Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Terpikirkan Oleh Kita

manfaat tidur siang

Fakta Ilmiah Tentang Manfaat Tidur Siang Yang Jarang Terpikirkan Oleh Kita. 

Tidur Siang Dalam Pandangan Islam

Dalam Islam tidur siang bukan hal yang baru dan tabu. Tidur siang biasa disebut qoilullah. Baru baru ini  di negara negra barat tidur siang mulai populer. dalam bahasa Inggris, tidur siang disebut quick-nap.

manfaat tidur siang

Tidur siang adalah tidur sebentar di siang hari kisaran 15 hingga 20 menit di siang hari. Tidur siang ini telah banyak dicontohkan oleh rosulullah dan dikerjakan oleh para sahabat nabi. Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasallam setelah seharian melakukan aktifitas dakwah beliau selalu menyempatkan diri untuk tidur siang.

Diriwayatkan oleh sahabat Anas bin malik nabi Muhamad SAW bersabda :

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ

“Qailulahlah (istirahat sianglah) kalian. Sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat pada siang hari.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah)

Apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini juga diikuti oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Di antara mereka adalah  sahaba t‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Ada sebuah  riwayat dari sahabat ‘Umar ibnul Khaththab radhiyallahu ‘anhu:

رُبَّمَا قَعَدَ عَلَى بَابِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رِجَالٌ مِنْ قُرَيْشٍ، فَإِذَا فَاءَ الْفَيْءُ قَالَ: قُوْمُوا فَمَا بَقِيَ فَهُوَ لِلشَّيْطَانِ. ثُمَّ لاَ يَمُرُّ عَلَى أَحَدٍ إِلاَّ أَقَامَهُ

Suatu ketika ada orang-orang Quraisy yang duduk duduk di depan pintu Ibnu Mas’ud. Ketika tengah hari, Ibnu Mas’ud mengatakan, “Bangkitlah kalian (untuk istirahat siang)! Yang tertinggal hanyalah bagian untuk setan.” Kemudian tidaklah Umar melewati seorang pun kecuali menyuruhnya bangkit.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1238, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad)

Disebutkan dalam riwayat yang lain bahwa:

كَانَ عُمَرُ رضي الله عنه يَمُرُّ بِنَا نِصْفَ النَّهَارِ –أَوْ قَرِيْبًا مِنْهُ – فَيَقُوْلُ: قُوْمُوا فَقِيْلُوا، فَمَا بَقِيَ فَلِلشَّيْطَانِ

Biasanya sahabat ’Umar radhiyallahu ‘anhu apabila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan “Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1239, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Adabil Mufrad no. 939: hasanul isnad)

Tidur siang walau hanya butuh waktu singkat tapi mampu membantu kita untuk mudah bangun malam dalam rangka menjalankan sholat tahajut dan tetap segar bugar disiang hari dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Tidur Siang Dalam Pandangan Ilmuwan Barat

Baru baru ini qoilullah atau tidur siang ini telah banyak diterapkan di Jepang dan Amerika. Beberapa Negara yang telah menerapkan quick-nap dalam sistem perusahaan adalah perusahaan Nike, Google, Scottsdale company, Jawa Mobile, Ben & Jerry’s dan Continental and British Airways. Sesuatu yang mengejutkan adalah para karyawan yang melakukan tidur siang atau quick-nap lebih sehat, segar bugar dan produktif dalam menjalankan aktifitas perusahan sehari hari.

Berikut beberapa manfaat Qailulah atau Quick-nap menurut para ahli antara lain adalah: 

  1. Jim Horne Direktur Sleep Research Centre di Loughborough University di Inggris mengungkapkan bahwa tidur siang hari mampu memghalau dan menghilangkan rasa ngantuk di malam hari tanpa menggangu tidur malam hari.
  2. Meningkatkan memampuan ingatan  memori, kemampuan syaraf motoric, meningkatkan kewaspadaan, tepat dalam pengambilan keputusan, semangat, menurunkan kemungkinan tekanan jantung dan stress hingga 30%. Riset ini telah di lakukan oleh David Dinges dari University of Pennsylvania School of Medicine pada kisaran tahun 1980-an
  3. menurut Dr. Roger Rosa, seorang ilmuwan senior dari The National Institute for Occupational Safety and Health bahwa “tidur siang mampu memberikan ketenangan dalam hidup.”

Dan ternyata, tidur siang yang manfaatnya  sangat hebat ini telah dicontohkan oleh nabi Muhammad sallalluhu Alaihi Wasallam sejak 1400 tahun yang lalu. Setelah beliau lelah dalam menjalankan aktifitas sejak pagi beliau selalu menyempatkan diri untuk tidur siang di rumah istri istri beliau.

BACA JUGA :   Nikmatnya Rejeki Anak. Inilah Nikmat Besar Yang Jarang di Sadari oleh Pasangan Suami Istri

Sahabat Anas bin Malik meriwayatkan bahwa nabi sering tidur siang hari di rumah Ummu Sulaim dan beliau tidur di tempat tidurnya pada saat dia tidak berada di rumah.

Suatu hari rosulullah tidur di rumah Ummu Sulaim ketika ia sedang tidak ada di rumahmnya. Seseorang berkata kepadanya “Rasulallah sedang tidur di rumahmu. Beliau berbaring di tempat tidurmu” mendengar kabar itu, serta merta Ummu Sulaim segera bergegas pulang. Pada saat Ummu Sulaim sampai di rumah, ia melihat tubuh rosulullah banyak mengeluarkan keringat. Kemudian Ummu Sulaim mengumpulkan keringat rasulullah dalam selembar kain kulit. Kemudian ia memerasnya dan memasukkan ke dalam botoh. Setelah itu, ia menyimpannya dalam kotak perhiasan.

Ketika bangun Rosulullah terkejut dan bertanya “ Apa yang kau lakukan?”

“Wahai Rosulullah, kami mengharapkan berkah keringatmu untuk anak-anak kami” (HR. Muslim)

Manfaat tidur siang bagi produktifitas kerja:

  1. Mengembalikan Energi dan Stamina Tubuh 

Sejak menjalankan aktifitas di pagi hari hingga siang hari, otak dan tubuh menguras tenaga dan kalori yang tersimpan dalam tubuh. Semakin siang biasanya energi dan stamina tubuh mulai terasa terkuras. Tanda tandanya adalah mata mulai terasa berat, kepala terasa pusing. Saat mengalami dan merasakan tanda tanda ini, kita dsarankan istirahat sebentar tidur siang. Tidur siang 10 hingga 20 menit diyakini mampu mengembalikan energi dan stamina subuh menjadi segar dan bertenaga kembali.

  1. Mampu meningkatkan konsetrasi dan daya ingat otak 

Tidur siang hari diyakini mampu mengingatkan kinerka otak, konsentrasi dan daya ingat otak. Ikuko yamada seorang akuntan profesional di Jepang mengakui bahwa konsentrasi dan semangatnya meningkat setelah membiasakan diri tidur siang hari.

Selain itu para ahli meyakini bawa tidur siang mampu meningkatkan performa dan kinerja otak, meningkatan fokus dan konsetrasi dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

  1. Meningkatkan produktifitas kerja 

Mempunyai tugas dan beban kerja yang banyak sejak pagi hari membuat mudah capek dan cepat lelah. Ketika otak merasa lelah dan letih maka kinerja otak akan menurun dan produktifas kerja jadi menurun dan kurang maksimal.

Perusahan besar banyak menerapkan sistem tidur siang hari ini. Perusahaan seperti google, time warner dan beberapa perusahaan di Jepang, Singapure sudah menerapkan tidur siang ini di kantor masing masing. Terbukti bahwa tidur siang mampu meningkatkan produktifitas kerja di kantor dan perusahaan.

Kapan waktu tidur siang Rosulullah SAW

Muncul sebuah pertanyaan, kapan ya rosulullah tidur siang?

Dari berbagai riwayat, nabi Muhammad sallahu Alaihi Wasallam melakukan tidur siang sesuai dengan kondisi cuara. Kalau cuaca sedang panas, rosulullah biasa tidur siang pada ahir waktu dhuha atau sebelum waktu duhur. Tepatnya 30 menit sebelum waktu duhur. Sebaliknya jika cuaca sedang, tidak telalu panas rosulullah tidur siang pada waktu setelah sholat duhur. Kurang lebih berkisar 20 sampai 30 menit.

Begitu indahnya teladan nyata dari rosulullah sebagai panutan umat Islam, sampai sampai hal yang kelihatan remeh saja menyimpan banyak manfaat buat kehidupan manusia. Manfaat tidur siang atau qoilullah ini ternyata  menambah fokus serta produktifitas dalam kehidupan manusia. Semoga kita sebagai umatnya bisa selalu meneladani semua perilaku rosulullah terutama Qoilullah ini hingga bisa membantu kita mudah mendirikan sholat malam dan menambah produktifitas dan kinerja kita.

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance