6 Tips Cara Agar Khusyuk Ketika Shalat, Coba Cara Berikut Agar Tetap Fokus Menghadap Allah SWT

Tips Agar Khusyuk Ketika shalat

Tips Cara Agar Khusyuk Ketika Sholat –¬†Shalat merupakan salah satu rukun dari lima rukun utama dalam agama Islam. Keutamaan shalat dalam agama Islam sangatlah tinggi, sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW.

Shalat merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim setiap hari lima kali, yaitu pada waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Melalui shalat, umat Muslim dapat menyatukan jiwa dan pikiran dengan Tuhan, serta memperkuat ketaatan dan keimanan.

Mengingat pentingnya ibadah sholat ini, maka kita sebagai umat Islam tidak seharusnya melaksanakan ibadah sholat dengan asal-asalan. Kita harus mengerjakan ibadah sholat ini dengan ikhlas dan khusyu menghadap Allah SWT.

Jangan melaksanakan sholat hanya untuk menggugurkan kewajiban saja.Dalam mengerjakan sholat, seseorang dituntut harus fokus pada bacaan dan gerakan atau dengan kata lain khusyu.

Fokus yang dimaksud artinya segala pikiran, jiwa dan raga dipusatkan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga saat sholat, pikiran menjadi terarah dan tidak melenceng ke hal lainnya.

Table of Contents

Tips Cara Agar Khusyuk Ketika Sholat

Nah, ini dia beberapa tips agar sholat kalian khusyuk, diantaranya:

1. Shalat diawal waktu

Menunaikan sholat secara berjamaah di awal waktu akan sangat berimbas pada tingkat kekhusyuan seseorang dalam sholat. Sebab, waktu sholat masih panjang sehingga hati akan merasakan ketenangan dalam mengerjakannya. Berbeda halnya jika sholat dikerjakan di akhir waktu, sholatnya bisa jadi akan tergesa-gesa.

2. Menyiapkan diri sebelum Shalat

Persiapan itu dapat dilakukan dengan menyempurnakan wudhu, mengenakan pakaian yang baik dan bersih, bersegera menuju masjid dengan tetap tenang dan tawadhu dan menanti saatnya sholat ditegakkan dengan berdzikir atau membaca Alquran. Jangan mengerjakan sholat dengan terburu-buru.

3. Memahami bacaan Shalat

Cara khusyu sholat yang kedua adalah dengan memahami makna bacaan sholat. Jika anda ingin mendapatkan perasaan khusyu dalam sholat, anda bisa mencoba memahami arti bacaan sholat anda. Dengan memahami bacaan sholat, kita bisa menghayati setiap ucapan kita dan pikiran kita juga bisa lebih focus dalam sholat.

4. Bersikap tenang dalam Shalat

Para ulama biasa menyebutnya dengan istilah tumaninah. Lebih jelasnya adalah dengan menyempurnakan kembali posisi anggota tubuh dalam setiap gerakan sholat. Saat bertakbir, maka angkatlah tangan dengan tenang, lalu letakkan kembali pada posisinya secara sempurna, begitupun dengan gerakan-gerakan lain dalam sholat.

5. Fokus

Cara khusyu sholat yang ketiga adalah dengan meningkatkan fokus. Saat melakukan shalat wajib, tujukan pandangan kepada tempat sujud. Tahan godaan untuk melirik atau bahkan menengok ke tempat lain. Yang lebih penting, ketika sholat, anda harus merasakan bahwa anda sedang berhadapan dengan Dzat yang Maha Kuasa, Allah SWT.

6. Menganggap Shalat terakhir

Cara khusyu sholat yang keempat adalah dengan menganggap ibadah sholat yang anda lakukan adalah ibadah sholat anda yang terakhir di dunia. Setiap manusia maupun jin tidak ada yang mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi di masa yang akan datang termasuk hari kematian.

Dengan selalu mengingat kematian, anda bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan ibadah sholat. Nah itu dia tadi beberapa informasi mengenai Tips Cara Agar Khusyuk Ketika Sholat, semoga bermanfaat. Salam Literasi, Fataya Pamit Undur Diri.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*