Doa pagi Hari dan Sore Hari yang nabi Muhammad ajarkan LENGKAP

doa pagi sore

Doa pagi Hari dan Sore Yang Sering kita Lalaikan. Padahal besar Sekali Manfaatnya

Doa pagi hari sering lupa kita baca.

Mengapa? Karena belum terbiasa.

Doa adalah panjatan dan harapan seorang hamba kepada Allah Subhanahu Watalaa. Membaca doa sangat dianjurkan oleh Allah kepada hambaNya.

Allah yang memerintahkan dan menganjurkan kita berdoa dan Allah pula yang akan mengabulkan doa doa yang kita panjatkan tersebut.

doa pagi sore

Gambar: nu.or.id

 

Doa adalah hakekat kepasrahan dan totalitas seorang hamba kepada Allah Subhanahu Watalaa. Makin pasrah dan taat seogan hamba keapdaNya, makin dekat dia kepada Allah.

Makin dekat dia kepada Allah makin mudah Allah mengabulkan doa dan harapan yang dia panjatkan.

 

Sebaliknya, semakin seseorang merasa mampu atau bahkan mengandalkan sesuatu selainnya. maka Allah akan semakin berlepas dari hamba tersebut.

Termasuk keutamaan dan kemulyaan Allah adalah ketika memerintahkan kita berdoa kepadaNya. Allah maha kasih sayang dan cinta kepada hambaNya yang mau berdoa dan berserah diri.

 

Bagi seorang hamba yang beriman, ketika berdoa kepada Allah, kita merasa bahagia dan dekat denganNya. Kita merasa telah menyerahkan urusan kita yang pelik dan sulit kepada Allah tuhan yang memiliki segala solusi dan jalan keluar. Allah maha kaya atas segala sesuatu.

Kekayaan Allah tidak akan berkurang sedikitpun walau Allah mencukupi bahkan mengayakan seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini. Ibarat samudera yang luas, rejeki dan karunia yang Allah berikan kepada semua makhluk seperti setetes air yang ada diujung jari kita. Dimana jari itu kita masukan ke dalam samudera yang luas.

Sedikit sekali air yang setetes itu tapi mampu mencukupi kebutuhan semua makhluk yang ada di semesta ini. Lantas apakah karena setetes air yang menempel di ujung jari kita air laut jadi berkurang? tidak sama sekali.

Inilah ibarat kekayaan Allah yang tiada banding, tiada tanding diberikan kepada seluruh makhluk, tidak berkurang sediktipun kekayaan Allah Subahnahu Wata’alaa.

 

Barangisapa yang menaati Allah dan rosulNya, niscaya Allah akan mengabulkan semua doa doanya. Tentu dengan karunia, rahmat dan kemuliaan Allah Subhanahuu Wata’alaa. Salah satu orang soleh berkata:

أنا لا أخشى ألا يجاب دعائي ، ولكني أخشى أن أحرم الدعاء

“AKu tidak kuatir dengan doa yang tidak dikabulkan tetapi aku kuatir dengan terhalangnya doa”

Seseorang akan curhat dan berbagi dengan kekasih hatinya tentang apa yang dia rasakan dan apa yang terjadi pada dirinya sendiri. bagi seorang muslim, tiada kekasih yang lebih agung, lebih mulia di banding Allah Subhanhuu Wata’alaa.

Sebagai hamba Allah tentu kita harus banyak bersyukur kepadaNya. Dimana Allah sudah mengaruniakan begitu banyak nikmatNya kada kita.

Salah satu wujud dan bentuk syukur hamba kepada Allah adalah dengan banyak menyebut namaNya dan berzdikir setiap saat setiap waktu. Dzikir pagi sore termasuk dalam rangka mengisi dan menghiasi diri dengan banyak mengingatNya.

Banyak sekali manfaat apabila seseseorangd ekat denganNya. terutama pada waktu pagi dan petang. Hal ini sesui dengan apa yang sudah disabdaan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari sahabat Anas bin Malik ia berkata. Telah bersabda rosulullah SAW:

“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Shubuh sampai terbit matahari lebih aku sukai dari memerdekakan empat orang budak dari anak Isma’il. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah dari mulai shalat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai dari memerdekakan empat orang budak.’”  (HR. Abu Dawud)

 

Manfaat doa pagi hari dan sore hari

Bayangkan, begitu banyak manfaat dan faedah yang bakal di terima oleh orang yang mau membaca doa pagi dan sore secara istiqomah.

  1. Segala sesuatu akan Allah cukupkan 

Barangsiapa yang tiap hari mengucapkan surat An-Nas, Al-Ikhlas dan Al-Falaq sebanyak 3 kali ketika pagi dan sore,  maka Allah akan mencukupinya dari segala sesuatu.

 

2. Menjadi Penghuni Surga

Disebutkan sebuah riwayat dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

 “Barangsiapa mengucap dzikir ini di pagi hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk ahli surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di sore hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum malam maka ia termasuk ahli surga .”

Inilah doa yang di maksud dalam riwayat diatas:

Artinya “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah (Tuhan) yang berhak disembah kecuali hanya Engkau ya Allah. Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu menjalankan ketaatan dan menjauhi larangan, pen) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa pahala). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosa-dosaku. Ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”  (Dibaca 1 x)

3. Mendapat ridho Allah pada hari kiamat

Barangsiapa yang mengucapkan hadits ini sebanyak tiga kali di  waktu shubuh hari dan tiga kali di sore, maka pantas baginya mendapatkan ridho Allah pada  hari kiamat

 

4. Menjadi orang terbaik di hari kiamat

Di riwayatkan dari  sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang mengucapkan kalimat “Subhanallah wa bi hamdihi di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” (HR. Muslim)

 

5. Mendapat pahala seperti membebaskan 10 budak

 Dicatat 100 kebaikan, dihapus 100 kesalahan, terjaga dari gangguan setan, dan merupakan sebaik-baik amalan di dunia ini

sayyidul istighfar

“Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Milik Allah lah kerajaan dan segala pujian. Dia-lah yang berkuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 100 x)

Barangsiapa yang terbiasa mengucapkan dzikir tersebut dalam sehari sebanyak 100 x, maka dia mendapat pahala dan keutamaan seperti membebaskan 10 orang budak, dicatat baginya 100 kebaikan, dihapus baginya 100 kesalahan, dirinya akan terjaga dari gangguan setan dari pagi hingga sore hari, dan tidak ada seorang pun yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali oleh orang yang mengamalkan lebih dari itu.

 

6.  Tidak ada yang dapat Membahayakannya

Barangsiapa yang biasa mengucapkan dzikir tersebut sebanyak tiga kali di waktu shubuh  dan tiga kali di sore hari, maka tidak akan ada yang membahayakan dan memudhorotkannya

“Dengan nama Allah yang bila disebut namaNya, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Dibaca 3 x)

 

7. Mendapatkan syafa’at dari nabi Muhammad SAW

Dari Abu Darda’, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa bershalawat untukku sepuluh kali di pagi dan sore hari, maka ia akan mendapatkan syafa’atku di hari kiamat nanti.”  (HR. Thobroni)

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad.” (Dibaca 10 x)

Demikian pembahasan tentang doa pagi dan sore, semoga kita bisa mengamalkan doa dahsyat ini dalam kehidupan kita sehari hari.

Doa pagi hari Islam

Sebagai seorang muslim, baik sekali bila kita bisa membaca doa pagi hari dan sore hari setiap hari. Doa ini akan menjadi wasilah kita memohon keselamatan kepada Allah dari segala macam mara bahaya yang menghadang kita.

Mengawali pagi dengan bacaan doa pagi hari adalah sebuah kecerdasan dan tindakan jenius. Betapa tidak, saat kita membaca doa pagi hari secara langsung kita minta kepada Allah keselamatan. Kita pasrah keselamatan kita pada Allah yang maha menyelamatkan.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance