12+ Pondok Pesantren Muhammadiyah Favorit Dan Terbesar Di Indonesia

12+ Pondok Pesantren Muhammadiyah Favorit Dan Terbesar Di Indonesia
Image source : YT MHO TV

Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam terbesar dan terkenal di Indonesia. Organisasi ini juga sudah mendirikan banyak tempat seperti rumah sakit, masjid, panti asuhan, dan lain sebagainya. selain itu  muhammadiyah mendirikan ribuan unit pendidikan mulai dari pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi serta muhammadiyah juga terkenal akan ratusan pondok pesantren yang sudah didirikannya dan menghasilkan alumni santri terbaik di berbagai daerah. oleh sebab itu saya akan berikan beberapa daftar pondok pesantren muhammadiyah favorit dan terbesar di Indonesia.

Berikut 12+ pondok pesantren muhammadiyah favorit dan terbesar  yang ada di Indonesia antara lain :

 

Daftar Pondok Pesantren Muhammadiyah Favorit Di Indonesia

12+ Pondok Pesantren Muhammadiyah Favorit Dan Terbesar Di Indonesia
Image source : YT Allavwedey

 

  • SMA Muhammadiyah Trensains Sragen

SMA Muhammadiyah Trensains merupakan pesantren yang telah di ubah namanya yang mulanya dengan nama Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen (DIMSA), di karena kan  Pada tahun 2014, Agus Purwanto, seorang guru besar fisika teori yang juga anggota dari organisasi Muhammadiyah yang menawarkan konsep Pesantren Sains (Trensains) ke DIMSA. Karena konsep tersebut jadi kini lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan SMA Muhammadiyah Trensains.

Pesantren ini terletak di Dawe, Dusun II, Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen,provinsi Jawa Tengah. Untuk kurikulum di SMA Muhammadiyah Trensains menggunakan kurikulum unifikasi atau penggabungan antara Sains dan Islam menjadi  Sains yang berbasis al-Quran. Kegiatan di pesantren ini antara lain yaitu tahajjud, sholat 5 waktu berjamaah, tilawatil quran, Kegiatan bahasa (vocabulary, ilqo mufrodat), Kegiatan mandiri seperti piket, MCK, makan pagi, persiapan sekolah, Apel pagi, doa bersama sebelum masuk kelas, Kajian Kitab kuning, Belajar malam di kelas. Untuk fasilitas di sekolah ini terdiri dari : Gedung Sekolah, Pelayanan Administrasi, Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Lazismu Trensains, Laboratorium Kimia, Laboratorium Fisika, Astronomi, Biologi, Botani, Aula, UKS, Pusat Perbelanjaan TRENSMART, lapangan olahraga, dan masih banyak lagi.

 Baca juga : 11+ Pondok Pesantren Salaf Dan Modern Terbaik Untuk Pendidikan Si Kecil Di Sukabumi

  • Pondok Pesantren Darul Arqom Garut

Pondok Pesantren Darul Arqom berlokasi di Jl. Garut – Tasikmalaya No.337, Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dan berdiri pada tahun 1976. Pondok Pesantren ini bertujuan untuk membentuk karakter santri agar memiliki sifat atau kepribadian yang bertanggung jawab, mandiri, dan juga berakhlaq yang baik, berbakti kepada orang tua, memiliki wawasan yang luas, dan bisa menjadi penurus bangsa yang mendakwakan islam di berbagai negara. Pondok pesantren ini memiliki program yaitu mengantarkan santriwan dan santriwati untuk mendapatkan beasiswa agar melanjutkan studi di Amerika.

  • Madrasah Muallimin & Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta

Daftar pesantren terbaik Muhammadiyah selanjutnya adalah Madrasah Muallimin dan Muallimat muhammadiyah. Pesantren ini juga termasuk pesantren atau madrasah tertua di kota yogyakarta atau lebih lengkapnya di Badut Lor, Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena telah berdiri sejak 1 abad yang lalu atau tahun 1918 oleh K.H. Ahmad Dahlan (Pendiri organisasi Muhammadiyah).

Didirikan Madrasah Muallimin dan Muallimat muhammadiyah ini bertujuan untuk menghasilkan kader ulama, pemimpin dan pendidik sebagai pembawa misi gerakan islam kemuhammadiyah. dan nilai utama karakter yang di ajarkan pesantren ini yaitu CADRE yang terdiri dari Creative, Active, Discipline, Religious, dan Entrepreneur.

  • Pesantren Modern Internasional Dea Malela Sumbawa

Modern Internasional Dea Malela merupakan salah satu pesantren yang terletak di Jln. Lintas Sumbawa-Lunyuk KM 40,Pamangong, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pesantren ini  didirikan dan diresmikan pada bulan Febtruari 2016, serta dikelola oleh tokoh-tokoh dan aktivis organisasi Muhammadiyah. Tetapi pondok pesantren tersebut tidak berada di bawah struktur Muhammadiyah. Dan didirikan oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah yaitu K.H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D., atau dikenal sebagai Din Syamsuddin.

Sesaui dengan namanya pesantren ini termasuk ke dalam pesantren internasional, karena santri santri berasal dari berbagai belahan negara. Untuk kegiatan sehari hari di pondok pesantren Modern Internasional Dea Malela mengadakan mulai dari sholat 5 waktu berjamaah, Mufrodat/Muhadatsah (kegiatan untuk meningkatkan atau mempelajari kemampuan berbahasa arab dan inggris), Kegiatan pagi, Mandi, sarapan, persiapan masuk kelas, Literasi dan shalat Dhuha, Kegiatan belajar mengajar (KBM), kegiatan Ko-kurikuler, Belajar malam/muhadharah/murojaah, Makan malam, dan tidur malam. Selain itu, ada kegiatan mingguan terdiri dari Tapak Suci, Muhadatsah, Tahsinul Qur’an, One Day One Verses/hadits, Kepanduan Hizbul Wathan, Senam Pagi, Kerja Bakti, Latihan Pidato.

  • Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Lamongan

Pesantren Karangasem Muhammadiyah merupakan salah satu pesantren yang terletak di  Lamongan atau lebih lengkapnya di  terletak di Jl. Pondok, Paciran, Kabupaten Lamongan. Pesantren ini didirikan pada tanggal 18 Oktober 1948 oleh KH Abd Rahman. Pesantren Karangasem Muhammadiyah mempunyai 6 unit pendidikan, yaitu :

  • MA Muhammadiyah 1 Paciran,
  • SMA Muhammadiyah 6 Paciran,
  • SMK Muhammadiyah 8 Paciran,
  • MTs Muhammadiyah 2 Paciran,
  • SMP Muhammadiyah 14 Paciran,
  • dan MI Muhammadiyah 16 Paciran.

 

Organisasi  yang didirikan oleh pondok pesantren Karangasem Muhammadiyah terdiri dari :

  • AIKA ( Al Islam- Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab)
  • PPPK ( Program Penguatan Pendidikan Karakter)
  • IPM ( Ikatan Pelajar Muhammadiyah)
  • HW ( Hizbul Wathan)
  • ISC (International Short Course for Young Islamic Economics Leaders )
  • dan Pramuka.

  • Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Malang

Pondok pesantren ini didirikan oleh K.H. Sujarwo pada tahun 1995 dan sekarang diasuh oleh  Ust. Lookh Makhfudz. Al-Munawwaroh Malang berlokasi di Jl. Kyai Sofyan Yusuf No.32, Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kurikulum pendidikan di sini memakai kurikulum kemenag dan Pondok pesantren Al-Munawwaroh Malang, didirikan pondok ini bertujuan untuk mencetak penerus bangsa yang mempunyai kepribadain mandiri, berjiwa pemimpin, dan  Penghafal Al-Qur’an dalam 6 tahun, menguasai ilmu pengetahuan , teknologi , inggris, dan bahasa arab.

 Baca juga : 12+ Daftar Pondok Pesantren Favorit & Modern Terbaik Di Lampung, Bisa Jadi Referensi Bagi Para Orang Tua

Daftar pondok pesantren muhammadiyah terbesar di Indonesia

12+ Pondok Pesantren Muhammadiyah Favorit Dan Terbesar Di Indonesia
Image source : YT KemenPUPR
  • Pondok Pesantren Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman berlokasi di Jalan Nurul Iman 01, Waru Jaya Village, Parung, Kota Bogor merupakan salah satu pesantren Muhamadiyah yang tertua dan terkenal di Indonesia maupun di mancanegara dan sudah menggunakan sistem pendidikan pondok pesantren modern dan salaf.  Pesantren ini didirikan oleh Al ‘Alim Al ‘Alamah Al Arif Billah Sayyiduna Syekh Al Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abi Bakar bin Salim yang mempunyai julukan Abah beserta istrinya yaitu Umi Waheeda binti Abdul Rahman pada tanggal 16 Juni 1998.

Untuk jenjang pendidikan disini mulai dari tingkatan TK, SD, SMP, SMA, dan STAI Nurul iman.Selain itu, disini juga memiliki usaha atau kewirausahaan yang terdiri dari : Darul ulang sampah, konveksi, nurul iman offset, NIC barbershop, OINTIKA, pabrik roti, perikanan, pertanian, peternakan, public entertainment, studio, usah tahu, tempe, susu kedelai, toserba, dan yang terakhir bioflok.

 

  • Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam

 

Awal mula berdirinya Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam ini di karenakan sedikit sekali imam masjid dan da’i atau penceramah islam yang ada di daerah situ, maka dari itu dibentulah Pondok Pesantren Muhamadiyah Zam Zam oleh Bapak H. Casiwan HS dan masyarak setempat yang ada di daerah sana pada tanggal 17 Juni 2008. Pondok pesantren Muhamadiyah Zam Zam berlokasi di l. Raya Pernasidi No. 9, Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, indonesia. Pesantren ini memiliki program yang terdiri dari Menjadi Pesantren Standar Nasional (SSN), Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan, Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance, Mengembangkan Budaya daerah, Mengembangkan Kemampuan bahasa, keagamaan dan Teknologi Informasi dan Meningkatkan Daya serap Ke Perguruan Tinggi Favorit.

  • Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera Utara

Pondok Pesantren Muhamadiyah Tobelo Halmahera berlokasi di Togoliua, Kecamatan Tobelo Bar, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Untuk jenjang pendidikan di sini mulai dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Dan sistem pendidikan disini menggabungkan antara pesantren modern dengan tradisional.

  • Pondok Pesantren An-Nur Malang

Pondok Pesantren An-Nur ini terletak di Krebet senggrong, Kecamatan Bulu Lawang, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur dan didirikan oleh Almagfurlah Romo KH. Anwar Nur pada tahun 1948. Jenjang pendidikan terdiri dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi atau universitas yang ada di Pondok Pesantren An- Nur Malang.

  • Pondok Pesantren Darul Ulum

Pesantren terbaik muhammadiyah selanjutnya adalah Darul Ulum yang berlokasi di Sewugalur, Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. pesantren ini salah satu pondok pesantren tertua di indonesia karena yang sudah berumur sekitar 1 abad atau lebih tepatnya pada tahun 1885 M.

  • Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Pati

Pesantren Raudlatul Ulum berlokasi di Guyangan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, indonesia. Pondok Pesantren ini sudah berumur setengah abad yang lalu atau berdiri pada tahun 1950 an. Unit pendidikan di pesantren Raudlatul Ulum mulai jenjang Madrasah Ibtidiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Untuk ekstrakurikuler di sini cuma ada Marching Band (hadrah) dan fasilitas di pesantre  Raudlatul Ulum terdiri dari Lab ipa dan bahasa untuk sarana pembelajaraan.

Baca juga : 15+ Pondok pesantren salafiyah terbaik dan modern di bandung| Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

Nah itulah beberapa informasi tentang daftar pondok pesantren muhammadiyah favorit dan terbesar di Indonesia.  Kalo ada pertanyaan seputar informasi tentang pondok pesantren  silahkan cantumkan ke kolom komentar di bawah ini atau bisa langsung hubungi admin , sekian terima kasih yang sudah membaca artikel ini, jangan lupa selalu pantau web fataya.co.id  karena nanti ada banyak informasi bermanfaat, sekian terimakasih.

 

 

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*