Manfaat Puasa Senin Kamis. Terbukti Menyehatkan Secara Ilmiah

manfaat puasa senin kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis Yang Terbukti Menyehatkan Secara Ilmiah

Manfaat puasa senin kamis banyak diburu orang. Mengapa? Mereka ingin sehat dan berpahala.

Dalam agama Islam, puasa adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat utama disisi Allah. Salah satu bentuk ibadah yang hanya Allah dan hamba itu sendiri yang tahu apakah dia sedang puasa atau hanya pura pura puasa.

Bahkan, puasa adalah satu satunya ibadah yang pahalanya akan dibalas langsung oleh Allah dan hanya Allah yang tahu seberapa besar pahala puasa yang sedang dikerjakan seorag hamba.

Puasa ada kalanya puasa wajib dan puasa sunnah.

Puasa wajib dikerjakan setahun sekali pada bulan Ramadhan selama 1 bulan penuh.

Salah satu puasa sunnah yksiahang sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad adalah puasa senin kamis. Nabi Muhammada SAW selalu memberi contoh kepada umatnya untuk rajin berpuasa senin kamis.

Salah satu nabi yang punya amalan puasa adalah nabi Daud. Amalan nabi Daud sehari puasa sehari tidak.

Mau tau kisah nabi Daud? Yuk, simak pada artikel ini Kisah nabi Daud berjuang dan berdakwah dengan kekuatan

 

manfaat puasa senin kamis

palembang.tribunnews

 

Puasa Senin Kamis Menurut Nabi Muhammad SAW

Ternyata, manfaat puasa sudah dirasakan dan dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW sejak 14 abad yang lalu.

Betapa tidak, beliau tidak hanya menganjurkan para sahabat untuk menjalankan puasa senin kamis tapi beliau sendiri juga mempraktekkannya.

Diriwayatkan oleh Abu Qatadah Al Anshori nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh para sahabat tentang puasa senin kamis. Lantas beliau menjawab

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu kepadaku.”

 

Dari sahabat Abu HurairahRadhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan manusia dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”

Dari Siti ‘Aisyah, beliau mengatakan bahwa:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.”

 

Manfaat Puasa Senin Kamis

  • Mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW karena beliau selalu mengamalkanya.
  • Kita beramal pada waktu yang utama. Dimana pada hari senin dan kamis itu Allah mengangkan amalan manusia ke langit untuk di perhitungkan.
  • Kebaikan dan kemaslahatan untuk badan. Dimana dengan puasa berati istirahat bagi organ pencernaan untuk aktiftas memproses makanan dalam tubuhز

Secara umum tata cara puasa senin kamis sama saja dengan puasa yang lain, tidak ada beda yang signifikan.

Sangat dianjurkan mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa setelah masuk waktu maghrib.

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Menurut Para Ahli Kesehatan Dunia

Disisi yang lain, ternyata puasa adalah aktifitas yang sangat menyehatkan.

Bagi seorang muslim menjalankan ibadah puasa adalah bentuk ketaatan, kepatuhan dan ketundukan kepada perintah Allah sesuai dengan contoh teladan dari nabi Muhammad.

Sedangkan bagi ilmuwan, aktifitas puasa menjadi kajian yang menarik bagi mereka.

Pertanyaan besar bagi mereka para ilmuwan, apa yang menjadi pendorong seorang muslim rela berlapar lapar seharian penuh?

Apa manfaat dari menghindari makanan sejak pagi hingga sore?

Apa rahasia dibalik aktifitas puasa yang nampak kontra produktif dan sia sia?

Ternyata, banyak fakta tersembunyi dibalik aktifitas puasa senin kamis.

Amy Fleming penulis buku “5:2 Diet” membeberkan hasil temuannya terkait aktifitas puasa secara ilmiah.

Tahukah anda, buku “5:2 Diet” lebih dari 1 tahun sejak pertama kali di launching terbit dan beredar di toko toko buku. Hingga saat ini buku “5:2 Diet” ini masih laris dan bisa ditemui di situs amazon.com.

Sebuah pertanyaan besar, mengapa sudah ribuan tahun orang berpuasa tapi tak satupun ada berita orang meninggal dunia gara gara puasa? Tidak ada.

Baca juga Rahasia dan Keutamaan Puasa dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui

Agama samawi mewajibkan umatnya puasa

Bahkan semua agama samawi mewajibkan penganutnya untuk puasa.

Tidak banyak yang tahu bahwa ahli fisika Yunani kuno Hippocrates juga melaksanakan puasa.

Plato juga berpuasa untuk efesiensi fisik dan mental yang lebih besar.

Lebih lanjut, Mark Twain mengatakan “Kelaparan kelaparan kecil (puasa) banyak memberikan manfaat untuk orang orang sakit. Daripada obat obatan dan dokter terbaik sekalipun.”

Valter Longo, seorang ahli biologi dari University of Southern California mengatakan bahwa “Kita selama ini lupa, dan harus kembali ke sana”. Tidak kurang dari 20 tahun, Longo telah mempelajari tentang sesuatu yang mempegaruhi panjang umur dan efek puasa pada organisme tubuh manusia.

Riset dan penelitian ini mayoritas tidak di danai oleh organisasi dan perusahaan yang mencari laba dan keuntungan dari orang orang yang ingin diet dan menurunkan berat badan.

Seperti perusahaan farmasi, obat obatan dan makanan. Sebaliknya penelitian di lakukan oleh badan pemerintah dan badan nirlaba yang fokus mengadakan penelitian tentang kangker dan tumor.

Banyak ilmuwan meyakini bahwa puasa bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebutuhan dan ketergantungan kita terhadap obat obat kimia.

Rahasia dan manfaat puasa membuat para ahli dan ilmuwan makin penasaran. Sebuah pertanyaan besar “Apa korelasi dan hubungan antara puasa dan kesehatan?” Sebuah upaya pembuktian spirit dan ajaran agama di ranah pengetahuan dan kesehatan.

Sioned Quirke, pemilik klinik manajemen berat badan mengatakan, “Pada saat ini, tidak ada penelitian dan riset yang cukup berkualitas untuk menyarankan atau mempromosikan diet 5:2. Tetapi, jika pasien terus dimonitor dan diawasi saat melakukan puasa tersebut, mereka senang dengan turunnya berat badan, maka saya tidak akan mencegah puasa itu.”

Makin penasaran kan? Benarkah sebaik itu manfaat puasa? Berikut fakta-fakta manfaat berpuasa seperti yang dilansir dari laman The Guardian:

 

Ternyata, Puasa Membantu Diet Dan Turunkan Berat Badan

Alasan utamanya adalah anda tidak mengonsumsi kalori yang cukup. Cadangan lemak mulai anda bakar setelah menghabiskan glikogen darurat di dalam hati. Itulah alasannya tidak ada gunanya melakukan puasa dengan setegah setengah.

Pada saat itu, Longo sudah menerapkan puasa setiap hari selama lebih dari 5 tahun. Dia belajar konsisten menjalankan pola makan yang dibatasi. Longo hanya makan makanan 2 kali dalam waktu 3 sampai 12 jam.

“Ini cara yang baik bagi saya untuk menjaga berat badan yang sehat”. Baginya puasa tersebut lebih baik dari pada metode 5 hari anda menyantap makanan yang anda inginkan dan 2 hari berpuasa. Cara ini biasa disebut dengan diet 5:2.

Menurut Longo, sistem tubuh manusia lebih menyukai rutinitas sehari-hari, bukan cara ekstrem setiap beberapa hari. Dia juga merekomendasikan 3 sampai 5 hari berpuasa setiap tiga bulan.

 

Sumber Asupan Makanan Untuk Otak

Mark Mattson, seorang kepala laboratorium ilmu saraf di National Institute of Aging di Baltimore. Dia memiliki kegemaran lari lari lintas alam dan melewatkan makan makanan.

Dia banyak berbicara tentang diet ketagonik. Yakni, diet tinggi lemak, cukup protein, dan rendah karbohidrat. Diet tersebut dapat mengurangi serangan epilepsi dan meningkatkan kemampuan memori manusia.

Dia mengatakan “Di laboratorium, kami coba memahami mengapa diet ini baik untuk neuron (otak). Salah satunya, karena tersedianya sejumlah glukosa sebagai bahan bakar alternatif.”

Karena mampu meringankan stres oksidatif, puasa dapat meningkatkan kemampuan sel-sel saraf untuk memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA manusia.

Termasuk melindungi penuaan otak yang disebabkan oleh Parkinson dan penyakit Alzheimer.

 

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kabar baik lagi dari riset dan penelitian Longo ini, manfaat puasa mampu menyalakan dan meningkatkan system kekebaklan tubuh.

Telah di ketahui bahwa seekor tikus yang berpuasa selama 2 hari dan beberapa pasien kanker yang berpuasa selama 3 sampai 5 hari membuat sel darah putih rendah.

Namun ajaibnya pada saat yang sama tubuh memproduksi sel darah putih yang jauh lebih segar. Ini sangat penting untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dari dalam.

Manfaat puasa, kedengaran sangat kuat dan meyakinkan. Kami telah melakukan uji coba pada monyet, tikus dan sudah terbukti pada manusia.

Ketika anda membatasi kalori yang masuk, ini akan memperpanjang usia, prevalansi penyakit akan turun beberapa kali lipat. Menurut longo, beberapa penyakit semacam kanker, tumor, diabetes dan kardiovaskular memilii kecenderungan menurun saat berpuasa.

Inilah salah satu riset dan penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuwan di dunia. Penemuan para ilmuwan ini semakin meyakinkan dunia bahwa puasa itu bukan sekedar aktifitas yang tanpa guna dan manfaat.

Sebaliknya, puasa adalah aktifitas ibadah yang sangat dianjurkan bahkan untuk orang sakit sekalipun. Ini sesuai dengan tuntunan nabi Muhammada SAW bahwa puasa itu menyehatkan. Dan ini sudah di contohkan oleh nabi dengan rutin dan istiqomah melaksanakan puasa senin kamis.

Sudah selayaknya bagi kita umat Islam mencoba untuk menjalankan puasa senin kamis ini agar kita juga bisa merasakan sendiri manfaat dari puasa senin kamis.

 

Demikian pembahasan tentang Manfaat Puasa Senin Kamis Terbukti Menyehatkan Secara Ilmiah yang bisa penulis sajikan.

Semoga bermanfaat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance