Keutamaan, Khasiat, Manfaat dan Hukum Sholat Tahajut Sesuai Dengan Syariat Islam 

rahasia doa masuk masjid
sholat terkabulnya hajat dunia ahirat

Keutamaan, Khasiat, Manfaat dan Hukum Sholat Tahajjut Sesuai Dengan Syariat Islam 

Sholat tahajjut merupakan salah satu ibadah utama bagi seorang muslim. Dimana sholat tahajut hanya bisa dikerjakan di malam hari. Saat banyak orang lalai dalam tidur dan lelap, dia malah asyik beribadah kepada Allah semata.  

Dalam fiqih secara umum sholat di bagi menjadi 2; sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib adalah sholat yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim selama hidupnya tanpa alasan apapun kecuali dia mengalami uzur.  

Sedangkan sholat sunnah adalah sholat yang sunnah dikerjakan setiap hari. Sholat tahajut termasuk sholat sunnah yang paling utama untuk dikerjakan . Bahkan kedudukan sholat tahajut hampir menyerupai sholat fardhu karena begitu utamanya sholat tahajut yang dikerjakan oleh setiap muslim.  

  sholat tahajut

 

Sholat tahajut bagi nabi Muhammad adalah fardhu ain. Jadi nabi Muhammad selalu menjalankan ibadah sholat tahajut ini setiap malam.  

  

Karena begitu besar keutamaan dan manfaat dari sholat tahajut ini, yuk kita pelajari bersama sama tata cara sholat tahajut sesuai ajaran rosulullah yang sudah dijalankan oleh ulama’, para pewaris nabi dalam kajian kitab fiqih mereka.  

  

Pengertian Sholat tahajut 

Seyogyanya bagi kita umat Islam sebelum menjalankan suatu amalan atau ibadah untuk mempelajari dan mengetahui pengertian dan definisi dari ibadah tersebut. Di kandung maksud dan tujuan agar kita faham dan mengetahui ilmu dari amalan dan ibadah tersebut.  

  

Bukankah berbeda ibadah seorang yang berilmu dengan ibadahnya orang yang tidak berilmu?  

Bukankah Allah akan lebih menghargai hasil ibadah dari hamba yang berilmu dari pada hamba yang kurang ilmu?  

  pengertian sholat tahajut

Yuk, kita lanjut mempelajari tentang pengertian dan definisi sholat tahajut.  

 

Siap … 

Sholat tahajut atau biasa di sebut shalat lail (sholat malam) adalah sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah bangun dari tidur walaupun tidurnya hanya sebentar saja. DIsyaratkan untuk tidur dahulu sebelum menjalankan sholat tahajut walapun  tidurnya hanya sebentar saja.  

  

Sholat tahajut dikerjakan setelah sholat isya’ di malam hari hingga terbitnya fajar. Waktu utama dalam menjalankan sholat tahajut adalah sepertiga malam terutama  pada sepertiga malam yang  terahir. Yaitu menit menit terahir sebelum masuk waktu subuh. 

  

Dalil menjalankan sholat tahajut  

Sobat Fataya yang berbahagia, tahukah kamu, Sholat tahajut merupakan sholat  sunnah  yang paling utama disisi Allah.  Begitu utamanya shoata tahajut ini, hingga ada banyak sekali dalil dan keterangan yang menganjurkan kita umat Islam menjalankan sholat tahajut.  

 

sholat tahajut
sholat tahajut

 

Berikut ini dalil anjuran menjalankan sholat tahajut: 

Dalil anjuran menjalanakn sholat tahajut dalam Al Quran: 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

  “Dan pada sebagian malam, kerjakanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat derajatmu ke tempat yang terpuji” (QS Al-Israa  17 : ayat 79) 

  

Menjalankan sholat tahajut merupakan keutamaan dan keistimewaan bagi kita umat Islam yang mau dengan  ikhlas dan sungguh sungguh menjalankannya. Dimana mendirikan  sholat tahajut adalah bentuk jihad dan perjuangan yang sangat berat kalau harus melawan rasa mengantuk dan kemalasan. Shoalt tahajut jai lebih utama dan sempurna apabila disertai dengan membaca Doa Setelah  Sholat  Tahajut. Dimana doa ini merupakan panjatan doa atas harapan dan cita cia kita kepada Allah . 

  

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman dalam kitab suciNya: 

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ 

 “Mereka sedikit sekali tidur di malam hari; dan di akhir-akhir malam, mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS Adz-Dzaariyaat ayat 51 : 17-18) 

  

Mereka sedikit tidur di malam hari bukan sekedar begadang, main game dan ngopi tapi mendekatkan diri kepada Allah denan jalan menjalankan sholat tahajut. 

  

Allah Ta’ala juga berfirman dalam suat As Sajdah sebagai berikut: 

 تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ 

  “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdo’a kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS As-Sajdah ayat 32 : 16-17) 

Orang yang lambungnya jauh dari tempat tidur adalah orang yang rajin dan istiqomah menjalankan sholat tahajut di malam hari. Di saat banyak orang lain yang  lagi terlena dan terlelap dalam buaian  mimpinya. 

  

Allah ‘Azza wa Jalla juga berfirman dalam ayat lain: 

  أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ 

  “(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya?…” (Az-Zumar/39 : 9) 

Menjalankan sholat tahajut merupakan  keberuntungan yang nyata bagi seorang muslim dan akan berdampak dalam kebaikan dan kesuksesan hidupnya, baik di dunia ini lebih lebih kelak di ahirat.  

  

Inilah dalil tentang keutamaan sholat tahajut

Berikut ini penulis kupas tentang dalil keutamaan sholat tahajut. Dengan memahami dan mengerti tentang manfaat dan keutamaan sholat tahajut semoga kita semakin semangat menjalankan sholat tahajut ini karena Allah semata.

 

Dalil sholat tahajut dalam Al Quran

Shoalt tahajut merupakan sala satu shoalt sunnah yang sagt istimewa. Betapa tidak, sholat tahajut adalah satu satunya shoalt sunnah yang anjuran melaksankannya ada dalam Al Quran. Allah berfirman dalam Al Quran:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

“Dan pada sebagian malam, kerjakanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat derajatmu ke tempat yang terpuji” QS Al-Israa  17 : ayat 79) 

 

  Dalil sholat tahajut dalam hadist nabi Muhammad 

Ada begitu banyak dalil hadist dari nabi Muhammad yang menunjukkan betapa utama dan pentingnya  sholat tahajut untuk di jalankan orang Islam. Begitu tinggi keutamaan sholat tahajut ini rasulullah memberikan perhatian khusus melebihi sholat sunnah yang lain.  

Nabi Muhammad bersabda tentang keutamaan sholat tahajut:                                                                                                        

َفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الصَّلاَةِ الْمَكْتُوْبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ

Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat di waktu tengah malam.”  

  

Iya, sholat yang sangat utama dididirikan setelah sholat fardhu yang 5 waktu adalah sholat di tengah malam. Tahu sendiri kan, sholat apakah yang didirikan di tengah malam? iya, ia adalah sholat tahajut. 

  

Nabi Muhammad berpesan bahwa sholat tahajut adalah kebiasan orang orang shalih 

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ وَمُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الإِثْمِ 

“Hendaklah kalian semua melaksanakan shalat malam  (qiyamul lail) karena shalat malam adalah kebiasaan orang sholih sebelum kalian dan membuat kalian lebih dekat kepada Allah. Shalat malam dapat menghapuskan kesalahan dan dosa. ” 

  

Sholat tahajut adalah kemuliaan bagi seorang muslim 

أَتَانِـيْ جِبْـرِيْلُ فَقَالَ: يَا مُـحَمَّدُ، عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ، وَأَحْبِبْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مُفَارِقُهُ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ، وَعِزُّهُ اسْتِغْنَاؤُهُ عَنِ النَّاسِ. 

  

“Malaikat Jibril mendatangiku, lalu berkata, ‘Wahai Muhammad, hiduplah sekehendakmu karena kamu akan mati, cintailah seseorang sekehendakmu karena kamu akan berpisah dengannya, dan beramallah sekehendakmu karena kamu akan diberi balasan, dan ketahuilah bahwa kemuliaan seorang Mukmin itu ada pada shalat malamnya dan dia tidak merasa butuh terhadap manusia.” (HR. Al Hakim) 

  

Hukum menjalankan sholat tahajut 

Hukum mendirikan sholat tahajut adalah sunnah muakad. Artinya sholat sunnah  yang sangat dianjurkan untuk dijalankan setiap malam. Karena begitu tinggi manfaat dan keutamaan sholat tahajut ini, hampir hampir sholat tahajut ini diwajibkan kepada manusia.  

  

Allah maha tahu tentang kemampuan manusia dalam menjalankan syariatNya. Maka Allah tidak mewajibkan sholat tahajut kepada umat Islam tetapi hanya menganjurkannya dengan hukum sunnah muakkad. Artinya sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. 

sholat tahajut  

 

Tahukah kamu bahwa sholat tahajut ini hukumnya wajib bagi baginda nabi Muhammad di setiap malam beliau.  

Allah berfirman dalam Al Quran tentang hukum sholat tahajut: 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

“Dan pada sebagian malam, kerjakanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat derajatmu ke tempat yang terpuji” QS Al-Israa  17 : ayat 79) 

Walaupun sholat tahajut ini hukumnya sunnah tapi bagi kita sangat dianjurkan untuk membiasakan diri dengan sholat tahajut ini. Begitu besar y daan keutamaan sholat tahajut ini. Sampai sampai Allah menyebutkan keutamaan sholat tahajut ini dalam Al Quran. Berbeda dengan sholat sunnah lain yang hanya disebutkan dalam beberapa literatur hadist sebagai dsar hukumnya.  

  

Sholat tahajut penarik rejeki 

Benarkah sholat tahajut bisa melancarkan rejeki atau bahkan menarik rejeki? Memang secara akal dan logika gak ada hubugan antara rejeki dengan sholat tahajut. Begitu juga dengan sholat dhuha, dimana biasanya orang menyebut sholat dhuha sebagai sholat rejeki. Sholat yang bisa menjadi wasilah lancarnya rejeki.  

Tahukah kamu, saat mendirikan sholat tahajut sebenarnya kita hanya berharap ridho dan kemurahan dari Allah semata. Allah lah yang akan melancarkan rejeki kita. Memberi solusi atas segala masalah dan tantangan yang kita hadapi. Saat sholat tahajut kita hanya berharap kepada Allah semata, bukan yang lain.  

Seumpama saat sholat tahajut kita pamrih dan berharap kepada Allah supaya kita diberi kesehatan dan kekayaan, agar kita dibukakan pintu pintu rejeki. Semua boleh dan sah sah saja.  

Bukankah hanya allah yang bisa membagi dan memberi rejeki. Bukankah hanya kepada Allah kita menyembah dan berharap. Bukankah hanya kepada Allah kita berdoa dan memohon keselamatan, kesehatan dan rejeki.  

Mamang sudah selayaknya jika kita berharap dan hanya mengharap kepadaNya saja. Karena hanya Allah yang layak dan pantas di mintai sesuatu baik urusan dunia, lebih lebih urusan ahirat bukan yang lain.  

Berikut ini beberapa alasan mengapa sholat tahajut bisa menjadi sholat penarik rejeki, tentu mendapat rejeki dengan cara yang legal dan halal.  

Sholat tahajut tiket pintu surga 

Salah satu tiket pintu surga adalah sholat tahajut. Sebaai seorang manusia kita sangat berharap selamat di dunia, selamat di ahirat dan bisa masuk dalam surganya Allah. Kita harus sadar bahwa surga itu tidak gratis. Surga merupakan anugerah Allah bagi setiap muslim yang mau sungguh sungguh beriman dan beribadah kepada Allah.  

Salah satu tiket pintu surga adalah sholat tahajut ini. Dengan menjalanakan tahajud dengan istiqomah dan berharap hanya kepada Allah tentu kita akan beroleh anugerah Allah berupa surga ini.   

Nabi bersabda kepada para sahabat: 

Abdullah Ibn Muslih berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah). 

Nah, dari hadist ini kita jadi tahu, ada begitu banyak jalan mengetuk dan membuka pintu surga. Slah satu pembuka pintu surga adalah sholat tahajut. 

  

Sholat tahajut obat mujarab bagi penyakit fisik dan rohani 

Ternyata bukan hanya pahala melimpah bagi hamba Allah yang mau mendirikan sholat tahajut tapi juga kesehatan. Dimana kesehatan merupakan salah satu rejeki Allah yang sangat besar setelah iman dan Islam. Dengan menjalankan shlolat tahajut kita akan meperoleh 2 kesehatan; kesehatan rohani dan jasmani.  

  

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)    

Sholat tahajut adalah jalan mudah meraih kemuliaan disisi Allah  

Salah satu keutamaan sholat tahajut adalah terbukanya jalan mudah meraih kemuliaan disisi Allah. Jangan engkau bayangkan kemuliaan adalah saat kita punya banyak harta, mobil mewah dan rumah bertingkat. Kemuliaan disisi Allah adalah saat kita bisa menjalankan perintah Allah, menghabiskan sebagian malam dengan ibadah, doa dan munajat kepada Allah. 

  

Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi). 

  

Waktu sholat tahajut 

Sholat tahajut adalah sholat sunnah yang khusus di laksanakan pada malam hari. Tidak bisa dilaksanakan di siang hari sebagaimana sholat dhuha, sholat sunnah khusus yang dijalankan disiang hari utamanya pagi hari. Semua punya waktu khusus, tidak boleh di bolak balik. 

Tentang waktu sholat tahajut ini, Allah telah memberi isyarat dalam Al Quran. Allah telah berfirman dalam surat Al Isra’ ayat 79 sebagai berikut: 

“Dan pada sebahagian malam hari Shalat Tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” 

Dari sini  kita tahu, bahwa sholat tahajut itu dilaksanakan pada malam hari saja.  

  

Ada 3 waktu di malam hari yang bisa kita gunakan untuk mendirikan shoalt tahajut.  

Pada sepertiga malam yang pertama 

BACA JUGA :   Lafadz Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi yang Harus Kamu Tahu

Sepertiga malam pertama adalah waktu mulai kisaran jam 20 wib atau waktu setelah sholat isya’ hingga jam 22 wib. Jadi walau setelah isya’ kita tetap bisa menjalankan sholat tahajut. Walau begitu tetap saja di syaratkan untuk tidur dahulu sebelum sholat tahajut. Andai belum tidur dulu walau sebentar saja maka tidak bisa di sebut sholat tahajut tapi boleh di sebut sholat sunah mutlak.  

Pada sepertiga malam ke dua 

Waktu sepertiga malam kedua ini jauh lebih utama dibanding sepertiga malam pertama. Tahu kenapa? Karena mengerjakan sholat pada waktu ini sangat berat. Sepertiga malam kedua adalah waktu antara jam   22 wib hingga jam 01 dini hari. Tahukan? mengerjakan ibadah sholat pada waktu ini memilki fadhilah dan keistimewaan tersendiri di banding  waktu sebelumnya.  

Tahu sendiri kan, waktu ini adalah waktu yang sangat berat untuk menjalankan ibadah. 

Pada sepertiga malam terahir 

Inilah waktu terbaik dalam menjalankan sholat tahajut. Dimana waktu ini adalah waku orang istirahat dan terlelap dalam tidurnya. Jika ada hamba Allah yang komitmen dengan sungguh sungguh mendirikan sholat tahajut tentu  akan menarik cinta dan kasih sayang Allah lebih dari yang  lain.  

Waktu sepertiga malam terahir adalah waktu antara jam 01 hingga waktu menjelang datangnya waktu subuh.  

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah Salallahualahi Wasallam bersabda, “Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?”  

Dalam kitab Al Mausuah Al Fiqhiyah di jelaskan bahwa ulama’ telah sepakat tentang jumlah minimal rakaat shalat tahajut. 

اتفق الفقهاء على أن أقلها ركعتان خفيفتان؛ لما روى أبو هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال إذا قام أحدكم من الليل فليفتتح صلاته بركعتين خفيفتين 

  

“Ulama fiqih sepakat bahwa jumlah minimal rakaat shalat tahajud adalah dua rakaat. Hal ini berdasarkan hadist yang bersumber dari sahabat Abu Hurairah, dari Nabi Saw, beliau bersabda, ‘Jika kalian melaksanakan shalat malam, maka hendaklah membukanya dengan dua rakaat yang ringan.” 

  

Lantas berapakah rakaat maksimal melaksanakan sholat tahajut? Menurut ulama syafiiyah jumlah rakaat shakat tahajut tidak ada batasan maksimal. Hal ini didasarkan pada sebuah hadist riwayat Imam Ahmad, Thabrani dan al-Hakim dari Abu Zar dan Abu Umamah, Nabi Saw telah bersabda; 

الصَّلَاةُ خَيْرُ مَوْضُوعٍ، فَمَنْ شَاءَ اسْتَقَلَّ، وَمَنْ شَاءَ اسْتَكْثَرَ 

“Shalat adalah sebaik-baik ibadah yang telah ditetapkan. Karena itu, boleh seseorang melakukan sedikit sesukanya dan boleh memperbanyak sesukanya.” 

  

Syarat menjalankan sholat tahajut 

Shalat tahajut itu sholat yang luarbisa besar manfaat dan faedahnya. Keutamaan shoata tahajut bisa diperoleh apabila memenuhi syarat. Syarat utama sholat tahajut adalah dijalankan di malam hari dan setelah sholat isya, dalam keadaan sudah tertidur walau sebentar saja.  

  

Andai tidak tidur dulu, maka serta merta tidak bisa disebut sholat tahajut tapi sholat muthlak biasa. Walau dikerjakan malam hari pada sepertiga malam terahir tapi tidak di dahului tidur maka tetap saja bukan sholat tahajut.  

  

 

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

  

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance