Rahasia Sholat Tahajut Bagi Yang Rutin dan Istiqomah Menjalankannya

sholat tahajut
sholat tahajut

Rahasia Sholat Tahajud Bagi Yang Rutin dan Istiqomah Menjalankannya

sholat tahajut

Apabila kita memiliki sebuah hajat, biasanya kita akan melakukan amalan lebih. Bukan hanya satu amalan tapi banyak amalan dengan sungguh sungguh.

Salah satu amalan yang biasa kita lakukan ialah sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan amalan yang dicintai oleh Allah. Oleh karena itu, apabila kita memiliki suatu hajat, cara yang tepat ialah dengan melaksanakan sholat tahajud. Dimana sholat tahajut memiliki banyak keutamaan dan khasiat bagi orang yang istiqomah menjalankannya.

Sholat tahajud dinilai sangat istimewa, karena tidak sembarang orang sanggup melaksanakannya.

 

Mengapa demikian?

karena sholat tahajud dilaksanakan di waktu sepertiga malam terakhir. Dimana pada umumnya, pada waktu waktu tersebut kebanyakan orang sedang tidur. Oleh karena itu, sholat ini memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Dan ini telah menjadi rahasia umum lagi dikalangan masyarakat.

 

Rahasia Niat Sholat Tahajud

niat Sholat Tahajud
niat Sholat Tahajud

Siapa sangka jika ibadah sholat tahajud mampu memberi efek manfaat bagi pelakunya. Mulai dari lancar rejeki, keluarga bahagia, gampang jodoh, bahkan hingga kesehatan dan kehidupan kita sehari hari.

Inilah rahasia dari sholat tahajud. Sesungguhnya islam mengajarkan arahan dan panduan yang benar, mulai dari sisi dunia hingga akhirat. Banyak sekali manfaat sholat tahajud yang bisa kita rasakan. Manfaat manfaat tersebut ialah manfaat yang dapat kita rasakan secara langsung.

 

Berikut ini beberapa manfaat sholat tahajud untuk kesehatan.
1. Mengalirkan darah ke otak ketika pagi hari. Otak kita sendiri butuh akan oksigen, dan oksigen yang baik bisa kita temui di pagi hari.
2. Membawa oksigen segar ke seluruh tubuh. Oksigen segar ini bisa kita dapatkan di waktu pagi hari.
3. Sholat merupakan “senam” yang paling sehat, terutama dilaksanakan ketika pagi hari. Secara tidak sadar, kita melatih untuk menggerakan seluruh anggota tubuh.
4. Meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh
5. Membersihkan paru paru

 

Definisi Niat Sholat Tahajud

Definisi Niat Sholat Tahajud
Definisi Niat Sholat Tahajud

Idealnya, niat sholat tahajud seharusnya kita niatkan semata mata hanya untuk Allah saja. Itu merupakan niat yang sesungguhnya dari suatu ibadah. Namun, ternyata sholat tahajud ini memiliki banyak sekali keutamaan.

Salah satu diantaranya ialah doanya dikabulkan oleh Allah dengan mudah. Ini merupakan bonus tersendiri buat kita yang melaksanakan sholat tahajud.

Mungkin kamu bertanya tanya, mengapa doa sangat mudah dikabulkan? karena pada waktu tahajut ini, para malaikat turun dan mengamini seluruh doa kita. Bukan hanya malaikat saja, namun ketika waktu tahajud tiba, Allah pun juga turun.

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Terjemah “Tuhan kita yang Maha Agung dan Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika telah tersisa sepertiga malam terakhir. Ia berfirman: Siapakah yang berdoa kepadaku, maka aku akan mengabulkannya, Siapa yang meminta kepadaku, maka aku akan memberikannya. Siapa yang memohon ampun kepadaku maka akan Aku ampuni”. (HR. Bukhari-Muslim)

Jangan pernah membayangkan  bahwa Allah turun ke langit dunia seperti turunnya manusia, tidak. Tidak sama sekali. Tetapi kekuasaan dan keagungan Allah lah yang turun menyelimuti hambaNya yang istiqomah mendirikan sholat malam dengan kesungguhan  dan keikhlasan.

Allah dengan Keagungan dan KebesaranNya akan mengabulkan doa dan hajat hambaNya  yang sungguh sungguh berdoa di sepertiga malam yang terahir. Dimana pada waktu ini, mayoritas manusia sedang asyik dan terlelap dalam tidur.

Lafad Niat Sholat Tahajud dan Witir Sesuai Sunnah

Segala ibadah yang kita lakukan, haruslah berdasarkan niat yang murni dan ikhlas hanya karena Allah semata. Karena niat ini sendiri merupakan rukun dari suatu ibadah sholat. Berikut ini adalah niat dari sholat tahajud.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat sholat sunnah witir satu rakaat karena Allah Ta’ala

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat sholat sunnah witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala
Apabila anda merasa kesusahan untuk menghafalkan niat diatas, anda cukup niatkan diri anda untuk melaksanakan sholat tahajud di dalam hati. Karena niat sesungguhnya datang dari hati.

 

Keutamaan Niat Sholat Tahajud

keutamaan sholat tahajut

Niat adalah sesuatu yang sangat penting dalam suatu ibadah. Terutama Ibadah sholat. Sholat yang dikerjakan tanpa niat maka sholatnya tidak syah.

Begitu pentingnya niat ini sehingga niat termasuk rukun dalam sholat. Tanpa niat maka sholat tidak sah dan tidak bernilai ibadah dihadapan Allah. Sholat hanya berwujud gerakan saja.

Dengan azzzam dan niat yang kuat maka seseorang akan mudah bangun di malam hari untuk mendirikan sholat tahajut. Padahal sholat tahajut adalah sholat yang sangat berat untuk dikerjakan. Mengapa ? Karena sholat tahajut waktunya  adalah di malam hari. Disaat enaknya  istirahat dan tidur, di saat nikmatnya tidur pulas terbawa dalam mimpi indah.

Walaupun kedudukan sholat tahajud hanya sunnah, namun sholat tahajud memiliki banyak sekali keutamaan. Keutamaan keutamaan tersebut dapat kita rasakan di dunia maupun akhirat. Dalam sholat tahajud, terdapat keutamaan yang tidak dapat kita temui di ibadah manapun. Berikut ini adalah keistimewaan dari keutamaan sholat tahajud.

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” Al Isra ayat 79
Dari ayat diatas, kita bisa tahu bahwasanya sholat tahajud dapat mengangkat derajat kita. Mungkin anda berpikir, bagaimana caranya sholat tahajud dapat mengangkat derajat? Allah akan mengistimewakan hambanya yang melakukan ibadah di depan para malaikat. Selain itu, Allah akan memudahkan menyelesaikan masalah seseorang yang melakukan sholat tahajud. Dengan demikian, derajat orang tersebut akan terangkat.

وَقُلْ رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Artinya: “Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).” (Al Isra ayat 80)

Keutamaan lain dari sholat tahajud bisa kita dapatkan, diantaranya ialah:

1. Mendapat kedudukan yang terbaik dan terpuji disisi Allah
2. Mendapat solusi terbaik dari setiap permasalahan hidup
3. Sholat sunnah yang paling utama
4. Doanya dapat dikabulkan dengan mudah oleh Allah
5. Waktu sholat tahajud merupakan salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa
6. Ditolong oleh Allah dari setiap permasalahan
7. Allah memudahkan urusan orang yang sholat tahajud
8. Penghapus dosa
9. Salah satu kunci pintu surga

Sebenarnya keutamaan keutamaan sholat tahajud tidak berhenti di situ saja.

Bayangkan saja jika kita melaksanakan sholat tahajud di bulan ramadhan. Tentu pahalanya akan jauh lebih besar. Bayangkan, andai sholat tahajud kita tepat pada malam lailatul qadar, kita sudah dihitung melaksanakan sholat tahajud selama 1000 bulan tanpa henti. Subhanallah.

Tips Agar Mudah Mendirikan Sholat Tahajud

Tidak setiap orang diberikan hidayah dan kemudahan untuk melaksanakan sholat tahajud. Karena disini, sholat tahajud bersinggungan langsung dengan nafsu kita, yaitu nafsu ingin tidur. Rasa kantuk yang amat berat menjadi penghalang utama orang tidak melaksanakan sholat tahajud. Disinilah  peran penting niat agar kita mendapat pertolongan Allah.

Namun dalam rangka memperoleh keridhoan Allah lewat wasilah sholat tahajud ini, kita harus berusaha semaksimal mungkin.

 

Salah satu diantara usaha yang dapat kita lakukan ialah dengan mengikuti tips tips berikut ini:

1. Jangan Suka Begadang
Begadang sendiri tidak dianjurkan oleh Rasulullah. Bahkan rasulullah menyuruh agar tidur di awal malam. Sehingga nantinya kita akan mudah untuk bangun tengah malam guna melaksanakan sholat tahajud.

2. Menghidupkan Alarm
Dijaman yang canggih ini, kita telah dimudahkan dengan adanya alarm. Selain untuk mengingatkan waktu sholat, alarm juga dapat kita gunakan untuk membangunkan kita tatkala di malam hari.

BACA JUGA :   Doa Iftitah Yang Diajarkan Nabi, Keutamaan dan Lafadz bacaannya yang Lengkap

3. Niat Bangun Tengah Malam
Sebelum kita tidur, ada baiknya kita memiliki niat yang mendalam untuk melaksanakan sholat tahajud. Karena semua datangnya dari niat. Tatkala hati kita sudah niat betul untuk melaksanakan sholat tahajud, maka secara tidak sengaja, kita bisa bangun tengah malam.

4. Berdoa Kepada Allah Agar Dimudahkan Bangun Malam
Setelah kita melakukan ikhtiyar, sudah sepantasnya kita memohon kepada Allah agar dimudahkan bangun di malam hari. Berdoalah kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkan. Yakinlah.

 

Waktu Mendirikan Sholat Tahajud

Waktu Mendirikan Sholat Tahajud

Orang awam akan bertanya tanya, kapan waktu yang afdhol dan utaman untuk melaksanakan sholat tahajud? Afdholnya, sholat tahajud kita laksanakan ketika sepertiga malam, terutama sepetiga malam yang terahir.

Lalu jam berapakah di Indonesia ketika sepertiga malam ini? Sholat tahajud baik kita lakukan ketika jam telah menunjukan kira kira di jam 01.00 dini hari hingga datangnya waktu fajar (menjelang subuh). Namun kita juga bisa melakukan sholat tahajud ketika kita selepas bangun tidur, entah itu jam 10 maupun jam 1.

 

Haruskah Tidur Terlebih Dahulu atau Tidak Sebelum Melaksanakan Sholat Tahajud?

Mungkin diantara anda bertanya tanya, apakah harus tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat tahajud atau tidak perlu? Sebenarnya ada 2 pendapat dari para ulama mengenai permasalahan ini. Perbedaan tak membuat kita patah semangat dalam melaksanakan sholat tahajud.

Sebenarnya ibadah di malam hari dibagi menjadi 2 yaitu Qiamul Lail dan Tahajud. Qiamul Lail sendiri ialah ibadah yang dilakukan di malam hari secara umum, bisa seperti sholat, berdzikir, sholawat dan lain sebagainnya. Sedangkan Tahajud hanya dikhususkan ibadah sholat di malam hari.

 

Pendapat pertama ialah harus tidur terlebih dahulu.

Ini merupakan pendapat dari imam Ar Rafi’i dari madzhab imam Syafi’i. Di dalam bukunya As Syarhul Kabir beliau menjelaskan :

التَّهَجُّدُ يَقَعُ عَلَى الصَّلَاةِ بَعْدَ النَّوْمِ ، وَأَمَّا الصَّلَاةُ قَبْلَ النَّوْمِ ، فَلَا تُسَمَّى تَهَجُّدًا

“Tahajud istilah untuk shalat yang dikerjakan setelah tidur. Sedangkan shalat yang dikerjakan sebelum tidur, tidak dinamakan tahajud.”

Keterangan tersebut didasarkan kepada sebuah hadist riwayat dari Katsir bin Abbas. Dari sahabat Al Hajjaj bin Amr RA:

يَحْسَبُ أَحَدُكُمْ إذَا قَامَ مِنْ اللَّيْلِ يُصَلِّي حَتَّى يُصْبِحَ أَنَّهُ قَدْ تَهَجَّدَ ، إنَّمَا التَّهَجُّدُ أَنْ يُصَلِّيَ الصَّلَاةَ بَعْدَ رَقْدِهِ ، ثُمَّ الصَّلَاةَ بَعْدَ رَقْدِهِ ، وَتِلْكَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Diantara kalian menyangka ketika melakukan shalat di malam hari sampai subuh dia merasa telah tahajud. Tahajud adalah shalat yang dikerjakan setelah tidur, kemudian shalat setelah tidur. Itulah shalatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

 

Pendapat Kedua ialah tidak diharuskan tidur terlebih dahulu

Ini merupakan pendapat yang diambil dari kitab Hasyiyah Ad-Dasuqi. Di dalam kitab tersebut disebutkan bahwasanya “Sholat tahajud ialah semua sholat sunah yang dikerjakan setelah isya, baik sebelum tidur maupun sesudah tidur.” (Hasyiyah Ad-Dasuqi, 07/313). Disini tahajud sendiri diartikan mujanabatul hajud yang artinya menjauhi tempat tidur. Arti ini memiliki makna umum, yaitu semua sholat malam disebut sholat tahajud entah itu dilakukan sebelum tidur atau sesudah tidur.

Hal ini pun juga diperkuat dengan hadist dari nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

أفشوا السلام، وأطعموا الطعام، وصلوا الأرحام، وصلوا بالليل والناس نيام تدخلوا الجنة بسلام

Artinya “Sebarkanlah salam, berilah makanan, sambung silaturahmi, dan kerjakan shalat malam ketika manusia sedang tidur, kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ahmad, Ibn Majah, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)

 

Kesimpulan dari kedua pendapat ini

Mungkin diantara anda masih bingung dengan pendapat dan perbedaan dari kedua pendapat ini. Sebagai seorang muslim yang teladan dan bijak, kita tentu tidak perlu mempermasalahkan akan perbedaan pendapat ini.

Apabila anda ingin mencari jalan aman, maka anda bisa melaksanakan sholat tahajud setelah tidur. Namun jika ana kuatir  kita tidak mampu melaksanakan sholat tahajud karena ketiduran, anda boleh melaksanakan sholat seperti biasa.

Karena sholat di malam hari sendiri memiliki banyak sekali keutamaan dan pahala. Namun ada sebuah kisah unik datang dari umar sahabat Rasulullah.

Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Malik bin Anas di dalam kitab Al-Muwaththa’:

عن ابن شهاب عن أبي بكر بن سليمان بن أبي حثمة :أن عمر بن الخطاب فقد سليمان بن أبي حثمة في صلاة الصبح وأن عمر بن الخطاب غدا إلى السوق ومسكن سليمان بين السوق والمسجد النبوي فمر على الشفاء أم سليمان فقال لها لم أر سليمان في الصبح فقالت إنه بات يصلي فغلبته عيناه فقال عمر لأن أشهد صلاة الصبح في الجماعة أحب إلى من أن أقوم ليلة

Artinya “Dari Ibnu Syihab, dari Abu Bakr bin Sulaiman bin Abi Khatsmah, bahwasanya Umar bin Al-Khaththab tidak mendapatkan Sulaiman bin Abi Khatsmah ketika sholat shubuh, kemudian beliau pagi-pagi pergi ke pasar, sementara rumah Sulaiman berada diantara pasar dan Masjid Nabawy, maka beliau melewati Asy-Syifa (Ibu Sulaiman), seraya berkata: Aku tidak melihat Sulaiman pada saat sholat shubuh tadi? (Ibu Sulaiman) berkata: Tadi malam dia sholat malam sehingga ketiduran (dari sholat shubuh). Umar berkata: Sungguh aku menghadiri sholat shubuh secara berjama’ah lebih aku cintai daripada sholat semalam suntuk” (Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al-Muwaththa’, Kitab Ash-Shalah, Bab Maa Jaa’a fil ‘Atamah wa Ash-Shubh 1/129 no: 328)

Berdasarkan kisah tersebut, kita bisa mengambil beberapa pelajaran mengenai masalah ini. Keutamaan sholat subuh berjamaah tentu sangatlah besar. Sehingga sholat subuh berjamaah menjadi ibadah prioritas ketimbang ibadah sholat malam.

 

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Sebenarnya sholat tahajud itu tidak ada jumlah rakaat yang pasti. Kita bisa bebas melakukan sholat tahajud berapapun itu jumlah rakaatnya. Namun ada beberapa hadist yang memberikan gambaran kepada kita berapa banyak sholat malam yang baik. Aisyah menceritakan:

مَا كَانَ يَزِيدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً ، يُصَلِّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثًا

Artinya “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah menambah shalat malam di bulan Ramadhan dan bulan lainnya lebih dari 11 raka’at.” (HR. Bukhari 3569 dan Muslim 738.)

Di hadist yang lain diceritakan Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan:

كَانَ صَلاَةُ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً . يَعْنِى بِاللَّيْلِ

Artinya “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melaksanakan shalat malam 13 raka’at.” (HR. Bukhari 1138 dan Muslim 764)

Niat sholat tahajud berapa rakaat bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Namun, niat sholat tahajud di bulan ramadhan akan jauh mulia sehingga anda bisa menambah jumlah rakaat.

 

Kesimpulan

Shalat tahajud semata mata harus kita lakukan hanya untuk Allah saja. Shalat tahajud ini memang ibadah sunnah yang paling istimewa. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita melakukannya. Sedangkan sholat witir biasa disebut sebagai sholat penutup. Maksudnya ialah sebuah amalan sholat untuk menutup segala ibadah yang kita lakukan seharian. Jumlah rakaatnya pun juga ganjil, dan hukum sholat witir adalah sunnah.

 

Pahala dan keutamaan yang besar bisa kita dapatkan ketika melaksanakan sholat tahajud di hari hari biasa. Bayangkan saja jika kita melakukan sholat tahajud tersebut ketika bulan Ramadhan apalagi jika kita diberi karunia bertemu malam lailatul qadar, tentu pahala serta kebaikannya akan jauh lebih besar.

Semoga Allah memberi kita hidayah dan pertolongannya sehingga kita diberi kemudahan untuk bisa istiqomah menjalankan sholat tahajut walau terasa berat. Sehingga kita termasuk dalam golongan hambaNya yang soleh, ikhlas dan selalu berserah diri kepadaNya.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*