Shalat istikharah, niat dan tata cara shalat Istikharah Memohon Petunjuk Memilih Jodoh karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala 

sholat istikharah

Sholat istikhoroh, niat dan tata cara sholat Istikhoroh Memohon Petunjuk Memilih Jodoh karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Dalam kehidupan sehari-hari seorang manusia tidak bisa lepas dari masalah. Allah memang mendesain hidup manusia tidak akan pernah bisa keluar dari masalah. Sepintar apapun seseorang, sekaya apapun seseorang, secantik apapaun seorang wanita dan setampan apapun seorang pria maka dia pasti akan bertemu masalah.  

Masalah ada untuk dihadapi bukan untuk di takuti. Kita harus yakin bahwa kita sama Allah dibekali kemampuan yang jauh  lebih besar dari masalah itu. Ingat ya, Allah tidak akan membebani manusia melebihi batas kemampuannnya 

Allah berfirman dalam Al Quran:  

لاَ يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا 

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al Baqoroh 286) 

 

Yakinlah, Allah yang memberi masalah. Allah juga yang  akan emmberi solusi dan jalan kelaur  dari semua masalah. Kuncinya doa, ikhtiar dan tawakkal yang sebenar-benarnya  kepada Allah.  

tata cara sholat istikharah
tata cara sholat istikharah

 

Jadi sebenarnya, kaya, tampan, cantik, pintar dan pandai itu bukan solusi dalam kehidupan ini. Bukan berarti orang kaya gak ada masalah. Bukan berarti orang tampan dan cantik gak punya masalah. Jadi masalah akan selalu ktia temui dalam keadaan yang bagaimanaun.  

 

Lantas, untuk apa Allah menciptakan masalah?  ini suatu pertanyaan besar. Tahukah anda bahwa Allah menciptakan masalah kepada manusia itu supaya manusia tidak mengandalkan dirinya sendiri. Supaya manusia mau mengembalikan segala urusannya kepada Allah.  

Agar manusia sadar bahwa dirinya lemah tidak punya kekuatan. Agar dia sadar bahwa yang yang perkasa dan sempurna itu hanyalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

 

Dalam menyelesaikan masalahnya manusia sama Allah diberi solusi berupa shalat istikharah. Dimana shalat istikharah merupakan salah satu shalat sunnah yang dikerjakan dalam rangka untuk memohon petunjuk kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

 

Waktu melaksanakan shalat istikharah  

Nah, sekarang yang perlu kita ketahui adalah kapan waktu yang tepat dan terbaik untuk melaksanakan shalat istikharah? waktu yang tepat dan terbaik melaksanakan shalat istikharah adalah di malam hari, sesudah shalat Isya’. 

 

Shalat istikharah itu beda dengan shalat tahajud. Dimana shalat tahajud harus dilaksanakan setelah tidur dahulu. Shalat istikharah tidak harus tidur dahulu. Shalat istikharah bisa dilaksanakan tanpa harus tidur dahulu. 

 

Jadi setelah shalat Isya’, setelah melaksanakan shalat sunnah ba’diyah isya, kita tetap bisa melaksanakan shalat istikharah. Waktu terbaik untuk melaksanakan shalat istikharah adalah di malam hari ketika orang-orang sudah terlelap dalam tidur.  

 

Saat itu malam terasa sunyi, sepi hening, tidak ada suara-suara yang mengganggu. Saat itulah waktu yang tepat sekali untuk melaksanakan shalat istikharah. Dimana shalat istikharah adalah dalam rangka membangun hubungan kedekatan kita dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

 

Dalil sholat istikharah 

Shalat istikharah adalah shalat Sunnah berjumlah 2 rokaat untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Shalat ini telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika mengalami keraguan atau butuh kemantapan dalam rangka menentukan pilihan yang terbaik. 

 

Sebelum datangnya Islam orang-orang Arab jahiliyah melakukan istikharah atau menentukan pilihan dengan menggunakan undian. Namun setelah Allah mengutus Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam ke muka bumi sebagai nabi dan rasul, Allah melarang cara tersebut dan Allah menggantinya dengan amalan shalat istikharah.  

 

Berikut merupakan dalil shalat istikharah. Berdasarkan hadist Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dijelaskan dalam hadits Bukhari. 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ 

  Terjemahnya:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara / urusan yang kami hadapi, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran. Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari). 

 

Dan sebuah hadist: 

Dari sahabat Jabir bin Abdullah radhiallahu anhuma ia telah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda “Jika salah seorang diantara kamu hendak melakukan sesuatu tidaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain shalat fardhu (HR. Ahmad Al Bukhari Al Baihaqi dan yang lain). 

 

Hukum melaksanakan sholat istikharah  

Para ulama berpendapat bahwa shalat istikharah hukumnya adalah sunnah. Dii mana pada saat seorang muslim berhadapan dengan masalah, kesulitan yang mana masalah itu memerlukan keputusan yang tepat dan cepat untuk memilih. 

sholat istikharah
sholat istikharah

 

Baik itu kesulitan dalam hal jodoh, tempat tinggal, sahabat, pekerjaan, karir ataupun yang lain. Jadi ketika kita menghadapi masalah, sangat dianjurkan untuk segera mengambil air wudhu dan mengerjakan shalat sunnah istikharah ini. 

 

Keutamaan melaksanakan sholat istikharah 

Sholat istikharah sangat baik dilaksanakan apabila kita punya masalah dan kita ragu dengan pilihan yang ada.  
 

Inilah beberapa keutamaan shalat istikharah yang perlu kita ketahui agar kita mantap melaksanakan shalat istikharah 

  1. Menyerahkan hasil kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala 

Dalam kehidupan di dunia ini kita pasti sering berhadapan dengan masalah dan dilema yang membuat kita menghadapi pilihan yang sulit. Semua terasa seperti makan buah simalakama. Sehingga karena masalah itu kita jadi berpikir keras bagaimana mendapatkan solusi dari masalah yang kita hadapi ini. Dengan melaksanakan shalat istikharah semata karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kita memohon petunjuk kepada Allah agar Allah menghilangkan kesulitan kita atau memberi pencerahan kepada jiwa kita sehingga kita mendapatkan solusi yang tepat dari Allah subhanahu wa ta’ala. 

  1. Menenangkan diri sendiri 

Tahukah kamu bahwa shalat istikharah juga dapat membuat hati dan pikiran kita yang kalut menjadi tenang. Hati dan jiwa kita menjadi terbimbing dan tercerahkan karena kita sudah menyerahkan segala urusan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan melaksanakan shalat istikharah kita akan mantap mengambil keputusan dan kesimpulan dan kita akan jauh dari sifat tergesa-gesa.  

 

Dimana sifat tergesa-gesa itu datangnya dari setan. Insyaallah dengan memohon dan meminta petunjuk dari Allah subhanahu wa ta’ala kita akan mudah menghadapi segala urusan dan kesulitan walaupun urusan itu pelik dan sulit. Dengan pikiran yang tenang, hati yang damai pikiran yang jernih kita akan bisa mengambil keputusan yang pas sesuai dengan solusi yang kita harapkan.  

 

Dengan wasilah shalat istikharah insya Allah kita akan mengambil keputusan tidak dengan emosional dan ketergesa-gesaan tetapi akan tenang dan damai. Sehingga solusi yang kita dapatkan adalah solusi yang terbaik untuk hidup kita 

  1. Hati menjadi tenang dan mantap

ketika kita menghadapi masalah biasanya hati kalut, bingung, gelisah kita sulit mengambil keputusan yang tepat. Dalam keadaan yang demikian kita tidak bisa mengambil keputusan begitu saja kalau kita mengambil keputusan begitu saja itu sama saja kita mengambil keputusan dalam keadaan tergesa-gesa dan penuh emosi maka dibutuhkan ketenangan hati dan usaha yang maksimal serta doa yang ikhlas agar kita sama Allah diberi hati yang mantap. Salah satu upaya dan usaha kita agar sama Allah diberi hati yang mantap adalah dengan menjalankan shalat istikharah. Dengan rutin menjalankan salat istikharah ini kita akan memperoleh kemudahan dalam proses mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan petunjuk agama Islam. Dengan hati yang mantap dan tepat maka keputusan akan bisa diambil dengan tepat dan cepat. 

  1. Menghadang Bisikan Setan 
BACA JUGA :   Doa Masuk Rumah Doa Keluar Rumah Serta Keutamaannya yang Jarang Diketahui Orang

Tahukah Anda bahwa manusia adalah makhluk yang selalu dimusuhi oleh setan. Dimana setan adalah musuh yang jelas dan nyata bagi manusia. setan selalu berusaha dan berupaya untuk menjerumuskan manusia menjadi manusia yang ragu, manusia yang tersesat. Apabila kita menghadapi kesulitan maka syetan senang. Karena ketika orang menghadapi kesulitan dia akan bimbang. Dengan kebimbangan itu dia akan mengambil keputusan yang salah. Dengan keputusan yang salah Setan akan menjerumuskan manusia supaya dia merasa bersalah. Dengan merasa bersalah, setan akan menjerumuskan manusia agar melakukan hal-hal yang negatif seperti menyendiri, bunuh diri, bahkan menyalahkan orang lain. Dengan melaksanakan shalat istikharah kita sudah membendung dan membatasi diri dari bisikan setan yang sesat dan menyesatkan.   

Melalui wasilah shalat istikharah kita memohon perlindungan kepada Allah agar dijaga dan dipelihara dari godaan setan yang terkutuk. 

  1. Memilih sesuai bimbingan agama

Kata kunci agar hidup kita bahagia, damai dan selamat di dunia hingga akhirat.  

Apabila kita hidup sesuai dengan aturan dan pedoman agama termasuk ketika kita menghadapi masalah maka ada solusi dari agama yaitu menjalankan salat istikharah.  

 

Dimana dengan shalat istikharah ini kita meminta petunjuk kepada Allah atas kebimbangan dan keraguan yang sedang kita hadapi. Asal tahu saja, bukan berarti Jika kita menghadapi masalah, masalah itu tidak dapat diatasi.  

 

Kita harus yakin, bisa mengatasi semua masalah karena semua masalah itu pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran: 

لاَ يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا 

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al Baqoroh 286)

 

Bukankah kita tahu bahwa segala urusan yang sulit dan yang mudah itu sebenarnya ada dalam genggaman Allah?  

Mengapa kita tidak mengembalikan segala urusan kepada Allah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  Jika ada hamba yang menyerahkan urusan kepada Nya, Allah sangat cinta dengan hamba ini.   

Beda dengan manusia, jika kita menyerahkan urusan kita kepada orang lain. Ini sama saja kita menjadi beban bagi orang lain. 

Tetapi jika kita menyerahkan segala urusan kita kepada Allah, maka Allah senang karena hambaNya ini merasa lemah, seraya menyerahkan segala urusannya kepada Allah. 

 

Tata cara sholat istikharah  

Setelah kita tahu manfaat, kegunaan shalat istikharah ini. Kini saatnya kita mempelajari tentang bagaimana tata cara melaksanakan shalat istikharah yang baik dan benar. 

sholat istikharah
 

Pada dasarnya shalat istikharah dilaksanakan hampir sama dengan shalat shalat sunnah yang lain yaitu selalu diawali dengan niat. 

 

Niat. Dimana niat ini terlaksana bersamaan dengan Takbiratul Ihram. Niat tempatnya di dalam hati.

Membaca doa iftitah 

Membaca surat al-fatihah 

Surat-surat dari Alquran sangat diutamakan membaca surat al-kafirun 

Ruku 

I’tidal 

Sujud 

Duduk diantara 2 sujud 

Sujud ke dua 

Berdiri untuk rakaat ke 2 

Membaca surah al Fatihah 

Membaca surat-surat  yang ada dalam Al Quran terutama surat Al Ikhlas 

Ruku 

I’tidal 

Sujud 

Duduk diantara 2 sujud 

Sujud ke dua 

Tahiyat akhir 

 Salam
 
 

Bacaan doa shalat istikharah 

Setelah kita melaksanakan sholat istikharah dengan benar. Selanjutnya kita berdoa kepada Allah seraya meminta kepada Allah agar apa yang kita inginkan supaya doa kita segera dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.  

Doa sholat Isitkhoroh

Berikut ini doa sholat istikharah 

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat istikharah yang lengkap:
 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(…)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ 

Bacaan latin doa sholat istikharah: 

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub. Allaahumma in unta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi. 

 

Terjemah doa sholat istikharah: 

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaibYa Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini ( sebut keperluanya ) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku.” 

 

Demikian pembahasan penulis tentang sholat istikahrah, tata cara sholat istikharah dan doa sholat istikharah yang baik dan benar sesuai tuntunan Allah melalui nabi Muhammad dan di sampaikan oelh ulama’ hingga kepada kita saat ini.  

 

Semoga dengan mamahami arti dan makna sholat istikharah menjadikan kita sebagai pribadi muslim yang tambah soleh dan berilmu. Semoga kita bisa mengamalkan ilmu yang kita miliki dan menjadi orang yang beramal karena pedoman ilmu.   

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance