INILAH LAFAD NIAT SHOLAT JUMAT LENGKAP, BAHASA INDONESIA, LATIN SERTA TERJEMAHNYA

Assalamu alaikum sahabat Fataya, gimana kabar ya? Semoga kita selalu dalam lindungan dan naungan Allah subhanahu wata’ala. Amiin.

Sebagai seorang muslim kita wajib belajar tentang sholat jumat. Sholat jum’at adalah sholat yang dilaksanakan pada hari jum’at waktu duhur (sebagai pengganti sholat suhur) berjamaah, minimal diikuti oleh 40 orang. Adapun hukum melaksanakan sholat jumat adalah wajib bagi setiap muslim laki laki, baligh, berakal dan sehat. Dasar perintah sholat jumat adalah firman Allah dalam Al Quran. Allah berfirman dalam surat Al Jumuah ayat 62:

 

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui”. (Al Jumu’ah 62:9)

Adapun bacaan niat sholat jumat yang berbahasa arab sebagai berikut:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

BACA JUGA :   Doa Penenang Hati, Keutamaan Doa Dalam Bahasa Arab, Latin Beserta Terjemahnya Lengkap

Ushollii fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala.

Artinya  “Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta’ala”.

 

Bacaan niat sholat jumat diatas adalah khusus bagi kita yang menjadi makmum. Sedangkan apabila kita jadi imam maka bacaannya adalah sebagai berikut:

 

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya “Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta’ala”.

 

Niat menurut bahasa “Al Qosdhu”artinya Menyengaja. Sedangkan menurut istilah niat adalah menyengaja melakukan sesuatu bersama dengan mengerjakannya. Dalam ibadah sholat, niat dikerjakan bersamaan dengan mengangkat tangan pas takbirotul ihrom.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance