Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah tidur Sesuai Sunnah

keutamaan doa mau tidur

Rahasia Doa Sebelum Tidur dan Doa Sesudah tidur

Doa sebelum tidur  penting banget nggak sih?

Yuk, kita kupas dalam artikel berikut ini.

Allah mengaruniakan kepada kita begitu banyak anugerah dan nikmat yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu.

Kita tidak bisa menyebutkannya karena begitu banyaknya nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita. Baik nikmat  yang kita sadari ataupun tidak kita sadari.

doa mau tidur

gambar: shopback

Nah, salah satu nikmat Allah yang sangat besar adalah adanya rasa mengantuk. Ya, saat kita merasa mengantuk, otomatis sistem dalam tubuh kita memberi tahu bahwa tubuh butuh istirahat. Maka serta merta  kita akan segera beranjak untuk tidur dan istirahat.

Namun sebelum berangkat istirahat untuk tidur dan istirahat, kita sebagai umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebelum tidur.

Doa akan tidur ini ini sangat ringkas dan singkat sekali, sehingga sayang banget kalau kita sampai lupa dan lalai tidak berdoa.

Sebelum tidur kita sangat dianjurkan untuk membaca bacaan dzikir dzikir sebelum tidur. Sebelum kita membaca doa-doa sebelum tidur kita bisa membaca basmalah terlebih dahulu.  

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah memberikan kepada kita contoh-contoh nyata kepada kita. Dimana Rosul selalu membaca doa ketika hendak berangkat untuk tidur.

 

Di antara dzikir tersebut antara lain:

Pertama, membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan surat Annas sebanyak 1 kali. Setelah membaca surat-surat itu kemudian beliau meniupkannya ke dua telapak tangannya.

Di mana telapak tangan beliau itu kemudian digunakan untuk mengusap area tubuh yang dapat dijangkau. Setelah itu beliau membaca kembali 3 surat tersebut kemudian mengusapkannya ke tubuh lagi hingga Sampai 3 Kali.

Kedua, membaca ayat kursi 3 kali. Pada lafadz wala yauduhu hifdzuhuma dibaca 3 kali

Ketiga, membaca 2 ayat terakhir dari surat al-baqarah

Keempat, membaca surat al-Kaafirun

Lima, membaca surat al-Mulk dan as-Sajdah

Semua dzikir-zikir yang saya Sebutkan diatas itu masing-masing telah dijelaskan dalam beberapa hadist. Jika kita mampu kita bisa mengamalkan semuanya. Dan jika tidak mampu kita bisa mengamalkan sebagainya saja.
Seumpama sebelum tidur kita merasa gelisah merasa takut merasa tidak tenang, maka sebaiknya kita membaca doa-doa yang telah saya sebutkan diatas. Insya Allah kita akan tenang dan bisa tidur dengan pulas tanpa ada gangguan apapun.

doa akan tidur

gambar: Techno

Adapun saa kita merasakan sesuatu yang tidak tenang, tidak nyaman, gelisah saat tidur kitga bisa membaca doa yang lain juga. Doa itu adalah sebagai berikut:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Artinya  “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya”.

kalau kita belum bisa membaca doa-doa ini dengan bahasa Arab, kita bisa membacanya dengan bahasa Latin, dengan membaca terjemahannya. Yang penting kita berusaha untuk menghayati dan memahami isi dan makna yang terkandung didalamnya.

 

Doa sebelum tidur

inilah doa yang kita baca saat akan tidur. Meskipun doa sebelum tidur ini doa yang mudah dan pendek dan sangat populer, karena banyak orang yang sudah menghafalkannya tetapi tidak ada salahnya jika kita juga mempelajari tulisannya dengan baik dan benar.

Doa sebelum tidur arab

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

BISMIKAL LOOHUMMA AHYAA WA AMUUTU

“Artinya “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati”

Dengan membaca doa sebelum tidur ini, kita berharap semoga Allah subhanahu wa ta’ala selalu melindungi dan menjaga kita hingga terbangun dari tidur lagi.

Sebaiknya saat membaca doa akan tidur tersebut kita juga menghayati dan memahami arti dari doa tersebut. Supaya kita selalu merasa terjaga dan terpelihara dari gangguan setan.

Kita merasa dilindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan kita selalu merasa kecil dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala. Sehingga kita merasa siap dengan datangnya ajal dan kematian kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kehendak Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Doa Bangun tidur

Setelah kita membaca doa menjelang tidur, kemudian Kita istirahat tidur dengan tenang, nyaman, damai tanpa gangguan apapun. Semua adalah nikmat yang besar dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Sebagai seorang hamba yang beriman dan bersyukur kepada Allah, tentu kita akan sangat berterima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan kepada kita nikmat berupa tidur yang tenang, nyaman, damai tanpa gangguan ini.

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah berupa tidur ini, setelah bangun tidur tentu kita membaca doa. Sebuah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada umatnya ketika bangun dari tidur.

Doa Bangun tidur bahasa Arab

Adapun lafadz doa setelah bangun tidur ini adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Doa bangun tidur latin

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

Arti doa bangun tidur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

Membaca doa setelah bangun tidur ini, tentu kita membacanya dengan penuh hikmat dan perenungan yang mendalam. Sehingga bacaan kita merupakan wujud syukur kita sebagai seorang hamba yang mana Allah telah memberi nikmat tidur ini.

Di mana kita tahu, ada begitu banyak orang di luar sana yang tidak bisa tidur. Ada begitu banyak orang di luar sana yang mereka terkena penyakit tidak bisa tidur. Sehingga untuk bisa tidur saja mereka harus konsultasi kepada dokter, harus minum obat penenang agar bisa tidur sejenak untuk menikmati istirahat.

Jadi doa bangun tidur ini, merupakan salah satu upaya dan usaha kita untuk bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita menjadi salah satu hambanya yang banyak bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Keutamaan membaca doa sebelum tidur

Membaca doa sebelum tidur sebenarnya adalah amalan yang sangat ringan dan mudah. Bahkan, sejak anak-anak duduk di bangku TK sudah diajarkan oleh gurunya, orang tuanya untuk membaca dan menghafal doa sebelum di dewasa.

Ini seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang yang sering lupa Dan lalai mengamalkan doa yang sangat pendek ini.

Bahkan di era sosial media ini, banyak orang yang lupa membaca doa sebelum tidur, lupa menghayati makna dari kehidupan.

keutamaan tidur

gambar: Mommyasia

Sebaliknya mereka malah memberitahukan ke sosial media, mengupload aktivitas mereka sebelum tidur ke sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain-lain.

Padahal, doa yang sangat pendek ini, banyak orang yang telah menghafalkannya tetapi lupa untuk membaca dan mengamalkannya. Doa ini memiliki banyak manfaat dan faedah buat kita.

Yuk, kita kaji bersama manfaat dan keutamaan membaca doa sebelum tidur:

  1. Terhindar dari mimpi buruk

Banyak orang yang ketika tidur, mereka tidak merasa tenang, damai, bangun merasa fres dan segar. Justru sebaliknya, mereka merasa takut, gelisah, resah karena ketika tidur mereka banyak yang mimpi buruk atau istilah kerennya adalah Nightmare.

lupa tidak doa tidur
gambar: Cosmopolitan Indonesia

Apakah kamu pernah mengalami mimpi buruk? Salah satu penyebab seseorang mengalami mimpi buruk karena ketika akan beranjak tidur mereka lupa Dan lalai untuk membaca doa sebelum tidur ini.

Nah, perlu kita ketahui dan kita pahami bahwa salah satu manfaat dari doa sebelum tidur adalah menghindarkan kita dari mimpi buruk ketika sedang tidur

  1. Membuat hidup kita menjadi lebih berkualitas dan terbaik

Doa sebelum tidur ini telah diamalkan oleh para nabi dan rasul terdahulu. Para nabi dan rasul ini memberikan falsafah tentang manfaat berdoa sebelum tidur.

Salah satunya adalah membuat tidur kita menjadi lebih berkualitas dan berbobot. Secara psikologis memang,

Melafadzkan doa bisa membuat hati serta pikiran kita menjadi tenang, damai dan sentosa. Bahkan bisa membuat kita melupakan hal-hal yang negatif.

Doa itu bisa menghapuskan sesuatu yang negatif yang ada dalam pikiran kita. Dengan membiasakan membaca doa sebelum tidur diharapkan kita akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas seperti ini tentu kita akan mendapatkan berbagai manfaat dari tidur. Di antara manfaat dari tidur adalah:

– Meningkatkan konsentrasi pikiran

– Meningkatkan fokus pikiran

– Mengistirahatkan pikiran

– Menghilangkan lelah dan depresi

– Menyegarkan otak kembali

Tentu kita harus tidur sesuai dengan anjuran ahli dan pakar kesehatan.  Kita tidak tidur terlalu lama dan tidak tidur terlalu pendek. Jadi tidur kita akan menjadi tidur yang berkualitas.

  1. Tubuh kita tidak akan terpisah dari saat tidur

Tubuh kita tidak akan terpisah dari ruh. Perlu kita ketahui, di dalam agama Islam ada keyakinan bahwa ketika seseorang terlelap dalam tidurnya maka ruh akan terpisah dari tubuhnya.

Dan jika Allah menghendaki maka Allah akan mengambilkan roh itu hingga kita bisa bangun kembali tetapi jika Allah menghendaki pula maka tubuh kita tidak akan mampu untuk bersatu kembali seperti sedia kala.

Inilah salah satu manfaat dari doa sebelum tidur. Di mana dengan membaca doa sebelum tidur ini, akan membuat tubuh kita tidak akan terpisah dari roh.

Walaupun kemudian Allah Subhanahu Wa Ta’ala menghendaki kita untuk tidak mengembalikan ruh kita ke dalam jasad kita, pada saat kita tidur. Kita akan meninggal dunia dalam keadaan yang baik. Kita meninggal dunia pada saat kita mengingat Allah subhanahu wa ta’ala karena membaca doa ketika sebelum tidur.

  1. Meninggal dalam keadaan suci

Salah satu keutamaan dari membaca doa sebelum tidur adalah akan meninggal dalam keadaan Fitrah (Suci).

Kita mungkin sering mendengar banyak orang yang awalnya mereka tidur untuk istirahat, namun ketika dibangunkan mereka tidak terjaga lagi. Mereka meninggal dunia ketika tidur.

Inilah salah satu manfaat kita tidur. Inilah alasan kuat Kenapa kita harus menyempatkan diri untuk membaca doa sebelum tidur. Karena ketika kita tidur,

Kemudian kita meninggal dunia berarti pada saat kita meninggal meninggal dalam keadaan Ingat kepada Allah. Karena pada saat sadar sebelum tidur, kita membaca doa sebelum tidur.

Dengan meninggal dalam keadaan Fitrah (Suci) artinya dosa dosa kita sama Allah akan diampuni. Seperti halnya ketika kita pertama kali lahir ke dunia ini.

Apabila kita setelah tidur, kita bisa bangun kembali? Jika iya, berarti kita masih diberi kesempatan untuk menghirup udara kembali. Kita sama Allah diberi kesempatan untuk beribadah dan memperbanyak amal kebaikan di dunia ini.

Baca juga Doa Sholat Tahajud (Kunci Naik Pangkat dan Jabatan)

  1. Mengingat Allah 

Pada saat kita akan memulai hari di pagi hari, kita sangat disarankan dan dianjurkan untuk membukanya dengan bacaan zikir hal yang sama juga sangat dianjurkan bagi kita ketika kita hendak menutup hari.

Ketika hendak menutup hari dengan tidur, kita dianjurkan untuk membaca dzikir dan doa.

Pada saat tidur, seseorang seperti orang yang sangat lemah, tidak berdaya, kesadaranya hilang. Dengan membaca doa sebelum tidur ini, dimana doa ini merupakan doa sekaligus dzikir akan membuat kita lebih ingat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bahwa hanya allah-lah yang mempunyai kekuasaan dan keagungan atas hidup dan mati kita. Kita akan merasa kecil dan tidak berdaya di hadapan Allah. Inilah wujud dari pasrah kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Keutamaan membaca dzikir yang lain

Seperti yang sudah penulis bahas panjang lebar di atas, bahwasannya doa sebelum tidur ini merupakan satu kesatuan rangkaian dengan beberapa dzikir yang lain.

Nah masing-masing dari dzikir tersebut jelas memiliki manfaat dan faedah sendiri. inilah manfaat dan faedah dari dzikir-dzikir tersebut.

    1. Membaca surat Al-Ikhlas Al-Falaq dan surat An-Nas akan akan mampu membuat hati dan pikiran kita menjadi tenang damai dan merasa dilindungi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Efek dari ketenangan membaca surat-surat pilihan ini, tentu lebih dahsyat dan lebih unggul dibanding tenang yang didapat dari mendengarkan musik.
    1. Ayat kursi. Membaca ayat kursi akan membuat kita terjaga dan terlindungi. Dengan membaca ayat kursi, kita oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan dilindungi dari gangguan setan sampai tiba waktu pagi lagi
    1. Dua ayat terakhir surat Al Baqarah. Dengan membaca dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah ini akan memberikan kecukupan kepada kita dengan pertolongan dari Allah. Pertolongan dan kecukupan yang hanya bisa datang dari Allah subhanahu wa ta’ala
    1. Membaca surat Al Kafirun. Manfaat membaca surat al-Kaafiruun ini telah disebutkan dalam sebuah hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam telah mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat ini sebelum tidur
  1. Membaca surat al-Mulk dan as-Sajdah dengan membaca surat al-Mulk dan as-Sajdah ini. kita akan menerima manfaat dan faedah. Manfaat dan faedah ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu Wassalam tidak tidur hingga beliau membaca kedua surat tersebut.

Baca juga Membedah keutamaan shalat berjamaah beserta dalilnya [LENGKAP]

Keutamaan membaca doa bangun tidur

Ketika akan beranjak istirahat untuk tidur kita sangat disarankan dan dianjurkan untuk mengawalinya dengan dzikir dan doa sebelum tidur.

Maka begitu kita bangun dari tidur kita juga sangat disarankan dan dianjurkan untuk mengawali hari dengan dzikir dan doa pula. Doa ini bisa berbentuk doa bangun tidur yang sangat pendek dan mudah dihafalkan.

Apabila doa sebelum tidur memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang telah penulis sebutkan diatas.

doa tidur

gambar: niat sholat idul fitri

Lalu apakah doa bangun dari tidur juga memiliki keutamaan bagi orang yang membacanya? jawabnya iya ada.

Begitu banyak manfaat dan keutamaan bagi orang yang membaca doa setelah bangun dari tidur. Inilah beberapa keutamaan dan manfaat doa bangun dari tidur:

    1. Wujud syukur seorang hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Doa bangun dari tidur merupakan salah satu wujud dari rasa syukur seorang hamba yang oleh Allah telah diberi nikmat berupa tenang, damai, kesegaran saat tidur. Ketika bangun tidur kita merasa segar, ftres pikiran, jiwa tenang. Maka kita mensyukurinya dengan berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hal ini juga wujud syukur kita sebagai hamba. Dimana Allah telah memberi kesempatan kembali untuk hidup, untuk menghirup nafas kembali, untuk beraktivitas kembali, bisa bertemu dengan keluarga, bisa menyapa mentari di pagi hari, bisa bertemu dengan sahabat dan saudara. Maka Sudah Selayaknya bagi kita untuk tidak lalai dan lupa membaca doa sesudah bangun dari tidur ini
    2. Bentuk pujian dan Sanjungan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan membaca doa setelah tidur in,i kita mengawali hari kita dengan bersyukur, memuji dan berterima kasih atas karunia yang Allah berikan kepada kita. Pada saat mata terbuka melihat dunia, maka yang pertama kali kita ingat adalah Allah yang telah mengaruniakan kepada kita hidup kembali. Ini juga bentuk cinta kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangat mencintai dan mengasihi hamba-hambanya. Maka sudah selayaknya bagi kita untuk membalas cinta dan kasih sayang Allah dengan sepenuh hati
    3. Sarana terlepas dari belenggu setan.Kita tahu bahwasannya setan telah mengikat kita ketika kita tidur. Ikatan ini terdiri dari 3 buah ikatan. Salah satu cara dan upaya kita supaya terlepas dari ikatan setan adalah dengan membaca doa bangun tidur. Selanjutnya ikatan kedua dan ikatan ketiga akan terlepas dengan sendirinya jika kita segera mengambil air wudhu dan melaksanakan salat subuh. Jadi, jangan pernah lupa Dan lalai dari membaca doa bangun dari tidur Pada saat kita lupa dan lalai dari membaca doa bangun tidur ini, sama artinya kita tidak terlepas dari ikatan setan yang pertama tentu kita akan mengalami kesulitan dan untuk terlepas dari ikatan setan yang kedua dan ke tiga. Dan ketika kita merasa berat untuk bangun dari tidur, kita akan merasa berat untuk segera mengambil air wudhu dan mendirikan salat subuh.
    4. Melapangkan dan meringankan pekerjaan kita. Memang ada hubungan antara doa bangun dari tidur dengan pekerjaan yang ringan dan lapang? perlu kita ketahui, bahwa pekerjaan yang ringan dan lapang itu berawal dari pikiran dan psikologis. Ketika jiwa dan pikiran kita merasa tenang dan lepas.Kita akan merasa ringan dan lapang saat menjalankan pekerjaan. Pada saat kita bangun dari tidur, kita memasrahkan dan meyerahkan segala urusan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita merasa kita tidak merasa terbebani oleh apapun yang akan kita jalankan. Kita merasa enjoy dalam menjalankan usaha dan pekerjaan kita karena semuanya kita niatkan karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
    5. Menjadi pengingat bahwa kita kelak akan dibangkitkan pada hari kiamat. Salah satu manfaat penting dari amalan bangun dari tidur adalah mengingatkan kita kembali bahwa kita kelak pada hari kiamat akan dibangkitkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Hal ini sesuai dengan apa yang telah diterangkan oleh Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim-nya di mana makna “dimatikan” itu adalah tidur. Sedangkan makna dari kalimat “dibangkitkan” adalah kita akan dihidupkan kembali nanti pada hari kiamat. Dengan membaca doa sebelum dan sesudah tidur ini kita meyakini bahwa kita akan dibangkitkan oleh Allah. Untuk itu kita akan lebih waspada dan instropeksi diri. Kita akan banyak melakukan kebaikan dan mempersiapkan diri demi menyambut hari kiamat itu.

 

Dengan memahami dan menghayati amalan sesudah tidur ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ketika orang masih bisa bangun dari tidur artinya orang tersebut masih bisa bangun dari kematiannya.

Suatu saat dia juga akan bangun dan bangkit untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukannya, mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang dikerjakannya di muka bumi ini. Semua hanya bisa terjadi dengan izin dan kehendak dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Inilah ulasan singkat tentang Doa sebelum tidur dan doa setelah tidur sesuai sunnah yang bisa penulis sajikan ke hadapan pembaca sekalian.

Setelah membaca artikel ini, semoga kita bisa istiqomah mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari hari.

 

Di tulis oleh Abi Daril Hasan

Penulis buku “Menjadi Remaja Emas”

Quanta Elexmedia Gramedia

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance