fataya.co.id – Doa Bakar Kemenyan untuk leluhur merupakan tradisi masyarakat Sunda yang kaya makna. Dalam masyarakat Sunda, kegiatan membakar kemenyan masih sering dilakukan untuk mengusir roh halus atau memanggil roh tersebut. Selain itu, dalam prosesi membakar kemenyan, seringkali diiringi dengan doa-doa dalam bahasa Sunda.
Kemenyan, yang merupakan getah dari pohon dalam spesies Stryraz atau benzoin, memiliki berbagai kegunaan di Indonesia, seperti sebagai dupa atau campuran rokok. Tradisi membakar kemenyan masih dijaga oleh masyarakat, dan dalam prosesi ini, terdapat doa dan tembang khusus yang dilantunkan.
Prosesi membakar kemenyan memiliki makna dan kegunaan tertentu, dan ketika melaksanakan ritual ini, beberapa doa dan tembang khusus digunakan. Namun, apakah doa-doa tersebut serupa dengan doa-doa yang lazim digunakan dalam tradisi Santri untuk Kyai? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita telusuri bersama informasi selengkapnya di bawah ini.
Table of Contents
Bolehkah bakar kemenyan dalam Islam?
Menggunakan kemenyan untuk aktivitas yang dilarang dalam Islam, seperti membakarnya sebagai bagian dari ritual memanggil jin atau makhluk halus, atau sebagai bentuk penyembahan alam, dianggap haram. Namun, jika penggunaannya terkait dengan hal-hal yang diizinkan oleh syariat Islam, maka penggunaan kemenyan tersebut dianggap mubah, sejalan dengan penggunaan benda-benda alam lainnya yang diizinkan oleh hukum syariat.
Doa Bakar Kemenyan Bahasa Sunda Untuk Leluhur
Ngukus adalah salah satu tradisi membakar kemenyan yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Sunda. Seperti yang telah diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan ini, terdapat beberapa cara, salah satunya adalah dengan membaca doa.
Doa bakar kemenyan dalam tradisi masyarakat Sunda memiliki makna dan keunikan tersendiri. Salah satu doa yang sering dilantunkan saat prosesi membakar kemenyan adalah sebagai berikut:
Jampe Meuleum Menyan
Salah satu doa dalam tradisi membakar kemenyan dengan bahasa Sunda disebut “Jampe Meuleum Menyan,” yang dapat diartikan sebagai mantra atau tembangan pengganti dalam kepercayaan masyarakat pribumi. Kegiatan ini umumnya dilakukan pada setiap malam Jumat di halaman rumah untuk mengusir roh halus atau sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur. Berikut ini adalah doa Jampe Meuleum Menyan :
Salam Sang Sri syahadat sajati
(Salam Sang Sri syahadat sejati)
Saraga, sanyawa jeung badan kaula
(Seraga, senyawa dengan badan saya)
Asyhadu Alla Ilaha ilalloh, wa asyhadu anna Muhammadar Rosulullah
Bul kukus, kukus kami, kukus haji
(asap mengebul, asap dari kami, asap haji)
Asup ka para pohaci
(masuk ke para pohaci)
Nyi Pohaci Sang Hyang Sri
(Nyi Pohaci Sang Hyang Sri)
Dang dayang tresna wati
(Pengiring/pendamping tresna wati. Tresna wati ini merupakan simbol sisi feminim)
Nu nganten, nu ngajunganten, nu nganamaan inten, nu larang leuwih sorangan
(yang berdiam, mendiamkan, yang memaknakan intan, yang tabu lebih sendiri)
Nya ieu nu kasebat Batara Naga
(Ya ini yang disebut Batara Naga)
Sang Kamaherang, Sang Kamalenglang, Sang Kama Putih
(Sang Kamaherang, Sang Kamalenglang, Sang Kama Putih)
Nu linggih di tungtung ati
(Yang singgah di ujung hati)
Nu tapa di jero raga
(Yang bertapa di dalam raga)
Ngahaturkeun menyan putih sapurulukan
(Memberikan kemenyan putih setaburan)
Ka Ibu, ka Rama, ka sapucuk ning ibun
(Ke Ibu, ke Bapa, ke sepucuk inti embun)
Ka sajati ning raos
(Ke sejatinya inti nikmat)
Ka sajati ning rasa
(Ke sejatinya inti rasa)
Ka sajati ning pangawasa
(Ke sejatinya inti penguasa)
Ngirim sari kanu sakti
(Mengirim sari ke yang sakti)
Ngirim rasa kanu kawasa
(Mengirim rasa ke yang kuasa)
Ka Allah ta’alla ka Pangeran
(Ke Allah ta’alla ke Pangeran)
Ka Syech Abdul Khodir Jaelani Bagdadi
(Ke Syech Abdul Khodir Jaelani Bagdadi)
Sareng ka para karuhun sakabeh
(Juga ke para nenek moyang semua)
Sumber: Buku Rajah Sumedang, Darsum Dipa Atmaya.
Bul Kukus Menyan Putih
Penting untuk diketahui bahwa terdapat beberapa ilmu untuk memanggil roh leluhur. Dalam beberapa kitab kecil, seperti Jawahirullamaah karya Al-Ustadz Al-Kabir As-Syeikh’Ali Abu Halliyah Al-Marzuki, disarankan untuk memberikan salam kepada hamba Allah yang soleh dari golongan Rijal goib agar permohonan kita cepat dikabulkan oleh Allah.
Dalam komunikasi dengan makhluk yang memiliki energi berbeda, dalam Islam dikenal dengan istilah wifiq, wafaq, atau rajalah. Untuk melakukan komunikasi semacam itu, diperlukan beberapa simbol dan tahapan tertentu. Berikut adalah kidung pemanggil eyang Prabu Siliwangi yang dapat disesuaikan dengan nama yang ingin dipanggil. Berikut adalah parafase dari kidung tersebut.
Bulkukus menyan putih,
kembang pancar sari wangi
witmaning atena putih,
Kahamba kahambu
Pang jugjugeun jirim kaula rasa.
Bul kukus dawitannana
tandana nyi Sekar Arum,
Ray asih kulakuli
sekar neda kula
kuli sekar dewata.
Bul kukus menyan putih
nyanggakeun sangu putih sapulukaneun
Nyanggakeun kukus pangundang
kanu seda kanu sakti,Kanu suci
nyatana Pangeran Robbul ‘izati
Bulkukus sinarep hurip
di Buana panca tengah
nyatana ka Rosululloh,
ka Kangjeng Nabi Muhammad
sholallohu ‘alaihi wassalam.
Pun sampun amit ampun
jaluk ampun nyaparalun,
Kaluhur kasang rumuhun
kahandap kasang batara,
Batara anu ngayuga, batari anu ngajaring,
Batara dasar sagara,
batari di didasar bumi.
Sang batara sang batari
sang batara sang nugraha,
Ka ibu sang pratiwi ka ama cawenelaki.
Bulkukus sironda kongkon
dzat satinda
junjunanan maring Alloh,
Bul kukus sinurep hurip
dibuana panca tengah.
Bulkukus hiber kamanggung
nyambuang ka awang awang ,
Bulkukus nya iyeu pangundang
Eyang Prabu Sliwangi,
Eyang Prabu Sliwangi
Anu ngukusan na sukma
Anu dikukusan oge sukma,
Anu ngabakian sukma
anu dibakian oge sukma
Mugi sampurna ngaraga sukma
Raden ratu Waruling Raja kelingking
jurutulis pajajaran
Clak herang clak lenggang
jleg menep jlig jirim
dibuana panca tengah,
bral nyata di sahareupun kaula
di sagigireun kaula,
di satukangeun kaula.
Ngajangelek mintonkeun diri
Seja ngawangian swuweusiwi
Unjuk uninga kasunan rama nuteungayuga
kasunan ibu nuteungandung,
Kapa ra nabi rasaning wali kapara aoliya rasaning rasa,
Kapara malaikat sadaya,
kasaderek anu opat kalmia pancer,
Abdi bade usulan kanu maha agung,
abdi nyuhunkeun ditangtayungan,
Agungna kagusti numaha suci,
jembarna kapara nabi, parawali,
Para rijalul ghoib wa ‘Abdul jumud
Yaa,…ayuhal arwahul muqodasati
Agitsuni bi ghaotsatin
wangduruni binadhrotin,
Ya a Ruqoba-u, yaa nuqoba-u,
Yaa nujaba-u,Yaa abdalu, yaa aotadu,
Yaa ghaotsu,Yaa qutbu
aghitsuni bighaotsatin,
wangduruni bi Nadhrotin,
Bihaqi sayidina Muhammadin
sholallohu ‘alaihi wasalam.
Oge kapara lulujur Pajajaran
unjuk uninga, kum kapara luluhur,
kabataraan, kaprabuan,
karatuan ,kaputrian,
Sang hiyang kadangiangan
kasunanan,Ka prabonan
kawalian,kasampurnaan
kasakumna luluhur Pajajaran
Sabuana panca tengah
Yaa panca tengah.
Unjuk uninga ka Paduka Soekarno,
Unjuk uninga kabunda ratu,
Kum kasadayana nyanggakeun rasa pangawasa ,
sari pangabakti tikami
Sewu putu seuweu siwi,
sewu putu pajajaran,
Alit anu disanggakeun,
ageung anu linggih dipatileman,
Oge anu linggih dikasucian
Kum sabelit cangkeng
ti masyrik dugi kamaghrib
neda widi neda pangaping pangjaringna,
Neda kasalametan, neda kasampurnaan,
Elmu pangaweruh jampe pamake
nusaciduh metu nusa ucap jadi nyata ,
Neda kawibawaan, neda kasampurnaaan,
Run turun bayu Rahayu,bayu tresna,
bayu asih,Bayu mawat kamulyaan ,
bayu mawat kaelingan,
Sakur anu kaliliwatan,
sakur anu katitincakan,
Urang ngabuka tutungkusan
anu kahalang kupipinding
daun gebang tiung lontar,
Dina tulis, titis tulis,
maca uga nu ngawaruga atrat tresna antri sukma.
Pun sampun kahyang prabu Siliwangi
Nu murba ti PajajaranPangauban seuwesiwi,
Nugelar ti tatar sunda
muganyebarkeun wawangi
Pikeu n para putu siwi seuweu
seuweu siwi Siliwangi
Seuweu siwi Siliwangi yaa Siliwangi
Amin ya robal ‘alamin
mugi gusti nangtayungan.
Itulah ilmu sunda yang cukup banyak di cari. Namun menggunakan ilmu ini diharuskan untuk kepentingan yang baik. Dan jangan digunakan untuk hal yang jahat, karena ilmu ini tidak bisa digunakan untuk berbuat kejahatan.
Doa Sunda Wiwitan
Menurut informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber, masyarakat Baduy menggunakan istilah yang mirip dengan pemeluk agama Islam, seperti yang terlihat dalam praktik tradisional seperti sawer pengantin dan sadat Islam. Meskipun demikian, masyarakat Baduy sebenarnya memeluk agama Sunda Wiwitan. Contoh doa bakar kemenyan untuk leluhur dalam kepercayaan Sunda Wiwitan yang diselaraskan dengan Islam adalah sebagai berikut.
Bismillahirrahmanirrahim
Pangapunten ka sadaya
Ka nu tua ka nu anom,
Sumawon kanu sepuh mah,
Kaula badé nyembahkeun,
Nyi panganten sareng ki panganten.
Kesimpulan
Dalam tradisi masyarakat Sunda, membakar kemenyan untuk leluhur merupakan bagian dari ritual yang kaya makna. Kegiatan ini sering dilakukan untuk mengusir roh halus atau memanggilnya, dan diiringi dengan doa-doa dalam bahasa Sunda. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa penggunaan kemenyan dalam aktivitas yang dilarang oleh Islam, seperti memanggil jin atau makhluk halus, dianggap haram. Namun, jika penggunaannya berkaitan dengan hal-hal yang diizinkan oleh syariat Islam, maka penggunaan kemenyan tersebut dianggap mubah.
Dalam kepercayaan Sunda Wiwitan, masyarakat Baduy menggunakan istilah yang serupa dengan pemeluk agama Islam dalam praktik tradisional mereka. Contoh doa bakar kemenyan untuk leluhur Wiwitan yang mencampuradukkan unsur Islam dapat ditemukan dalam praktik seperti sawer pengantin dan sadat Islam. Namun, masyarakat Baduy sebenarnya memeluk agama Sunda Wiwitan.
Dengan demikian, doa dan tradisi membakar kemenyan mencerminkan kompleksitas budaya dan kepercayaan di masyarakat Sunda. Penting untuk memahami konteks budaya dan agama yang bersangkutan serta menjaga agar penggunaannya selaras dengan ajaran agama Islam.