Resep Bubur Merah Putih untuk Perayaan Tahun Baru Islam

 

bubur merah putih

fataya.co.id РBubur Merah Putih adalah sajian wajib pada peringatan Tahun Baru Islam, merupakan hidangan yang lezat dan sarat makna. Dalam tradisi Jawa, bubur merah putih telah lama menjadi bagian dari perayaan kelahiran anak dan simbol kesucian serta keberanian. Resep bubur merah putih cukup mudah karena bahan utamanya dari beras dan beras ketan putih lalu memasaknya menggunakan santan. Sehingga bubur ini memiliki tekstur kental dan rasa gurih legit yang menggugah selera. Kini, kamu pun dapat mencoba membuatnya sendiri dengan resep lengkap yang kami sajikan. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan bubur merah putih ini dan merayakan Tahun Baru Islam dengan penuh sukacita. Mari kita mulai memasak dan menikmati hidangan dengan resep yang penuh makna ini bersama keluarga dan orang terdekat kita.

Resep Bubur Merah Putih

Bubur merah putih adalah sebuah hidangan tradisional yang menyajikannya di hari saat peringatan tahun baru Islam atau acara-acara penting lainnya. Selain itu, bubur putih melambangkan kesucian, sementara bubur merah melambangkan keberanian. Tekstur yang lembut dan rasanya gurih legit terdapat pada bubur merah putih. Hidangan ini sangat populer di sejumlah daerah di Indonesia, dan seringkali dibagikan kepada tetangga sekitar sebagai bentuk kebersamaan dan saling berbagi.

Selain itu, bubur merah putih juga memiliki filosofi yang mendalam. Saat disajikan dalam tradisi Jawa, bubur ini menjadi simbol ucapan syukur dan kehidupan baru di tahun yang baru. Ketika merayakan kelahiran anak, bubur merah putih menjadi hidangan wajib yang dinikmati oleh keluarga. Berikut adalah resep bubur merah putih:

Bahan-bahan:

  • 200 gram beras ketan putih
  • 100 gram beras
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula merah, serut halus
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rendam beras ketan putih dan beras dalam air selama minimal 2 jam. Kemudian tiriskan.
  2. Rebus beras ketan putih dan beras dengan air secukupnya hingga matang dan lembut. Saat merebus beras, pastikan untuk menggunakan api sedang dan sesekali aduk agar tidak lengket di bagian bawah panci. Kamu juga bisa menambahkan daun pandan ke dalam air rebusan beras untuk memberikan aroma yang khas.
  3. Tambahkan sedikit garam pada rebusan agar rasanya lebih nikmat.
  4. Sementara itu, panaskan santan kental dengan daun pandan hingga mendidih. Setelah itu, saring santan untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus. Setelah santan mendidih, biarkan sedikit mendingin sebelum disaring agar lebih mudah dan aman dalam penanganan.
  5. Bagi santan menjadi dua bagian. Satu bagian dicampur dengan gula pasir, aduk hingga gula larut sempurna. Bagian lainnya dicampur dengan gula merah serut, aduk hingga gula merah larut sempurna.
  6. Setelah bubur ketan dan beras matang, bagi menjadi dua bagian. Satu bagian campurkan dengan santan gula pasir, aduk rata. Bagian lainnya campurkan dengan santan gula merah, aduk rata. Pastikan gula pasir dan gula merah serut benar-benar larut dalam santan agar tidak ada butiran gula yang terasa saat memakan bubur.
  7. Siapkan mangkuk saji, tuangkan bubur ketan putih dan bubur ketan merah secara bergantian. Kamu bisa membuat pola atau desain yang menarik.
  8. Sajikan bubur merah putih hangat atau dingin sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan taburan kelapa parut atau kacang sangrai untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih nikmat.

 

Dengan resep ini, kamu dapat membuat bubur merah putih yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba dan semoga sukses! Nikmati kelezatan bubur merah putih ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Selamat menikmati hidangan istimewa ini dalam perayaan Tahun Baru Islam atau acara spesial lainnya.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*