Aplikasi adalah ? Pengertian Aplikasi dan Contohnya

aplikasi adalah

Aplikasi adalah sesuatu yang sangat penting di era digital ini. Betapa tidak, dengan adanya aplikasi kita bisa melakukan banyak hal melalui sebuah Ponsel pintar dan sistem operasi. Baik itu Android ataupun Ios. Semua kecanggihan teknologi ini tidak bisa lepas dari yang namanya aplikasi.

aplikasi adalah

Aplikasi adalah sebuah program perangkat lunak dalam rangka untuk keperluan tertentu. Aplikasi bukan hanya sebuah program yang ada dalam ponsel, Android dan iOS saja.

Bahkan program yang ada dalam sebuah komputer juga bisa dikatakan sebagai sebuah aplikasi.

Dalam artikel ini penulis akan menjelaskan kepada pembaca sekalian tentang aplikasi, definisi aplikasi, sejarah aplikasi, fungsi, jenis-jenis serta contoh dari aplikasi yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pengertian Aplikasi

pengertian

Aplikasi adalah perangkat lunak atau program yang programmer ciptakan dan kembangkan dalam rangka untuk membantu tugas-tugas manusia. Baik program yang ada dalam sebuah perangkat smartphone, laptop serta komputer.

Sebenarnya aplikasi berasal dari bahasa asing, yaitu bahasa Inggris application. Aplication berarti penggunaan atau penerapan. Secara teknis aplikasi manusia buat menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu.

Ketika pemrograman telah selesai, maka aplikasi ini dapat digunakan oleh banyak orang dengan menginstalnya dalam sebuah perangkat Android, iPad, komputer dan laptop. Misalnya saja aplikasi untuk mengolah data, desain grafis, game, perangkat lunak dan lain sebagainya.

Secara umum aplikasi terbagi menjadi tiga bagian; Aplikasi Desktop (Aplikasi yang berjalan pada sebuah komputer atau PC).

Aplikasi Web (aplikasi yang berjalan dalam sebuah komputer dengan koneksi internet) serta aplikasi Mobile. Yaitu sebuah aplikasi yang hanya bisa berjalan dalam smatphone, android dan Ipad.

 

Pengertian aplikasi menurut para ahli

Banyak ahli yang telah mendefinisikan arti dan pengertian dari pada aplikasi. Berikut ini penulis sajikan kepada Pembaca sekalian beberapa pengertian aplikasi yang disajikan oleh para ahli berikut ini:

  • Sri Widianti menyatakan bahwa aplikasi adalah perangkat lunak yang dibuat dalam bentuk sistem yang dipakai untuk mengelola sebuah data sehingga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pengguna.
  • Hengky Praama mendefinisikan aplikasi sebagai sebuah perangkat lunak yang programer buat secara khusus dalam rangka untuk Membantu memenuhi kebutuhan aktivitas dan pekerjaan manusia.
  • Rachmad Hamim bilang bahwa pengertian aplikasi adalah software yang programer buat dalam rangka untuk tujuan tertentu. Misalnya saja media hiburan serta mengolah sebuah dokumen.

Baca juga artikel Integrasi adalah

Fungsi Aplikasi

Fungsi

Mungkin anda bertanya-tanya apa fungsi aplikasi? Aplikasi yang memberikan dampak positif dan manfaat yang sangat besar di era modern ini bagi manusia.

Berikut ini penulis sajikan kepada pembaca sekalian beberapa fungsi dari sebuah aplikasi:

Membantu mempermudah sebuah pekerjaan

Jarang kita sadari bahwa sebuah aplikasi sangat bermanfaat dan membantu mempermudah pekerjaan kita. Sebuah pekerjaan akan jauh lebih mudah dikerjakan dengan adanya aplikasi.

Misalnya saja, dalam sebuah Android. Kita bisa menuju Google Play Store dan mencari aplikasi apa yang kita butuhkan. Dalam waktu beberapa menit saja, aplikasi sudah terinstall di Android kita dan kita bisa menggunakannya secara gratis.

Misalnya saja, jika kita ingin membuat sebuah video keluarga. Kita bisa mencari aplikasi editing video dalam Android kita.

Caranya mudah. Silahkan pergi ke Google Play Store. Anda ketik kata kunci “Edit video”. Maka ada puluhan aplikasi editing video yang bisa Anda download. Ada aplikasi yang gratis. Ada juga yang berbayar.

Tetapi untuk tahap awal, Anda bisa menggunakan aplikasi editing video gratis. Kualitas aplikasi gratis tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang berbayar. Anda mau ambil yang berbayar atau yang gratis? Pilihan ada di tangan Anda sendiri.

 

Memperoleh informasi terbaru

Lewat sebuah aplikasi, kita bisa mendapatkan informasi dan kabar terupdate. Misalnya saja, ketika kita ingin memperoleh berita tentang sebuah gempa yang terjadi 5 menit yang lalu. Kita bisa mengunduh aplikasi berita yang bertebaran di Google Play Store secara gratis.

Dengan adanya aplikasi ini, kita bisa memperoleh berita dan kabar terbaru tanpa perlu ketinggalan berita di manapun kita berada.

 

Sarana hiburan

Kita bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk menghilangkan jenuh dan capek dan lelah. Caranya mudah. Anda bisa menginstal aplikasi hiburan ini di Google Play Store. Di sana ada banyak sekali pilihan yang bisa anda pakai untuk menghibur anda dikala anda sendiri.

di luar sana sering sekali kita melihat orang yang tertawa atau tersenyum sendiri tanpa ada orang lain di sana. Dia bukan orang gila, loh. Dia lagi ketawa karena melihat aplikasi hiburan yang yang menghibur  di smathphonenya.

Jejaring sosial

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Dimanapun manusia berada, mereka membutuhkan orang lain untuk berinteraksi. Kalau dulu orang perlu membangun hubungan sosial dengan sesama.

Misalnya saja, orang yang tinggal di desa. Mereka sering datang ke poskampling untuk sekedar berbagi cerita, main remi dan ngobrol kesana kemari. Semua dalam rangka untuk membangun hubungan sosial satu sama lain.

Di era teknologi ini manusia membangun hubungan sosial melalui sosial media. Walaupun kita ada di desa, kita bisa berinteraksi, kenalan dan membangun hubungan sosial dengan orang yang tinggal di kota.

Sosial media membuat hubungan manusia menjadi lebih dekat. Banyak sekali aplikasi sosial media yang populer di internet. Mulai dari Facebook, Instagram, Telegram, WhatsApp, YouTube dan lain sebagainya.

Mempermudah urusan

Era digital adalah era instan. Di mana orang bisa menyelesaikan banyak masalah hanya dari rumah saja. Misalnya, jualan. Dulu orang jualan harus datang ke pasar, keliling kesana-kemari untuk menawarkan dagangan. Di era sosial media kita bisa berjualan hanya dari rumah bahkan dari kamar kecil sekalipun.

Kita bisa menawarkan dagangan kita ke orang-orang tertentu di seluruh Indonesia. asyik sekali kan?

Bukan hanya itu, era digital juga mempermudah kita dengan banyaknya aplikasi pesan makanan, pesan tiket dan lain sebagainya.

Sehingga untuk memesan tiket, kita tidak perlu datang ke kota atau datang ke agen tiket. Kita cukup membuka handphone kita dan menginstal aplikasi psan tiket dengan mudah.

Sekali klik, kita bisa mendapatkan kursi pesawat dengan membayar angka tertentu melalui transfer. Mudah banget bukan?

Ketika di rumah ada tamu. Kita tidak perlu repot masak ini itu. Kita cukup menekan aplikasi pesan antar dan makanan datang dalam waktu singkat tanpa ribet tanpa repot.

 

Efek negatif sebuah aplikasi

Ternyata aplikasi tidak hanya membawa manfaat untuk kehidupan manusia. Aplikasi juga membawa efek dan dampak buruk bagi manusia bila kita tidak bisa mengendalikan diri.

Berikut penulis sajikan  beberapa dampak negatif sebuah aplikasi yang perlu kamu ketahui:

Virus

Banyak sekali aplikasi yang membawa virus di dalamnya. Sering sekali handphone atau Android mengalami lemot, mengalami masalah dan nggak bisa digunakan.

Kita datang ke reparasi untuk memperbaikinya. Ternyata android kita menderita dan mengalami gangguan serius. Ada virus di dalamnya.

Pencurian data pribadi

Tanpa kita sadari banyak aplikasi yang membawa sebuah scamming. Scamming adalah sebuah penipuan canggih. Biasanya mereka mencuri data pribadi kita dan mereka gunakan untuk melakukan aktivitas kejahatan di dunia online.

Ada beberapa aplikasi yang meminta izin pengguna untuk mengumpulkan data pribadi mereka. Di satu sisi ini adalah masalah.

Kenapa masalah?

Karena mereka bisa mengakses kontak, data pribadi dan menggunakan untuk sesuatu yang tidak kita inginkan. Tentu ini bisa terjadi tanpa sepengetahuan kita dan di luar kendali kita.

Merusak mata

Banyak orang yang mengakses aplikasi melebihi kapasitas. Mereka ketagihan dengan menu yang ada dalam sebuah aplikasi. Sering sekali tanpa sadar, mereka memandang aplikasi yang ada dalam sebuah smartphone, Android dalam jangka waktu yang lama.

Tentu jika dibiarkan terus-menerus ini sangat berbahaya. Untuk mengatasinya kita bisa mengecilkan nilai (resolusi) yang ada dalam sebuah smartphone atau laptop.

Kita juga bisa mengalihkan pandangan kita beberapa saat tanpa terus-menerus fokus melihat layar Android atau laptop.

Efek ketagihan

Aplikasi oleh seorang developer (programer) dibuat dengan tujuan untuk diinstal dan digunakan. Banyak orang yang merasa sangat gembira dan terbawa suasana aplikasi. Sehingga mereka tanpa sadar mengalami apa yang disebut dengan ketagihan.

Ketagihan adalah sebuah kondisi di mana seseorang bisa lepas dari sebuah aplikasi dalam aktivitas hariannya. Jika ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, tentu mengganggu kesehatan, mengurangi produktifitas dan lain sebagainya.

 

Sejarah penemuan aplikasi

sejarah

Awal penemuan sebuah perangkat aplikasi menggunakan program Aljabar Boolean. Mungkin anda bertanya-tanya, Apa itu Aljabar boolean itu?

Sebenarnya aljabar boolean membawa kode binary (digit) yang biasanya terdiri dari 2 jenis angka yaitu angka 1 dan 0 Jabar boleh ini mempunyai konsep yang amat rumit.

Ringkas cerita barat programmer akhirnya membuat menjadi beberapa bagian Misalnya saja:

Nimbel (4 bit)

Byte (8 bit)

Word (2 bit)

Double word (32 bit)

Penemuan kelompok Bit ini mmembantu mempermudah aktivitas pengembangan dalam sebuah software. Sesuai dengan penemuan para programmer ini, akhirnya mereka merakit kode-kode ini menjadi sebuah struktur instruksi yang mudah. Layaknya mengikuti proses pembangunan sebuah gedung atau perumahan.

Kelompok-kelompok ini kemudian menghasilkan sebuah kode baru yang disebut dengan assembler. Asembler merupakan awal-awal cikal bakal terbentuknya aplikasi yang kita kenal sekarang ini.

 

Jenis aplikasi komputer

Aplikasi yang ada dalam sebuah komputer biasanya dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

Aplikasi pengolah angka

Kita bisa memanfaatkan aplikasi ini dalam rangka untuk membantu mengolah angka-angka dan mempermudah aplikasi pengolah angka. Misalnya, kalculator, Excel dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya aplikasi pengolah angka ini, sangat membantu mempermudah aktivitas kita sehari-hari. Fitur dalam aplikasi ini membantu kita menyelesaikan urusan kita menghitung dengan mudah tanpa pusing.

 

Aplikasi pengolah kata

Jenis aplikasi yang banyak orang pakai adalah aplikasi pengolah kata. Awal kemunculannya, aplikasi yang banyak digunakan adalah Microsoft Word. Tetapi dengan berjalannya waktu, banyak sekali aplikasi pengolah kata baru Yang ditemukan oleh para programmer. Berbagai jenis aplikasi pengolah kata yang populer seperti notes, Evernote, Notepad dan lain sebagainya.

Aplikasi grafis

Secara umum aplikasi grafis bertujuan mengolah gambar dan video. Dengan adanya aplikasi grafis ini, membantu kita untuk memodifikasi sebuah gambar menjadi sangat menarik, indah, bagus dipandang.

Juga dengan sebuah aplikasi grafis. video yang amatiran ketika kita edit menggunakan aplikasi pengolah video. Hasilnya sangat memuaskan. Orang yang mempunyai keahlian (skill) mengolah grafis mereka memiliki gaji yang tinggi.

Klasifikasi aplikasi

Aplikasi bisa kita klasifikasikan menjadi beberapa jenis aplikasi yang berbeda-beda. Berikut penulis sebutkan beberapa klasifikasi aplikasi dari segi penggunaannya:

Aplikasi grafis

Aplikasi grafis merupakan sebuah aplikasi yang berhubungan erat dengan gambar. Artinya aplikasi ini berfungsi untuk mengolah sebuah gambar menjadi gambar yang hidup dan berkualitas.

Aplikasi gambar bisa kita install dalam sebuah laptop atau PC. Misalnya saja, Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Corel Draw dan lain sebagainya.

Aplikasi pendidikan

Aplikasi pendidikan adalah sebuah aplikasi yang membantu menyelesaikan masalah pendidikan, membantu proses kegiatan belajar mengajar bagi guru dan siswa.

Di era pandemi ini, banyak aplikasi pendidikan yang menjadi tenar, terkenal, viral dan populer. Bentuk dari aplikasi pendidikan ini biasanya berupa aplikasi kursus, aplikasi kumpulan soal, aplikasi belajar jarak jauh dan lain sebagainya.

Aplikasi media sosial

Media sosial merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan. Aplikasi media sosial ini membantu mempermudah manusia membangun komunikasi satu sama lain. Manfaat aplikasi media sosial membantu orang untuk bisa mengakses informasi orang lain dan berhubungan dengan mudah dan cepat.

Baca juga artikel Retensi adalah

Contoh aplikasi yang populer

Berikut beberapa contoh aplikasi yang populer disekitar kita:

Facebook

Facebook merupakan aplikasi yang paling populer di dunia. Bayangkran, jutaan  hingga milyaran orang mengakses Facebook setiap hari ini. Pendiri Facebook adalah pemuda jenius bernama Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004.

Facebook adalah aplikasi pertemanan yang banyak orang pakai untuk membangun interaksi dengan teman, sahabat, saudara bahkan mencari jodoh. Bukan hanya itu, banyak oang kreatif yang mampu memanfaatkan Facebook untuk jualan dan mendapatkan income dan penghasilan. Keren, kan?

Instagram

Banyak orang yang belum tau bahwa Instagram merupakan aplikasi sosial media yang mulai naik daun. Instagram adalah aplikasi yang berisi video dan foto. Banyak orang mencari hiburan melalui aplikasi Instagram ini.

Tetapi tidak sedikit orang yang bisa memperoleh banyak uang melalui aplikasi Instagram. Ada yang jualan di Instagram. Membuat akun publik dan akhirnya di monetize (menghasilkan uang) dengan endorse dan lain sebagainya.

 

YouTube

YouTube merupakan aplikasi yang amat familiar dan populer beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya itu, melalui YouTube, orang bisa berbagi video dengan jutaan orang di seluruh dunia.

YouTube amat populer karena orang lebih suka melihat sesuatu yang visual daripada hanya berupa tulisan dan gambar. Melalui video di YouTube, orang bisa mendapatkan hiburan di kala mereka boring dan bosan.

Banyak orang yang memanfaatkan Youtube untuk meraih pundi-pundi rupiah. Mereka membuat video dan menguploadnya ke Youtube.

Kunci mendapat banyak uang dari Youtube adalah trafik (pengunjung). Makin banyak oang yang melihat video kita, maka banyak penghasilan yang akan masuk ke rekening kita. Asyik banget, kan?

Surat elektronik atau Email

Email atau elektronik merupakan aplikasi yang menjadi kata kunci dunia digital. Betapa tidak, tanpa email kita tidak bisa mengakses aplikasi apapun.

Misalnya, Facebook. Kita tidak bisa membuat akun Facebook tanpa email. Maka keberadaan email ini sangat vital dalam dunia digital. Baik untuk mengakses sebuah aplikasi atau mengirim surat elektronik pada seseorang.

Demikian pembahasan tentang Aplikasi yang bisa penulis sajikan kehadapan pembaca sekalian. Semoga bermanfaat.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*