Doa Masuk Rumah Sesuai Sunnah, Keutamaan dan Artinya

doa masuk rumah

Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah yang Jarang Orang Tau

Doa masuk rumah sangat penting bagi kita umat Islam, kita dalam aktivitas sehari-hari sangat dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Salah satunya adalah saat masuk ke rumah atau keluar rumah kamu juga sangat dianjurkan membaca doa ini. yaitu doa saat masuk ke dalam rumah dan doa saat keluar dari rumah.

doa masuk rumah

Doa-doa ini sangat penting kamu baca dalam rangka supaya kamu selalu dalam lindungan dan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  Tahu mengapa? karena tanpa pertolongan dan perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kita akan sangat mudah sekali tergoda oleh nafsu kita dan bisikan-bisikan dari setan dan iblis.

Seperti yang telah kita maklumi bersama bahwa rumah merupakan tempat tinggal, tempat beristirahat, tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

Hampir 80% aktivitas kita, kita habiskan di dalam rumah loh. Maka tidak salah apabila Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda rumahku Laksana Surga bagiku.

Maka sudah selayaknya bagi kita umat Islam setiap kali keluar dari rumah atau masuk ke dalam rumah untuk berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala supaya Allah selalu melindungi dan menjaga kita.

Pada saat kita keluar rumah, kita berharap Allah menjaga kita dalam perjalanan, Allah memelihara kita di tengah perjalanan hingga kita kembali ke dalam rumah lagi.

Pada saat masuk ke dalam rumah kita sangat dianjurkan untuk mengucapkan Basmalah manfaatnya adalah supaya setan merasa tidak nyaman, tidak betah berada dirumah kita.

Apabila setan ikut tinggal dan bertempat di rumah kita, maka rumah kita terasa sempit dan tidak nyaman , terasa banyak masalah. Karena sesungguhnya setan dan iblis itu sangat senang sekali melihat manusia ribut, tidak tenang dan gaduh di rumahnya sendiri.

Maka setan akan memberikan kepada anggota rumah itu sesuatu yang tidak menimbulkan kenyamanan, sesuatu yang akan membuat gaduh dan ramai orang-orang yang ada di dalam rumah.

Termasuk rumah adalah kontrakan baru. Misalnya saja, kamu baru saja dapat rezeki dan bisa kontrak rumah. kamu perlu membaca doa masuk rumah kontrakan baru agar selamat dari godaan jin yang berdiam diri pada rumah kontrakan itu.

Doa masuk rumah kosong

Apabila setan ada di dalam rumah kita, maka rasa untuk melaksanakan ibadah terasa berat. Kita akan mudah malas dan ogah-ogahan melakukan ibadah seperti shalat, berdoa, membaca Al-Quran, membaca sholawat dan lain-lain. Berikut ini lafadz doa masuk rumah beserta dengan latin dan terjemahan.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

 

Apabila suatu saat kita memasuki rumah yang kosong atau rumah yang tidak berpenghuni maka inilah doa yang perlu kita baca

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin.

Artinya “Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih.”

 

Doa keluar rumah yang perlu kita ketahui

Apabila kita akan keluar dari rumah itu kita juga disunahkan untuk membaca doa.

Apa tujuannya? Ya supaya pada saat kita meninggalkan rumah itu tidak melakukan hal yang buruk. Baik sesuatu yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Misal nih, ketika dalam perjalanan kita mengendarai motor, mobil kita dalam keadaan mengantuk ini sangat berbahaya bagi keselamatan kita apabila ngantuk dalam perjalanan. Dan supaya kita dijauhkan dari sesuatu yang bersifat maksiat atau hal lain yang bisa merugikan kita dan orang lain.

Berikut ini doa keluar dari rumah beserta Arab latin dan terjemahannya

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”

doa keluar rumah

Adab masuk rumah yang perlu kita pahami

Pada saat mau masuk atau keluar dari rumah, selain disunahkan membaca doa kita juga disunahkan untuk menjaga dan memelihara adab-adab masuk ke dalam rumah  atau saat keluar dari rumah.

Berikut ini adab dan tata krama masuk ke dalam rumah:

  1. mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras
  2. mengucapkan salam
  3. membaca doa masuk ke dalam rumah
  4. masuk ke dalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu

 

 

Adab keluar rumah yang perlu kita ketahui

Setelah kita beberapa saat ada di dalam rumah kita juga perlu satu waktu untuk keluar dari rumah, baik untuk urusan duniawi seperti bekerja, sekolah, belajar, belanja.

Kita juga perlu keluar dari rumah untuk urusan akhirat seperti bersedekah, pergi ke masjid, silaturahim, mencari ilmu agama, mencari nafkah untuk keluarga dan lain-lain.

Pada saat keluar dari rumah, kita juga perlu menjaga adab dan tata krama keluar dari rumah.

berikut ini adab dan tata krama keluar dari rumah

1. Mengucapkan salam

2. Membaca doa keluar rumah

3. Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu

 

Doa Keluar rumah sesuai sunnah nabi

Nabi Muhammad telah memberikan  bimbingan dan teladan kepada kita bagaimana saat kita keluar dari rumah. Beliau telah mendidik dan memberi teladan kepada kita dengan dzikir, bacaan dan doa agar kita selalu dalam pelindungan Allah.

Saat keluar rumah kita berdoa, saat kembali ke rumah juga berdoa dalam rangka bersyukur kepada Allah telah kembali ke rumah dengan selamat.

doa keluar rumah

Sunnah keluar doa dari rumah

Berikut beberapa sunnah keluar dari rumah:

  1. Dirikan sholat 2 rakaat sebelum keluar rumah. Kita dianjurkan mendirikan sholat sunnah 2 rakaat sebelum keluar dari rumah. Sholat yang kita kerjakan adalah sholat mutlak. Sholat mutlak adalah sholat sunnah yang bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja di luar waktu yang di haramkan untuk sholat. Dengan mendirikan sholat sunnah ini, kita berharap kepada Allah agar di pelihara dari bencana, kesulitan dan kecemasan. Nabi bersabda:“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya
  2. Membaca doa keluar rumah diatas
  3. Mengangkat pandangan ke langit seraya berdoa:
    اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّDoa keluar rumah arab latin
    “Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”Terjemahan dan arti doa keluar rumah

    “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

 

 

Demikian pembahasan kita tentang doa masuk rumah dan doa keluar dari rumah ini.

Semoga dengan bertambahnya ilmu dan pemahaman kita  tentang doa ini menjadikan kita makin cinta sama Allah dan suka melaksanakan semua perintah dan ahirnya membaca kita menjadi insan yang bertaqwa.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance