4 Cara Membuat Basreng Mentah yang Gurih dan Renyah: Resep Sederhana yang Wajib Anda Coba

cara membuat basreng mentah

Cara membuat basreng mentah – Basreng adalah makanan ringan yang populer di Indonesia. Untuk membuat basreng, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung beras, ebi, bawang putih, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk.

Campurkan semua bahan tersebut hingga merata dan kalis, lalu bentuk adonan menjadi bulat-bulatan bakso. Basreng mentah bisa disimpan dalam kulkas sebelum digoreng.

Setelah itu, goreng basreng mentah dalam minyak panas hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan, lalu sajikan basreng mentah hangat dengan saus tomat dan saus cabai. Nikmati basreng mentah sebagai camilan lezat di waktu luang Anda.

Table of Contents

Asal Usul Basreng

Basreng adalah makanan ringan yang memiliki rasa gurih dan renyah yang berasal dari sunda, Indonesia. Nama “basreng” sendiri merupakan singkatan dari “bakso goreng” yang menggambarkan bentuk dan cara pengolahan makanan ini. Basreng pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1970-an dan sejak itu menjadi camilan yang populer di berbagai daerah.

Asal usul basreng berasal dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mengonsumsi makanan gorengan. Proses pembuatan basreng dimulai dengan mencampurkan daging ayam, ikan, bawang putih, garam, gula, merica, dan kaldu bubuk. Kemudian, tambahkan minyak wijen, telur, air es, tepung sagu, dan baking powder. Adonan ini kemudian dibentuk menjadi bulat-bulatan bakso menggunakan dua sendok.

Setelah itu, goreng basreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga matang. Proses penggorengan ini memberikan tekstur renyah pada basreng. Setelah matang, angkat basreng dan tiriskan sejenak untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Basreng biasanya disajikan secara hangat dan dapat dinikmati sebagai camilan di waktu luang. Untuk memberikan variasi rasa, Anda dapay menambahkan pelengkap seperti saus tomat dan saus cabai.

Dengan kelezatannya yang unik, basreng telah menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Kini, basreng juga telah dikenal di berbagai negara dan menjadi salah satu makanan yang dijual secara internasional.

Jadi, basreng adalah makanan ringan khas Indonesia yang memiliki rasa gurih dan renyah. Dengan sejarahnya yang panjang dan popularitasnya yang terus meningkat, basreng menjadi salah satu camilan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Indonesia.

Kandungan Gizi & Kalori Basreng

Basreng adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras, dan bahan-bahan lainnya. Selain memiliki rasa yang gurih dan renyah, basreng juga memiliki kandungan gizi yang perlu diketahui. Berikut adalah penjelasan mengenai kandungan gizi dan kalori dalam basreng:

  • Karbohidrat: Basreng mengandung karbohidrat dari tepung kanji dan tepung beras. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Dalam setiap porsi basreng, terdapat sekitar 30 gram karbohidrat.
  • Protein: Basreng juga mengandung protein dari bahan-bahan seperti daging ayam dan ikan. Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Dalam setiap porsi basreng, terdapat sekitar 5 gram protein.
  • Lemak: Basreng mengandung sedikit lemak, terutama dari minyak yang digunakan untuk menggorengnya. Lemak adalah sumber energi yang penting, namun perlu dikonsumsi dengan bijak. Dalam setiap porsi basreng, terdapat sekitar 2 gram lemak.
  • Serat: Basreng tidak mengandung serat secara signifikan karena bahan utamanya adalah tepung kanji dan tepung beras yang telah diolah. Namun, Anda masih bisa mendapatkan serat dari makanan lain dalam menu harian Anda.
  • Kalori: Dalam setiap porsi basreng, terdapat sekitar 150-200 kalori. Jumlah kalori ini dapat berbeda tergantung pada ukuran dan cara penggorengan basreng.

Meskipun basreng memiliki rasa yang lezat, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang moderat. Kandungan gizi dan kalori dalam basreng dapat berkontribusi pada asupan harian Anda, namun perlu diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup aktif.

Penyebab Basreng Bisa Mengeras

Basreng bisa mengeras karena beberapa penyebab berikut:

  • Proses penggorengan yang tidak tepat: Jika basreng digoreng dalam minyak yang terlalu panas atau terlalu lama, maka kemungkinan besar basreng akan menjadi keras. Minyak yang terlalu panas dapat membuat basreng cepat gosong dan keras. Sedangkan, jika basreng digoreng terlalu lama, kelembapan dalam basreng akan hilang dan membuatnya menjadi keras.
  • Komposisi bahan yang tidak tepat: Jika proporsi tepung kanji dan tepung beras dalam adonan basreng tidak seimbang, maka basreng dapat menjadi keras. Tepung kanji yang terlalu banyak dapat membuat basreng menjadi terlalu padat dan keras. Sebaliknya, jika tepung beras terlalu banyak, basreng akan kehilangan kelembutan dan menjadi keras.
  • Penyimpanan yang tidak benar: Jika basreng disimpan dalam wadah yang tidak kedap udara atau terkena udara langsung, maka basreng dapat mengeras. Udara dapat membuat basreng kehilangan kelembapan dan membuatnya menjadi keras. Pastikan basreng disimpan dalam wadah yang kedap udara atau dalam kemasan yang rapat untuk menjaga kelembutan dan kelezatannya.

Untuk menghindari basreng yang mengeras, pastikan Anda menggoreng basreng dengan suhu minyak yang tepat dan waktu yang cukup. Selain itu, perhatikan juga proporsi tepung kanji dan tepung beras dalam adonan basreng. Terakhir, simpan basreng dalam wadah yang kedap udara untuk menjaga kelembutan dan kelezatannya.

Cara Membuat Basreng Mentah

Cara membuat basreng yang renyah dan lezat sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan semua bahan yang diperlukan, yaitu:

  • 250 gram tepung kanji
  • 250 gram tepung beras
  • 2 sendok makan ebi (udang kering), haluskan
  • 3 sendok makan bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk

2. Campurkan semua bahan dalam wadah besar. Pastikan bahan tercampur secara merata.

3. Uleni adonan hingga kalis. Anda dapat menggunakan tangan atau alat pengaduk.

4. Bentuk adonan basreng menjadi bulat-bulatan bakso menggunakan dua sendok.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat basreng yang renyah dan lezat di rumah. Selamat mencoba!

Resep Basreng Daun Jeruk Kriuk

Resep Basreng Daun Jeruk Kriuk

Basreng daun jeruk kriuk adalah camilan gurih dan renyah yang cocok untuk dinikmati di waktu luang. Dalam resep ini, kami akan membagikan langkah-langkah sederhana untuk membuat basreng daun jeruk kriuk yang lezat dan menggugah selera. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

A. Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung kanji
  • 250 gram tepung beras
  • 2 sendok makan ebi (udang kering), haluskan
  • 3 sendok makan bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Daun jeruk secukupnya, iris tipis

B. Langkah-langkah pembuatan basreng daun jeruk kriuk:

  1. Campurkan tepung kanji, tepung beras, ebi halus, bawang putih cincang, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan bisa dipulung.
  3. Ambil sejumput adonan basreng dan pipihkan di telapak tangan.
  4. Letakkan selembar daun jeruk di atas adonan basreng yang sudah dipipihkan, lalu lipat adonan menjadi setengah lingkaran dan tekan-tekan agar daun jeruk melekat dengan baik.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  6. Goreng basreng daun jeruk dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan terlihat kriuk-kriuk.
  7. Angkat basreng daun jeruk kriuk dan tiriskan minyaknya.
  8. Sajikan basreng daun jeruk kriuk secara hangat sebagai camilan lezat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat basreng daun jeruk kriuk yang renyah dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Cara Membuat Basreng Mentah Pakai Indomie Goreng

Untuk membuat basreng menggunakan Indomie Goreng, berikut adalah bahan langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 1 bungkus Indomie Goreng
  • 250 gram tepung kanji
  • 250 gram tepung beras
  • 2 sendok makan ebi (udang kering), haluskan
  • 3 sendok makan bawang putih, cincang halus
  • 2 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk

Langkah-langkah membuat Basreng menggunakan Indomie:

  1. Rebus Indomie Goreng sesuai petunjuk pada kemasan. Setelah matang, tiriskan dan biarkan dingin.
  2. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung kanji, tepung beras, ebi halus, bawang putih cincang, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
  3. Tambahkan Indomie Goreng yang sudah dingin ke dalam campuran tepung. Uleni hingga semua bahan tercampur dengan baik dan adonan menjadi kalis.
  4. Bentuk adonan basreng menjadi bulat-bulatan kecil menggunakan dua buah sendok atau tangan.
  5. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng basreng dalam minyak panas hingga kecokelatan dan matang sempurna. Pastikan untuk membalik basreng agar matang merata.
  6. Angkat basreng dari minyak panas dan tiriskan pada kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  7. Basreng siap disajikan sebagai camilan gurih dan renyah. Anda dapat menikmatinya secara langsung atau menyajikannya dengan saus tomat atau saus cabai sebagai pelengkap.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat basreng menggunakan Indomie Goreng yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!

Basreng Empuk Ekonomis (Tanpa Daging)

Basreng empuk ekonomis tanpa daging adalah camilan gurih yang bisa Anda nikmati di waktu luang. Dalam resep ini, kami akan memberikan langkah-langkah sederhana untuk membuat basreng empuk tanpa menggunakan daging. Berikut adalah cara membuatnya:

Bahan-bahan basreng ekonomis meliputi:

  1. 250 gram tepung kanji
  2. 250 gram tepung beras
  3. 2 sendok makan ebi (udang kering), haluskan
  4. 3 sendok makan bawang putih, cincang halus
  5. 2 sendok makan ketumbar bubuk
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh merica bubuk
  8. Air secukupnya

Langkah-langkah pembuatan basreng empuk ekonomis tanpa daging:

  • Campurkan tepung kanji, tepung beras, ebi halus, bawang putih cincang halus, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil mengaduknya hingga adonan menjadi kalis dan bisa dipulung.
  • Biarkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan mengembang dan menjadi lebih empuk.
  • Setelah adonan mengembang, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  • Ambil sejumput adonan basreng dan bentuk menjadi bulatan kecil-kecil.
  • Goreng basreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan matang sempurna.
  • Angkat basreng dan tiriskan minyak berlebih.
  • Basreng empuk ekonomis tanpa daging telah siap.

Anda dapat menikmati basreng empuk ini sebagai camilan di waktu luang atau sebagai pelengkap hidangan lainnya. Selamat mencoba!

Penutup Cara Membuat Basreng Mentah

Basreng mentah adalah camilan gurih dan renyah yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras, dan bahan-bahan lainnya. Dalam proses pembuatannya, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, tepung beras, ebi halus, bawang putih cincang, ketumbar bubuk, garam, dan merica bubuk.

Campurkan semua bahan tersebut hingga rata, tambahkan minyak wijen, telur, dan air es sedikit demi sedikit, lalu tambahkan tepung sagu dan baking powder. Uleni adonan hingga kalis, bentuk menjadi bulat-bulatan bakso, dan goreng dalam minyak panas hingga matang.

Penyajian basreng mentah yang hangat dapat menimbulkan cita rasa yang nikmat dengan pelengkap saus tomat dan saus cabai. Camilan ini cocok untuk waktu luang atau sebagai camilan saat bersantai.

Anda juga dapat menjual basreng mentah ini sebagai usaha sampingan dengan menggunakan resep yang sederhana dan lezat ini. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat basreng mentah sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga atau teman-teman Anda.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*