Keajaiban bacaan basmalah  yang Allah karuniakan bagi hambaNya

Keutamaan bacaan basmalah

Keajaiban bacaan basmalah  yang Allah karuniakan bagi hambaNya

Keajaiban bacaan basmalah

Agama Islam adalah agama tauhid. Segala sesuatu tidak ada yang lepas dari Tuhan. Segalanya selalu ada hubungannya dengan Tuhan sang pencipta alam semesta.

Dimana Tuhan adalah bersifat Absolut. Menciptakan segala sesuatu. Sebaliknya manusia adalah salah satu makhluk Allah di antara milyaran makhluk lain ciptaan Tuhan.

Maka Sudah selayaknya bagi manusia untuk selalu menghubungkan apa yang ada dalam dirinya dengan Allah subhanahu wa ta’ala sebagai Tuhan semesta alam.

Jadi, nggak ada yang lepas dari Tuhan. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Sesimpel itu memahami pentingnya agama bagi diri kita.

Walau begitu, dalam agama Islam tidak ada sesuatu yang rumit. Segalanya mudah untuk dijalankan. Salah satu ajaran Islam yang sangat penting adalah ajaran berdoa kepada Allah.

Di mana sebelum melaksanakan segala sesuatu kita sangat dianjurkan untuk membaca doa. Doa paling minimal yang bisa kita baca adalah mengucap Basmalah. Yaitu ucapan Bismillahirrohmanirrohim.

 

Bacaan Basmalah biasa di sebut dengan tasmiyah. Bacaan Basmalah ini memiliki keutamaan dan keagungan dalam agama Islam.

Betapa tidak, sebagai seorang muslim setiap kali akan membaca Al Qur’an bisa dipastikan kita membaca basmalah. Bacaan Basmalah juga  terdapat di awal surat seluruh Al Qur’an kecuali surat At-Taubah.

Maka Sudah Selayaknya bagi kita seorang muslim untuk selalu berusaha memahami, menghayati dan mengerti bacaan, makna dan kandungan yang ada di dalam Basmalah ini.

 

Bacaan Basmalah adalah ungkapan kejujuran seorang manusia sebagai hamba Allah, Tuhan semesta alam. Dengan membaca basmalah, manusia menyerahkan segala sesuatu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan membaca basmalah, kita secara langsung menggunakan namaNya yang sangat Agung dan mulia.

Maka Sudah selayaknya bagi kita untuk melakukan sesuatu yang positif setiap hari. Maka tidak layak Kita sebagai seorang muslim melakukan sesuatu yang negatif, salah, dosa dan maksiat dengan membaca basmalah.

Bisa dibayangkan, betapa buruknya seorang manusia dia melakukan kesalahan, keburukan dan  dosa dengan membaca basmalah.

Tentu, ini sesuatu yang sangat tidak etis dan tidak bermoral. Bacalah Basmalah, setiap kali kamu akan melakukan sesuatu kegiatan, perbuatan yang positif. Dengan membaca basmalah, sebelum melakukan sesuatu, kita berhadap Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah dan mendapat pahala di sisi Allah. Dan lebih dari itu, bukan sekedar pahala yang berujung surga saja tetapi nilai-nilai keridhaan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Nggak mau kan, dapat banyak pahala tapi jauh dari ridha Allah. Pasti nggak mau. Iya, kan?

 

Tahukah kamu,

Basmalah ada dalam surat Al Fatihah. Bacaan basmalah adalah inti dari Al Quran. Mau tau, keutamaan dan keistimewaan membaca AlQuran? Inilah Rahasia dan Keutamaan Membaca Al Quran yang Jarang di Ketahui Orang

Lafadz dan bacaan basmalah lengkap

Lafadz dan bacaan basmalah lengkap

 

Dalam membaca basmalah, kita bisa membaca basmalah dengan bacaan yang sederhana atau dengan bacaan yang lengkap. Bacaan yang paling sederhana adalah bacaan Bismillah. Artinya “Dengan menyebut nama Allah. Di mana tulisan Arabnya adalah بِسْمِ اللّهِ

Sedangkan bacaan Basmalah yang paling lengkap adalah bacaan Bismillahirrahmanirrahim. Artinya “Dengan menyebut nama Allah, Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang”.

Bacaan basmalah arab

Bacaan basmalah aslinya adalah berbahasa a rab. jadi penting sekali bagi kita umat Islam mengetahui dan emmahami lafadz basmalah dalam bahasa aslinya yaitu bahasa arab.

Di mana basmalah kalau ditulis dengan tulisan Arab adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Arti dan terjemahnya “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”

Definisi basmalah yang perlu kita ketahui

Mungkin di antara Anda ada yang bertanya-tanya, Apakah definisi dari bacaan Basmalah itu?

Bacaan basmalah adalah bacaan lafadz Bismillahirohmanirohim. Arti bismillah secara sederhana adalah dengan menyebut nama Allah. Artinya di sini, ketika kita akan melakukan segala sesuatu baik yang sederhana atau yang sangat berharga kita mengatasnamakan nama Allah. Dengan membaca basmalah kita mengharapkan Ridho dari Allah subhanahu wa ta’ala.

 

Orang yang melakukan sesuatu di awali membaca basmalah. Maka insya Allah, dia akan selalu dijaga dan dipelihara oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Dia akan selalu dinaungi oleh Rahmat dan pertolongan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Dia akan memperoleh petunjuk dan jalan keluar dari masalah yang dihadapi karena mendapat Barokah dari bacaan Basmalah.

 

Bacaan basmalah beserta artinyaBacaan basmalah beserta artinya

 

Sebagai seorang muslim penting sekali bagi kita untuk bisa membaca basmalah. Bukan sekedar bisa membaca tapi juga mengerti, memahami Basmalah. Terutama dari lafadz aslinya yaitu tulisan Arab. Betapa ruginya kita sebagai seorang muslim, jika kita tidak bisa membaca basmalah dalam bahasa Arabnya.

Begitu besar dan Agung bacaan Basmalah, maka kita perlu menyempatkan diri untuk bisa membaca, memahami dan menghayati bacaan Basmalah dalam bahasa Arab ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaima,na lafadz bacaan Basmalah bahasa Arab beserta artinya. Berikut penulisan sajikan kepada Pembaca sekalian lafadz bacaan Basmalah Arab, latin beserta artinya:

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bacaan latin: Bismillahirohmanirohim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang”

 

Keutamaan membaca bacaan basmalah

Keutamaan membaca bacaan basmalah

 

Basmalah merupakan bacaan yang sangat mulia di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Di mana Allah memulai kitab suciNya, yaitu Al Qur’an dengan bacaan Basmalah.

Ketika Nabi Sulaiman Akan mengirim surat kepada Ratu Bilqis. Sulaiman memulainya dengan basmalah.

Begitu juga dengan Rasulullah Shallallahu salam. Ketika beliau menulis surat yang akan dikirim kepada para raja-raja dalam rangka untuk mengajak mereka bertauhid dan menyembah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Beliau selalu memulainya dengan basmalah.

Dengan membaca basmalah, Insya Allah Allah akan selalu melimpahkan kepada kita kemudahan perlindungan dan keberkahan dalam segala aktifitas dan kegiatan yang kita lakukan.

Allah berfirman di dalam Al Qur’an:

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Artinya “Sesungguhnya surat ini berasal dari Sulaiman dan sesungguhnya (isinya) Dengan menyebut nama Allah Tuhan yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (QS an-naml, ayat 30)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga mengajarkan bacaan Basmalah ini kepada para nabi dan rasulNya. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an:

قَالَ ارْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya “Dan Nuh berkata kepada umatnya “Naiklah kalian ke dalam perahu dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan pelabuhannya. Sesungguhnya RabbKu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Hud: ayat 41)

 

Berikut beberapa keutamaan membaca basmalah yang perlu kita ketahui:

1# Memperoleh keberkahan dari Allah

Tahukah kamu bahwa salah satu keutamaan membaca basmalah adalah akan memperoleh keberkahan, penjagaan dan perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Kita tahu bahwa setan dan bala tentaranya selalu berusaha dan berupaya untuk menggoda, menggelincirkan manusia ke jalan yang salah dan jalan yang sesat.

Mereka selalu berusaha agar manusia mengikuti langkah-langkah setan, setahap demi setahap.

Hingga akhirnya manusia mengikuti jalan setan sepenuhnya. Semoga Allah selalu menjaga kita dari godaan setan yang terkutuk.

 

Walau begitu, kita sebagai hamba Allah tidak boleh susah, sedih dan gundah gulana. Kita harus semangat dan antusias untuk bangkit menjadi manusia yang sesungguhnya.

Walaupun setan selalu berusaha untuk menghancurkan kita kedalam salah dan dosa tetapi Allah selalu memelihara dan menjaga hamba-Nya yang selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Salah satu upaya dan usaha kita untuk dekat dengan Allah adalah dengan memperbanyak bacaan Basmalah. Terutama ketika kita akan melakukan suatu aktivitas setiap hari.

Suatu saat, ketika Usamah bin Umair dibonceng oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. lantas dia berkata “Celakalah setan. Maka Rasulullah Shalallahu Wassalam menegurnya.

Jangan kamu mengatakan Celakalah setan karena jika kamu katakan itu, setan akan semakin membesar. Sebaliknya setan akan berkata dengan kekuatanku, aku akan melupakannya.

Maka sebaiknya kamu mengucapkan bacaan Basmalah. Dengan engkau membaca bacaan Basmalah, maka setan akan semakin mengecil hingga kecil seperti lalat (HR Ahmad An Nasa’i dalam Al Kubro)

Dikisahkan dari sahabat Utsman bin Affan Radhiallahu Anhu, Beliau berkata. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca bacaan berikut ini, maka Allah akan menjaga dan  memeliharanya.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

BACA JUGA :   Keutamaan, Khasiat, Manfaat dan Hukum Sholat Tahajud Sesuai Dengan Syariat Islam 

Artinya “Dengan menyebut nama Allah yang tidak akan terjadi biaya bersama namanya segala sesuatu yang ada dilangit dan dibumi dialah Allah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

Bacaan ini bisa dibaca 3 kali; pagi dan sore dalam rangka untuk melindungi diri dari gangguan dan godaan setan yang terkutuk.

Sahabat Umayyah  bercerita bahwa ada seorang yang sedang makan dan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam duduk di dekatnya. Namun orang ini lupa membaca basmalah. Sehingga tidak tersisa kecuali hanya sesuap saja ketika ia akan memasukkan makanan itu dalam mulutnya ia membaca

بِسْمِ اللهِ في أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhir nya”

Melihat sahabat yang membaca bacaan ini, seketika Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tersenyum dan tertawa. Seraya Beliau berkata “Setan itu senantiasa ikut makan bersamanya hingga kita ketika dia membaca basmalah maka dimuntahkan apa yang ada dalam perut setan tersebut (HR. Abu Daud)

 

Menjelaskan hal ini, lantas hal ini Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam bersabda:

 

لاَ تَقُلْ تَعِسَ الشَّيْطَانُ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَعَاظَمَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الْبَيْتِ وَيَقُولَ بِقُوَّتِى وَلَكِنْ قُلْ بِسْمِ اللَّهِ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ تَصَاغَرَ حَتَّى يَكُونَ مِثْلَ الذُّبَابِ

Artinya: “Janganlah kalian mengucap celaka setan karena ketika kalian mengucapkan kalimat itu maka setan akan semakin membesar sehingga dia seperti seukuran rumah setan akan memakan dirinya. Dia jatuh karena kekuatanku.

Tetapi ucapkanlah bismillah karena jika kamu ucapkan kalimat bismillah ini seakan akan semakin mengecil hingga kecil seperti lalat” (HR. Ahmad)

Imam Az-Zahabi menjelaskan hadits ini sebagai berikut:

نهاه رسول الله صلى الله عليه وسلم لأنه بذلك موقع للشيطان أن ذلك الفعل كان منه ولم يكن منه، إنما كان من الله ، وأمره أن يقول مكان ذلك: بسم الله -حتى لا يكون عند الشيطان أنه كان منه عنده في ذلك فعل

Bahwasanya Rasulullah Shallallahu wasallam melarang kita umat Islam untuk mengucapkan kalimat itu. Mengapa? karena kalimat itu akan membuat setan bangga dan dia menyangka bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh setan.

Padahal, sejatinya bukan dari setan tetapi segalanya hanya datang dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Tetapi Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam memerintahkan kita untuk mengganti kalimat itu dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohim.

Sehingga setan tidak akan menganggap bahwa kecelakaan itu datang darinya. Dan Dia tidak memiliki peran sama sekali.

Dinukil dari kitab Musykil Al Atsar juz 1 halaman 346.

 

Jadi,

Sangat dianjurkan untuk memulai segala pekerjaan dan aktivitas dengan basmalah

Sebagai seorang muslim, sebelum kita melakukan aktivitas pekerjaan, berkarya, bekerja dan melakukan kebaikan sangat disunnahkan bagi kita untuk membaca basmalah terlebih dahulu sebelum mengawali perbuatan dan pekerjaan itu.

 

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam bahwa segala sesuatu yang tidak diawali dengan basmalah. Maka dia akan terputus. Artinya, terpotong dan terputus dari rahmat Allah.

Aktifitas seseorang tidak menjadi sempurna sebelum diawali membaca basmalah.

Wudhu adalah aktivitas untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Maka sebelum kita mengambil air wudhu, disunnahkan untuk membaca basmalah terlebih dahulu.

Hal ini sebagaimana sabda rasulullah Shallallahu  Alaihi Wasallam:

لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لاَ وُضُوْءَ لَهُ، وَلاَ وُضُوْءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللهِ عَلَيْهِ

Artinya: Tidak sah salat seseorang tanpa mengambil wudhu dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah (HR. Ibnu Majah)

 

2# Bacaan Basmalah menjauhkan setan dari rumah kita

Setan adalah makhluk yang nyata adanya. bahkan, setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Maka sudah saatnya bagi kita umat Islam untuk berusaha agar kita jauh dari setan. Dengan jauh dari setan kita akan jauh dari godaan setan yang sangat halus.

Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam. Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah RA. Dia mendengar Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُوْلِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لاَ مَبِيْتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ، وَإِذاَ دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُوْلِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيْتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيْتَ وَالْعَشَاءَ.

Artinya “Ketika seseorang masuk ke dalam rumah lalu ia menyebut nama Allah ketika dia masuk dan ketika dia makan setan akan berkata tidak ada tempat menginap dan makan malam bagi kalian dan jika ia masuk dalam rumah dan tidak menyebut nama Allah ketika masuk” (HR. Muslim)

 

Hadits memulai segala sesuatu dengan bacaan BasmalahHadits memulai segala sesuatu dengan bacaan Basmalah

 

Begitu pentingnya bacaan Basmalah, sehingga ada sebuah keterangan Sabda dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang menjelaskan keutamaan membaca basmalah sebelum memulai segala aktivitas.

 

Dari sahabat Abu Hurairah rodhiyallahu anhu. Telah bersabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

“Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bacaan ‘Bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Mengapa  penting sekali membaca basmalah?

Mengapa  penting sekali membaca basmalah

 

Dalam aktivitas sehari-hari, sering sekali kita mengabaikan membaca basmalah. Dalam sehari semalam ada ratusan aktivitas dan rutinitas yang sering lalai dan alpha dari bacaan Basmalah.

Mulai dari bangun tidur, cuci muka, mandi, makan, minum, berjalan, memakai sandal, memakai sepatu, masuk rumah, keluar rumah, berangkat kerja dan lain sebagainya.

Karena rutinitas itu sudah remote, sudah jadi kebiasaan sering sekali kita lalai dan Alpa dari membaca basmalah.

Padahal, kita bisa melakukan aktivitas dan rutinitas yang penulis sebutkan di atas hanya karena izin dan karunia Allah Semata. Kita bisa melakukannya bukan karena kita bisa, bukan karena kita mampu tetapi karena Allah mencintai kita dan mengaruniakan kita kemampuan untuk melakukannya.

Coba bayangkan, bagaimana seandainya kaki kita tidak mampu untuk melangkah. Tangan kita tidak mampu untuk meraih. Mata kita tidak mampu untuk melihat. Apa yang bisa kita lakukan? Mungkin hari hari  kita isinya adalah kesedihan sepanjang masa.

Bukankah hakekatnya kita lemah dan tidak punya daya upaya kecuali atas pertolongannya? Bukankah kita bisa melakukan aktifitas apapun karena kekuatan yang Allah berikan untuk kita?

Maka membaca bacaan Basmalah adalah langkah awal kita menyandarkan segala sesuatu yang kita lakukan hanya kepada Allah Semata.

 

Membaca basmalah adalah wujud kepasrahan dan pengakuan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Dengan membaca basmalah, seakan-akan kita berkata aku bisa berjalan karena Allah semata. Aku bisa makan karena Allah semata. Aku bisa makan, minum,mandi, tidur, membaca, melihat segala sesuatu hanya semata-mata karena Karunia dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka kita harus membiasakan diri kita untuk membaca basmalah. Mengajarkan bacaan Basmalah kepada anak-anak kita, kepada keluarga dan kita kepada siapapun yang kita cintai. Agar hidup kita selalu di ridhoi oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Agar hidup kita tidak jauh dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Maka dengan kesadaran penuh melakukan aktivitas apapun diawali dengan bacaan Basmalah akan menjadikan aktivitas itu Bukan semata aktivitas dan kebiasaan sehari-hari saja. Aktivitas yang kita lakukan akan bernilai ibadah di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Inilah yang membedakan antara orang biasa dengan orang yang mengerti. Inilah yang menjadi pembeda abadi antara orang yang paham dengan orang yang Awam

 

Sebelum menutup artikel sederhana ini, penulis sampaikan bahwa ada sebuah hadist yang perlu Kita Renungkan, kita pahami dan kita hayati. Yaitu sebuah hadist:

مامن عبد يقول بسم الله الرحمن الرحيم إلا أمر الله تعالى الكرام الكاتبين أن يكتبوا فى ديوانه أربعمائة حسنة

Artinya “Tak seorangpun yang mengawali segala sesuatu dengan bacaan Bismillahirrohmanirrohim kecuali Allah akan mengutus baginya seorang malaikat yang mencatat 400 kebaikan dan kebajikan baginya”.

Maka insya Allah, ketika seorang mengawali segala aktivitas dan tindakan yang positif dengan basmalah. Maka semua akan bernilai dan berpahala di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maka hal ini secara otomatis akan menggeser perbuatan dan aktivitas yang negatif yang berujung pada kesalahan dan dosa.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassallam bersabda:

مامن عبد يقول بسم الله الرحمن الرحيم إلا ذاب الشيطان كما يذوب الرصاص على النار

Arti dan terjemahnya“Tidaklah seorang hamba membaca bacaan “bismillahirrahmanirrahim” kecuali ia akan mematri setan-setan seperti halnya tenol yang terpatri oleh soldir”.

 

Inilah alasan-alasan mengapa kita perlu membaca basmalah sebelum mengawali segala aktivitas kita sehari-hari. Sehingga aktivitas kita bukan hanya sekedar rutinitas dan kebiasaan tetapi akan bernilai ibadah di sisi Allah Subhanahu Waa Ta’ala.

 

asuransi syariah, life insurance, car insurance, student insurance

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*