Sholat hajat. Pengertian, Dalil, Tata Cara dan Doa Sholat Hajat

rahasia doa masuk masjid
sholat terkabulnya hajat dunia ahirat

shalat hajat

Sholat hajat. Rahasia terkabulnya hajat dan impian

 

Sahabat Fataya  yang berbahagia, kita akan mempelajari tentang sholat hajat. Dimana sholat hajat merupakan salah satu amalan sunnah yang  sangat penting bagi kehidupan kita. 

 

Tahukah kamu bahwa agama Islam merupakan agama yang sempurna. Islam adalah tuntunan dan pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh dunia. Sesungguhnya, Allah Subhanahu Wata’alaa  itu ingin kemudahan bagi kita umat Islam.  

 

sholat hajat
Pixabay

Sungguh, Allah menghendaki  kesuksesan kehidupan umat Islam dalam hidup di dunia ini lebih lebih di ahirat kelak. Allah tidak menginginkan manusia untuk susah dan sedih dalam hidupnya.

Maka Allah memberi anugerah dan solusi atas segala permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Allah berfirman di dalam Al-Quran: 

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْر  

Artinya: Allah menginginkan bagi kalian kemudahan, dan (Allah) tidak menginginkan bagi kalian kesulitan (QS: Al Baqarah 185)  

Bukan hanya itu, dalam ayat lain Allah berfirman: 

وَما جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ  

Artinya: dan tidaklah (Allah) menjadikan atas kalian keberatan dalam agama islam (QS: Al Hajj 78) 

Dalam surat Al Maidah ayat 6 Allah berfirman: 

مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ 

Artinya: tidaklah Allah hendak menjadikan keberatan atas kalian 

 

Sungguh, Allah menghendaki kemudahan bagi kita dan tidak menghendaki kesulitan bagi kita. Dari sini kita bisa mengambil hikmah bahwa sesungguhnya Allah Maha memberi solusi dan jalan keluar bagi semua permasalahan yang dihadapi oleh manusia.

Maka ketika kita mengalami masalah maka kita harus kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. kita harus pasrah dan tawakal kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena Allah adalah pemilik solusi dan jalan keluar. 

 

Salah satu jalan keluar berupa  ikhtiar yang diberikan oleh Allah kepada kita untuk mendapatkan solusi atas segala masalah yang kita hadapi adalah dengan shalat hajat.

Di mana shalat hajat ini artinya shalat yang digunakan sebagai wasilah, sebagai lantaran untuk terkabulnya hajat atau keinginan yang kita inginkan dengan sungguh-sungguh. 

 

Tahukah kamu, sesungguhnya Allah benar-benar menunggu apa yang benar-benar kita inginkan.  jadi dalam hali ini kita harus punya Clarity (kejelasan). Kita harus punya kejelasan, apa yang kita inginkan, Apa yang kita cita-citakan, apa yang kita impikan.  

 

Semua yang kita impikan, yang kita cita-citakan ini jika kita meminta kepada Allah dengan sungguh-sungguh maka Allah pasti akan memberikannya kepada kita. kenapa ya kita perlu sholat hajat dan memohon kepada  Allah? 

Sungguh,  tidak ada yang sulit bagi Allah jika Allah berkehendak menolong hambaNya dengan sift rahman rahimnya Allah.

Ketika Allah memberi harta yang banyak dan berlimpah kepada kita maka sesungguhnya semua pemberian Allah itu tidak akan mengurangi kekayaan Allah sama sekali.

Begitu juga ketika Allah memberikan kepada kita ilmu dan kepandaian maka ilmu Allah tidak akan berkurang sama sekali. 

 

Sholat hajat solusi Allah

Dalam hidup kita sering mengalami kesusahan, kegelisahan dan keterpurukan. Semua itu sering kita rasakan saat kita  kerja mencari uang, mengalami kesulitan saat merawat anak Sulit mengatur keluarga.

Maka ketika kita mengalami masalah seperti ini kita harus segera mencari dan menemukan solusi yang tepat. Kita harus yakin bahwa semua masalah yang kita hadapi itu punya solusi dan jalan keluar.

Sebagai seorang muslim kita harus berlapang dada tidak boleh merasa putus asa. Kita Harus optimis bahwa kita akan mampu mengalahkan semua masalah yang kita hadapi.  

terkabulnya doa

Yakinkan dalam hati bahwa semua masalah pasti selesai. Katakanlah kepada masalah “Wahai masalah Sesungguhnya aku mempunyai Allah, Tuhan yang maha memberi solusi” Maka dengan serta merta masalah itu akan menjadi kecil. 

 

Tahukah kamu bahwa sesungguhnya solusi kita itu sangat dekat dengan diri kita. Bahkan solusi kita itu tidak ada di mana-mana tetapi solusi atas semua masalah yang kita hadapi itu ada dalam diri kita sendiri. Ibarat penyakit maka obatnya pasti ada. Kita harus yakin tanpa ragu sama sekali..  

 

Salah satu solusi yang diberikan oleh Allah atas segala permasalahan yang kita hadapi adalah dengan menjalankan shalat hajat. Semua masalah kita seperti urusan rezeki, urusan keluarga, jodoh, keturunan semua akan selesai dan mendapatkan solusi jika kita sungguh-sungguh mengembalikan  segala urusan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

 

Jangan pernah kamu bertanya “Bagaimana Allah memberi solusinya? Apa hubungan antara sholat dengan solusi jodoh, rezeki dan keturunan anak”   

Ketika dalam hati kita terlempar pertanyaan seperti ini, maka sama saja kita ragu dan tidak yakin dengan solusi yang akan diberikan oleh Allah.

Sungguh, solusi itu sangat dekat dengan diri kita. Tahukah kamu bahwa solusi dan masalah itu seperti dua sisi mata uang. Solusi sangat dekat dengan kita. Begitu juga sebaliknya, masalah sangat dekat dengan  solusi. 

Baca juga Manfaat sholat tasbih dan bacaannya

 

Pengertian sholat hajat   

Sholat hajat merupakan shalat Sunnah sebanyak 2 rokaat yang kita jalankan kita kerjakan dalam rangka untuk memohon kepada Allah. Sholat hajat sebagai wasilah, lantaran terkabulnya hajat, impian dan cita cita.

Shalat hajat bisa dikerjakan Mulai dari 2 rokaat hingga 12 rakaat dengan masing-masing 2 rakaat 1 salam. 

 

Dalam mendirikan shalat hajat ini sebaiknya kita merendahkan diri kita dihadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mengapa? Karena Allah sangat menyukai dan mencintai hamba-hambanya yang merasa rendah hati dan rendah diri di hadapanNya. 

doa sholat hajat

Tahukah kamu bahwa orang yang merendahkan dirinya dihadapan Allah itu termasuk golongan orang-orang yang shalatnya diterima Allah.

Waktu sholat hajat

Waktu shalat hajat bisa kita laksanakan baik siang ataupun malam.

Jadi shalat hajat itu sebagaimana sholat mutlak lainnya bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk menjalankan atau mendirikan shalat. 

 

Tahukah kamu bahwa waktu terbaik menjalankan shalat hajat adalah sepertiga malam yaitu itu kira-kira pukul 1 malam hingga menjelang waktu subuh. Shalat hajat juga bisa dilaksanakan ketika kita telah selesai dari menjalankan shalat fardhu 5 waktu. 

 

Lantas, timbul suatu pertanyaan syarat apakah yang bisa kita minta kepada Allah supaya segera dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala?

Iya ini merupakan suatu pertanyaan yang bagus. Impian, keinginan dan cita cita apa saja yang bisa terkabul sebab lantaran atau wasilah mendirikan shalat hajat? 

 Yuk, kita simak pada pembahasan selanjutnya.

Manfaat sholat hajat

Berikut penulis Jelaskan beberapa hajat yang bisa terkabul karena lantaran kita mendirikan shalat hajat: 

Meraih prestasi yang bagus 

Bagi kamu-kamu yang masih duduk di bangku sekolah, mendirikan shalat hajat bisa kita lakukan dalam rangka untuk memohon dan meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita dikaruniai prestasi yang cemerlang dan gemilang  di sekolah.

Jika kita merasa bahwa nilai kita di sekolah itu masih hancur lebur maka kita bisa Istiqomah mendirikan shalat hajat kemudian memohon kepada Allah supaya kita diberi nilai yang bagus, dikaruniai prestasi yang gemilang agar kita bisa menjadi siswa siswi yang berprestasi di sekolah. 

 

Walaupun kita sudah mendirikan shalat hajat, kita sudah menengadahkan tangan kita ke langit Seraya memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita dikaruniai prestasi yang sukses Gemilang di sekolah. tetapi tetap saja Kita perlu untuk berikhtiar dengan sungguh-sungguh dan berdoa dengan tulus dan ikhlas. 

Tahukah kamu bahwa doa dan usaha itu ibaratkan dua sisi mata uang yang tidak bisa dilepaskan, saling melengkapi.

Begitu juga Apabila kita meninggalkan salah satu dari dua sisi mata uang ini Maka otomatis mata uang ini tidak akan berfungsi dan tidak akan berguna.

Semisal kita punya uang lembaran Rp100.000 tetapi gambarnya hanya ada di sisi yang satunya sedangkan di sisi sebelahnya itu kosong maka serta merta uangnya tidak bisa dipakai buat belanja, tidak akan berguna dan tidak bermanfaat. 

 

Bagi kita para pelajar dan mahasiswa Setelah kita mendirikan shalat hajat dengan sungguh-sungguh tidak serta-merta kita bisa meninggalkan belajar dengan sungguh-sungguh.

Mengapa?

Karena belajar merupakan salah satu jalan bagi Allah untuk membukakan pintu-pintu ilmu pengetahuan terhadap diri kita.

Dengan doa yang tulus dan ikhlas dengan usaha yang sungguh-sungguh, disertai dengan shalat hajat Maka insya Allah doa dan impian kita akan segera dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Yakinlah sobat. 

 

Sembuh dari suatu penyakit 

jika kita mengalami dan menderita suatu penyakit, maka kita harus memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala supaya sakit kita segera disembuhkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Kita tahu bahwa semua penyakit itu ada obatnya. Maka kita harus sungguh-sungguh mencari obat yang di maksud agar kita segera dipertemukan oleh Allah dengan obat yang kita minum. 

 

Kita yakin bahwa semua penyakit itu pasti ada obatnya maka kita harus semangat dan antusias untuk mendirikan shalat hajat dalam rangka supaya kita sama Allah dijaga dan dipelihara dari berbagai penyakit. Disembuhkan dari penyakit yang sedang kita derita tanpa harus keluar banyak uang..  

 

Walaupun kita sudah berdoa dan berusaha menjalankan shalat hajat maka serta-merta kita tidak bisa meninggalkan ikhtiar berupa datang kepada dokter.

Datang dan berkonsultasi serta meminta obat dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh minum obat secara Istiqomah. Kita berharap semoga kita segera mendapatkan solusi atas sakit yang kita derita. AMiin. 

 Baca juga Doa masuk rumah dan keluar rumah serta keutamaanya yang perlu kamu tau

Memperoleh rezeki melimpah

Aktifitas bekerja merupakan salah satu bentuk ibadah disisi Allah. Kerja termasuk ibadah ghoiru mahdhoh. Produktif kerja merupakan salah satu usaha dan upaya kita untuk mendapatkan uang. Di mana uang merupakan salah satu bentuk dari rezeki yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Maka ketika kita tidak punya uang, kita tidak punya apa-apa, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin agar kita bisa mendapatkan uang. Bukan sembarang uang tapi uang yang diperoleh dari jalan yang halal dan legal.  

Salah satu cara supaya kita bisa segera beroleh uang adalah dengan berdagang. Dimana berdagang adalah satu dari 9 pintu rejeki. 

 Sholat hajat merupakan salah satu cara kita mengetuk pintu langit agar Allah membuka pintu rezeki untuk kita. 

Mendapatkan jodoh ideal

Salah satu impian dan cita-cita yang bisa kita maksimalkan dengan doa dan shalat istikharah adalah mendapatkan jodoh atau pendamping hidup.

Tahukah kamu bahwa setiap manusia itu pada dasarnya sudah punya pasangan masing-masing. Apabila kita ingin segera bertemu dengan jodoh dan pasangan kita maka, kita harus menjemput jodoh itu.

Jodoh itu dijemput bukan di  tunggu saja. Kalau kita tidak segera menjemput jodoh kita, maka jodoh kita akan tetap tidak bertemu dengan kita. 

 

Dalil menjalankan sholat hajat   

Dalil atau dasar tuntunan mendirikan sholat hajat adalah beberapa hadist nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam 

من كانت له إلى الله حاجة أو إلى أحد من بني آدم فليتوضأ فليحسن الوضوء ثم ليصل ركعتين ثم ليثن على الله وليصل على النبي صلى الله عليه و سلم ثم ليقل لاإله إلا الله الحليم الكريم سبحان الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسئلك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلى غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين 

 

“Barangsiapa yang memiliki keperluan kepada Allah atau kepada seseorang dari anak Adam maka hendaknya dia berwudhu dan memperbaiki wudhunya, kemudian hendaknya dia shalat 2 rakaat kemudian memuji Allah, dan bershalawat kepada nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” 

 

Setelah kita bersholawat kemudian membaca lafad sebagai berikut: 

اإله إلا الله الحليم الكريم سبحان 

الله رب العرش العظيم الحمد لله رب العالمين أسئلك موجبات رحمتك وعزائم مغفرتك والغنيمة من كل بر والسلامة من كل إثم لا تدع لي ذنبا إلى غفرته ولا هما إلا فرجته ولا حاجة هي لك رضا إلا قضيتها يا أرحم الراحمين 

 

“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, Al-Halim Al-Karim, Maha Suci Allah Pemilik Arsy yang besar, segala puji bagi Allah, rabb semesta alam, aku memohon kepadaMu apa-apa yang mendatangkan rahmatMu, dan ampunanMu, dan aku memohon kepadaMu untuk mendapatkan setiap kebaikan dan keselamatan dari setiap dosa, janganlah Engkau tinggalkan bagi ku dosa kecuali telah Engkau ampuni, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku rasa gelisah kecuali Engkau beri jalan keluar, dan jangan Engkau tinggalkan bagiku keperluanku yang engkau ridhai kecuali Engkau tunaikan untukku, wahai Yang Maha Penyayang.” (HR. At-tirmidzy 2/344, dan Ibnu Majah 1/44 ) 

 

Keutamaan sholat hajat 

Sesungguhnya shalat hajat yang kita kerjakan itu mempunyai berbagai manfaat dan keutamaan yang luar biasa. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dan manfaat ketika kita rajin dan tekun menjalankan shalat hajat karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala: 

 

Manfaat untuk lahir dan dhohir

Manfaat Melakukan shalat hajat itu bisa kita rasakan secara fisik dan lahir kita rasakan. 

Diantara fungsi atau manfaat itu antara lain:

Mudahnya dikabulkan hajat kita

Saat kamu rajin  shoalt hajat maka Akan memberi kemudahan dalam urusan dunia. Seperti mudah naik pangkat dan jabatan. Padahal secara matematis hitungan akal, kemampuan kita sangat lemah dan terbatas.

Kita tidak memiliki kemampuan dan kepandaian yang cukup. kita mempunyai kemampuan yang pas-pasan saja tetapi dengan lantaran mendirikan shalat hajat kita bisa mendapatkan jabatan yang cukup tinggi di perusahaan atau di kantor kita bekerja. 

 

Padahal, sesungguhnya kita harus berkompetensi dan bersaing dengan karyawan karyawan yang lain untuk mendapatkan Jabatan bergengsi itu.

Kemudian karena kita tekun melakukan shalat hajat. Seraya kita yakin kepada Allah dengan terkabulnya doa kita maka Jabatan itu bisa kita raih dan tidak kita miliki. 

 

seorang siswa yang akan melakasnakan ujian sekolah. Kalau dihitung secara akal di tidak akan mampu untuk menyelesaikan soal-soal ujian. Dan memang dia merasa tidak mampu. Jika  sampai gagal, dia akan mengecewakan orang tuanya dengan nilainya yang pas-pasan.

Maka dengan serta merta, penuh keyakinan dia mendirikan salat hajat semata karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Supaya Allah mengabulkan hajatnya, yaitu hajat mendapatkan nilai yang bagus dan lulus dalam ujian. Maka dengan lantaran salat hajat yang telah dikerjakannya, dia bisa lulus dari ujian dengan nilai yang cukup memuaskan. 

 Baca juga Bacaan sholat 5 waktu paling lengkap yang perlu kamu tau

Manfaat bagi batin dan ruhani

Fungsi dan manfaat serta keutamaan mendirikan shalat hajat secara batin ini hanya bisa dirasakan oleh hati orang yang telah mengerjakannya. Manfaat ini tidak nampak oleh mata kepala.

Inilah beberapa fungsi dan manfaat dari menjalankan shalat hajat karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala: 

  • Perasaan yang tenang dan bahagia 
  • Bertambahnya kadar iman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita yakin dengan pertolongan Allah atas hajat dan impian kita pasti dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala 
  • pasrah serta tawakal kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala ketetapan yang ditentukan oleh Allah. Kita yakin 100% apapun yang ditetapkan oleh Allah Itulah yang terbaik untuk diri kita. 

Tata cara sholat hajat

Tata cara sholat hajat secara umum sama dengan tata cara sholat yang lain. Shoalt hajat umumnya dua rakaat. Dalam kitab Ihya’ Ulumiddin imam Al Ghozali menejalskan bahwa sholat hajat bisa sampai 12 rakaat.

Ringkasnya tata cara sholat hajat adalah sebagai berikut:

  1. Niat sholat hajat
  2. Takbirotul ihram (berdiri bagi orang yang mampu)
  3. membaca doa iftitah
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat pendek dalam Al Quran. Rakaat pertama biasanya baca surat Al Kafirun 3 kali.
  6. Rukuk dengan tumakninah
  7. Iktidal dengan tumakninah
  8. Sujud dengan tuamkninah
  9. Duduk antara 2 sujud beserta tumakninah
  10. Sujud beserta tumakninah
  11. Berdiri untuk rakaat ke 2
  12. Membaca surah Al Fatihah
  13. Membaca surat surat yang ada dalam Al Quran. Biasanya membaca surat Al Ikhlas 3 kali
  14. Rukuk dengan tumakninah
  15. Iktidal dengan tumakninah
  16. Sujud dengan tumakninah
  17. Duduk antara 2 sujud beserta tumakninah
  18. Tahiyat ahir dengan tumakninah
  19. salam (penutup sholat)

Inilah urutan dan tata cara sholat hajat 2 rakaat satu salaman.

 

Doa sholat hajat

Doa sholat hajat biasanya kita baca setelah selesai sholat hajat. Ada orang yang sholat hajat 2 rakaat, empat rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Penting sekali berdoa selesai sholat hajat. Mengapa? karena salah satu waktu mustajab adalah selesai sholat.

berikut doa sholat hajat yang bisa kamu baca:

doa sholat hajat

 

Demikian pembahasan tentang Sholat hajat. Pengertian, Dalil, Tata Cara dan Doa Sholat Hajat untuk mencapai sukses dan terkabulnya hajat dan cita cita kita. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance