Manfaat Tertawa Mengejutkan Menurut Para Ahli Yang Jarang Kita Ketahui 

Manfaat Tertawa

Fataya- Manfaat Tertawa Mengejutkan Menurut Para Ahli Yang Jarang Kita KetahuiManfaat tertawa banyak disepelekan oleh kebanyakan orang. Mengapa? karena tertawa dianggap tidak ada manfaat baik dalam urusan kesehatan atau psikologis. Kebanyakan orang mengira bahwa tertawa hanya untuk menghilangkan jenuh dan penat saja, ditengah kesibukan dan kelelahan. Ternyata tidak hanya itu saja manfaat tertawa yang sesungguhnya. Tetapi tertawa mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan atau psikologis.  

 Manfaat Tertawa

pixabay.com

Dampak positif dari tertawa banyak tidak disadari oleh banyak orang. Akhirnya karena kurang paham dengan manfaat tertawa banyak orang yang suka cemberut saat pikiran lagi galau dan sedih. Padahal, galau dan sedih yang ditunjukkan dengan cemberut ini sangat berdampak negatif terhadap kesehatan dan psikologis. Apalagi kita memelihara cemberut ini dalam masa dan waktu yang cukup panjang, tenetu ini sangat tidak baik bagi diri kita.  

 

 Lawan dari tertawa adalah cemberut. cemberut berdampak kurang bagus bagi kesehatan manusia. inilah beberapa penyebab cemberut: 

    • Saat cemberut, otot otot yang ada di otak dan wajah ikutan mengkerut 
    • Mudah terjadi penuaan dini pada kulit, saraf otak yang cenderung mengalami proses pengerutan.  
    • Orang yang suka cemberut sangat mudah mengalami stres. Hormon kortisol yang ada dalam tubuh apabila mengalami kelebihan akan menyebabkan mudah stress yang berlarut larut 
    • Hormon itu mudah menyebabkan hipertensi. Sistem imun dan gula darah meningkat 
  • Hormon epinephrine mudah keluar. Hormon ini penyebab banyak orang insomnia 
  • Orang yang sering mengalami insomnia biasanya terlihat lebih tua  

  

Tahukah kamu, para ilmuwan muslim sejak abad pertengahan  telah meneliti tentang tertawa dan manfaatnya. Dua hal penting yang bisa penulis sajikan dalam membahas tentang tertawa dan manfaatnya ini. 

Pertama, para ilmuwan ini tidak serta merta menerima informasi apa adanya. tetapi mereka mengadakan riset dan penelitian lebih dalam. Mereka menjelaskan asal usul tertawa hingga penyebab seseorang bisa tertawa. 

Kedua, mereka dengan gamblang mengakaji bahwa ada hubungan menarik andara tertawa dan sirkulasi darah dalam tubuh. Berselang seribuan tahun selanjutnya, para ilmuan modern telah menemukan fakkta bahwa tertawa bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. 

Mengutip dari laman Mymuslim, inilah beberapa pandangan dan temuan mereka tekait dengan manfaat tertawa: 

Muslim Ali ibn Rabban At-Tabari 

Pada pertengahan abad 9, seorang dokter muslim bernama Muslim Ali ibn Rabban At-Tabari  menjelaskan bahwa “Tertawa adalah [hasil] dari bergolaknya darah [yang terjadi] ketika manusia melihat atau mendengar sesuatu yang mengalihkan perhatiannya. Jika ia kemudian tidak menggunakan kemampuannya untuk berpikir sehubungan dengan itu, ia dilingkupi oleh tawa” 

Boleh dibilang menurut IBnu Rabban, Tertawa adalah hasil dari ketidakmampuan manusia untuk berfikir secara rasional tentang sesuatu yang dilihatnya. Setelah mengutarakan pendapat ini Ibnu Rabban berbagi pendapat Aristatoles tentang definisi manusia, dimana menurut Aristatoles, manusia adalah binatang tertawa. Ada juga hasil pengamatan dari seorang filsuf Yunani bahwa dari semua jenis biatang hanya manusia yang bisa tertawa. 

Abu Yusuf Al Kindi 

Abu Yusuf Al Kindi adalah seorang ilmuan muslim pada pertengahan abad 9. Beliua memberi komentar tertawa dari sudut pandang yang sama. Beliu memberi definisi tertawa adalah mengalirnya darah menuju jantung dengan tenang bersama dengan kebesaran jiwa menuju suatu titik dimana suka cita akan terlihat dari ekspresi wajah. 

Ishaq Bin Imran 

Ishaq bin Imran adalah pemikir muslim yang muncul kemudian di ahir abad 9. Pemikirannya serupa dengan definsi di atas tapi lebih terperinci. Beliau menulis hasil temuanya dalam buku berjudul “On Melanchony” .  beliau menggambarkan tertawa anak anak dan orang orang mabuk sebagai hasil dari “Suka cita jiwa karena tenangnya aliran darah mereka”. Beiau juga menggambarkan bahwa tertawa yang berlebihan sebagai tanda kegilaan. 

Dan pada abad ke-11, Constantinus Africanus menerjemahkan On Melancholy dari bahasa Arab ke dalam Bahasa Latin. Berikutnya koleksi buku teks terjemahan Africanus (termasuk karya Ibn Imran) kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Eropa lainnya dan digunakan sampai abad ke-17. 

Ishaq bin Sulaiman 

Ishaq bin Sulaiman adalah murid dari Ishaq Bin Imran yang sangat terkenal. Beliau menjelaskan bahwa kesedihan adalah diakibatkan oleh ketidak lancaran aliran darah dalam tubuh dan pelepasan secara tiba tiba dari pembatasan aliran darah. 

Oleh sebab itu, tertawa disebabkna oleh lancarnya sirkulasi darah dan proses eksotermis yang bekerja dalam tubuh. Menarik sekali bahwa Ibnu Sulaiman mengembangkan sendiri hasil temuaya tentang tertawa tidak hanya meminjam dan mengambil dari gurunya Ibnu Imran. 

Karya karya Ibnu Sulaiman diterjemahkan ke dalam bahasa perancis oleh Joubert pada tahun 1579. Dimana Joubert ini menyatakan bahwa Ibnu Sulaiman adalah orang yang pertama kali memberikan definsi tentang tertawa. 

Berikut beberapa manfaat  tertawa bagi kesehatan: 

  1. Membuat perasaan lebih baik
BACA JUGA :   Perkembangan Anak Secara Kognitif. Memahami Hal Hal Kecil yang Jarang Di Ketahui Orangtua

Tertawa banyak berhubungan dengan kondisi psikis atau jiwa seseorang. Orang yang tertawa akan membuat jiwa dan perasaannya bahagia, lega dan plong. Saat seseorang merasa bosan, penat dan suntuk dia perlu refreshing yang membuat jiwanya lega dan bahagia dengan sesuatu yang membuatnya tertawa. 

  1. Tertawa membuat badmood jadi good mood 

Saat seseorang dilanda malas dan ogah ogahan dalam menjalankan aktifitas sehari hari. Rasanya ingin marah dan semua orang serba salah dimatanya. Inilah ciri ciri seseorang yang sedang dilanda bad mood. Mood yang buruk akan berpengaruh pada aktifitas dan produktifitas kita yang kurang baik. Ketika seseorang di landa bad bood tiba tiba ada sesuatu yang bisa membatunya tertawa maka bad moodnya akan segera berganti jadi good mood. (mood yang baik) 

  1. Mencegah TimbulnyaStress 

Salah satu pencegah stress adalah tertawa. Saat seseorang tertawa, hormon penyebab stress tidak akan bisa menyerangnya karena perasaannya bahagia dan gembira.  Saat kita tertawa maka kadar hormon epinephrine dan cortisol akan menurun saat kita tetawa bahagia. Hormon ini adalah hormon penyebab stress. 

  1. Melancarkan aliran darah

Saat seseorang tertawa, sama saja dia sedang melancarkan aliran darah dalam tubuhnya. Saat tertawa, otot otot dan pembuluh darah merenggang. Alirah darah dari jantung  jadi lancar dialirkan ke seluruh tubuh. Berbeda dengan cemberut, saat seseorang cemberut, otot otot dan pembuluh darah jadi menyempit. Akibatnya darah jadi kurang lancar beredar. Padahal untuk mencapai sehat dibutuhkan asupan darah yang cukup ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang kurang lancar akan menyebabkan timbulnya banyak bibit penyakit berbahaya 

  1. Membakar kalori

Kalori adalah senyawa dalam tubuh yang kalau berlebih akan menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Tertawa bahagia akan membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh secara alami. 

  1. Menyehatkan orang lain

Bagaimana bisa tertawa akan menyehatkan orang lain. Lazimnya orang tertawa tidak sendirian, dia bisa tertawa karena merespon Sesuatu yang diluar dugaan. Tawa seseorang juga akan merembet dan menjalar kepada orang lain. Tawa seseorang juga akan membuat orang lain ikut tertawa dan bahagia bersama sama. 

 

Demikian artikel tentang manfaat tertawa ini, semoga dalam menghadapi aktifitas sehari hari kita bisa menjalaninya dengan penuh enjoy, selalu riang gembira dan ahirnya kita bisa meggapai bahagia.  

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance