Doa Sholat Tahajut yang Mustajab Untuk Meraih Impian serta Cita Cita Dengan Mudah dan Cepat 

doa sholat dhuha

Doa Sholat Tahajut yang Mustajab Untuk Meraih Impian serta Cita Cita Dengan Mudah dan Cepat 

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat yang sangat istimewa dan luar biasa bagi kita umat Islam. Lantas bagaimana pengertian sholat tahajud, niat dan doa serta keutamaan sholat Tahajud dan doa sholat tahajut?

Insyaallah akan penulis bahas secara lengkap dan mendalam dalam artikel ini.

 

doa sholat tahajut

 

Tahukah kamu bahwa inilah satu-satunya ibadah sholat sunnah yang perintahnya disebutkan di dalam Al-Quran. Di mana di sana juga dibahas tentang keutamaan dari sholat tahajud. Lantas adakah ibadah sholat sunnah yang bisa menandingi kehebatan sholat tahajud? Tentu tidak ada, karena begitu istimewa dan luar biasanya sholat tahajut ini 

 

Pengertian sholat tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu salat sunnah di malam hari yang dikerjakan minimal 2 rokaat maksimal 12 rokaat dengan 6 salaman. Di mana sebelum kita melaksanakan salat tahajud disyaratkan untuk tidur terlebih dahulu walaupun tidurnya hanya sesaat saja.

 

Keutamaan Sholat Tahajut 

Tahukah kamu bahwa sholat tahajud itu mempunyai begitu banyak keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar bagi orang yang mengamalkannya. Berikut penulis sampaikan beberapa keutamaan sholat Tahajud.

sholat tahajut

 

Kita berusaha untuk mengetahui dan memahami keutamaan sholat tahajut supaya kita semangat dan termotivasi untuk selalu Istiqomah mendirikan sholat tahajud. Walaupun mendirikan sholat tahajut hidup terasa berat untuk dilaksanakan  ditengah malam, dimana banyak orang lagi asyik tidur dan istirahat.

 

Inilah beberapa keutamaan sholat tahajut:

1. kedudukan mulia dan terpuji di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Orang yang membiasakan diri melaksanakan sholat tahajud dengan Istiqomah dan ikhlas dia akan mendapatkan anugerah dari Allah berupa kedudukan yang mulia dan terpuji di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 79. Allah telah berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

wa Minal Laili fatahajjad bihi naafilatan laka. Asaa An yabasaka robbuka maqomam Mahmuda

“Dan pada sebagian malam hari maka bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat derajatmu ke tempat yang terpuji QS al-isra’ 79 

 

Orang yang memiliki kedudukan terpuji dan mulia disisi Allah bukan berarti orang yang mempunyai banyak harta, punya harta melimpah, punya rumah mewah, punya kendaraan mengkilat, punya istri cantik dan punya tabungan bermiliar-miliar, bukan.

Tetapi orang yang punya kedudukan mulia dan terpuji di sisi Allah adalah orang yang selalu dijaga dan dipelihara oleh Allah dari melakukan kejahatan kejahatan, dijaga dan dipelihara oleh Allah dari melakukan kemaksiatan. Inilah anugerah yang sangat besar dari Allah bagi pengamal sholat tahajud. 

 

2. Memegang kunci pintu surga 

Orang yang istiqomah menjalankan sholat tahajut dengan ikhlas dan tekun. Dia oleh Allah diberi anugerah berupa kunci surga. Sehingga dengan memegang kunci surga, otomatis dia bisa masuk ke dalam surga sewaktu-waktu kapan saja dia bisa langsung masuk ke dalam surga dengan sangat mudah dan tenang tanpa kuatir diambil oleh Yang lain.

 Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ، أَفْشُوْا السَّلَامَ ، وَأَطْعِمُوْا الطَّعَامَ ، وَصِلُوْا الْأَرْحَامَ ، وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ ، تَدْخُلُوْا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

Terjemahnya“Wahai Manusia sebarkanlah salam, berikanlah makan (orang-orang yang membutuhkan) sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah pada waktu malam ketika orang lain sedang tidur dan kalian akan masuk surga dengan selamat (HR Ibnu Majah)

 

3. Sholat sunnah yang mempunyai derajat paling utama

Tahukah kamu bahwa sholat tahajut merupakan sholat yang sangat istimewa di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sholat tahajud biasa disebut dengan nama sholat Lail (sholat di malam hari) di mana sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat utama.

 

Hal ini sebagaimana sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

“Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR An Nasa’i) 

 

4. Memperoleh kemuliaan dan kewibawaan yang tinggi

Tahukah kamu bahwa pengamal sholat tahajud Selain memperoleh kedudukan yang mulia disisi Allah di akhirat kelak, pengamal sholat tahajud adalah orang-orang yang mempunyai kedudukan mulia di dunia ini.

Dia akan lebih berwibawa di hadapan sesama manusia, ucapannya lebih didengar, omongannya lebih dimengerti, kata-katanya mudah dipahami. Sebab keutamaan sholat Tahajud, Allah memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu terletak pada saat malam ini” (HR Hakim Hasan) 

 

5. Doanya mudah dikabulkan oleh Allah

Orang yang terbiasa menjalankan sholat tahajud kemudian dia berdoa Insya Allah doanya akan mudah dikabulkan Allah terutama apabila dia menjalankan pada sepertiga malam yang terakhir.

Kebiasaan-kebiasaan ini telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam serta para sahabat beliau.

 

6. Kebiasaan orang-orang Shalih

sholat tahajud merupakan salah satu kebiasaan dari orang-orang sholeh sejak zaman dahulu yaitu sejak zaman Nabi Muhammad SAW  hingga sekarang.

 

Maka barangsiapa yang saat ini masih tetap bersama ajaran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam maka berbahagialah.

Telah bersabda Rosulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:

“Biasakanlah dirimu mengerjakan salat malam karena hal itu tradisi orang-orang saya sebelum kamu mendekatkan diri kepada Allah menghapus dosa menolak penyakit dan mencegah diri dari dosa” (HR Ahmad) 

BACA JUGA :   Dahsyatnya Doa Sapu Jagat Yang Jarang Diketahui Orang

 

7. Menghapus dosa dan mencegah maksiat 

kita tahu danpercaya bahwa setiap orang itu pasti memiliki dosa, baik dosa dosa yang disengaja ataupun dosa yang tidak disengaja. Baik dosa besar ataupun dosa-dosa kecil dosa-dosa itu bisa berguguran karena untuk menghapuskan dosa merupakan salah satu keistimewaan dan keunggulan sholat tahajud.

Orang yang terbiasa menjalankan sholat tahajud, dia akan tercegah dari perbuatan dosa dan maksiat yang disengaja. Mereka mendapatkan Taufik dan hidayah dari Allah subhanahu wa ta’ala sehingga dirinya terpelihara dari maksiat dan dosa. 

 

8. Mampu menolak berbagai macam Penyakit

Perlu kita ketahui bahwa salah satu diantara keutamaan sholat Tahajud adalah mampu menolak berbagai macam penyakit. Tentu semua hanya bisa terjadi dengan izin Allah semata.

Orang-orang yang mengamalkan sholat sunnah tahajud, mereka akan dijaga kesehatannya, dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Keutamaan ini telah banyak dibuktikan oleh para pakar di dunia medis terutama sebuah riset yang dilakukan oleh Profesor Muhammad Sholeh dari Malang yang telah melakukan sebuah penelitian bahwa ada efek positif sholat tahajut terhadap penyembuhan penyakit.

 

Lafadz bacaan doa sholat tahajud

Setelah kita melakukan sholat tahajud tentu kita akan membaca doa. Dimana doa ini berisi harapan, cita-cita dan impian kita yang kita haturkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 berikut ini merupakan doa setelah sholat tahajud:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Tuhanku turun ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga Malam Terakhir lalu dia berfirman Barang siapa yang memohon ampun kepadaKu, Aku akan mengampuninya. Barangsiapa yang memohon sesuatu kepadaKu, niscaya aku akan memberimu dan barangsiapa yang berdoa kepadaku Niscaya akan Aku kabulkan doanya (HR Bukhari)

 

doa setelah sholat tahajut

 

 

Maka apabila anda mempunyai keinginan, cita cita yang mulia, impian yang baik, harapan yang manfaat maka mohonkanlah kepada Allah. Silakan minta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 Allah senang ketika melihat hambaNya memohon dan meminta hanya kepadaNya. Sebaliknya Allah sangat marah dan benci apabila hambaNya menyandarkan sesuatu kepada selainNya. Allah marah apabila hamba itu meminta sesuatu kepada selainNya.

Kita bisa memohon sesuatu kepada Allah setelah selesai sholat tahajud. Baik memohon urusan dunia ataupun urusan akhirat. Terutama setelah sholat tahajut kita berdoa meminta kepada Allah supaya diampuni segala dosa dosa dan kesalahan kita.

Semoga Allah menjaga diri kita dan memelihara kita agar menjadi seorang muslim yang soleh. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah mengajarkan doa khusus untuk sholat wajib yaitu sebuah doa. Doa yang biasa dibaca sebagai doa iftitah. Doa ini, doa yang telah diuraikan oleh Ibnu Abbas radhiallahu anhu  

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،  

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُفَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ 

  

Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar. 

  

Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Ahmad) 

 

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ 

  Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus. (HR. Muslim, Tirmidzi dan Abu Daud) 

 Demikian doa setelah sholat tahajut yang tleah penulis bahas dalam artikel di atas. Semoga bermanfaat

dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari hari. 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance