14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara

14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara
image source : YT Muhassin Djalal

Pondok pesantren merupakan yayasan pendidikan yang mengutamakan ilmu agama, dan bertujuan untuk mendidik anak agar menjadi seseorang yang mempunyai sifat mandiri, karena di pondok pesantren mengajarkan anak untuk hidup sendiri atau hidup tanpa orang tua dan hanya sesekali orang tua menjenguk anak nya. Selain menjadi kan anak untuk hidup mandiri, di ponpes juga mengajarkan anak  supaya memiliki sifat yang penyabar, karena di situ anak diuji emosinya mulai dari antri dalam makan, mandi, dan tidur pun harus berbagi ranjang kepada teman kita yang sekamar. Dari pernyataan di atas kita bisa memikirkan, bahwasannya lebih baik kita atau anak kita di masukkan ke dalam pondok pesantren. Maka dari itu, saya akan memberikan daftar pondok pesantren salafi dengan kualitas terbaik terutama anda yang tinggal di daerah jawa timur.

Berikut 14+ daftar pondok pesantren salafi dengan kualitas terbaik di jawa timur yang dikenal luas prestasinya hingga mancanegara

Daftar Pondok Pesantren Salafi Di Jawa Timur

14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara
image source : YT Muhassin Djalal

 

  • Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor

Pondok pesantren salafi yang pertama adalah Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor yang terletak di  Desa Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Sesuai namanya pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor  ini terkenal akan penguasaaan bahasa asing, kedisiplinannya, dan lain sebagainya, selain terkenal pesantren ini memiliki banyak cabang seperti Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2, Pondok Modern Darul Ma’rifat Gontor Kampus 3, Pondok Modern Darul Muttaqin Gontor 5, Pondok Modern Darul Qiyam Gontor 6, Pondok Modern Darussalam Gontor 9, dan masih banyak lagi.

Modern Darussalam Gontor merupakan pondok pesantren tertua di jawa timur karena, sudah berdiri sekitar 1 abad lalu dan juga memiliki banyak santri.  Pesantren ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlaq karimah, beriman, dan bertakwa kepada allah serta mengabdi pada umat dengan penuh keikhlasan dan berperan aktif dalam lingkungan masyarakat. karena itu, sejak awal mula berdirinya pesantren Modern Gontor telah menanamkan bahwasannya “pendidikan lebih penting daripada pengajaran”.

 

  • Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan Jombang

Pesantren Sunnah Darul Ulum berlokasi di Kecamatan Petarongan, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa timur. Sunnah Darul Ulum merupakan salah satu pondok tertua di jombang yang sudah berdiri satu setengah abad yang lalu atau lebih tepatnya pada tahun 1885, dan sudah mencetak banyak generasi santri dari negera indonesia atau luar negera indonesia (international). Pondok Sunnah Darul Ulum didirikan oleh murid dari Kyai Cholil Bangkalan yaitu KH. Tamim Irsyad dan  Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan formal mulai tingkat Sekolah Dasar (SD),Sekolah Menengah Pertama (SMP),Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga Perguruan Tinggi (Universitas).

 

  • Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok Pesantren Tebuireng terletak di  Jl. Irian Jaya No.10, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur dan didirikan pada tahun 1899 oleh Hadhrotussyekh KH. Hasum Asy’ari. Tebuireng  merupakan Pondok pesantren terbesar di Kota Jombang, Jawa timur. Untuk jenjang pendidikan di sini terdiri dari Madrasah Tsabawiyah (MTs), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Universitas. Fasilitas di tebuireng ini cukup lengkap mulai dari Koperasi, Perpustakaan, Pengolahan sampah, dan lain sebagainya.

 

  • Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pondok pesanten salafiyah selanjutanya adalah Pondok Pesantren Sidogiri yang terletak di Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Pesantren ini didirikan saat masa penjajahan belanda yang ada di indonesia atau lebih lengkapnya pada tahun 1718 oleh Sayyid Sulaiman dan juga merupakan pondok tertua yang ada di negara Indonesia. disini memiliki jenjang pendidikan yaitu Madrasah Miftahul Ulum (MMU) yang terdiri dari  tingkat Idadiyah setara dengan TK, Ibtidaiyah setara dengan SD, Tsanawiyah setara dengan SMP, dan Aliyah setara dengan SMA. Untuk kegiatan di pondok pesantren Sidogiri yaitu :

  1. Tahajud dan Witir Bersama
  2. Pengajian Kitab Kuning
  3. Salat Subuh Berjamaah
  4. Olahraga
  5. Takrar Nazham
  6. Jam Belajar
  7. Salat Dhuha Berjamaah
  8. Musyawarah
  9. Salat Dhuhur & Ashar Berjamaah
  10. Salat Maghrib Berjamaah
  11. Mengaji al-Quran
  12. Baca Salawat
  13. Kursus Pengkaderan Ahlusunah wal Jamaah (Annajah)
  14. Baca Burdah
  15. Baca Diba’
  16. Gerak Batin
  17. Jaga/Ronda Malam
  18. Baca Munjiyat, Ratibu al-Haddad, dan Surat Kahfi
  19. Tahfizh al-Qur’an

 

  • Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Pesantren salafi ke 5 yaitu Pondok Pesantren Lirboyo yang terlatak di Kediri atau  Desa Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan pada tahun 1910 Masehi oleh KH. Abdul Karim dan masih memegan teguh sebagai pondok salaf, yakni pondok yang menekankan untuk membaca dan mengkaji kitab-kitab kuning (kitab salaf) untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari. Pondok pesantren ini memiliki banyak cabang Pesantren yang terdiri dari:

  1. Cabang Pagung, Kediri
  2.  Turen, Malang
  3.  Majalengka
  4.  Santren, Blitar
  5. Cabang Bakung, Blitar

 

  • Pondok Pesantren Al Khoirot Malang

Pondok pesantren Al-Khoirot ini berlokasi di Jl. KH Syuhud Zayyadi No.01, Dusun Adi Luwih, Desa Karangsuko,Kecamatan Pagelaran,Kabupaten Malang, Jawa timur. Didirikan sejak tahun 1963s ampai terjadinya tiga kali pergantian pimpinan atau pengasuh dan sistem salaf murni sampai sistem kombinasi salaf – modern sampai sekarang. Jenjang pendidikan disini terdiri dari pendidikan formal mulai dari tingkatan MTs dan MA, untuk non formalnya MD atau TPQ, Program internsig bahasa arab modern, pengajian kitab kuning, dan tahfidz Al- Qur’ an (menghafal Al- Qur’an).

 

  • Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok Pesantren Langitan adalah salah satu yayasan pendidikan Islam tertua di tuban bahkan di indonesia. Karena berdiri pada tahun 1852 dan berlokasi di Jln. Langitan, Desa Slawe, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur.

  • Pondok Pesantren Bahrul Ulum

Bahrul Ulum merupakan salah satu pondok pesantren salaf yang terletak di jombang atau Jl. Kyai Haji Wahab Hasbullah, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Untuk jenjang pendidikan  di pesantren ini terdiri dari 18 unit pendidikan formal yaitu :

  1. Paud Al-Firdaus
  2. TK Muslimat 2 Bahrul Ulum
  3. MI Bahrul Ulum
  4. MTs Plus Bahrul Ulum
  5. MTsN Tambakberas
  6. MTs FH Bahrul Ulum
  7. SMP Bahrul Ulum
  8. SMK Kreatif Bahrul Ulum
  9. SMKTI Annajiyah Bahrul Ulum
  10. MA WH. Bahrul Ulum
  11. MAN Tambakberas
  12. MA Bahrul Ulum
  13. MA FH Bahrul Ulum
  14. MMA Bahrul Ulum
  15. MAI Bahrul Ulum
  16. SMU Bahrul Ulum
  17. IAIBAFA Tambakberas
  18. STIKES Bahrul Ulum
  19. UNWAHA Tambakberas

 Baca juga : 15+ Pondok pesantren salafiyah terbaik dan modern di bandung| Terpercaya dan Punya Fasilitas Lengkap!

Daftar Pondok Pesantren Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur

14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara
Image source : YT Agenda Guru
  • Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep

 

Pondok Pesantren Al Amien Prenduan berlokasi di Dunglaok, Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Dan didirikan oleh KH. Ahmad Khotib bin Idris dan KH. Ahmad Djauhari sejak setengah abad lalu atau pada tahun 1952 masehi. Program Pendidikan di pesantren ini terdiri dari 2 yaitu kokuriluler dan ekstrakulikuler.

program kokurikuler terdiri atas :

  1. tadarus Al-Qur’an
  2. belajar muwajjah
  3. bimbingan akhlak dan ibadah sehari-hari
  4. bimbingan bahasa Arab dan Inggris.

Program ekstrakulikuler :

  1. berorganisasi
  2.  pramuka,
  3.  pidato 3 bahasa,
  4.  bela diri,
  5. shalawat,
  6. tahlil dan hadrah,
  7. latihan drumband,
  8. dan olahraga.
  9. Pondok Pesantren Annuqayah

Pondok Pesantren Annuqayah merupakan salah satu pondok pesantren yang berada di  Madura dan didirikan pada tahun 1887 oleh  K.H. Moh. Syarqawi. Lokasi dari pesantre ini terletak di Guluk-guluk, Kecamatan Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Untuk jenjang pendidikan di sini terdiri dari TK, MI, MTs, MA, SMK, dan SMA.

  • Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo

 

Pondok pesantren dengan kualitas terbaik di jawa timur selanjutnya adalah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah yang terletak di Jl. KHR. Syamsul Arifin, Sukorejo, Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pesantren ini didirakan pada tahun 1328 H / 1908 M oleh Kyai Syamsul Arifin dan sekarang di asuh oleh KHR. Ach. Azaim Ibrahimy. Untuk lembaga pendidikan disini terdiri dari lembaga pendidikan agama, umum, dan perguruan tinggi.

Kegiatan di pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini seperti pesantren pada umumnya yaitu Shalat Tahajjud, Shalat Berjamaah, Mengaji Al-Qur’an, Pembacaan Nadham, Pengajian Kitab Kuning (salafiyah), Jam Muthala’ah, Kegiatan al-Barqi, Shalat Qiyamul Lail, Pembacaan Burdah Keliling, Pembacaan Berjanji, Shalawat Badar & Istiqasah, Musyawarah madrasah.

Daftar Pondok Pesantren Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara

14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara
Image source : YT Kang djun
  • Pondok Pesantren Bata-Bata Pamekasan

Pondok pesantren Bata Bata berlokasi di  Morsongai, Panaan, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur dan didirikan pada tahun 1363 H atau 1943 M oleh RKH. Abd Majid yang merupakan putra dari RKH. Abd Hamid Bin RkH Itsbat. Untuk pendidikan disini mulai dari pendidikan usia dini (TK), MI, MTs, MA, dan sekolah menengah kejuruan.

 

  • Pondok Pesantren Mamba’ush Shalihin Suci Gresik

Mamba’ush Shalihin Suci merupakan salah satu pondok pesantren yang berada di gresik atau lebih tepatnya di Jl. KH. Syafi’I No. 7, Kecamatan Suci Manyar, Kabupaten Gresik. Pesantren ini didirikan oleh KH. Abdullah Faqih sejak tahun 1969. Untuk kegiatannya terdiri dari kegiatan praktik pidato berbahasa inggris dan bagasa arab, kegiatan sholawat banjari, kegiatan sorogan rutin, sholat jamaah lima waktu , kegiatan muhadhoroh jum’at pagi, olah raga, dan masih banyak lagi. Unit pendidikan di pondok pesantren Mamba’ush Shalihin Suci mulai dari RA, MI, MTs, MA, dan INKAFA.

  • Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan

Pondok Pesantren Al Fatah Temboro berlokasi di RT.02/RW.03, Pule, Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Pendidikan yang di ajarkan oleh santri mulai dari tahfidz Al- Qur’an (menghafalkan 30 juz Qur’an), Santri diajarkan adab dan akhlak menggunakan kitab Muataalim, Ilmu Fikih di PP ALFATAH menggunakan kitab Mabdiul Fqih jus 1-4, Kitab Hadist Miah sebagai materi hadist Dasar para Santri, dan Kitab Sifaul Jinan sebagai acuan ilmu tajwid di PP.

 

Demikianlah informasi tentang 14+ Daftar Pondok Pesantren Salafi Dengan Kualitas Terbaik Di Jawa Timur Yang Dikenal Luas Prestasinya Hingga Mancanegara , apabila ada pertanyaan seputar pondok pesantren atau yang lainnya bisa menghubungi kami atau cantumkan di kolom komentar, saya ucapkan terima kasih yang sudah membaca artikel ini dan jangan lupa mampir di web kami yaitu fataya.co.id

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*