Integrasi adalah.  Membahas arti integrasi, jenisnya [LENGKAP]

integrasi adalah

Integrasi adalah sebuah proses untuk mencampur, membaur sehingga terjadi sebuah kebulatan dan keutuhan masyarakat.

Integrasi memiliki berbagai pengertian. Bila kita mencoba memahaminya dalam pengertian sebuah bangsa, maka integrasi adalah pembauran beberapa kelompok budaya dalam sebuah masyarakat secara nasional yang kita kenal dengan bangsa.

integrasi adalah

Integrasi ini biasa kita kenal dengan nama integrasi nasional. Jenis integrasi nasional ini mampu membentuk sebuah identitas. Yaitu identitas bangsa yang mandiri dan majemuk.

 

Apabila integrasi ini kita maksudkan dalam satu kesatuan sebuah wilayah, sebuah kewenangan-kewenangan atas kekuasaan pemerintah pusat terhadap kelompok yang lebih kecil yaitu rakyat.

 

Pengertian integrasi

Pengertian integrasi

Ada beberapa pengertian integrasi yang perlu kita tahu dan kita pahami agar kita punya pandangan yang luas tentang bagaimana bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang baik dan benar.

Pengetian integrasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mendefinisikan integrasi sebagai pembauran sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan bulat.

Pengertian integrasi nasional

Integrasi Nasional artinya adalah sebuah ketekadan yang bulat untuk menyatu dan membaur dalam satu wadah. Secara politis, integrasi adalah proses melakukan akulturasi budaya dalam rangka untuk membentuk sebuah identitas negara yang kuat. Pengertian ini secara ilmu antropologi adalah sebuah akulturasi sosial, budaya yang mampu menghadirkan kedamaian, keselarasan dalam masyarakat.

 

 Pengertian integrasi menurut para ahli

Para ahli banyak mengemukakan tentang pengertian ini. Diantara mereka menyebutkan bahwa Integrasi adalah sebuah proses akulturasi sebuah bangsa yang terdiri dari berbagai aspek kehidupan. Mulai dari ekonomi, sosial, budaya politik dan agama.

 

Ada seorang pakar yang memberi pengertian yang lebih luas tentang integrasi ini. Dia mengatakan bahwa Integrasi Nasional adalah sebuah kesadaran bersama dalam rangka untuk bersatu sebagai sebuah bangsa Indonesia.

 

Ada juga yang memberi pengertian integrasi nasional merupakan cara masyarakat yang mempunyai sebuah identitas sebagai bangsa dan negara. Dalam integrasi nasional ini butuh penyatuan tekad, kemauan dalam keanekaragaman sosial, budaya menjadi satu tubuh yaitu bangsa Indonesia.

 

Seorang pakar dari Howard wriggins mengatakan bahwa butuh aliansi di masyarakat yang berbeda-beda untuk bersatu padu dalam sebuah kerangka satu kesatuan bangsa dan negara.

Baca juga Pengertian indikator, fungsi dan jenisnya

Faktor pendorong integrasi bangsa

Faktor pendukung integrity

Perlu kita ketahui bersama bahwa salah satu faktor pendukung terjadinya akulturasi dan integrasi adalah munculnya perasaan yang senasib sepenanggungan. Perasaan ini merupakan perasaan yang sama-sama dirasakan oleh masyarakat. Karena mereka terdiri dari berbagai suku bangsa yang pernah dijajah oleh Belanda.

 

Karena sama-sama merasa pernah ditindas oleh penjajah, Maka mereka membuat pemikiran bersama untuk bersatu padu menghadapi penjajah dan mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi. Akhirnya mendirikan negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Latar belakang sejarah merupakan cikal bakal terjadinya negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Merasa sama anak bangsa. Memiliki sejarah yang sama kemudian bersatu-padu, membaur dan berakulturasi menjadi sebuah bangsa yaitu bangsa Indonesia.

 

Munculnya perasaan cinta satu sama lain yang menimbulkan upaya dan usaha untuk bersatu. Rasa ini mampu mengesampingkan perbedaan suku, bangsa, agama.

Munculnya perasaan ini mampu memandang persamaan dan mengambil persamaan untuk membangun integrasi sosial. Munculnya persamaan hati nurani mempermudah terjadinya persatuan untuk membentuk dasar negara yang kuat.

 

Integrasi juga mampu menghasilkan toleransi. Memunculkan perasaan saling mengerti satu sama lain dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

 

Pengertian integrasi mampu merujuk pada perasaan yang sama untuk membangkitkan semangat, gotong royong dalam rangka untuk menumbuhkan perasaan persamaan senasib sepenanggungan bangsa Indonesia.

 

Jenis Integrasi

macam macam Integration

Kita tahu bahwa integritas sebuah bangsa terbentuk melalui proses yang amat panjang. Sehingga menghasilkan beberapa jenis integrasi yang ada di masyarakat. Berikut penulis akan menjelaskan beberapa jenis integrasi yang ada di Indonesia:

Nasional

integrasi nasional merupakan sebuah proses adaptasi beberapa unsur bangsa yang berbeda-beda yang ada di masyarakat. Jenis integrasi  ini menghasilkan pola hidup yang serasi, selaras satu sama lain. Sehingga mampu menimbulkan sebuah manfaat buat masyarakat.

 

Bangsa

Integrasi bangsa adalah kesadaran golongan dengan golongan yang lain yang beraneka ragam dan berbeda-beda. Secara logika mereka tidak mampu dirumuskan secara eksakta. Memiliki faktor objektif yang mampu membedakan satu sama lainnya tetapi mereka bersatu dalam wadah bangsa Indonesia.

 

Budaya

Integrasi budaya merupakan sebuah proses yang menyelesaikan antar sebuah unsur budaya yang ada di masyarakat yang berbeda-beda. Semua dalam rangka untuk mencapai keserasian dan keselarasan dalam hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 

Sosial

Integrasi sosial adalah penyelesaian sebuah unsur-unsur yang ada di masyarakat yang berbeda-beda dalam rangka untuk mencapai kehidupan sosial yang selaras untuk menghasilkan kehidupan yang adem, nyaman, bahagia sama-sama masyarakat Indonesia.

 

Masyarakat

Integrasi masyarakat adalah integrasi yang berproses. Bisa dengan perpaduan satu atau beberapa unsur yang ada di masyarakat yang terdiri dari kedudukan sosial, pranata sosial serta peranan sosial masyarakat secara luas.

 

Contoh integrasi

Ada banyak contoh integrasi yang  ada di masyarakat. Misalnya saja:
Integrasi nasional

Contoh nyata terjadinya integrasi nasional yaitu ketika TNI dan Polri menghadapi gerakan pemberontakan separatis yang mengancam terjadinya kedamaian dan perdamaian Indonesia. Gangguan dan terror  Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan gerakan RMS yang berusaha untuk merdeka serta memisahkan diri dari bangsa Indonesia.

 

Sosial

Contoh terjadinya integrasi sosial adalah terjadinya konflik antar suku Dayak yang asli dengan beberapa warga pendatang yang berasal dari daerah Madura di Kalimantan. Pada saat itu, ada 2 orang warga Madura diserang oleh beberapa warga Dayak. Karena konflik berdarah ini ada 500 orang yang meninggal dunia dan lebih dari 100.000 warga Madura kehilangan rumah dan tempat tinggal.

Baca Pengertian Platform dan contohnya dalam kehidupan sehari hari

 

Faktor penghambat

penghambat integritas

Salah satu faktor penghambat Integrasi adalah adanya batas wilayah, ras, paham dan agama.

Padahal, kita ketahui bersama bahwa menurut pengertian integrasi nasional tidak ada batasan yang menjadi sekat antara kita sesama anak bangsa baik itu jenis, ras, suku, wilayah, agama atau status sosial.

 

Tetapi kenyataannya karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau. Sehingga setiap wilayah satu dengan wilayah lain tidak terkoneksi secara langsung. Wilayah yang ada dibatasi oleh laut, hutan dan sungai.

 

Maka mengakibatkan komunikasi terhambat. Sulitnya membaur antar anak bangsa yang satu dengan yang lainnya karena perbedaan wilayah, perbedaan bahasa juga menjadi salah satu penghambat proses Integrasi nasional.

 

 

Perbedaan integrasi dan disintegrasi

Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan integrasi dan disintegrasi.

 

Apa perbedaan antara integrasi dan disintegrasi?

Kita tahu bahwa pengertian disintegrasi bertolak belakang dengan integrasi.  Disintegrasi artinya kegagalan masyarakat dalam ranka untuk bersatu padu, beradaptasi dengan masyarakat lainnya.

 

Contoh disintegrasi

Pengkhiaatgan yang pernah PKI (Partai Komunis Indonesia) lakukan  pada tahun 1965. PKI berusaha melakukan kudeta pada pemerintahan yang syah dan ingin menjadikan Indonesia sebagai negara komunis (negara tanpa agama). Ajaran komunisme sangat bertentangan dengan Pancasila sila pertama yaitu “Ketuhanan yang maha Esa”

 

Peristiwa 1998 pada saat Indonesia dalam kepemimpinan presiden Soeharto. Banyak elemen masyarakat yang menuntut Soeharto mundur dari tampuk kepemimpinan nasional karena telah terjadi krisis moneter, KKN pada segala lini lembaga pemerinahan, DPR, MPR bahkan MA.

 

Adanya upaya dari NII (negara Islam Indonesia) yang diusung oleh Karto Suwiryo tapi gagal total.

 

Dampak disintegrasi

Ketika terjadi disintegrasi bangsa maka berdampak pada banyak sector dan sendi kehidupan berbangsa da bernegara.

 

Berikut dampak terjadinya disintegrasi bangsa:

Menimbulkan konflik sosial. Kondisi ini berawal dari rasa kurang puas antara kelompok masyarakat yang satu dengan kelompok yang lainnya.

Merusak integrasi sosial. Integrasi sosial jadi rusak karena kelompok yang satu mementingkan kepentingan pribadi dan golongan mereka tanpa mau mengindahkan kelompok yang lainnya.

Interaksi sosial terganggu. Hal ini terjadi karena komponen yang ada dalam masyarakat terkotak kotak dan tidak saling membaur satu sama lainnya

 

Terhambatnya hubungan sosial masyakarat. Hal ini bisa terjadi karena Sebagian golongan mementingkan kepentingan golongannya dan tidak mau mengindahkan kepentingan golongan lain

Tidak tercapainya pembangunan nasional yang merata. Pembangunna yang terkonsentrasi di  ibukota mengakibatkan wilayah lain lambat dan terbengkalai pembangunannya. Sehingga hal ini menjadi pemicu terjadinya disintegrasi wilayah di masyarakat.

Demikian pembahasan tentang Integrasi adalah.  Membahas arti integrasi, jenisnya [LENGKAP] yang bisa penulis sajikan kehadapan pembaca sekalian. Semoga bermanfaat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*