Keajaiban sedekah. Menanamkan prinsip memberi kepada anak

keuangan keluarga

Pentingnya menanamkan prinsip sedekah dan memberi kepada anak sejak dini

finansial keluarga

Pentingnya mengelola financial keluarga. Keluarga layaknya sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan itu di Kita sebut besar tatkala input penghasilan perusahaan itu lebih tinggi dibandingkan output atau pengeluaran.

Apa yang diraih oleh suatu perusahaan ini menjadi acuan dalam rangka untuk meraih keuntungan yang besar bahkan berlipat-lipat.

Para karyawan, tenaga kerja dan segenap keluarga besar perusahaan menjadi senang dan bahagia dalam rangka menjalankan pekerjaan mereka sesuai dengan peran dan serta fungsinya masing-masing.

Mereka tak pernah merasa khawatir karena mereka telah mendapatkan jaminan kesejahteraan dari perusahaan.

Tahukah anda bahwa suatu perusahaan dapat mencapai target yang luar biasa itu karena perusahaan dioptimasi setiap hari, setiap pekan bahkan setiap tahun. Sehingga perusahaan itu mampu menghasilkan profit yang tinggi.

Dan tidak kalah menariknya adalah mengetahui bahwa dibalik perusahaan yang sukses itu selalu ada pemimpin yang luar biasa. Seperti apa kebiasaan sang pemimpin, gimana budaya kerja di perusahaan itu hingga mampu menggapai dan mencapai level yang luar biasa.

Pertanyaan penting selanjutnya bukan hanya bagaimana perusahaan itu mampu memperoleh profit yang luar biasa tetapi di mana perusahaan itu juga dikenal sebagai perusahaan yang tidak pernah mengalami goncangan masalah finansial? Luarbiasa, bukan?

Pertanyaan dasar yang perlu kita selidiki lebih lanjut adalah dengan mengetahui jawaban pertanyaan itu. Kita akan banyak belajar dari perusahaan tersebut tentang arti kehidupan. Ilmu ini akan kita aplikasikan dalam konteks kehidupan dalam keluarga kita sendiri.

Setelah melakukan pengamatan dan penyelidikan lebih jauh, ternyata diketahui bahwa direktur perusahaan itu adalah orang yang suka memberi (giving). Jelas ini sejalan dengan konsep “Tangan diatas lebih baik daripada tangan yang dibawah”.

Kita perlu memberi infaq terbaik kita kepada orang yang menjadi tanggung jawaban kita. Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang dikeluarkan dari kelebihan kekayaan.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi “Siapa yang mampu menjaga kehormatan dirinya sendiri dengan tidak meminta-minta maka Allah akan menjaganya dan siapa yang merasa cukup maka Allah akan memberinya kecukupan” (HR Bukhari)

 

Memang kebiasaan memberi adalah kebiasaan yang nampaknya sangat sepele dan sederhana. Namun ternyata, besar sekali manfaatnya. Dengan sedekah kita membiasakan diri menjadi tangan di atas.

Artinya mengajarkan kepada diri sendiri dan keluarga untuk selalu menolong orang lain. Tidak pernah berharap balasan atas perbuatan yang kita lakukan kepada orang lain.

Niat tulus ikhlas yang luar biasa akan memberikan kepuasan batin yang luar biasa untuk diri kita sendiri. Dana yang programkan oleh perusahaan untuk mengutamakan memberi bantuan kemanusiaan kepada orang lain dalam perusahaan biasa disebut dengan CSR.

Program ini harus di gunakan sebaik mungkin untuk memberikan dampak dan manfaat untuk lingkungan sekolah. Perusahaan dalam hal ini sang pemimpin perusahaan sangat mengutamakan memberi bantuan sosial kepada masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.

Anggaran khusus telah disiapkan jika anda butuh tenaga khusus untuk melancarkan bantuan sosial perusahaan siap menghadirkannya.

Ada 2 prinsip dasar yang penting yang dipakai. Apa itu? yaitu makin banyak anggaran yang dialokasikan untuk kemanusiaan maka pada gilirannya akan banyak memberi keuntungan perusahaan.

Perusahaan tidak akan kekurangan dana apalagi rugi ketika telah mengalokasikan anggaran khusus untuk bantuan sosial berupa CSR tadi.

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an “Tidaklah kamu menginfakkan sesuatu melainkan pasti Allah akan menggantinya” (QS. Saba: 39)

 

Inilah prinsip luar biasa yang telah diterapkan oleh pemimpin perusahaan tadi. Ia tak pernah merasa takut dan kuatir apalagi perusahaan yang merugi apabila sebagian keuntungan perusahaan digunakan untuk kepentingan umat inilah yang perlu kita terapkan dalam keluarga kita juga.

Di depan penulis telah menjelaskan panjang lebar tentang suatu perusahaan yang semakin maju dan berkualitas karena mereka menyalurkan sebagian profit dan keuntungannya untuk kepentingan umat.

 

Mengenalkan sedekah pada anak

keuangan keluarga

Finansial keluarga kita perlu dijaga agar stabil. Keluarga kita ibarat sebuah perusahaan, memiliki seorang pemimpin yang mengatur segala sesuatu, menegakkan prinsip dan memutuskan segala sesuatu demi kelangsungan keluarga.

Begitu juga dengan keluarga kita. Bolehkah kita mempunyai Pemimpin yang memiliki peran vital jika pemimpin tidak mampu memimpin dengan baik dan benar.

Bisa dipastikan karyawan di perusahaan itu tidak akan merasa nyaman. Alih-alih mendapat keuntungan yang menggunung, kerugianlah yang akan diperoleh.

 

Peran pemimpin dalam keluarga sangat vital. Orangtua adalah sebagai pemimpin di dalam keluarga, terutama Ayah. Orangtua adalah pemimpin bagi anak-anak mereka. Orangtua harus banyak memberikan contoh dan prinsip-prinsip dasar yang baik untuk menjalankan roda kepemimpinan di keluarga.

Apalagi dalam keluarga isinya adalah semua orang yang kita kita sayangi. Maka sudah seharusnya, kita memilih menerapkan prinsip-prinsip kebaikan yang dianjurkan dan diajarkan oleh agama.

 

Kita garis bawahi bahwa perusahaan diatas mampu bangkit dan memperoleh profit yang luar biasa besar karena mereka menerapkan prinsip yaitu prinsip memberi, menyiapkan anggaran khusus untuk program sosial kemasyarakatan.

Sehingga perusahaan mampu bangkit dan tumbuh berkembang menjadi produsen yang sangat besar. Ini merupakan salah satu pembeda utama perusahaan ini dengan perusahaan-perusahaan yang lain.

Jika pada saat yang sama banyak perusahaan yang membuat laporan rugi, beda dengan perusahaan ini. Dia banyak bercerita tentang keuntungan yang luar biasa banyak.

Program memberi untuk masyarakat adalah program wajib yang harus dilaksanakan seberapapun keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Dana CSR yang dikeluarkan berdasarkan prosentase sedekah yang telah ditetapkan oleh Manajemen perusahaan.

 

Ilmu Sedekah Ustadz Yusuf Mansur

sedekah yusuf mansur

Keuangan keluarga perlu di kelola dengan baik dan benar. Bukan hanya pengeluaran yang besar, pemasukan juga harus besar. Agar semua kebutuhan kelaurga terpenuhi. Bukan hanya itu, dengan sumber psamsukan yang besar kelauta punya dana yang cukup untuk berbagi, sedekah dan berkonstribusi untuk sesama dan kehidupan.

Salah satu prinsip penting yang perlu kita ajarkan pada anak adalah ilmu sedekah dan berbagi dengan sesama. Peneglolaan keuangan kelaurga ini juga sejalan dengan prinsip mengelola uang bagi anak. Gimana caranya agar anak bisa mengelola uang sakunya hingga tidak boros

BACA JUGA :   Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Terpikirkan Oleh Kita

Mungkin anda bertanya-tanya, “Bukankah dengan banyak memberi, maka uang akan semakin tergerus berkurang bahkan habis”. Ia memang, jika dikalkulasi dengan ilmu matematika, uang itu akan berkurang dan akhirnya akan habis. Tetapi ternyata urusan berbagi sedekah beda.

Prinsip ini telah lama diajarkan oleh Ustad Yusuf Mansur yang dituangkan dalam buku beliau yang fenomenal yaitu sebuah buku berjudul “An Introduction To The Miracle of Giving”. Beliau memberi nama Teori ini dengan nama “Matematika Sedekah”. sayang sekali, tidak banyak orang yang mampu memahami betul efek luar biasa dari sedekah yang luar biasa ini.

Misalnya nih, jika kita punya uang Rp1.000.000 kemudian kita sedekahkan Rp100.000 berapa uang kita yang miliki sekarang? Tentu secara fisik, kita hanya memegang uang sebesar Rp900.000,- karena 100.000,- telah kita sedekahkan. Ini menurut ilmu matematika.

Dalam ilmu sedekah berbeda. Jika Allah berkehendak lain matematika sedekah tidaklah sesederhana matematika dalam hitungan biasa. Uang kita sesungguhnya tidak pernah berkurang justru bertambah berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Dengan perhitungan matematika uang kita hanya Tertinggal Rp900.000,- namun menurut matematika sedekah uang kita berubah menjadi 1 juta 900.000,-.

Mungkin anda bertanya-tanya “Loh, kok bisa begitu”. Perlu Anda tahu bahwa dalam setiap sedekah yang kita berikan kepada orang lain Allah selalu membalas sebesar 10 kali lipat tanpa mengurangi uang yang tersisa di tangan kita.

Nah, pertanyaannya “Kapan uang itu diberikan oleh Allah”. Inilah yang menjadi misteri dan rahasia Allah. Allah bisa membalasnya dalam 1 hari berikutnya, 1 tahun 2 tahun sesuai dengan kehendak Allah Allah tidak pernah menyebutkan kapan diberikan.

Bahkan, bisa juga lho, memberikannya di akhirat nanti. Tetapi yang pasti Allah akan melipatgandakan nya. Ini sesuai dengan janji Allah.

Mungkinkah anda pernah mendengar, ada orang yang bangkrut karena banyak memberi sedekah setiap hari kepada orang lain? Tidak, tidak akan pernah. Hal ini tidak akan pernah terjadi di manapun di muka bumi ini. Mengapa? Sebab, Allah selalu menyayangi dan mencintai orang yang menjalankan perintah dan anjurannya untuk bersedekah.

 

Sedekah melipatgandakan rejeki

sedekah melipatgandakan rejeki

Inilah prinsip yang perlu kita ajarkan dan kita amalkan dalam keluarga kita. Mengajarkan seluruh anggota keluarga untuk memberi hal ini tidak akan mengurangi apa yang kita miliki. Jangan pernah kuatir kondisi keuangan dan finansial kita akan merosot sistem finansial keluarga kita jadi carut marut.

Justru sebaliknya, hata kita akan bersih dan positif dengan banyak memberi. Kita perlu menyiapkan anggaran khusus untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang manfaat memberi dan mempraktekkannya.

Dalam kehidupan sehari-hari dan ini salah satu cara terbaik untuk mengelola keuangan. Jadi kita tidak cukup hanya ngomong di depan anak-anak untuk banyak bersedekah dan memberi tanpa tindakan nyata juga akan membuat anak-anak bingung.

Jika kita hanya banyak ngomong tanpa ada tindakan nyata dari kita orang tua untuk bersedekah itu hanya  sia sia aja.

Anak juga perlu diajarkan Gimana cara mengelola waktu sebaik-baiknya agar tidak menyesal

Uang yang kita tetapkan untuk berbagi sedekah ini, tidak boleh digunakan untuk membeli apapun. Mengapa? Karena ada hak orang lain pada harga kita. Yang harusnya kita bersedekah. Itulah arti penting sebuah sedekah. Bayangkan, suatu ketika ada adegan yang diterapkan dalam keluarga kita:

Nah, sekarang keluarga kita punya program baru yaitu program untuk bersedekah. program ini akan kita jalankan bersama-sama. Semua dari anggota keluarga kita nanti bersedekah Sesuai dengan kesepakatan kita.

Bisa bersedekah untuk masjid memberi, orang yang tidak mampu, memberi uang kepada pengemis, memberi makan kepada anak yatim.

Dengan begitu, kita mencoba untuk belajar mengatur keuangan kita untuk berbagai keperluan termasuk di dalamnya adalah program sedekah. Sedekah Yang kita jalankan Dalam rangka untuk membersihkan harta kita mengapa karena diberi harta yang kita miliki ada orang lain yang harus kita tunaikan.

Jangan kuatir kalian tetap mendapatkan jatah uang jajan Setiap hari ayah ibu tidak akan mengurangi jatah jajan kalian di sekolah dan mengaji di TPQ suara.

 

Memiliki keluarga bahagia sejahtera terjalin komunikasi positif antara keluarga adalah dambaan dan cita-cita setiap keluarga tidak ada satu keluarga pun yang ingin keluarganya berantakan diam membisu ketika bertemu tidak ada obrolan ringan yang hangat masing-masing sibuk dengan gadget dan kepentingan diri sendiri suara suasana seperti ini adalah suasana rumah yang sepi layaknya kuburan yang tak berpenghuni padahal banyak isinya.

Menerapkan komunikasi positif di dalam keluarga suasana keluarga akan terasa aman nyaman dan hangat tanpa ada masalah di antara anggota keluarga orang tua adalah faktor kunci yang mampu membentuk dan menciptakan suasana yang nyaman dan damai dalam keluarga.

Program sedekah ini harus disampaikan kepada anak-anak dengan bahasa yang ringan sederhana dan menyampaikan dengan bahasa dan ada yang memaksa untuk anak-anak kan takut dan merasa terpaksa karena mereka belum bisa memahami konsep sedekah secara konkrit.

Kita bisa melatih anak untuk bikin program sedekah Jum’at atau sedekah subuh. Di mana tiap hari jum’at anak anak kita ajak untuk bersedekah kepada orang miskin, fakir atau anak yatim.

Sedekah pasti di balas

sedekah pasti di balas

Dalam kenyataannya tidak mudah mengajarkan dan menerapkan ilmu finansial kepada keluarga terutama anak-anak. Terkadang anak tidak merasa tertarik dengan sedekah. Mereka semaunya sendiri, terkesan cuek dengan apa yang disampaikan dan diajarkan oleh orang tua. Itu biasa. Ini tantangan orangtua gimana menanamkan konsep sedekah  pada putra putrinya.

Oleh karenanya orangtua perlu menyampaikan ide dan gagasan tentang finansial keluarga ini dengan cara yang baik, lembut penuh sopan santun.

Sehingga anak-anak tertarik untuk mengikuti gagasan dan ide yang disampaikan oleh orang tua. Jika kita ingin anak-anak dan keluarga kita menjadi pribadi yang luar biasa, tampil bijaksana, suka memberi, ringan tangan maka kita harus mengajarkan sikap-sikap positif ini sejak mereka masih kecil.

Kita yakin dengan pasti bahwa apa yang kita sampaikan kepada anak-anak akan berpengaruh positif kepada pribadi mereka kelak di kemudian hari. Dengan program matematika sedekah ini, keluarga kita akan terdidik secara finansial sejak dini dan akan membawa dampak positif bagi mereka ketika mereka sudah dewasa nanti. Gimana anak-anak adalah harta kita yang paling berharga dan mereka adalah generasi penerus keluarga kita

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*