11+ Pondok Pesantren Salaf Dan Modern Terbaik Untuk Pendidikan Si Kecil Di Sukabumi

11+ Pondok Pesantren Salaf Dan Modern Terbaik  Untuk Pendidikan Si Kecil Di Sukabumi
Image source : YT Al-Ma'tuq TV

 

Pondok pesantren  di Sukabumi | Sukabumi merupakan salah satu wilayah yang terletak di Jawa Barat. Lebih lengkap nya wilayah ini langsung berbatasan dengan Cianjur, Bogor, juga Lebak, juga 40% berbatasan dengan lautan, menjadikan wilayah ini terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Tentu dari aspek ini kita bisa tahu, bahwasannya juga ada banyak pondok pesantren di sukabumi.

Pondok pesantren  merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berhubungan langsung untuk meningkatkan kualitas keagamaan yang dimiliki oleh seorang anak. bukan hanya meningkatakan kualitas anak,tetapi pesantren juga membantu anak kita mencetak kepribadian yang mandiri hingga kemampuan bergaul.

Oleh sebab itu, saya akan berikan daftar tentang Pondok pesantren salaf dan modern terbaik  untuk Pendidikan Si Kecil di sukabumi.

Pondok Pesantren Salaf Di Sukabumi

11+ Pondok Pesantren Salaf Dan Modern Terbaik Untuk Pendidikan Si Kecil Di Sukabumi
Image source : YT Al-Ma’tuq TV

 

  • Pondok Pesantren Syamsul’ulum

Pesantren ini terletak di  Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Syamsul’ulum merupakan pesantren yang berdiri pada tanggal 05 Februari 1933 M/ 14 Syawal 1354 H dan didirikan oleh KH. Ahmad Sanusi . sistem pendidikan di pesantren ini adalah mengkombinasikan antara pesantren modern dengan pesantren salafiyah.

Jenjang pendidikan di pesantren syamsul’ulum mulai dari TKQ/TPQ, MTs, MA, SMK, STAI, STISIP dan untuk non formalnya yaitu Madrsah Diniyah, Tahfidzul Qur’an.

Untuk ekstrakurikulernya terdiri dari Tahfidzul Qur’an, Kajian Kitab kuning, Tahlil, Imamah, Khitobah, Muhadlarah (Latihan Pidato/Dakwah), Life Skill, Marchingband, Komputer, Pramuka, Seni Hadroh, Kursus B. Arab dan B. Inggris

Ketrampilan Hidup dan Wirausaha. Fasilitas di sini cukup lengkap yaitu :

  1. Masjid
  2. Asrama Pesantren
  3. Gedung Sekolah
  4. Perpustakaan
  5. MCK/WC
  6. Laboratorium Komputer
  7. Laboratorium Bahasa
  8. Ruang tamu
  9. Kopontren
  10. Klinik Kesehatan
  11. Aula
  12. Pondok Pesantren al- Qur’an Al Ghozaliyyah Citamiang Kota Sukabumi

 

al- Qur’an Al Ghozaliyyah merupakan salah satu pondok pesantren terbaik dan  memiliki kualitas pendidikan yang baik di sukabumi. pesantren ini terletak di Citamiang Kota Sukabumi.Didirikan pada tahun 1976 M oleh K.H Ghozali sanusi di bawah naungan yayasan Al- Ghozaliyah kota sukabumi. Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan disini terdiri dari SMP dan SMA. Untuk kurikulumnya masih menggunakan kurikulum dari pemerintah dan juga kurikulum dari pesantren al- Qur’an Al Ghozaliyyah.

  • Pondok Pesantren Ar. Rahman

 

Pondok Pesantren Ar. Rahman berlokasi di Jalan Mohammad Amir KM. 9,Kecamatan  Bojong Genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan salah satu pondok pesantren yang terbaik selanjutanya di Sukabumi. Didalam pesantren ini terdapat Lembaga Pendidikan SMP dan SMA yang berbasis Pondok Pesantren Modern.

  • Pondok Pesantren Al Falah SukaBumi

 

Pondok Pesantren Al Falah merupakan salah satu pondok pesantren tertua yang ada di sukabumi, karena berdiri sejak tahun 1908 dan Pertama didirikan dan dipimpin oleh Almarhum KH. Muhammad Siddiq, selanjutnya ke Generasi dua di pimpin oleh Abdullah Sanusi bin KH. Muhammad Sidik dan sekarang Generasi ke tiga dipimpin KH. Mahbub Sanusi bin KH. Abdullah Sanusi yang biasa di panggil ” Abah ” oleh para santri disana.

  • Pondok Pesantren Al Ma’tuq Sukabumi

Pondok Pesantren Al Ma’tuq berlokasi di Jl. Kadudampit Km. 03 Kampung Cikaroya,  Desa Gunungjaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.  Al Ma’tuq adalah salah satu pondok pesantren yang menampung anak – anak yatim atau menggratiskan biayanya agar bisa bersekolah atau mondok di pondok Al Ma’tuq. Pesantren ini didirikan oleh lembaga pendidikan dibawah binaan Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta, dan diresmikan pada tanggal 2 Dzulqa’dah 1417 H / 11 Maret 1997 M, oleh Bupati Sukabumi dan Duta Besar Kuwait.  Sebelumnya pesantren  Al Ma’tuq hanyalah sebuah pesantren biasa yang hanya mengajarkan ilmu agama saja, tetapi Seiring dengan memulai pendidikan tingkat Dasar pada tahun 2015, Pesantren menginginkan adanya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar Qur’an (SDQ) Al-Ma’tuq, dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TK-IT) Al-Ma’tuq.

Baca juga : 14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara

Pondok Pesantren Modern Terbaik Di Sukabumi

11+ Pondok Pesantren Salaf Dan Modern Terbaik Untuk Pendidikan Si Kecil Di Sukabumi
Image source : YT Alkausar Islamic Boarding School
  • Pondok Pesantren Al Bayan Sukabumi

Pondok Pesantren Al Bayan adalah salah satu pondok pesantren terbaik yang terdapat di Sukabumi dan yang salah satu pendiri dari sekolah SMA unggul yang ada di Sukabumi. Untuk SMA Pesantren Unggul Al Bayan berlokasi di Jl. Al Bayan no. 100, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Berdiri dan beroperasi pada tahun 1999/2000. Peresmiannya sekolah ini dilakukan oleh Menteri Agama RI saat itu, Drs. H. Malik Fajar, M.Sc. Pesantren ini juga tergolong ke dalam pesantren yang memiliki banyak sekali santri.

Fasilitas di Al bayan ini termasuk lengkap yang terdiri dari masjid, asrama, ruang kelas, Laboratorium IPA, Lab komputer, dan lain sebagainya. Untuk ekstrakurikulernya yaitu :

  1. Bahasa
  2. Bela Diri
  3. Olahraga
  4. Minat dan Bakat
  5. Sains dan Teknologi
  6. Seni dan Budaya

 

  • Pondok Pesantren Modern Al Umanaa Sukabumi

 

Pesantren ini terletak di Jl. Pelabuhan II Km 10, Kp. Cikaret, RT.002/RW.014, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunung Guruh,Kabupaten Sukabumi. Al Umanaa bergerak dalam bidang sosial, kegamaan, dan juga kemausiaan. Pondok ini sudah berdiri kurang lebih 7 tahun atau lebih lengkap nya tahun 2012 dan didirikan oleh K.H. Mindjali A.S., yang berada di bawah naungan Yayasan Al Umanaa yang dipimpin oleh Dra. Gustinaningsih.

Untuk jenjang pendidikan di pesantren Al Umanaa terdiri dari SMP yang di resmikan dan beroprasi tahun 2014 dan SMA yang di resmikan pada tahun 2017. Ekstrakulikuler di sini terbilang banyak yaitu :

  1. bidang olaraga terdiri atas sepak takraw, bola basket, futsal, panahan , bola voli, karate, dan badminton.
  2. bahasa terdiri dari arabic club, deutsche club, english debate club,dan japanese club.
  3. seni (marawis, litercy club, kaligrafi, desain gragis, jurnalistik, dan merajut.
  4. lainnya seperti bank sampah, pramuka, KIR (Karya Ilmiah Remaja), dan lingkar sastra.

 

  • Pondok Pesantren Al Kausar Sukabumi

 

Pondok Pesantren Al Kausar Sukabumi berlokasi di  Jl. Habib Babakan Jaya, Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dan didirikan pada tahun 1997 yang berawal dari semangat untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan islam yan mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi dan juga memiliki sifat berakhlak mulia. Visi dan misi dari pesantren ini yaitu

Visi :

Menjadi sekolah terbaik yang dapat menghasilkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkepribadian islami, menguasai iptek, terampil dan mandiri.

 

Misi :

  • Membimbing peserta didik untuk memahami ajaran Islam secara komprehensif agar memiliki komitmen dalam menjalankan ajaran Islam.
  • Membantu peserta didik menjadi pribadi yang mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang secara optimal dan menerapkannya untuk diri dan lingkungannya.
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang mendukung tumbuhkembangnya jiwa kepemimpinan dan keterampilan hidup bagi peserta didik.
  • Membangun reputasi sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.

Fasilitas di pesantren ini terdiri dari :

  • Fasilitas Pendidikan & Pengajaran mulai dari :

 

  1. Ruang kelas berkapasitas 20 orang,
  2. Perpustakaan,
  3. Laboratorium IPA (Fisika, Kimia dan Biologi),
  4. Laboratorium Komputer,
  5. Audio Visual,
  6. Pusat Sumber Belajar (PSB).

 

  •  Fasilitas Olahraga terdiri atas:
  1. Kolam Renang,
  2. Sepak Bola, Lapangan Futsal/Bola Basket Semi Indoor
  3.  Bulu Tangkis (indoor),
  4. Arena Memanah

 

  • Fasilitas-fasilitas lain seperti :

 

  1. Masjid Asyifa (Putra),
  2. Masjid Tuti Marini (Putri),
  3. Asrama Putri, Putra SMA, Putra kelas VII &, Kelas VIII, dan Kelas IX
  4. Klinik Umum dan Gigi,
  5. Taman,
  6. Kantin,
  7. Laundry,
  8. Toko Sekolah,
  9. Bus Sekolah,
  10. Auditorium,
  11. Fasilitas Outbound,
  12. Gasebo,
  13. Kampoeng Kita (Camping Ground)

 

  • Pondok Pesantren As Salam Sukabumi

 

Pondok Pesantren As Salam berlokasi di Sukaharja, Kecamantan Wr. Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. As Salam merupakan salah salah yayasan pondok pesantren yang sudah mulai dirintis pada tahun 1968 oleh K.Ir.Lukman Herawan dengan KH. Abdurrahman yang merupakan ayah handanya. Pesantren ini terletak di atas tanah wakaf yang memang telah di wakafkan untuk Pondok Pesantren As Salam ini. Adapun tujuan dari  Pondok Pesantren As Salam yaitu untuk membentuk santri agar memiliki iman yang kuat, membentuk kepribadian yang cerdas secara emosional, intelektual dan spiritual.

Fasilitas di pesantren ini terbilang lengkap karena terdiri dari :

  1. Asrama
  2. Kelas
  3. Masjid
  4. perpustakaan
  5. Kolam Renang
  6. Koperasi
  7. Toko Pelajar
  8. Kantin
  9. BMT
  10. Balai Pertemuan
  11. Laboratorium IPA
  12. Bahasa
  13. Komputer
  14. Lapang Basket, Futsal, Sepak Bola, Badminton, dan Takraw
  15. Dan masih banyak lagi

Baca juga : 14+ Pondok Pesantren Terbaik & Paling Eksis Di Sulawesi Selatan| Gratis Khusus Putri

Pondok Pesantren Terbaik  Untuk Pendidikan Si Kecil  Di Sukabumi

11+ Pondok Pesantren Salaf Dan Modern Terbaik Untuk Pendidikan Si Kecil Di Sukabumi
Image source : YT Sukabumi Update
  • Pesantren Al Masthuriyah Sukabumi

Ponpes Al Masthuriyah  berlokasi di Jl. Nasional 3, Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pesantren ini adalah salah satu dari pesantren tertua yang ada di daerah Sukabumi. Di karenakan berdiri sejak tahun 1920, dan oleh sebab itu pesantren ini  menghasilkan ratusan ribu santri yang berkualitas tinggi. Al mustahuriyah memiliki banyak jenjang pendidikan mulai dari MI, MTs, SMP, MA, SMK, SMA,  dan lain lainnya.

  • Pesantren Kaligrafi Lemka Gunung Puyuh

Ponpes ini terletak di Jl. Bhineka Karya No.53, RT.03/RW.06, Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.  Pondok pesantren ini dari nama nya saja kita bisa tebak bahwasannya pesantren ini mengelola pendidikan dan latihan di bidang seni kaligrafi.Dan Kaligrafi Lemka Gunung Puyuh merupakan pesantren pertama di Indonesia yang mengelola pendidikan dan latihan di bidang seni kaligrafi.

Kira-kira, sudah ada gambaran mau mondok di Pesantren  mana yang ada di  sukabumi?, kalo ada pertanyaan silahkan cantumkan ke kolom komentar di bawah, sekian terima kasih yang sudah membaca artikel ini, jangan lupa selalu pantau fataya.co.id karena nanti ada banyak informasi seputar pondok pesantren.

 Baca juga : 15+ Pondok pesantren salafiyah terbaik dan modern di bandung| Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*