Kisah nabi Idris melihat surga dan neraka

hikmah kisah Nabi Idris

kisah Nabi Idris mulai lahir sampai wafat

kisah nabi idris

Sumber gambar: merdeka

Nabi Idris merupakan keturunan keenam dari nabi Adam Alaihissalam. Nabi Idris putra Yarid bin Mahlail bin Qinan bin Anusy bin Syits bin Adam.

Nabi Idris merupakan keturunan  nabi Adam pertama yang diutus menjadi nabi dan rasul setelah Allah mengutus Nabi Adam dan nabi Syits menjadi nabi dan rasul.

 

dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Nabi Idris bermukim di kota Mesir. Beliau berdakwah untuk menyebarkan ajaran Islam, agama Allah.

Nabi Idris mengajarkan tauhid dan tata cara beribadah kepada Allah. Nabi Idris memberi petunjuk atau pedoman hidup kepada kaumnya agar selalu dalam kebenaran. Agar mereka selamat dari siksaan Allah di akhirat.Akhirat adalah tempat yang abadi.

Nabi Idris dikisahkan diangkat menjadi nabi dan rasul ketika dia telah berumur 82 Tahun.

Inilah beberapa nasehat Nabi Idris:

  • Kesabaran yang disertai keimanan kepada Allah akan membawa kepada kemenangan
  • Orang yang bahagia adalah orang yang mawas diri dan mengharap syafaat Allah dengan amalan-amalan Soleh
  • Jangan bersumpah dalam keadaan kamu berdusta
  • Jangan menuntut sumpah dari orang yang berdusta supaya kamu tidak mensekutui mereka dalam dosa
  • Janganlah engkau mengiri bahwa orang yang mujur nasibnya karena mereka tidak akan banyak dan lama menikmati kemujuran nasibnya
  • Barangsiapa melewati kesederhanaan (berlebih-lebihan atau berfoya-foya) tidak ada sesuatu pun yang akan memuaskannya
  • Kehidupan orang itu hendaknya mengandung Hikmah

 

Dikisahkan dalam sebuah riwayat bahwa orang yang pertama kali mengajarkan tata cara menjahit, menata pakaian, tulis-menulis adalah Nabi Idris.

Menurut Tafsir Ibnu Hatim Nabi Idris wafat tatkala berada di langit ke-4 dan dibawa oleh malaikat. Disebutkan di dalam Al  Quran:

“Dan Ceritakanlah (Hai Muhammad kepada mereka kisah Idris di dalam al-qur’an Sesungguhnya ia adalah seseorang yang sangat membenarkan dan Seorang nabi dan kamu telah mengangkatnya ke derajat yang tinggi” (QS. Maryam 56-57)

 

Kisah nabi Idris dan malaikat Izrail

Kisah nabi Idris dan malaikat Izrail

Sumber gambar: hambamuslim

Nabi Idris lahir 1000 tahun Setelah meninggalnya Nabi Adam Alaihissalam. Dijelaskan dalam sebuah buku berjudul “Nabi Nabi dalam Al Quran” buah karya Latif Abdul Fatah.

Di mana Buku ini mengutip beberapa keterangan ulama. Dijelaskan bahwa Nabi Idris Alaihissalam dilahirkan di kota Munaf, Mesir. Kemudian beliau berdakwah ke wilayah Irak kuno.

Dalam beberapa keterangan, beliau pernah mendapat kesempatan untuk berkenalan, berteman dan bersahabat dengan malaikat Izroil.

Hingga beliau minta kepada malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya dan menghidupkannya kembali.

Mendengar permintaan Idris ini, tentu saja malaikat Izrail kaget dan terkejut.

Dengan berat hati dan halus, ia menolak apa yang diminta oleh Nabi Idris Alaihissalam.

Malaikat Izrail tidak bisa memenuhi permintaan Nabi Idris.

Walaupun dia Seorang nabi dan rasul, tidak bisa serta-merta dia minta dimatikan tanpa seijin dari Allah.

Bagi malaikat Izrail ia tidak bisa melakukan sesuatu tanpa perintah dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dalam waktu beberapa saat kemudian, Allah memerintahkan kepada malaikat Izrail untuk mencabut nyawa Nabi Idris Alaihissalam.

Maka serta-merta malaikat Izrail langsung mengambil nyawa Nabi Idris. Tanpa sepengetahuannya, malaikat Izrail yang menjadi sahabat Nabi Idris menangis atas kematian nabi Idris.

Ia memohon kepada Allah agar menghidupkan Nabi Idris kembali.

Allah kemudian mengabulkan permintaan malaikat Izrail ini.

BACA JUGA :   Nikmatnya Rejeki Anak. Inilah Nikmat Besar Yang Jarang di Sadari oleh Pasangan Suami Istri

Sehingga Nabi Idris bisa hidup kembali dan mereka bisa bersahabat, bercengkerama dan berdialog kembali.

Saat bersama Nabi Idris ini, malaikat Izrail menanyakan kepada Nabi Idris bahwa dia juga ingin melihat surga dan neraka.

Sama halnya dengan yang sebelumnya, malaikat Izroil tidak dapat memenuhi keinginan permintaan Nabi Idris ini sebelum mendapat izin dari Allah.

Allah tahu dengan keinginan Nabi Idris.

Allah pun memenuhi keinginan Nabi Idris. Nabi Idris diizinkan untuk melihat surga dan neraka bersama dengan malaikat Izroil.

Ketika mereka sampai di dekat surga. Seketika mereka pingsan saat mereka bertemu dengan malaikat Malik, malaikat sang penjaga pintu neraka.

Dimana malaikat Malik ini memiliki Perangai yang sangat menakutkan dan menyeramkan. Nabi Idris tidak sanggup melihat wujud dari malaikat malik ini yang ada dalam neraka.

Saat mereka melihat surga, mereka sangat bahagia karena mereka disambut dengan hangat oleh malaikat Ridwan.

Dimana malaikat Ridhwan ini memiliki perangai yang sopan, santun, ramah.

Saat melihat surga, Nabi Idris hampir saja pingsan. Pingsan karena terpukau dan terpesona dengan keindahan surga yang begitu indah dan menakjubkan.

Belum pernah terbayangkan dalam benaknya surga yang ada di dunia ini.

 

Mukjizat Nabi Idris

mukjizat nabi idris

Sumber gambar: kongkah.id

Setiap Allah mengutus nabi dan rasul, Allah membekali nabi dan rasul dengan mukjizat. Di mana mukjizat ini diberikan dalam rangka untuk mematahkan pendapat kaum kafir. Membuktikan kepada mereka bahwa ajaran yang dibawa oleh Nabi dan Rasul adalah kebenaran dari Allah, termasuk nabi Idris.

Nabi Idris memiliki beberapa mukjizat. Inilah beberapa mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Idris Alaihissalam:

Nabi Idris adalah manusia pertama yang membaca dan menulis menggunakan pena

Allah memberikan kepada Nabi Idris 30 shohifah. Dimana suhuf ini merupakan lembaran-lembaran berisi ajaran Allah ini berisi petunjuk Allah kepada Nabi Idris yang yang akan disampaikan kepada kaum Idris.

Nabi Idris oleh Allah diberi pengetahuan seperti kemampuan merawat kucing, ilmu Falak, perbintangan, ilmu Matematika atau berhitung.

Nabi Idris mampu memotong dan menjahit pakaian

Sebelum datangnya nabi Idris, orang-orang biasanya hanya mengenakan pakaian dari kulit binatang untuk menutupi tubuh dan auratnya.

Nabi Idris lahir dan besar di kota Durus artinya belajar. Dimana Nabi Idris adalah seorang nabi dan rasul yang sangat rajin belajar dan mengkaji ajaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Wahyu Allah yang telah diturunkan kepada Nabi Adam juga diberikan kepada Nabi Idris. Nabi Idris sangat rajin bertafakur, berpikir dan mengkaji alam semesta.

Di mana alam semesta dan segala isinya merupakan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

hikmah kisah Nabi Idris

hikmah kisah Nabi Idris

Sumber gambar: langkahilmu

setelah kita membaca kisah sejarah hidup Nabi Idris Alaihissalam, kita bisa memetik beberapa hikmah, manfaat dari kehidupan Nabi Idris.

Inilah beberapa hikmah, manfaat yang bisa kita petik dari kehidupan Nabi Idris Alaihissalam:

Nabi Idris adalah seorang pembelajar sejati

Kita tahu bahwa jaman dahulu belum ada sekolah, belum ada Universitas, pondok pesantren tetapi seorang Idris adalah seorang pelajar. Dia belajar dari fenomena alam yang terjadi di sekitarnya. Sehingga Nabi Idris memperoleh ilmu, hikmah yang diberikan oleh Allah lewat  perenungan.

Nabi Idris merupakan manusia pertama yang menemukan metode menulis menggunakan pena untuk menulis. Pertama, nabi Idris menulis suhuf-suhuf yang Allah berikan kepadanya.

 

 

 

 

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*