allah. Sebaliknya sesuatu yang buruk disebabkan karena perbuatan ulah tangan manusia yang jahat. Tetapi hakikatnya, semua hanya bisa terjadi dengan izin Allah Semata.

Salah satu usaha dan upaya kita agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit dan musibah bahkan wabah adalah dengan berdoa.

Doa merupakan senjata bagi seorang mukmin. Salah satu hal yang bisa menolak hadirnya penyakit, wabah dan musibah adalah doa.

Bahkan Baginda Nabi Muhammad Shalallahu Wassalam bersabda:

لَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ

Artinya “Tidak ada yang bisa menolak al-qadar kecuali doa”.

Berdasarkan hadis ini, kita sebagai hamba sangat dianjurkan untuk banyak berdoa dan meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di mana dengan doa ini kita mengharap kepada Allah agar Allah menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit, musibah dan wabah.

Beberapa hari ini ramai sekali muncul penyebaran virus Chovid 19 yang begitu masif. Virus ini menular dari orang ke orang. Masuk ke saluran pernafasan melalui hidung, mulut dan mata.

Kita berdoa kepada Allah agar kita sama Allah selalu dilindungi dari kejahatan virus ini. Di mana virus ini kecil sekali, tidak nampak oleh mata.

 

Berikut doa menolak musibah dan wabah:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi. Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”
Imam Abu Dawud meriwayatkan hadis ini dengan sanad yang shahih. Hal ini sebagaimana riwayatnya:

وروينا في كتابي أبي داود والنسائي بإسنادين صحيحين عن أنس – رضي الله عنه – : أنَّ النبيَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يقول اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، والجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ. رواه أَبُو داود بإسناد صحيحٍ

Artinya “Diriwayatkan kepada kami di kitab Abu Dawud dan An-Nasa’i dengan sanad yang bagus dari Anas–radliyallahu anhu–Nabi Muhammad SAW berdoa, ‘Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk” (HR Abu Dawud dengan sanad sahih)

 

Imam Abdul Muhsin Al Abbad menjelaskan dalam sebuah Syarah Abu Dawud, kata Sayyiil asqom atau penyakit baros dalam hadits ini layaknya berbagai macam penyakit yang membuat buruk rupa dan menimbulkan bahaya bagi manusia.

Sedangkan M. Samsul haqqil azim Abadi menjelaskan dalam kitab Aunul ma’bud, beliau memahami kata Sayyiil asqom sebagai berbagai macam penyakit dan wabah yang menular seperti busung lapar, TBC dan lain sebagainya.
Imam Abu Abdillah Ar-Rahmani Al-Mubarakfuri menjelaskan dalam kitab mafatih syarah kitab misykatul mashobih mengutip sebuah pendapat dari Imam Malik yang mengatakan bahwa penyakit Sayyiil asqom  adalah penyakit dimana orang lain menjaga diri dari pengendapannya.
Mereka tidak mengambil manfaat dari seorang pasien sedangkan pasien tidak mengambil manfaat dari mereka.
Sehingga dengan datangnya penyakit ini banyak pasien dan korban yang tidak mampu menjalankan kewajiban mereka terhadap Allah dan makhluk-Nya.
Sehingga kita sangat dianjurkan dan disunnahkan untuk berlindung diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas datangnya Penyakit ini.

Syekh Abdur Rauf Al-Munawi mengatakan dalam kitab At-Taysir syarah Al-Jami’is Shaghir Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam berlindung dari berbagai macam penyakit tersebut.

Doa ini sebagai bentuk pernyataan dan pengakuan kita sebagai hamba yang lemah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ini adalah pengajaran yang sangat penting dari Rasulullah kepada kita umatnya.

Kalau jaman dahulu penyakit menular biasa disebut penyakit lepra. Di mana Penyakit ini termasuk penyakit yang sangat buruk.

Bahkan, boleh di bilang penyakit ini disebut sebagai penyakit yang sangat dibenci oleh bangsa Arab. Dulu Lepra, sekarang Corona. Beda nama tapi sama hebohnya.

Semoga kita oleh Allah di jaga dan di selamatkan dari ganasnya virus Corona ini.

Mengapa kita perlu berdoa?

Kita perlu berdoa kepada Allah agar kita selalu dikarunia kesehatan lahir batin. Di karuniai kebahagiaan dunia ahirat. Nggak mau kan, hanya bahagia dunia saja sedangkan ahirat sengsara?

Sebaliknya, nggak mau kan, bahagia ahirat tapi di dunia ini sengsara? Mau, bahagia dunia ahirat? Inilah Doa agar kita oleh Allah di karunia bahagia dunia ahirat

 

Artikel ini bermanfaat, share ya di sosial media Anda. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*