5 MANFAAT MEMELIHARA KUCING DALAM ISLAM

5 MANFAAT MEMELIHARA KUCING DALAM ISLAM

Manfaat memelihara kucing dalam Islam yang jarang orang tahu. Tahukah kamu bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang istimewa. Kucing banyak dipelihara oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Mereka suka dengan kucing karena lucu, imut dan gemesin.

manfaat memelihara kucing

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga suka kucing. Mereka sangat menyukai kucing. Iya, kan? Termasuk kamu, suka kucing , kan?

 

Islam adalah agama yang menganjurkan kepada umatnya untuk memiliki rasa kasih sayang kepada sesama manusia.

 

Bukan hanya itu, Islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk menyayangi semua makhluk yang ada di alam semesta. Termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan.

 

Di antara hewan yang patut kita sayangi dan kita pelihara adalah kucing. Ketika kita mencintai dan menyayangi kucing, artinya kita sedang menjalankan ajaran Islam yang luhur.

 

Sahabat beriman, Baginda Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga menyayangi kucing. Beliau pernah memelihara kucing di rumahnya.

 

Ternyata memelihara kucing memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat bagi siapapun yang mau memelihara dan menyayangi kucing.

Baca juga 10 Karakter kucing dilihat dari bulunya

Yuk, simak terus video ini hingga selesai ya. Biar tidak gagal paham. Berikut beberapa manfaat memelihara kucing:

 

Memperoleh Rahmat Allah

Orang yang menyayangi makhluk Allah yang ada di muka bumi ini, maka Allah akan mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada hamba itu pada hari kiamat.

 

Termasuk ketika ada orang yang mencurahkan kasih sayangnya kepada kucing. Maka Allah akan memberikan rahmatNya pada hari kiamat. Salah satu bentuk mencintai dan menyayangi kucing adalah dengan memelihara, merawat dan memberikan makanan yang  layak bagi mereka.

 

Allah ampuni dosa-dosanya

Allah adalah Tuhan yang maha pengasih, penyayang dan pengampun bagi hamba-hambaNya. Salah satu keutamaan memelihara hewan termasuk kucing adalah mendapatkan ampunan dari Allah.

 

Ada sebuah kisah menarik di mana seorang wanita pelacur melihat seekor kucing yang kehausan di dekat sumur. Wanita ini kemudian melepas sepatunya untuk mengambil air. Kemudian air itu diminumkan kepada anjing yang kehausan. Karena kebaikan wanita ini pada seekor anjing, maka Allah mengampuni dosa-dosanya” (HR. Bukhari)

 

Wujud dari sedekah

Seseorang yang rela hati memelihara dan merawat seekor kucing dengan baik, maka ia akan memperoleh pahala di sisi Allah layaknya orang yang bersedekah.

 

Bagaimana tidak, ketika kita memelihara kucing, maka kita mengalokasikan dana untuk perawatan dan pemeliharaan kucing. Mulai dari membeli makanan, minuman. tempat dan lain sebagainya.

 

Hal ini sebagaimana sebuah hadist yang berbunyi “Pada setiap sedekah terhadap makhluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup), maka akan mendapatkan pahala kebaikan disisi Allah. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuhan kemudian dimakan oleh burung, binatang. Maka baginya sedekah (HR. Bukhari Muslim)

Baca juga 5 Cara perawatan kucing setelah melahirkan 

Disayang penduduk langit

Orang yang gemar memelihara kucing, maka penduduk langit akan menyayanginya. Mulai dari malaikat dan makhluk gaib lain yang hanya Allah yang mengetahuinya.

 

Baginda Nabi Muhammad Shallallahu Wasallam  telah bersabda “Orang yang penyayang, maka akan disayang oleh Allah. Sayangilah makhluk Allah yang ada di bumi, maka niscaya dia akan disayangi  oleh penduduk langit”.

 

 

Mengajarkan empati

Salah satu manfaat memelihara kucing yang berikutnya adalah mengajarkan sikap empati pada kita dan seluruh keluarga. Bayangkan saja, ketika di rumah ada kucing, maka setiap hari kita perlu mempersiapkan makanan, minuman, tempat istirahat dan memandikan kucing tanpa merasa lelah.

 

Ketika kita sudah terbiasa untuk merawat dan memelihara kucing, maka secara tidak langsung kita sudah melatih diri menjadi pribadi yang luarbiasa karena memiliki rasa  empati yang tinggi pada seekor kucing.

 

Jika pada seekor kucing saja kita bisa memupuk rasa empati. Apalagi kepada sesama manusia. Tentu kita lebih peka dan peduli pada sesama untuk membantu dan meringankan beban saudara kita.

 

Demikian pembahasan tentang Manfaat memelihara kucing dalam islam yang bisa penulis sajikan ke hadapan pembaca sekalian. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*